Connect with us

Daerah

KPM Desa Golo Lajang Barat Terima BLT DD Tahap I Tahun 2022

Published

on

Labuan Bajo, NTT, Inforakyatnews.com– Sebanyak 208 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Golo Lajang Barat, Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur menerima dana bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama tahun 2022.

Kepala desa Golo Barat Fransiskus Dagung dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan itu adalah untuk tiga bulan sekaligus dari Januari, Februari dan Maret 2022 dengan besaran per KPM per bulannya Rp. 300.000 sehingga total yang diterima tiap KPM sebesar Rp. 900.000.

“Bantuan yang Bapak Ibu terima hari ini sebanyak sembilan ratus ribu rupiah (Rp.900.000) untuk tiga bulan, Januari, Februari dan Maret karena per bulannya tiga ratus ribu rupiah (Rp. 300.000)” ungkap Frans.

Bantuan tersebut kata Frans adalah bantuan akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada terjadinya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga pemerintah mengalokasikan anggaran melalui DD untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga selama masa PPKM itu.

Dalam kesempatan itu Frans meminta seluruh KPM agar benar benar menggunakan uang tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain itu Frans menyampaikan bahwa berdasarkan instruksi Bupati Manggarai barat maka seluruh kegiatan masyarakat kembali dibatasi termasuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti pesta dan kegiatan lainnya. Karena itu kepala desa sebagai ketua satgas Covid-19 tingkat desa jadi penentu boleh atau tidaknya sebuah kegiatan dilakukan.

Hal itu disampaikan Frans dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan penyaluran bantuan BLT DD yang dilaksanakan di Kantor Desa Golo Lajang Barat di Wunat. Rabu, 16/03/2022.

Sekretaris Kecamatan (sekcam) Pacar, Kamelus Pangge dan Babinsa, Serda Holikin dari Koramil 1612-08 Macang Pacar hadir memantau langsung pelaksanaan penyaluran BLT tersebut.

Sekcam Pacar Kamelus Pangge, menyerahkan bantuan kepada salah seorang KPM

Hadir pula dalam kesempatan itu pendamping desa Golo Lajang Barat, Paskalis Ambut.

Dalam arahannya Sekcam Pacar, Kamelus Pangge menjelaskan bahwa jumlah penerima BLT DD di Desa Golo Lajang Barat cukup banyak yakni 208 KPM. Jumlah itu menurutnya adalah bentuk kejelian Pemdes dalam melihat, mendata, memilih dan menganalisis masyarakat yang layak sebagai penerima BLT DD.

Namun demikian Ia jelaskan bahwa penerima BLT adalah mereka yang tidak mendapatkan bantuan lain dari pemerintah seperti PKH maupun BPNT sebab apabila terjadi pendobelan penerimaan bantuan pemerintah maka hal tersebut akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ia berharap agar apabila ada KPM BLT DD juga menerima bantuan lain maka diharapkan kesadarannya untuk menolak dan memberitahukannya kepada pemerintah desa. Di lain sisi Dirinya yakin bahwa KPM BLT DD Desa Golo Lajang Barat sudah melalui pendataan yang akurat.

Kamelus mengingatkan agar KPM dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga dan bukan untuk membeli kebutuhan perlengkapan dapur sebab kesejahteraan masyarakat menurutnya bukan dari seberapa lengkap fasilitas atau perlengkapan dapur. Hal ini Ia ungkapkan agar KPM tidak menyalahgunakan bantuan yang diberikan pemerintah.

Bantuan tersebut kata Kamelus adalah bantuan yang dialokasikan pemerintah akibat pandemi covid-19, karena itu tidak bisa dijamin bantuan tersebut akan terus berlanjut setiap tahun. Oleh karena itu maka KPM diingatkannya untuk tidak lengah dan tidak bergantung pada bantuan yang ada.

Kepada 208 KPM Ia minta untuk mengoptimalkan potensi yang ada terutama di sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman pertanian terutama buah buahan seperti pisang, durian dan tanaman buah buahan lainnya sebab sangat dibutuhkan di pasaran seperti di Labuan Bajo.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Babinsa, Serda Holikin dari koramil 1612-08 Masang pacar menekankan tentang pentingnya kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan
Selain itu, keamanan di wilayah tugasnya itu juga turut disinggungnya. Ia meminta agar masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing masing.

Serda Holokin menyerahkan bantuan kepada seorang PKM

Pelaksanaan penyaluran BLT DD di desa Golo Lajang Barat tersebut terpantau berjalan lancar. Masyarakat terlihat begitu antusias menerima bantuan tersebut. Meski harus menunggu lama namun mereka tetap semangat hingga menunggu giliran nama mereka dipanggil.

 

Penulis: Paulus Nabang

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Jelang Pilkada 2024, Pemkab Minahasa Sosialisasikan Soal Pemenuhan Hak Anak Sebagai Pemilih Pemula

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com–Jelang Pilkada 2024 di kabupaten Minahasa, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), menggelar sosialisasi Pemenuhan Hak Anak di Bidang Politik sebagai Pemilih Pemula, bertempat di Yama Hotel dan Resort Tondano, Jumat (26/07/24).

Kegiatan tersebut diawali dengan laporan Plt Kepala Dinas PPPA Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi ini, dan dibuka langsung Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi.

Selaku narasumber dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda D Watania MM MSi dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Drs Riviva Maringka MSi, serta diikuti sebanyak 150 siswa utusan SMA/SMK di Minahasa.

Dalam kesempatan ini, Kadis Tumundo, yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM ini menyampaikan bahwa Sosialisasi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ke-40, yang selanjutnya akan digelar Lomba Desaian Grafis Poster sesuai tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan peserta siswa-siswa SMA/SMK di Minahasa.

Sementara itu, Bupati Jemmy Kumendong menekankan pentingnya membangun kesadaran dan pendidikan politik yang baik pada anak-anak. Ia menjelaskan bahwa kematangan politik dan demokrasi membutuhkan proses pembelajaran sejak dini, yang harus disesuaikan dengan perkembangan anak. Di Indonesia, proses ini dimulai di sekolah melalui pemilihan ketua kelas dan OSIS, serta di luar sekolah melalui organisasi seperti Forum Anak.

Ditambahkan Kumendong, Pemkab Minahasa melalui Dinas PPPA Kabupaten Minahasa, mendorong anak-anak untuk berperan aktif dalam proses pembangunan sebagai Pelopor dan Pelapor.

“Anak-anak diharapkan dapat menyuarakan hak-haknya dan berpartisipasi dalam musyawarah perencanaan pembangunan di berbagai tingkatan pemerintahan. Proses ini harus dilengkapi dengan pendidikan politik yang relevan dengan kehidupan nyata” kata Kumendong yang juga Kepala BKD Provinsi Sulut ini.

Dalam upaya meningkatkan pendidikan politik bagi anak, Kumendong menghadap Kab anak-anak dapat menjadi pemilih pemula yang cerdas dengan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang politik dan Pemilu.

“Jadilah pemilih pemula yang cerdas adalah anak yang mampu mengenali calon yang tepat, memiliki alasan jelas dalam memilih, tidak mudah terpengaruh hoax, serta aktif melakukan pengawasan,” ungkap suami tercinta, Ny Djeneke Kumendong-Onibala.

Bupati menegaskan bahwa praktik kampanye yang tidak ramah anak dan tindakan intimidasi terhadap kelompok anak harus dihindari. Kontestasi demokrasi tahun ini diharapkan berlangsung transparan dan menjunjung tinggi prinsip Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Turut hadir juga, Kadis Pendidikan Tommy Wuwungan SPd MM, Kadis Sosial dr Maya Rambitan MKes, Kadis Perpustakaan Drs Steady Tumbelaka, Sekdis PPPA Josefien Kaurouw SP, para Kabid DPPPA Daine Lantang SE MAP, Irene Rumagit SE MSi,dan Dra Fivi Lensun serta Ferra Yanti Sendoh SIP.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Irup Pada Pembukaan TMMD Ke-121, Tahun 2024 di Kakas, Bupati Kumendong Ucapkan Hal Ini

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com– Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 TA. 2024 Kodim 1302/Minahasa Kodam XIII/Merdeka. Bertempat di Lapangan Kinakas Kecamatan Kakas. Rabu, (24/7/2024)

Dalam amanatnya, Penjabat Bupati Minahasa, mengucapkan terima kasih kepada Kodam XIII/Merdeka yang telah memilih Kabupaten Minahasa sebagai lokasi fokus pelaksanaan TMMD ke-121.

“kedepannya Saya, berharap pembangunan yang dilaksanakan dapat mempercepat pemerataan pembangunan di Kabupaten Minahasa serta sarana prasarana yang dibangun dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras dari prajurit TNI, diharapkan kegiatan ini dapat mempercepat pembangunan di tanah Minahasa.” Ucap Bupati

Adapun sasaran utama dan pendukung pada TMMD ke-121 Kodim 1302/Minahasa Kodam XIII/Merdeka diantaranya perintisan dan pengerasan jalan sejauh 1.765M, pembuatan 4 buah plat duicker yang tersebar di sepanjang jalan, pembuatan sumur bor, rehab RTLH, pembuatan MCK, ketahanan Pangan serta beberapa penyuluhan dalam rangka membangun wawasan masyarakat.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Kasrem 131/Stg, Kasi Pers Kasrem 131/Stg, Forkopimda Minahasa, dan turut mendampingi Bupati Minahasa diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Minahasa, Ka. Bapenda, Kadis PUPR, Kadis PPKB, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kasat PolPP, Kabag Prokopim, Camat Kakas, Camat Kakas Barat, Para Staf Khusus Bupati. serta Camat Kakas. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Canangkan PIN Polio Serentak di Kabupaten Minahasa, Bupati Kumendong Sampaikan Pesan Mendagri

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, hari ini secara resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam rangka Penanggulangan KLB Polio. Bertempat Balai Desa Kolongan Atas, Kecamatan Sonder, Selasa (23/07/2024).

Kegiatan pencanangan di awali dengan Laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Oliviane Rattu, M.Si.

Kadis Kesehatan O. Rattu menjelaskan bahwa kegiatan PIN Polio, serentak dicanangkan di Kabupaten Minahasa Tahun 2024.

“Merupakan salah satu kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. Seluruh negara telah berkomitmen untuk melanjutkan eradikasi polio atau bebas polio, untuk tidak terjadi kejadian luar biasa. Adapun sasaran yang akan diimunisasi adalah anak umur 0 sampai 7 tahun 11 bulan 29 hari, artinya satu hari kurang dari 8 tahun, “kata Rattu.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M. Si, menyampaikan kegiatan yang digelar ini guna menghindari terjadi polio terhadap anak-anak, dimana pemerintah memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak untuk generasi emas Indonesia.

“Tindakan mencegah polio pada anak-anak, diperlukan upaya sungguh-sungguh melalui imunisasi polio di mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, hingga Dusun dan tingkat kelurahan,”Ucap Kumendong.

Lanjut Bupati, Pelaksanaan PIN Polio tahap 2 dilakukan sebanyak 2 putaran, pertama dimulai tanggal 23 hingga 29 Juli 2024, dan putaran kedua 6 hingga 12 Agustus 2024. Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat edaran tentang pelaksanaan PIN Polio dalam rangka penanggulangan KLB Polio yang harus dilaksanakan.

“Kepada Dinas Badan dan Kantor, baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan khususnya petugas kesehatan di Dinas Kesehatan maupun di Puskesmas, Pustu dan Polindes agar mendukung dan mengoptimalkan capaian pelaksanaan PIN Polio dengan sasaran seluruh anak usia 0-7 tahun tanpa melihat status imunisasi sebelumnya,” pintanya.

Ditambahkannya, kita melakukan advokasi dan sosialisasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi profesi, satuan pendidikan, dan seluruh pihak yang terkait dan memastikan ketersediaan sumber daya yang memadai dan berkelanjutan, baik pembiayaan tenaga kesehatan, ketersediaan vaksin dan logistik lainnya yang dibutuhkan secara efektif dan efisien, Pesan terakhir Mendagri, agar dilakukan pembinaan dan pengawasan secara berjenjang dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan.

“agar cakupan PIN Polio nantinya dapat tercapai minimal 95 persen dari keseluruhan anak-anak kita yang ada di kabupaten minahasa ,”tandas Kumedong.

Usai sambutan Bupati Minahasa didampingi Kadis Kesehatan memberikan tetes vaksin polio pertama kepada beberapa balita sebagai tanda dimulainya pencanangan PIN polio serentak di Tingkat Kabupaten Minahasa. Tahun 2024.

Turut Hadir pula dalam kegiatan ini Ka. BPBD Kab. Minahasa, Danramil Sonder, Camat Sonder, Ketua TP-PKK Kecamatan Sonder, Kepala Puskesmas Sonder, dan Kader Kesehatan, serta anak sekolah. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending