Connect with us

Daerah

Gunung Api Karangetang Status Siaga, Bupati Imbau Masyarakat Waspada

Published

on

Sitaro, inforakyatnews.com – Aktivitas Gunung Api Karangetang, terkonfirmasi dari pos pengamatan masih berada di level tiga atau masih dalam status siaga. Senin (12/06/2023).

Untuk mewaspadai kemungkinan yang dapat terjadi, Bupati Evangelian Sasingen mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kesiapsiagaan.

“Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Karangetang, namun hal ini bagi semua masyarakat di pulau Siau,” Imbau Bupati.

Imbauan bupati juga sampaikan untuk masyarakat yang tinggal di daerah berbukit, lereng dan banyak tebing, yang rentan dengan bencana longsor.

Meski begitu, Bupati Evangelian Sasingen berharap, daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro tetap dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari segala bencana.

“Untuknya kita tetap berdoa dan meminta pada Tuhan, agar daerah yang kita cintai ini tetap dalam lindungan-Nya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Karangetang Sitaro Yudia Tatipang menjelaskan, dari pengamatan mulai pukul 12:00-18:00 wita hari ini tingkat aktivitas Gunung Api Karangetang masih berstatus siaga atau level tiga.

Sehingga diingatkan bagi masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 km dari kawah dua, dan kawah utama serta area perluasan sektoral ke arah Barat Daya, Selatan, Tenggara sejauh 3.5 km.

“Bahkan wajib mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu waktu dari penumpukan material lava sebelumnya karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama kesektor selatan, tenggara, barat dan barat daya,” imbaunya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai. (Sar)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Lengkapi Fasilitas Balai Kemasyarakatan, Pemdes Kawatak Bangun WC Sehat

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Guna melengkapi fasilitas yang ada di Balai Kemasyarakatan yang ada di desa Kawatak, kecamatan Langowan Selatan, maka Pemerintah desa Setempat membangun Toilet atau WC Sehat.

“Saat ini Pemerintah Desa telah memulai pembangunan WC Sehat yang ada di Balai Kemasyarakatan Desa Kawatak, guna melengkapi fasilitas yang ada di Balai kemasyarakatan ini, setelah sebelumnya di tahun 2023, melakukan pekerjaan pengacian di Balai kemasyarakatan tersebut, “ujar Hukum Tua Desa Kawatak Jerry Wangko didampingi Sekertaris desa Maikel Polandos kepada Media ini, Rabu (24/4/2024).

Diketahui anggaran pembangunan WC sehat di Balai ini, diambil dari dana desa, yang telah dianggarkan dalam pekerjaan fisik, dibangunnya WC sehat ini sangat penting dikarenakan Balai ini sering digunakan dalam berbagai acara yang ada di desa, jadi pembangunan WC sehat sangat diperlukan untuk melengkapi fasilitas yang ada di Balai kemasyarakatan tersebut.

“Keberadaan sarana toilet pada Balai kemasyarakatan yang sering digunakan dalam berbagai acara oleh masyarakat desa dan dalam pelayanan publik merupakan salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan, dan pembangunan WC sehat ini dikerjakan oleh masyarakat desa, guna menambah pemasukan penghasilan warga untuk menunjang perekonomian rumah tangga, “pungkasnya.

Diketahui desa Kawatak yang berada di kecamatan Langowan Selatan ini, merupakan desa yang sering dikunjungi turis lokal,karena desa Kawatak merupakan salah satu desa yang memiliki potensi wisata reliji, (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Lomba Desa Tingkat Kecamatan, Desa Kawatak Layak Ikut Lomba Tingkat Kabupaten

Published

on

LANGOWAN SELATAN, inforakyatnews.com – Pemerintah Desa Kawatak, dipimpin Hukum Tua Jerry Wangko mengikuti kegiatan Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa dan Lomba Desa Tingkat kecamatan, tahun 2024 di desa Kawatak kecamatan Langowan Selatan. Bertempat di Balai Kemasyarakatan Desa Kawatak, Jumat (26/4/24).

Hukum Tua Jerry J. Wangko dalam laporannya menyampaikan perkembangan desa, kondisi saat ini untuk desa Kawatak untuk masyarakat desa berjumlah 506 jiwa, dimana ketertiban aman terkendali dan untuk pelayanan didesa berjalan dengan lancar, dan untuk pelaksanaan APBDes 2023, telah selesai dilaksanakan.

Sementara itu Sekertaris Kecamatan Langowan Selatan, Wilson Wowiling S.T, mewakili Camat, mengatakan melalui observasi di lapangan di desa Kawatak dinilai baik, karena informasi tersampaikan kepada masyarakat.

“Hal ini bisa terlihat sebagai contohnya kebersihan dipekarangan rumah dan pemasangan bendera umbul-umbul, hal ini bisa kita lihat tadi dalam pemantauan di lingkungan desa, dan desa Kawatak menjadi desa yang terlengkap kehadiran perangkat desa yang ada, “kata Sekcam.

Lanjut Dia, jadi untuk penentuan desa Kawatak untuk menjadi desa berkembang terlihat dari, Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan.

“Untuk desa Kawatak sangat baik dalam penilaian, dimana juga desa Kawatak memiliki Balai kemasyarakatan dengan memiliki sarana olahraga. Jadi poin yang didapat desa ini sangat baik dan tentunya ada peningkatan pasti ada perkembangan pembangunan didesa, pasti nya desa Kawatak merupakan salah satu desa yang siap mengikuti perlombaan tingkat kabupaten, “pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga Hukum Tua desa Kawatak menyampaikan laporan kerja APBdes tahun 2023, yang terbagi dalam beberapa bidang pekerjaan yang ada, dengan mengunakan anggaran dana desa dan alokasi dana desa.

Adapun Tim Penilai dari kecamatan Langowan Selatan yang turun memantau di lokasi lingkungan yang ada di desa menjelaskan bahwa desa Kawatak sudah siap mengikuti perlombaan desa dan perkembangan desa.

“Desa Kawatak ini merupakan desa wisata, dimana administrasinya sangat baik, jadi sudah layak mengikuti lomba desa tingkat kabupaten. Mudah-mudahan, desa ini bisa mengikuti lomba desa tingkat kabupaten, tandasnya.

Dalam kegiatan ini para Kepala Jaga dan Perangkat desa lainnya dalam hal ini Kasie dan Kaur ikut bersama-sama mendampingi tim penilai dari kecamatan untuk lomba kesehatan lingkungan di desa dengan menilai setiap lingkungan di jaga masing-masing di desa Kawatak, dan turut hadir dalam kegiatan ini, BPD desa Kawatak, lembaga yang ada, Danramil Langowan diwakili Sertu Ronny Pangau dan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Sekda Watania Pimpin Verifikasi Renja Pemkab Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Dr Lynda Watania MM MSi, memimpin verifikasi terhadap rancangan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Minahasa, bertempat di Ruang Rapat Ex Wakil Bupati, Rabu (25/4/24).

Terlihat dalam rapat ini Sekda Watania membahas terkait dengan rencana kerja pemerintah Kabupaten Minahasa bersama dengan jajaran pejabat yang hadir.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, para Kepala SKPD bersama jajaran sekertariat yang ada di lingkungan Sekertariat Pemkab Minahasa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending