Connect with us

Bola & Sports

Peraih Medali Emas Kejuaraan Kempo Dunia Turki, Disambut Secara Resmi Pemda Manggarai

Published

on

Manggarai NTT, Inforakyatnews.com – Peraih medali emas kejuaraan olahraga kempo dunia di Turki tahun 2021 asal Manggarai NTT, Aprilianus Marco Jolo Jahang, diterima secara resmi oleh pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) Jumat, (12/11/2021).

Tiba di Ruteng pada Jumat pagi, Marco langsung diarahkan menuju Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai di Ruteng dan diterima langsung Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H bersama sejumlah OPD dan ketua Koni Bona Jenadut, didampingi ketua Federasi Kempo Indonesia (FKI) NTT, Kanis Nasak, dan para pelatih kempo Manggarai serta ayahnya Maximus Jahang.

Marco pun langsung diterima secara budaya Manggarai berupa manuk kapu dan dikalungi selendang serta dipakaikan topi songke motif Manggarai oleh Wakil Bupati (Wabup) Manggarai, Heribertus Ngabut.

Dalam kesempatan itu Marco diberikan kesempatan oleh ketua IKF NTT, Kanis Nasak untuk melakoni kembali gerakan kempo seperti yang Ia lakukan dalam kejuaraan kempo dunia di Turki itu.

Ketua Federasi kempo Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kanis Nasak dalam sambutannya mengatakan bahwa medali emas yang diraih Marco pada kejuaraan kempo dunia di Turki tersebut berkat doa dan dukungan dari Pemerintah, IKF, seluruh masyarakat Indonesia dan juga keluarga.

“Raihan itu, sebagai sebuah kesuksesan yang dipersembahkan Marco terhadap Negara Indonesia sebagai anak bangsa,” ungkap Kanis Nasak.

Di hadapan Wakil Bupati Heri Ngabut, Kanis Nasak mengatakan bahwa IKF sudah resmi sebagai sebuah organisasi karena telah mendapat pengesahan dari Kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkum-HAM).

Organisasi IKF ini, kata Kanis telah dilaporkannya kepada Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, melalui Asisten 1 Setdaprov NTT dan saat ini IKF sedang menunggu langkah Pemerintah Provinsi.

Berdasarkan perintah Undang Undang nomor 3 tahun 2005, Kanis mengatakan, sebuah organisasi yang telah diakui Negara melalui keputusan Kementerian Hukum dan HAM, Pemerintah berkewajiban untuk melindungi dan membesarkannya.

Karena itu Ia meminta pemerintah agar melindungi dan membantu membesarkan IKF di Manggarai dan NTT.

Wabup Manggarai, Heribertus Ngabut dalam sambutannya mengatakan bahwa Marco ikut kejuaraan kempo dunia di Turki membawa nama Indonesia, “Dengan demikian keberhasilan Marco meraih medali emas adalah keberhasilan yang membanggakan Indonesia,” ujar Wabup Ngabut.

Heri Ngabut menyebut Marco adalah aset bangsa Indonesia dan bukan hanya aset Manggarai atau NTT.

Di sisi lain Wabup mengingatkan Marco yang kini masih duduk di bangku kelas 2 SMKN Wae Rii itu untuk tidak menyombongkan diri oleh karena keberhasilannya tersebut, putra dari pasangan Maximus Jahang dan Hermina Theresia Jemimin ini justru diingatkan untuk terus berlatih dan tetap rendah hati.

“Keberhasilan itu adalah sebuah modal besar bagi Marco untuk masa depan termasuk pendidikannya,” ungkap Wabup.

Bahkan Heri Ngabut mengatakan bahwa sebagai wakil bupati, dirinya akan membantu apa dan ke manapun arah yang ingin di tempuh Marco ke depannya. “Asalkan selalu dikomunikasikannya pada saya,” tambahnya.

Heri Ngabut dalam kesempatan itu berjanji akan berdiskusi dengan jajaran IKF agar IKF dicatat dalam daftar KONI Manggarai termasuk soal olahraga kaum disabilitas.

Sementara itu, ayahanda Marco, Maximus Jahang dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai karena telah mendukung putranya itu untuk mengikuti Kejuaraan Kempo Dunia di Turki serta dapat menerimanya kepulangannya secara resmi.

