Connect with us

Minut

Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi mempercepat transformasi digital di Desa Darunu

Published

on

MINUT, inforakyatNews.com – Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas MIPA Jurusan Matematika mengusung tema “Pelatihan Penggunaan Database Kependudukan dan Web Statistik Bagi Aparat Pemerintah”. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk penguatan peran dan kapasitas perangkat desa dalam bidang teknologi. Kegiatan berlangsung pada tanggal 8 November 2022 di Desa Darunu, Kecamatan Wori, Kabupaten Mianahasa Utara.

Ketua Jurusan Matematika Dr. Drs. Nelson Nainggolan, M.Si dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari tri darma perguruan tinggi sebagai penerapan bidang keilmuan dosen dan mahasiswa dalam memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat serta membangun jejaring dan kolaborasi berkelanjutan.

Dr. Drs. Nelson Nainggolan, M.Si,  juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa karena telah mengijinkan dan menerima Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas MIPA Jurusan Matematika untuk melaksanakan pelatihan dan sosialisasi penggunaan website desa.

Senada dengan Ketua Jurusan, Kepala Desa Darunu Bapak Ruddy B. Jacobus, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Desa perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat. “Kami menerima dengan positif kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dalam penguasaan teknologi sehingga Desa Darunu bisa bertransformasi menjadi desa digital”.

Kegiatan pelatihan dipimpin oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Chriestie Montolalu, S.Si., M.Sc yang memaparkan pengenalan awal dan fitur-fitur utama sistem administrasi digital dan pengelolaan data desa  berbasis web. Christine Montotalu dalam paparan materinya menekankan bahwa sistem administrasi digital ini mampu menyederhanakan alur birokrasi desa dalam rangka pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien. “Reformasi birokrasi melalui digitalisasi Pelayanan publik akan mengakselerasi transformasi Desa Darunu menjadi desa digital”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan teknis yang dibawakan anggota tim sosialisasi yang beranggotakan Mahardika Takaendengan, M.Si, Rillya Arundaa, M.Kom dan Aditya Lapu Kalua, MCIS dari Program studi Sistem Informasi Fakultas MIPA UNSRAT. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Minut

FSPG 2023: Pemuda GMIM El-Roi Malalayang Raih Nilai Terbaik Lomba Grup Masamper

Published

on

Minut, inforakyatnews.com – Komisi Pelayanan Pemuda Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) menggelar kegiatan Festival Seni Pemuda Gereja (FSPG) Sinode GMIM 2023 di Wilayah Kalawat Raya, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (5/11).

Beberapa ragam kesenian dilombakan dalam kegiatan itu diantaranya, Big Choir, Small Choir, Vokal Group, Male Choir, Band Rohani, Youth Singer, Teater Rohani, Tarian Kreatif, CCPG, Rebana, Banners, Masamper, dan Kolintang.

Diketahui, grup masamper merupakan ajang kesenian yang pertama kali di lombakan di kegiatan FSPG Pemuda.

Dari hasil lomba tersebut, Grup Masamper Pemuda GMIM El-Roi Malalayang mendapat nilai terbaik dalam FSPG tersebut.

Dengan seragam atasan baby blue dengan kombinasi celana hitam serta selendang untuk wanita dan ikat pinggang untuk pria juga paporong pria, serta lagu-lagu sesuai pola baku, ternyata membuat dewan juri menetapkan sebagai grup masamper dengan performance terbaik.

Penatua Pemuda GMIM El-Roi Malalayang Mineshia Lesawengen SIP mengaku bersyukur atas berkat kerja keras dan semangat yang luar biasa dengan segala tantangan yang ada, pemuda GMIM El-Roi dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Segala kemulian hanya bagi Tuhan, terima kasih atas segala dukungan doa dan support dari BPMJ, pelayanan khusus, dan seluruh jemaat kolom 1-6, kepada Pemuda GMIM El-Roi Malalayang teruntuk dalam tim masamper Pemuda,” ungkapnya.

Penatua Pemuda GMIM El-Roi Malalayang Mineshia Lesawengen (tengah).

Lanjut dia, karena lomba masamper dalam ajang Festival Seni Pemuda GMIM (FSPG) merupakan ajang yang baru pertama dilombakan, tentunya juga Pemuda GMIM El-Roi Malalayang terus membutuhkan dukungan, masukan dari BPMJ, Pelsus, dan semua jemaat.

“Sebab ada banyak masukan-masukan dari tim juri, kedepan tentunya akan menjadi bahan evaluasi bagi tim,” tambahnya.

Lebih lagi kata perempuan yang merupakan aktivis kepemiluan, sebagai jemaat pemekaran yang baru berusia setahun lebih, pencapaian tersebut sangat luar biasa.

“Kedepan tentunya Pemuda GMIM El-Roi Malalayang akan lebih banyak terlibat dalam lomba-lomba FSPG,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua BPMJ GMIM El-Roi Malalayang Pdt Tirsa Tairas MTh, mengaku bangga melihat prestasi yang diukir anak-anak muda dibidang paduan suara dengan berhasil mengharumkan nama jemaat.

“Saya senang melihat pencapaian anak-anak pemuda, ini pertama kalinya ikut lomba masamper dan boleh menjadi terbaik, kedepan BPMJ terus mensupport mereka,” akhirnya. (jud)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

DPRD Minut Gelar Rapat Paripurna Penetapan JG-KWL Sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

Published

on

InfoRakyatNews.com, Minut – DPRD Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pengumuman hasil penetapan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara terpilih Joune Ganda, SE dan Kevin William Lotulung, SE.MH periode tahun 2021-2026, 

Rapat Paripurna tersebut Digelar di Gedung DPRD Minut, Jumat (22/01/2021), di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Minahasa Utara Denny K Lolong, S.sos, (PDIP) dan didampingi dua pimpinan Wakil Ketua DPRD, Olivia Mantiri (Golkar) dan Daniel M Rumumpe  (Nasdem).

Bupati dan Wakil Bupati terpilih JG-KWL hadir menggunakan kemeja batik dan disambut langsung Sekretaris daerah Jemmy Kuhu, Sekretaris Dewan Jossy Kawengian dan sejumlah anggota DPRD.

Dalam Acara Rapat Paripurna dihadiri Unsur Forkopimda, pimpinan KPU dan Bawaslu Minut berserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Resmi Ditetapkan KPU, JG-KWL Menang Sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Minut Pada Pilkada

Published

on

InfoRakyatNews.com, Minut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 2, atas nama Joune JE Ganda, SE dan Kevin William Lotulung SH MH, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, hasil Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. 

Pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih itu, dilakukan di Ballroom Hotel Sutan Raja Minut, Kamis (21/01/2021)

Komisioner KPU Minut Stella Runtu membacakan berita acara penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah 09 Desember lalu.

“Secara sah kami menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Joune Ganda dan Kevin William Lotulung dengan memperoleh suara sah 69.633,” ucap Komisioner KPU Minut Stella Runtu saat membacakan berita acara penetapan

Pasangan yang diusung PDIP, Perindo, Demokrat, PBB, Gerindra dan PKPI serta didukung PSI dan PPP, dengan total 18 kursi DPR itu, berhasil menang telak dengan memperoleh suara 69.633 suara dari total 121.387 suara sah.

Diketahui Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Joune Ganda dan Kevin William Lotulung Berdasarkan perhitungan, unggul di 9 dari 10 kecamatan yakni di Kecamatan Kema 5176, Kauditan 10112, Airmadidi 8164, Wori 8016, Likupang Barat 6391, Likupang Timur 6385, Kalawat 10709, Talawaan 5868 dan Liksel 1918.

Paslon JG-KWL hanya kalah di Kecamatan Dimembe, dimana mereka hanya meraih 6904 suara, sedangkan Sompie Singal dan Joppi Lengkong meraup 7420 suara.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending