Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Daerah · 20 Mar 2022 19:48 WITA ·

KPM Desa Golo Lajang Barat Terima BLT DD Tahap I Tahun 2022


 Frans Dagung saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang KPM Perbesar

Frans Dagung saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang KPM

Labuan Bajo, NTT, Inforakyatnews.com– Sebanyak 208 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Golo Lajang Barat, Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur menerima dana bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama tahun 2022.

Kepala desa Golo Barat Fransiskus Dagung dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan itu adalah untuk tiga bulan sekaligus dari Januari, Februari dan Maret 2022 dengan besaran per KPM per bulannya Rp. 300.000 sehingga total yang diterima tiap KPM sebesar Rp. 900.000.

“Bantuan yang Bapak Ibu terima hari ini sebanyak sembilan ratus ribu rupiah (Rp.900.000) untuk tiga bulan, Januari, Februari dan Maret karena per bulannya tiga ratus ribu rupiah (Rp. 300.000)” ungkap Frans.

Bantuan tersebut kata Frans adalah bantuan akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada terjadinya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga pemerintah mengalokasikan anggaran melalui DD untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga selama masa PPKM itu.

Dalam kesempatan itu Frans meminta seluruh KPM agar benar benar menggunakan uang tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain itu Frans menyampaikan bahwa berdasarkan instruksi Bupati Manggarai barat maka seluruh kegiatan masyarakat kembali dibatasi termasuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti pesta dan kegiatan lainnya. Karena itu kepala desa sebagai ketua satgas Covid-19 tingkat desa jadi penentu boleh atau tidaknya sebuah kegiatan dilakukan.

Hal itu disampaikan Frans dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan penyaluran bantuan BLT DD yang dilaksanakan di Kantor Desa Golo Lajang Barat di Wunat. Rabu, 16/03/2022.

Sekretaris Kecamatan (sekcam) Pacar, Kamelus Pangge dan Babinsa, Serda Holikin dari Koramil 1612-08 Macang Pacar hadir memantau langsung pelaksanaan penyaluran BLT tersebut.

Sekcam Pacar Kamelus Pangge, menyerahkan bantuan kepada salah seorang KPM

Hadir pula dalam kesempatan itu pendamping desa Golo Lajang Barat, Paskalis Ambut.

Dalam arahannya Sekcam Pacar, Kamelus Pangge menjelaskan bahwa jumlah penerima BLT DD di Desa Golo Lajang Barat cukup banyak yakni 208 KPM. Jumlah itu menurutnya adalah bentuk kejelian Pemdes dalam melihat, mendata, memilih dan menganalisis masyarakat yang layak sebagai penerima BLT DD.

Namun demikian Ia jelaskan bahwa penerima BLT adalah mereka yang tidak mendapatkan bantuan lain dari pemerintah seperti PKH maupun BPNT sebab apabila terjadi pendobelan penerimaan bantuan pemerintah maka hal tersebut akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ia berharap agar apabila ada KPM BLT DD juga menerima bantuan lain maka diharapkan kesadarannya untuk menolak dan memberitahukannya kepada pemerintah desa. Di lain sisi Dirinya yakin bahwa KPM BLT DD Desa Golo Lajang Barat sudah melalui pendataan yang akurat.

Kamelus mengingatkan agar KPM dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga dan bukan untuk membeli kebutuhan perlengkapan dapur sebab kesejahteraan masyarakat menurutnya bukan dari seberapa lengkap fasilitas atau perlengkapan dapur. Hal ini Ia ungkapkan agar KPM tidak menyalahgunakan bantuan yang diberikan pemerintah.

Bantuan tersebut kata Kamelus adalah bantuan yang dialokasikan pemerintah akibat pandemi covid-19, karena itu tidak bisa dijamin bantuan tersebut akan terus berlanjut setiap tahun. Oleh karena itu maka KPM diingatkannya untuk tidak lengah dan tidak bergantung pada bantuan yang ada.

Kepada 208 KPM Ia minta untuk mengoptimalkan potensi yang ada terutama di sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman pertanian terutama buah buahan seperti pisang, durian dan tanaman buah buahan lainnya sebab sangat dibutuhkan di pasaran seperti di Labuan Bajo.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Babinsa, Serda Holikin dari koramil 1612-08 Masang pacar menekankan tentang pentingnya kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan
Selain itu, keamanan di wilayah tugasnya itu juga turut disinggungnya. Ia meminta agar masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing masing.

Serda Holokin menyerahkan bantuan kepada seorang PKM

Pelaksanaan penyaluran BLT DD di desa Golo Lajang Barat tersebut terpantau berjalan lancar. Masyarakat terlihat begitu antusias menerima bantuan tersebut. Meski harus menunggu lama namun mereka tetap semangat hingga menunggu giliran nama mereka dipanggil.

 

Penulis: Paulus Nabang

Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut

26 September 2022 - 17:30 WITA

Surya Paloh Beberkan Alasan Rekomendasi Tiga Capres dari Eksternal Partai

20 September 2022 - 17:24 WITA

Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

16 September 2022 - 12:44 WITA

FKM Dorong Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku Usaha

2 Agustus 2022 - 01:03 WITA

Gubernur Jambi Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Pengendara di Jalan Raya

2 Agustus 2022 - 00:53 WITA

Gubernur Jambi Berharap Tiap Tahun UNJA Wisudawan Ribuan Sarjana

28 Juli 2022 - 22:05 WITA

Trending di Daerah