“Sebagai orang tua, tentunya menyampaikan terima kasih kepada IKF terutama para pelatih yang telah melatih putra kami itu dengan baik sehingga diutus mengatas namakan Indonesia pada kejuaraan kempo dunia tahun 2021 di Turki yang pada akhirnya meraih medali emas,” pungkas Maximus Jahang.

(Penulis : Paulus Nabang)

 

Print Friendly, PDF & Email

Bola & Sports

Dibuka Bupati Kumendong, Kejuaraan Tenis Meja Bupati Minahasa Cup Resmi Bergulir

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, MSi juga sebagai Ketua Harian Pengurus Tenis Meja Provinsi sulawesi Utara Membuka Kegiatan Kejuaraan Tenis Meja Bupati Minahasa Cup Dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke 595 di Gelanggang Olahraga Stadion Maesa Tondano. Kamis (2/11/23).

Mengusung Tema “Dengan semangat si tou timou tumou tou kita bangun integritas dan prestasi atlit tenis meja Sulawesi Utara”, kejuaraan tenis meja Bupati Minahasa Cup Resmi Dibuka Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan semoga kejuaraan tenis meja Bupati Minahasa cup ini, dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke 596, semoga bisa berjalan dengan sukses.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kejuaraan tenis meja ini agar dapat bermain dengan baik dan semoga melalui kejuaraan ini bisa mendapatkan hasil positif, dengan mendapatkan atlit tenis meja untuk Minahasa, dan atlit provinsi Sulawesi Utara, selamat bertanding, ” Ucap Kumendong.

Sementara itu, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Minahasa Arody Tangkere, mengatakan Tenis Meja Bupati Minahasa Cup baru pertama kali ini dilaksanakan di tahun 2023 di bawah kepemimpinan Jemmy Kumendong.

“peserta dari ASN dan juga umum dari kabupaten kota se Sulawesi Utara. perangkat daerah juga bebas mencari atlet dari luar yang berpotensi untuk ikut serta. Total hadiah dalam kejuaraan ini sebesar Rp56 juta, Selaku Kadispora, saya mewakili komunitas tenis meja mengapresiasi Pj Bupati Jemmy Kumendong,” jelasnya.

Kejuaraan diikuti peserta perorangan, 120 peserta divisi dua, 60 peserta divisi satu, serta peserta Beregu Umum sebanyak 32 Tim (1 tim 4 orang) serta beregu SKPD 28 tim.

Rencananya kejuaraan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 2-4 November, dengan total hadiah 56 juta rupiah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Adminstrasi Umum Sekdakab Minahasa dan Jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, serta Para Atlit Tenis meja se Provinsi Sulawesi Utara dan Peserta Utusan OPD, Peserta utusan Kecamatan dan, Peserta Pendaftar Umum.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bola & Sports

Ditandai Pelepasan Balon Merah-Putih, Bupati Kumendong Pimpin Olahraga Bersama Jelang HUT Minahasa ke-595

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Hari ini, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi, membuka kegiatan dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Minahasa Ke- 595 yang diawali dengan Olahraga Bersama, bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa, kamis (12/10/2023).

Pembukaan Hari Jadi Minahasa yang Ke 595 ini, ditandai dengan dilepasnya Balon Merah putih Ke-Udara Oleh Bupati, Bersama Forkopimda Kabupaten Minahasa, Ketua TP-PKK Minahasa Djeneke Kumendong Onibala SH, MSA, Sekda Minahasa Dr. Lynda Watania MSi, Bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Siswa-Siswi, serta Tamu dan Undangan.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Kabupaten Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi, menyampaikan berbagai kegiatan yang akan digelar sejak pembukaan Sampai pada hari puncaknya HUT Minahasa pada 5 November Mendatang.

“Ada berbagai kegiatan yang akan kita gelar, diantaranya pemilihan Wulan Waraney, Minahasa Expo, Lomba Drum Band, Lomba Katrili, Lomba Bahasa Daerah, dan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan HUT Minahasa ini,” Ujar Kumendong.

Kumendong juga menjelaskan bahwa akan dilaksanakan kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB), yang akan dilaksanakan usai pelaksanaan HUT Minahasa nanti, untuk itu perlu ada kesiapan para Atlit untuk dapat ambil bagian pada kegiatan ini.

