Connect with us

Hukrim

Polres Manggarai Tangkap 2 Pencuri Sepeda Motor

Published

on

Penangkapan dua orang pelaku pencurian sepeda motor.

Inforakyatnews.com, Manggarai – Unit Jatanras Satuan Reskrim Polres Manggarai, NTT, dibantu Kapolpos Langke Rembong, menangkap dan mengamankan dua orang pelaku pencurian sepeda motor, Jumat (15/3) kemarin.

Dua pelaku yang diamankan itu masing-masing FN (18), asal Nampong, Desa Umung, Kecamatan Satar Mese dan YSG (18), asal Marabola, Desa Lagurlai, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur.

Humas Polres Manggarai, Ipda I Made Budiarsa kepada IRN, Sabtu (16/3) mengatakan, kedua pelaku ditangkap di Tenda, Kecamatan Langke Rembong.

Dijelaskan, kasus pencurian ini terjadi Minggu (3/3/24), sekitar pukul 03.00 wita. Motor Supra Fit, warna hitam milik korban Agustinus Adur (23), seorang mahasiswa asal Desa Nampar Tabang, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, dicuri kedua pelaku dari samping rumah korban.

“Pada hari minggu (3/3) pukul 06.00 wita, korban melaporkan kejadian tersebut setelah mengetahui sepeda motornya hilang dari tempat parkir,” kata Made.

Usai mendapat laporan, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap kedua pelaku di Tenda. Kepada polisi, keduanya mengaku masuk ke samping rumah korban, mengambil sepeda motor, dan merusak kabel kontak dengan gunting. Setelah berhasil, mereka meninggalkan tempat kejadian.

Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (Adi N)

Print Friendly, PDF & Email

Breaking News

Polres Minahasa Gelar Konfrensi Pers, Ungkap Kasus Curanik Dan Curanmor, Kapolres Minahasa Imbau Hal Ini

Published

on

Polres Minahasa Gelar Konfrensi Pers.

MINAHASA, inforakyatnews.com – Kepolisian Resort Polres Minahasa melaksanakan Konferensi Pers yang dipimpin Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, SIK., MH didampingi oleh Kasat Reskrim IPTU Dwirianto Tandirerung, S.TrK., dan Kasih Humas IPTU M. Siwu. Bertempat di Mako Polres Minahasa, Rabu (17/7/24).

Pada kesempatan ini Kapolres Sophian, mengumumkan keberhasilan anggota polres Minahasa, dibawah binaan Kasatserse, Polres Minahasa Tim Whitelion Jatantras polres Minahasa, berhasil mengungkap sejumlah kasus pencurian yang terjadi pada periode Juni hingga Juli 2024.

Adapun kasus Pencurian yang berhasil diungkap yakni pencurian Elektronik di Desa Leleko, sesuai laporan Polisi: LP/B/15/IV/2024/SPKT.Sek Remboken/Polres Minahasa/Polda Sulawesi Utara. Pada tanggal 1 April 2024, dengan pelaku berinisial AU (20 tahun) dan rekannya SN (20 tahun), yang merupakan residivis, dimana melakukan pencurian elektronik di Desa Leleko, Kecamatan Romboken.

Adapun kronologi pencurian, awalnya Pelaku masuk ke rumah melalui jendela yang terbuka dan mengasak lima unit handphone saat penghuni rumah tertidur.

Namun pada tanggal 29 Juni 2024, Unit Jatanras berhasil menangkap pelaku di Kota Bitung. Dimana Barang Bukti yang disita antara lain satu unit iPhone XR, satu unit Oppo A9 2020, dan sepeda motor Honda Beat yang digunakan dalam aksi tersebut, dan kerugian yang ditaksir pada kasus ini mencapai 18.600.000 rupiah, dan atas kejahatan ini, pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 dan 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Sementara itu, untuk Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Rinegetan, sesuai Laporan Polisi: LP/B/198/V/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut, diketahui
pada tanggal 19 April 2024, pelaku berinisial SET (19 tahun) mencuri sepeda motor dari sebuah bengkel rumah di Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat.

Para tersangka kasus pencurian barang elektronik dan pencurian kendaraan.

Adapun kronologi kejadian. Pelaku beraksi dengan merusak pintu rumah dan mengambil kunci motor yang diletakkan di atas meja. Namun Pada tanggal 2 Mei 2024, polisi berhasil menangkap pelaku di Desa Silian, Kecamatan Silian Raya. Dimana sebagian barang bukti telah dilimpahkan ke kejaksaan, sementara tiga unit sepeda motor berhasil diamankan. Atas kejahatan tersebut Pelaku pun dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara dan kerugian atas kasus ini mencapai 8 juta rupiah.

Selain itu juga pihak kepolisian resort Minahasa berhasil mengungkap pula kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Tounkuramber, sesuai Laporan Polisi: LP/B/232/V/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut
Pada tanggal 8 Mei 2024, tiga pelaku dari Koya berboncengan menggunakan satu sepeda motor berkeliling Tondano mencari target pencurian, yakni sepeda motor.

Kronologi pencurian. Di Tounkuramber, pelaku melihat sepeda motor terparkir di pinggir jalan, lalu mendorongnya hingga ke gang kecil, mencabut soket, dan menghidupkannya. Namun pada tanggal 26 Mei 2024, Resmob Minahasa berhasil menangkap tiga pelaku di Kecamatan Lembean Timur. Dimana sesuai dengan Barang Bukti yang disita meliputi satu unit sepeda motor Honda Beat berwarna biru hitam. Adapun kerugian yang ditaksir mencapai Rp.20.000.000. Dan Pelaku pun dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 Ke 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Dan terakhir Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Desa Ampreng, sesuai laporan Polisi: LP/B/276/VI/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut
Pada tanggal 26 Juni 2024, pelaku berinisial PTL dari Poopo, Kecamatan Ranoyapo, Minahasa Selatan, bersama EG, melakukan pencurian sepeda motor di Desa Ampreng, Kecamatan Langowan Barat. Pelaku menggunakan mobil Gran Max yang disewa untuk membawa hasil curian. Pada tanggal 7 Juli 2024, Unit Jatanras Polres Minahasa berhasil menangkap EG, dan sehari kemudian PTL juga berhasil diamankan. Barang bukti yang disita meliputi satu unit sepeda motor Honda Beat hitam, satu unit sepeda motor Scoopy merah, dan satu unit mobil Gran Max. Dimana Kerugian ditaksir mencapai Rp 20.000.000. Pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 dan 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Minahasa menegaskan pentingnya kewaspadaan dan pencegahan dari masyarakat.

“Kami menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan kunci ganda pada kendaraan sepeda motor dan berhati-hati dalam memarkir kendaraan. Hindarilah hal-hal yang dapat memberikan peluang bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya,” Imbau Kapolres Minahasa.

Dengan pengungkapan kasus-kasus ini, diharapkan masyarakat semakin waspada dan kerjasama antara polisi dan masyarakat dapat terus ditingkatkan guna menjaga keamanan dan ketertiban di Minahasa, “pungkasnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Headline

Bupati Kumendong Saksikan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum di Kejari Minahasa

Published

on

Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum di Kejari Minahasa

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Pj. Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M.Si, menghadiri Pemusnahan Barang Bukti tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht) yang digelar Kejaksaan Negeri Minahasa, bertempat di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Minahasa, Tondano. Selasa (16/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Minahasa bersama Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa B. Hermanto SH, MH, serta Forkopimda Kabupaten Minahasa, menyaksikan pemusnahan barang bukti diantaranya Pisau badik, Tombak, Samurai, Parang, pakaian dan Hape, dimusnahkan secara dibakar dan dipotong dengan mesin gurinda.

Bupati Kumendong mengucapkan apresiasinya kepada Kejaksaan Negeri Minahasa dibawah pimpinan Kajari Minahasa B. Hermanto atas digelarnya kegiatan ini.

“Sehebat apapun kita ketika tidak melakukan pencegahan sama saja. Kita perlu bersinergi bersama dengan Forkopimda yang ada dalam mencegah terjadinya kejahatan demi penegakan hukum di wilayah kita, dan saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas digelar kegiatan ini oleh kejari Minahasa, “tandas Bupati.

Sementara itu Kejaksaan Negeri Minahasa, atas nama Kajari Minahasa menyampaikan ada belasan Barang bukti tindak pidana umum dengan 13 perkara, yang dimusnahkan dalam kegiatan ini dan pemusnahan barang bukti ini Agar masyarakat tahu akan kinerja kejaksaan negeri.

“Kami berharap bersama forkopimda Kabupaten Minahasa kami boleh bekerjasama dalam penegakan hukum yang ada di Minahasa, baik itu pidana umum maupun dengan penegakan hukum korupsi, tentunya kami juga akan mengadakan sosialisasi di sekolah-sekolah dan kepada masyarakat, agar pencegahan kejahatan boleh teratasi, “pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Jajaran Kejari Minahasa, Pihak Kepolisian dan TNI dan undangan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

14 Hari Kedepan Polres Minahasa Gelar Operasi Patuh Samrat 2024, Mari Tertib Berlalulintas

Published

on

Kasat lantas Polres Minahasa IPTU M. Syarif Subarkah S.Tr.K.

MINAHASA,inforakyatnews.com-Kepolisian Resort (Polres) Minahasa mengelar Operasi Patuh Samrat yang dimulai sejak 15 Juli hingga 28 Juli 2024.

Kapolres Minahasa melalui Kasat lantas Polres Minahasa IPTU M. Syarif Subarkah S.Tr.K, mengatakan Operasi Patuh Samrat ini digelar secara serentak diseluruh Indonesia, termasuk di wilayah kepolisian Minahasa.

“Diketahui Operasi Patuh Samrat yang digelar selama 14 hari tersebut, menyasar para pengemudi kendaraan yang lalai dan tidak tertib berlalulintas, dimana penindakan dilakukan kepada pengemudi yang mengunakan HP saat berkendara, tidak mengunakan Helm SNI, tidak melengkapi dengan surat surat kendaraan saat melakukan perjalanan, dan tidak tertib berlalulintas, “katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Operasi Patuh Samrat yang dimulai sejak tanggal 15 Juli ini, dilakukan di pusat kota Tondano dan Langowan serta wilayah kepolisian Minahasa.

“Operasi Patuh Samrat, yang dimulai di pusat kota Tondano, dimana fokus teguran dan pembinaan, diberikan kepada para pengendara yang didapati lalai dalam mengemudi kendaraan, dan sampai saat ini belum ada penindakan dan hari ini anggota masih ada di jalan, dalam tugas operasi patuh Samrat, “terangnya.

Ditambahkannya untuk
Personil yang mengikuti operasi ini ada sekitar 30 anggota personil yang bertugas.

” Jadi anggota personil yang bertugas selain Polantas, ada juga personil dengan fungsi Sabara, Reskrim dan ada pula yang bertugas sebagai tim sosialisasi, untuk operasi patuh Samrat ini, “Tandas M. Syarif, sembari juga mengimbau kepada warga saat melakukan perjalanan tetap mematuhi lalu lintas, untuk keselamatan masyarakat itu sendiri.

Kasat lantas M. Syarif, pula mengingat untuk masyarakat yang akan menjalani pengucapan di Minahasa agar para pengendara untuk tertib berlalu lintas saat dalam perjalanan menuju tujuan.

“Kalau bisa bersama keluarga gunakan kendaraan bersama dan tidak mengunakan kendaraan sebanyak mungkin, mari gunakan sesuai anggota keluarga agar tidak menimbulkan kemacetan, di jalan, dan mari kita terus menjaga ketertiban disaat bertamu dengan tidak mengunakan knalpot racing agar tidak menggangu kenyamanan orang lain, “pungkas Kasat Lantas M. Syarif yang akan mengakhiri tugasnya di Minahasa, dimana nantinya Kasat Lantas M. Syarif akan pindah tugas ke Kota Bitung. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending