Connect with us

Bawaslu

Butuh 730 Orang, Bawaslu Minsel Ajak Warga Daftar Pengawas TPS Pemilu 2024

Published

on

Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan.

AMURANG, INFORAKYATNEWS.COM– Sekira 730 orang dibutuhkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pimpinan Bawaslu Minsel Ketua Eva Keintjem didampingi anggota Franny Sengkey dan La Ode Irwandi serta Koordinator Sekretariat Weinfry Tumbuan menjelaskan, tahapan pembentukan PTPS oleh Bawaslu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, sesuai jadwal dan tahapan berlangsung mulai 19 Desember hingga 7 Februari 2024.

“Adapun tugas PTPS adalah memastikan dalam selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS, sudah berjalan sesuai dengan regulasi dan tidak terjadi pelanggaran. Untuk Kabupaten Minsel, akan merekrut sebanyak 730 PTPS. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS di Kabupaten Minsel pada Pemilu 14 Februari 2024,” ujarnya.

Keintjem menuturkan, untuk pendaftaran PTPS Pemilu 2024 dilakukan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan (Panwascam) masing-masing. “Silahkan bagi yang berusia minimal 21 tahun, yang ingin berpartisipasi menjaga demokrasi di Indonesia dengan menjadi Pengawas TPS. Segera daftarkan diri anda di Sekretariat Panwaslu Kecamatan,” tukasnya.

Berikut jadwal pendaftaran PTPS Pemilu 2024.
Sosialisasi dan pengumuman pendaftaran: 19-31 Desember 2023.
Pendaftaran dan penerimaan berkas (G1): 2-6 Januari 2024.
Penelitian kelengkapan berkas pendaftaran: 2-6 Januari 2024.
Pengumuman perpanjangan: 7 Januari 2024. Penerimaan berkas pendaftaran di masa perpanjangan (G2): 7-8 Januari 2024.
Penelitian berkas pendaftaran di masa perpanjangan: 7-8 Januari 2024.
Pengumuman lulus administrasi: 10 Januari 2024. Tanggapan/masukan masyarakat: 10-21 Januari 2024. Wawancara: 2-17 Januari 2024.
Penetapan dan pengumuman calon terpilih berdasarkan hasil tes wawancara: 18-19 Januari 2024.
Pergantian calon terpilih (jika ada, setelah didahului klarifikasi II): 19-21 Januari 2024.
Pelantikan Pengawas TPS: 22 Januari 2024. Perpanjangan rekrutmen khusus TPS yang belum terisi Pengawas: 24 Januari-7 Februari 2024.(jes)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Continue Reading

Bawaslu

Peran Media Sangat Vital Dalam Penyelenggaraan dan Pengawasan Pemilu 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon gelar kegiatan publikasi dan dokumentasi pengawasan masa tenang Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Grand Master Resort, Selasa (13/02/2024)

Menurut Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tomohon, Youne Simangunsong saat menjadi narasumber menyebut pemberitaan media menjadi satu landasan penyelenggara dan pengawasan pemilu 2024.

“Pemberitaan media menjadi landasan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu untuk memahami situasi lapangan, dan mengetahui hal-hal yang tidak diperbolehkan menurut peraturan perundang-undangan masa tenang, terutama dalam menangani politik uang,” ujar Youne.

Youne pun berharap dengan adanya pengawasan yang ketat dan peran media yang aktif, masa tenang ini akan berjalan dengan aman dan nyaman, menjaga integritas dan keberlangsungan proses demokrasi di Kota Tomohon.

Sementara Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tomohon, Arinny Poli SH MH, menyampaikan bahwa KPU Tomohon telah melaksanakan berbagai agenda, salah satunya pengawalan pendistribusian kotak suara dari gudang logistik hingga ke semua TPS di Kota Tomohon.

“Semuanya berjalan lancar dan aman,” tandasnya.

Diketahui, acara ini dibuka oleh pimpinan Bawaslu Tomohon Handy Tumiwudan, dengan narasumber anggota KPU Tomohon, Youne Simangunsong dan Arinny Poli SH MH. Serta dihadiri puluhan wartawan.

(wan/**)

Continue Reading

Bawaslu

Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu, Kapolres Lerry: Jaga Netralitas dan Kerja Profesional

Published

on

foto.humas polres tomohon

TOMOHON, inforakyatnews.com Guna menunjang pengamanan Pemilu yang akan digelar serentak tanggal 14 Februari nanti, Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon bersama KPU dan Bawaslu Tomohon gelar apel kesiapan pengamanan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024.

Apel yang digelar pukul 09.15 wita di Aula Parama Satwika Polres Tomohon pimpin oleh Kapolres AKBP Lerry Tutu, S.I.K., M.M. Senin (12/2) 2024.

Dalam arahannya, Kapolres mengatakan apel hari ini bertujuan untuk melihat kesiapan pengamanan yang akan dilakukan oleh Polres Tomohon dan Instansi terkait lainnya baik TNI, Pol. PP dan Linmas, baik Personel maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan, khususnya pada saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.

Puncak pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dalam pemilihan Presiden dan wakil presiden dan anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tidak lama lagi akan dilaksanakan, tinggal menghitung hari.

“Untuk itu hal ini harus kita sikapi bersama agar pelaksanaan proses pemungutan suara di wilayah Hukum Polres Tomohon dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif dan damai.” ungkap Kapolres Tomohon.

Dalam persiapan Pemilu 2024, lanjut Kapolres, Personel Polres Tomohon berjumlah 397 Personel, dan yang akan terlibat dalam pengamanan Pemilu sebanyak 277 Personel, dan yang akan melaksanakan pengamanan di TPS sebanyak 182 orang dimana 50 pers BKO Polda yang nanti sebentar sore jam 15.00 wita (3 sore) akan dilakukan pergeseran pasukan pengamanan ke TPS-TPS yang ada sesuai surat perintah yang telah dikeluarkan.

“Diingatkan kembali kepada seluruh Personel yang terlibat dalam pengamanan TPS untuk ingat kembali tupoksi tugas pengamanan yang akan dilakukan di TPS seperti apa. Jaga netralitas baik TNI, Polri maupun ASN dalam pelaksanaan pemilu ini, karena dengan kita bersikat netral, maka akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada kita akan lebih baik lagi.” Kata Kapolres Tomohon Lerry Tutu.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh aparat agar dalam melaksanakan tugas, dilaksanakan dengan baik, profesional, jaga netralitas dan komunikasi serta sinergitas antara semua lembaga ataupun institusi yang ada. Jaga keselamatan dan jaga stamina mengingat dalam pelaksanaan pemungutan suara akan menghabiskan energi dalam pelaksanaan tugas.

“Tentunya dengan Sinergitas, kolaborasi, komunikasi yang sudah terbangun dan berjalan baik selama ini, agar di jaga karena dengan sinergitas, kolaborasi, komunikasi yang baik, saya yakin akan mempermudah kita dalam melaksanakan tugas.” tukasnya.

Hadir dalam apel kesiapan tersebut, Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Grace Vierna Pijoh, Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas, S.P, Korwil BIN Wilayah Tomohon Letkol Marinir Achmad Firdaus, Waka Polres Tomohon Kompol Parura Amping, S.Th, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Danramil 1302-07 Tombariri Letda Inf. Denny Pailah, Para Kabag Polres Tomohon, Para Kasat Polres Tomohon, Para Kasi Polres Tomohon, Para Kapolsek jajaran Polres Tomohon, Para Kapolsubsektor Polres Tomohon, PA dan Brigadir Polres Tomohon, Mewakili Kasat Pol. PP Kota Tomohon Kabid Linmas Thofan Manorek, S.H,. (wan)

Continue Reading

Trending