Connect with us

Daerah

Komitmen Pemkab Minahasa, Serahkan 206 Sertifikat PTSL di Langowan Timur

Published

on

LANGOWAN, inforakyatnews.com – Dalam upaya memastikan kepastian hukum atas tanah bagi warga, Pj. Bupati Kabupaten Minahasa Dr Jemmy Stany Kumendong M. Si, menyerahkan 206 sertifikat Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Desa Wolaang, Langowan Timur, di Balai Desa Wolaang, Selasa (23/1/2024).

Penyerahan sertifikat ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam mewujudkan reforma agraria dan mempercepat proses sertifikasi tanah di seluruh wilayahnya.

Kepala BPN Minahasa Yandry Rori SSIP MSi dalam laporannya mengatakan, target dari provinsi yang diberikan untuk kabupaten Minahasa ada 7946 bidang tanah. Dan yang terealisasi sekitar 92 persen dengan jumlah 7246 bidang yang sudah selesai.

“Jumlah keseluruhan ini terbagi di 7 kecamatan 46 Desa. Dan untuk Kecamatan Langowan Raya ada 602 sertifikat. Dengan adanya sertifikat ini, maka bidang tanah telah memiliki administrasi lengkap serta akan jauh dari sengketa. Juga, ini akan menjadi pemasukan daerah kedepannya. Sehingga sangat diharapkan masyarakat yang sudah memiliki sertifikat agar dapat menggunakan dan menjaga dokumen ini dengan baik, “ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kumendong mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga memiliki kepastian hukum atas tanahnya. Kami berharap ini dapat memberikan keamanan dan ketenangan bagi warga kita.

Bupati Minahasa Dr Jemmy Stany Kumendong M. Si.

“Sertifikat PTSL ini adalah bukti nyata dari upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, kata Kumendong, sembari mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan tanah mereka dengan baik.

Saya berharap, tanah-tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga penyerahan sertifikat PTSL ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan kepastian hukum atas tanah bagi seluruh warga Kabupaten Minahasa,” terang Kumendong.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya sertifikat PTSL, masyarakat juga memiliki akses yang lebih mudah untuk memanfaatkan tanah mereka secara produktif. Mereka berharap dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pemanfaatan tanah yang lebih baik.

“Jadi secara keseluruhan, masyarakat yang menerima sertifikat PTSL merasa terbantu dan berharap agar program ini terus dilakukan untuk memberikan kepastian hukum atas tanah bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa,” terang Bupati.

Adapun, selaku masyarakat penerima sertifikat PTSL yang merupakan Camat Langowan Barat Sisca Maseo memberikan apresiasi positif kepada pemerintah dan BPN Minahasa. Merasa gembira dan lega karena akhirnya mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang mereka miliki. Dengan adanya sertifikat PTSL, mereka merasa lebih aman dan tenang dalam memiliki dan mengelola tanah mereka.

“Masyarakat sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam mempercepat proses sertifikasi tanah dan memberikan pelayanan publik yang baik. Mereka merasa dihargai dan didukung dalam hak kepemilikan tanah mereka,” tutur Maseo.

Warga masyarakat penerima sertifikat tampak gembira dan lega mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang mereka miliki. Mereka berharap, ke depannya pemerintah dapat terus bekerja keras dalam mewujudkan kepastian hukum atas tanah bagi seluruh masyarakat Minahasa.(*)

Daerah

Dibuka Kakanwil Lumbuun, Kalapas Tondano Y Paath Ikuti Bimtek Watkesrehab

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Tondano, Kantor wilayah Kemenkumham Sulut, Yulius Paath mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, Pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun ini diikuti oleh petugas kesehatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut .

Dalam sambutannya, Kakanwil Lumbuun menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.

Pada kesempatan ini, Lapas Tondano mengutus Kasibinapigiatja, I Made Budana, Dokter Gandi Napitupulu dan Perawat Pius Rawung untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, selama beberapa hari kedepan. (HerS)

Continue Reading

Daerah

Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Kumendong Hadiri Peresmian INPRES Jalan di Sulut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M,Si. Menghadiri Acara Peresmian Pelaksanaan INPRES Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara Oleh Presiden Republik Indonesia (RI). Ir. Joko Widodo.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumat, (23/02/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE. Bupati Bolmong Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Turut hadiri mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt.Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Plt.Kabag Prokopim.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Kumendong Hadiri Ibadah Syukur GMIM Waleta Pineleng Ke-20

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pejabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-20, Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua, Kamis (22/2/2024).

Pada kesempatan ini PJ Bupati Kumendong dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke- 20, kepada Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Jajaran pejabat yang ada, mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-20 Jemaat GMIM Waleta Graha, kiranya Tuhan akan memberkati jemaat gereja yang ada. “Ucapnya.

Adapun khadim dalam
Ibadah syukur ini dipimpin oleh Pdt. Jefry Saisab, S.Th, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Koordinasi Bidang Program Kategorial BIPRA dan Lansia Sinode GMIM.

Turut hadir dalam Ibadah Syukur, Ketua BPMW Pineleng, Pdt. Ny. Grace Rumengan-Ngantung, M.Th, Plt. Kadis P3A Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Staf Khusus Bupati Minahasa, Teddy Masengi, Camat Pineleng, Sekcam Pineleng, Hukum Tua Pineleng Dua Indah, Ketua BPMJ Pdt.Ny. Margaretha Najoan-Karundeng, M.Teol Pdt Jemaat dan Pelayan Khusus serta Jemaat Waleta Graha Indah Pineleng Dua Indah.(HerS)

Continue Reading

Trending