“Saya berharap nantinya lewat Pekan Olahraga ini maka dapat mengorbitkan atlit yang ada di Kabupaten Minahasa, sehingga nantinya dapat terus menjadi perwakilan, dan mengharumkan Kabupaten Minahasa, juga Sulawesi Utara ditingkat Nasional nantinya,” Kata Kumendong Sembari membuka kegiatan dalam rangka HUT Minahasa Ke- 595 Tahun 2023.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bola & Sports

Gelar Coaching Clinic, Langowan dan Kawangkoan Hadirkan Pelatih Basket Berlisensi Nasional

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Cabang Olahraga Basket yang semakin digemari anak muda di tanah Toar Lumimuut, Minahasa saat ini, menjanjikan prestasi bagi para pencinta basket, khususnya generasi muda yang berada di Langowan dan Kawangkoan.

Tak tanggung-tanggung kolaborasi Langowan Basket Ball Academy dan Peanut Kawangkoan disponsori Kebab 420, Ko Cristian berhasil mendatangkan pelatih-pelatih terbaik Sulut bahkan Pelatih berlisensi Nasional serta para pemain liga Basket tertinggi Indonesia IBL.

Kehadiran mereka disambut antusias anak-anak, di Lapangan Basket SMA/SMK Yadika Langowan, menjadi tempat digelarnya Coaching Clinic, ini. Pada Minggu (30/7/2023). Yang digelar Langowan Academy dan Peanut Kawangkoan.

Para coach yang hadir diantaranya Octavianus Sanda yang biasa di panggil Coach Ota, adalah pelatih DBL indonesian all star yang pada bulan kemarin baru saja membawa squad Indoneaian DBL All Star bertanding dan berlatih di Amerika, bersama Andre Rorimpandey salah satu pemain NSH Jakarta yang bermain di IBL.

Diketahui A Rorimpandey merupakan pebasket yang belum lama ini menorehkan hasil luar biasa yang telah mencetak lebih dari 1000 poin dalam karirnnya di IBL di usianya yang masih muda.

Selain itu juga menghadirkan Elyiakim Tampei, pungawa dari club IBL Satya Wacana Salatiga yang sekarang telah menjadi pelatih di salah satu sekolah terkemuka di sulut yaitu Manado Independent School(MIS), yang beberapa waktu yang lalu berhasil meraih gelar MVP di turnamen Kejurkot Manado.

Para Pelatih dan Pemain Nasional, saat memberikan coaching clinic kepada pemain muda basket di Langowan dan kawangkoan, di SMA Yadika Langowan.

Suatu kebanggan juga hadir atlit basket kebanggan kota Langowan Brando Kosegoran, salah satu pemain muda yang saat ini bermain untuk NSH Jakarta di IBL yang merupakan pemain berpotensi, yang baru membawa Bayangkara POLDA Sulut menjadi Champion di Kejurkot Manado.

Diantara para pelatih Nasional tersebut ada Nama coach Romy Sanda pelatih terbaik MIS yang sudah meraih banyak gelar dan champion untuk MIS dan telah melahirkan banyak pemain hebat di sulut ini. Bersama Coach Leo Timuhari yang merupakan founder Langowan dan kawangkoan basketball academy yang saat ini juga menjadi pelatih MIS, yang telah banyak menemukan bakat Pebasket di daerah di sulut dan berhasil melahirkan pemain basket hebat.

Kehadiran mereka di coaching clinic ini, tentu pula dihadiri para founder asal langowan dan kawangkoan diantaranya Coach Frangki Sumual, Nelky Goni, Margio Willy dan Alfino Tikoalu, dimana kehadiran mereka telah berhasil menghidupkan kembali minat dan bakat basket di kota langowan dan kawangkoan yang sempat redup.

Antusias anak-anak yang mengikuti coacing clinik kemarin membuat para pelatih dan pemain nasional lebih bersemangat dalam memberikan materi.

“Kami sadar bakat basket di kota ini harus terus dilanjutkan untuk melahirkan banyak atlit basket berbakat lagi dikota langowan dan kawangkoan, “ujar para Coach ini Kompak.

“Tampa terasa hari sudah gelap tapi kami melihat semangat peserta yang harusnya kegiatan sudah berhenti, tetapi kami tetap lanjutkan karena kami mengapresiasi semangat yg di tunjukan mereka.

Coach Ota mengungkapkan, Meskipun pulang larut malam ke kota manado dan bitung tidak apa-apa melihat antusias mereka, “ungkap coach ota dan para pemain dan pelatih yg menjadi pembawa materi coaching clinik, sembari berkata
Basket Langowan dan Kawangkoan punya potensi yg luar biasa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending