Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Jambi · 19 Jan 2023 13:49 WITA ·

Fardilah: Corak Dan Motif Batik Adalah Suatu Ingatan Kultural Warisan Nenek Moyang


 Fardilah: Corak Dan Motif Batik Adalah Suatu Ingatan Kultural Warisan Nenek Moyang Perbesar

 

JAMBI, inforakyatnews.com – Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi, Faradilah Zahara Bachyuni, menghadiri undangan pameran perempuan batik angso duo di parkiran candi gumpung, kawasan candi Muaro Jambi, Desa Muara Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Rabu (18/01/2023).

Pembukaan pameran pertunjukan proses tradisi  budaya dan promosi  kesetaraan gender. Dibuka langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Ria Mayang.

Dalam sambutannya, Ria Mayang mengatakan pameran yang bertema Perempuan dan batik angso duo tersebut memiliki makna  bahwa setiap orang haruslah  berusaha untuk mencari tempat yang lebih baik. Dan bisa menentukan tujuan secara efektif melalui, proses yang matang dengan hasil yang maksimal.

Selanjutnya Ria mayang juga mengatakan, Perempuan dan batik memiliki ikatan yang kuat, hal tersebut dilihat dari mayoritas pembatik di Provinsi Jambi adalah kaum perempuan.

Selanjutnya menurut kepala Balai Pelestarian Kebudayaan BPK wilayah V, Agus Widyatmoko mengatakan kegiatan ini merupakan program dana abadi kebudayaan katagori pendayagunaan ruang publik perseorangan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tahun 2022.

Sementara ketua Dekranasda kabupaten Muaro Jambi, Faradilah Zahara menyambut baik kegiatan  tersebut. Ini merupakan sebuah kegiatan yang berbasis pada perempuan dan batik dalam konteks kemajuan kebudayaan di kawasan Candi Muara Jambi dan di provinsi Jambi.

Menurut Fardilah, secara umum kegiatan ini menjadi bukti bahwa peran perempuan dalam konteks kebudayaan Jambi memang tidak bisa diabaikan terutama posisi dan keberlangsungannya terhadap batik melalui tangan perempuan Jambi.

“Batik angso duo menjadi lebih berdaya mampu merekam bermacam dimensi kebudayaan yang selama ini mungkin sudah semakin tersisihkan secara tidak langsung bisa kita cermati bahwa perempuan dan batik merupakan suatu komposisi yang serius gimana corak dan motif batik adalah suatu ingatan kultural yang diwarisi dari nenek moyang terdahulu.” Ujar Fardilah.

Melalui perempuan lanjut ia, Inilah ingatan-ingatan kita yang bisa diregenerasi, direvitalisasi pada zaman ke zaman sebagai suatu transmisi kebudayaan perempuan dan dalam keluarga merupakan sendi utama yang menggerakkan ekonomi keluarga akan stabilitas dan produktivitas keluarga hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bahwa dalam konteks kegiatan perempuan dan batik.

“Kita bisa melihat bagaimana sosok perempuan mengimplementasikan konsistensi keuletan dan ketekunannya dalam melestarikan batik secara berkelanjutan.” Ungkapnya.

Dalam kegiatan ini , Fardilah mengucapkan terima kasih sudah menginspirasi untuk saya dan seluruh pengunjung pada hari ini.

“Terima kasih juga kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi, dan kepala badan pelestarian kebudayaan Wilayah V serta kepala desa muara Jambi yang sudah memberikan dukungan hingga terlaksananya kegiatan ini.” Tutur.

Terima kasih untuk kegiatan yang istimewa ini semoga batik Muara Jambi bisa berkembang dengan pesat memberikan ruang pemberdayaan dalam konteks ekonomi kreatif dan juga pemberdayaan kesejahteraan keluarga secara spesifik.

Dan di akhir sambutan Faradilah membawakan sebuah pantun, “indahnya alam Muaro Jambi bergerak mantap itulah banyak macam busana kini Batik Jambi mantap di hati”. tutupnya.( Eff ).

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Bupati Dampingi Gubernur Subuh Berjamaah di Masjid Raya

29 Januari 2023 - 06:00 WITA

Al Haris Apresiasi Kinerja Imigrasi Provinsi Jambi

26 Januari 2023 - 19:02 WITA

Wabup Merangin Ajak Semua Pihak Sinergi Tangani Stunting

25 Januari 2023 - 20:19 WITA

Wabup Nilwan Ajak Masyarakat Pola hidup sehat

18 Januari 2023 - 20:49 WITA

Peduli Masyarakat, Al Haris Pimpin Apel Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci

14 Januari 2023 - 19:55 WITA

Gubernur Jambi Lantik 54 Pejabat Eselon III

13 Januari 2023 - 19:43 WITA

Trending di Jambi