Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Daerah · 9 Nov 2021 08:47 WITA ·

Gempa dan Tsunami Hantui Sulut, Masyarakat Perlu Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini


 Gempa dan Tsunami Hantui Sulut, Masyarakat Perlu Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini Perbesar

IRNews, Opini – Beberapa waktu lalu (10/03/2021), Sulawesi Utara diguncangkan oleh gempa bumi. Khusus di Kota Amurang, gempa bumi terasa begitu kencang.

Menurut siaran BMKG 10 maret, info hasil analisa, gempa mencapai M: 4,3 SR, yang terjadi di 1.2 LU, 124.49 BT (24 kilometer barat daya, Amurang – Minsel – Sulut), berada di kedalaman 10 kilometer. Meski begitu BMKG merilis, status gempa tidak berpotensi tsunami.

Pada laman resmi bmkg.go.id, menyebutkan, jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Richy Kantu, seorang anggota organisasi Ikatan Ahli Geologi Indonesia, mengatakan, disebut jenis gempa yang dangkal itu karena kedalaman gempa hanya berada pada 10 kilometer dari permukaan, sehingga hal itu disebut gempa dangkal.

“Kemungkinan dengan jenis gempa bumi kedalaman dangkal itu, terjadi akibat aktivitas dari sesar yang aktif yang ada disekitar pusat gempa,” ucap pemerhati bencana Sulawesi itu kepada wartawan, Senin (15/03/2021) lalu.

Dijelaskannya, secara geologi, kawasan daerah Sulawesi Utara dilewati oleh Ring of Fire (Jalur gunung api). Jadi daerah Sulawesi Utara tidak bisa dihindari dari aktivitas alam, bahkan tidak menutup kemungkinan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan bencana gunung api, dapat terjadi.

“Kemungkinan akan nantinya terjadinya gempa besar, mungkin akan terjadi, apalagi di Sulawesi bagian utara sangat berpotensi terjadinya Megathrust. Yaitu gempa yang terjadi di lautan dan sangat berpotensi terjadi tsunami yang bisa mencapai lebih 10 meter,” ucap alumni Fakultas Geologi Universitas Hassanudin Makassar itu.

Richy menambahkan, saat ini belum ada alat atau teknologi yang bisa memprediksi kapan akan terjadinya gempa itu, sehingga ia mengharapkan agar masyarakat perlu sigap dan tanggap akan hal-hal yang kemungkinan dapat terjadi.

“Jadi kita sebagai masyarakat, harus sadar bahwa daerah yang kita tinggali memiliki potensi besar terjadinya bencana, jadi harus sigap dan tanggap dalam menghadapi bencana alam geologi,” ujar pria yang juga anggota organisasi Internasional American Association of Petroleum Geologist itu.

Richy juga menjelaskan gambaran data infografis mengenai jalur patahan yang berada di Sulawesi. Dijelaskannya, pada gambar itu menunjukan bahwa Sulut diapit oleh dua sesar atau patahan, patahan bagian utara hingga barat itu, merupakan jalur bukti bencana Palu yang terjadi tempo hari lalu.

Infografis

Infografis jalur patahan Celebes

Oleh karenanya dia mengharapkan pada masyarakat agar selalu siap dan sigap dalam menghadapi bencana.

Ia juga berharap peran pemerintah, agar mengadakan sosialisasi dan mengedukasi pada masyarakat tentang kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana, atau proses mitigasi bencana sejak dini.

“Masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan, kita hanya perlu kesiapan diri saat sebelum terjadinya bencana. Dan harusnya pembelajaran mengenai mitigasi bencana harus diterapkan sejak di sekolah dasar,” pungkas penggagas akun edukasi bencana instagram Torang Siaga. (*)

*Artikel ini pernah di muat di laman media makasiow.com pada (03/15/2021) gempa-dan-tsunami-hantui-sulut-masyarakat-perlu-edukasi-mitigasi-bencana-sejak-dini

(Judy Tarek)

 

 

Artikel ini telah dibaca 290 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Bupati: Pasang Anti Cekcok Anti Ceplok

5 Februari 2023 - 09:54 WITA

Bupati Dampingi Gubernur Subuh Berjamaah di Masjid Raya

29 Januari 2023 - 06:00 WITA

Gubernur Al Haris Tegaskan Soal Kinerja Para Kades dalam Membangun Desa

6 Januari 2023 - 09:25 WITA

Bahas Ranperda Provinsi Jambi, Al Haris Sebut Guna Perkuat Tata Kelola Pemerintah

6 Januari 2023 - 09:13 WITA

Ucapan Dirgahayu Provinsi Jambi ke 66 Dari SMA dan SMK Negeri Provinsi Jambi

5 Januari 2023 - 19:09 WITA

Gubernur Al Haris Sebut Jambi Mantap Expo Pacu Pertumbuhan Perekonomian

3 Januari 2023 - 19:01 WITA

Trending di Daerah