Connect with us

Sitaro

Pentingnya Jaminan Kesehatan, Bupati Sitaro Ajak BPJS Sosialisasikan ke Seluruh Kecamatan

Published

on

 

Foto: Dewi Muntia

SITARO, inforakyatnews.com – Bupati Evangelian Sasingen menyebut pentingnya masyarakat kepulauan Sitaro dapat lebih luas memahami manfaat dari BPJS Kesehatan.

Hal itu dikatakan Bupati saat menghadiri Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Kepulauan Sitaro Tahun 2023, di Pendopo Rumah Dinas Kelurahan Paniki, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Rabu (24/5).

Lebih lanjut Evangelian mengatakan,
Keikutsertaan pemerintah dalam agenda ini merupakan amanat undang-undang, juga merupakan bentuk komitmen Pemda Sitaro dalam mendorong terwujudnya jaminan sosial kesehatan bagi seluruh warga, serta memajukan sektor kesehatan.

“Karena BPJS Kesehatan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah Sitaro,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Sitaro ini.

Menurut Bupati, sangat perlu disosialisasikan kepada masyarakat di Negeri 47 Pulau agar mereka lebih memahami manfaat dan penggunaan BPJS.

Untuknya ia menghimbau kepada pihak BPJS untuk melakukan sosialisasi di tiap tiap kecamatan dengan pembagian jadwal. “Hal ini harus dilakukan karena sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga mereka dapat memahami dan mengerti dengan jelas penggunaan BPJS,” bebernya.

Bupati pun mengapresiasi pihak BPJS atas pemaparan di kegiatan ini. Sebab diakuinya, dirinya belum terlalu memahami namun karena dilaksanakannya kegiatan ini maka orang nomor satu di Sitaro ini bisa mengerti lebih jelas.

“Saya sendiri ketika diberikan penjelasan yang sangat jelas dari pihak BPJS, akhirnya dapat memahami. Untuknya, hal ini pun juga harus disosialisasikan kepada masyarakat apalagi saat ini sudah ada Mobile JKN yang mempermudah masyarakat,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Sitaro Djon P Janis, sosialisasi perlu digalakkan lagi dari pihak BPJS. Karena mengingat, ada sebagian masyarakat yang masih belum memahami apa yang menjadi hak mereka sebagai peserta BPJS. Pun tidak sedikit pengaduan yang datang kepadanya terkait praktik pembatasan layanan pasien peserta BPJS di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes). Praktik ini dinilai diskriminatif sehingga perlu diawasi lebih ketat.

Dalam pelayanan di fasilitas kesehatan (faskes), pasien dengan pembiayaan sendiri dan asuransi cenderung lebih diutamakan. “Sementara pasien (pengguna) BPJS Kesehatan selalu dianaktirikan. Perlu pembenahan sistemik ke depan,” tukasnya.

Tampak kegiatan dimulai pukul 10;00 wita hingga selesai, yang dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Denny Kondoj dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (dew)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sitaro

Demi Pelayanan Publik Berkualitas, Seluruh ASN di Sitaro Diminta Maksimalkan Kinerja

Published

on

Sitaro, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro di kepulauan Tagulandang melaksanakan giat apel pagi yang dilaksanakan di Pendopo Tagulandang Induk, Senin (17/7/2023).

Bupati Evangelian Sasingen diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Semuel Edwin Raule bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sitaro, hadir mengikuti apel tersebut.

Para ASN di Lingkup Pemkab Sitaro terpantau mengenakan seragam Korpri setiap tanggal 17 setiap bulannya, hal itu sesuai instruksi langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Asisten Administrasi Umum Setda Semuel Edwin Raule dalam giat tersebut mengatakan, apel pagi ini upaya pemerintah untuk menguatkan dan meningkatkan seluruh ASN agar bekerja maksimal dalam pelayanan.

“Sebagai abdi negara penting bagi ASN memaksimalkan kinerja pelayanan publik yang berkualitas, efesien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu kata Edwin Raule, pentingnya tanggung jawab individu dalam menjalankan tugas masing-masing.

“Setiap pegawai agar memaksimalkan kinerja dan giat melaksanakan tugas pokok masing-masing. Hal ini penting, untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif dan efektif dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas,” bebernya.

Ia lanjut mengajak kepada seluruh ASN agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif guna memperkuat kualitas dan efektivitas kinerja kita sebagai ASN.

“Dengan semangat KORPRI mari kita perkuat ikatan kebersamaan dan kerjasama antar sesama ASN,” tuturnya.

Turut hadir seluruh ASN, para pejabat Eselon IV, III, camat, lurah dan kapitalau. (Dewi)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Gunung Api Karangetang Status Siaga, Bupati Imbau Masyarakat Waspada

Published

on

Sitaro, inforakyatnews.com – Aktivitas Gunung Api Karangetang, terkonfirmasi dari pos pengamatan masih berada di level tiga atau masih dalam status siaga. Senin (12/06/2023).

Untuk mewaspadai kemungkinan yang dapat terjadi, Bupati Evangelian Sasingen mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kesiapsiagaan.

“Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Karangetang, namun hal ini bagi semua masyarakat di pulau Siau,” Imbau Bupati.

Imbauan bupati juga sampaikan untuk masyarakat yang tinggal di daerah berbukit, lereng dan banyak tebing, yang rentan dengan bencana longsor.

Meski begitu, Bupati Evangelian Sasingen berharap, daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro tetap dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari segala bencana.

“Untuknya kita tetap berdoa dan meminta pada Tuhan, agar daerah yang kita cintai ini tetap dalam lindungan-Nya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Karangetang Sitaro Yudia Tatipang menjelaskan, dari pengamatan mulai pukul 12:00-18:00 wita hari ini tingkat aktivitas Gunung Api Karangetang masih berstatus siaga atau level tiga.

Sehingga diingatkan bagi masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 km dari kawah dua, dan kawah utama serta area perluasan sektoral ke arah Barat Daya, Selatan, Tenggara sejauh 3.5 km.

“Bahkan wajib mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu waktu dari penumpukan material lava sebelumnya karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama kesektor selatan, tenggara, barat dan barat daya,” imbaunya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai. (Sar)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Sitaro

Kado Manis di HUT Sitaro ke-16, Pemkab Sitaro Terima CSR BSG Senilai 276,9 Juta Rupiah

Published

on

 

SITARO, inforakyatnews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terima CSR dari Bank Sulut Gorontalo (BSG) Cabang Ulu Siau.

Penyerahan CSR tersebut diberikan langsung oleh pimpinan cabang (Pincab) BSG Ulu Siau Jerry Tuuk kepada Bupati Evangelian Sasingen berupa satu unit truck sampah bernilai Rp 276.900.000 dan dilaksanakan di Lapangan Batahi Ondong, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Selasa (23/5), usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Bupati Evangelian Sasingen saat menerima mengapresiasi atas dukungan BSG kepada pemerintah Sitaro melalui pemberian CSR.

“Kami pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mitra kerja pemerintah yakni BSG, atas CSR yang diberikan,” ucap istri Anggota DPRD Provinsi Sulut Toni Supit ini.

Bupati juga mengatakan, penambahan armada sampah yang dioperasikan guna menambah kekuatan sarana dan prasarana pengelolaan sampah. Khususnya pengelolaan sampah di hilir, sehingga perlu ada tambahan armada. Adanya penambahan satu armada baru pengangkut sampah dapat mempercepat penyelesaian pengangkutan sampah.

“Untuk mempercepat menyelesaikan problem sampah di daerah, dan diharapkan dapat membantu agar tidak terjadinya penumpukan sampah di pemukiman,” bebernya sembari menambahkan, produksi sampah tersebut cukup beragam, terdiri dari sampah organik dan non organik. Namun sampah di daerah itu lebih didominasi oleh sampah rumah tangga dan sampah plastik. “Sehingga pemerintah sangat bersyukur dengan kepedulian BSG bagi daerah Sitaro,” bebernya.

Sementara itu Pincab BSG Ulu Siau Jerry Tuuk menjelaskan, CSR yang diberikan di HUT Sitaro kali ini merupakan gabungan CSR tahun 2021 dan 2022 namun nanti diserahkan ke pemerintah tahun ini berupa uang tunai.

“Jadi kami serahkan uang tunai sebesar Rp 276.900.000 nanti dibelanjakan oleh pemerintah daerah. Pun kendaraan truck sampah sudah ada,” ucapnya sembari menambahkan BSG memberikan bantuan merupakan kegiatan tanggung jawab sosial dan keuangan berkelanjutan atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah CSR, kepada masyarakat berupa satu unit bus yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat. (Sar)

Caption: PEDULI: Bupati Evangelian Sasingen menerima CSR dari Pincab BSG Ulu Siau Jerry Tuuk, di Lapangan Batahi Ondong, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Selasa (23/5).

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending