Connect with us

Budaya

Studi Banding Pemkab Minsel di Minahasa, Disambut Sekda Watania Dan Jajaran

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menerima kunjungan studi banding dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Minsel Glady Kawatu SH M.Si. Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati,Tondano. Kamis (14/3/2024).

Rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan diikuti pula jajaran pejabat yang ada diantaranya, Asisten I, Asisten II, Staf Ahli, dan Para Kepala SKPD serta Kepala bagian.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Glady Kawatu mengatakan, selain studi banding, kunjungan ini juga sebagai bentuk silaturahmi bahwa kita adalah sesama Tou Minahasa, yang oleh karena pemekaran harus terpisah di tahun 2003 silam.

“Jadi utamanya tentu karena bagian dari kerja yakni studi banding. Selanjutnya tentu silaturahmi dengan daerah asal kami, karena dari Minahasa lah Minsel bermula,” kata Kawatu.

Sebelum memaparkan sekilas tentang Kabupaten Minahasa Selatan, yang dipimpin Bupati Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Pdt Yanny Petra Rembang, terlebih dahulu Dia memperkenalkan jajaran yang ikut dalam studi banding ini.

Dalam pemaparannya meliputi program pemerintahan, pertanian, ekonomi, pariwisata, budaya dan pendidikan, Sekda Kawatu pula menjelaskan tujuan utama pihaknya adalah studi banding atau tukar informasi tentang pengelolaan keuangan dan kepegawaian, dengan satu tujuan untuk persamaan persepsi.

Diakuinya, sebagai birokrat murni, tentu harus menjunjung tinggi tugas dan kerja. Namun demikian kata dia, disisi lain, birokrat kerap diperhadapkan dengan kepentingan-kepentingan politik yang kadang kala mengabaikan ketentuan dan aturan.

“Tantangan kita sebagai birokrat murni, harus berkomitmen menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan aturan, tentu dengan segala konsekuensi,” tuturnya.

“Sanksi kita lebih berat, ketika menghadapi persoalan hukum harus dihadapi sendiri, dan konsekuensinya adalah kehilangan jabatan atau karir yang telah dirintis bertahun tahun,” Demikian Kawatu menambahkan.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa, Drs Riviva Maringka MSi, kemudian juga memperkenalkan jajaran Pemkab Minahasa yang hadir, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan tentang Kabupaten Minahasa di bawah pimpinan Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, oleh Sekda Lynda Watania, yang selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi.

Di kesempatan ini, Sekda Watania berterima kasih karena sudah memilih Kabupaten Minahasa sebagai salah satu daerah untuk dijadikan tempat studi banding.

“Saya juga mengucapkan terima kasih karena sudah bersilaturahmi dan berbagi ilmu tentang pemerintahan dengan Pemkab Minahasa,” ucap Watania.

Sekda Watania pun menegaskan terkait di pemerintahan bahwa semua terletak pada koordinasi dan konsolidasi. Bagaimana mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan seluruh tugas-tugas dengan pimpinan.

“Sekretariat daerah adalah perpanjangan tangan dari pimpinan, dalam hal ini Bupati dan Wakli Bupati. Maka dari itu, mengkoordinasikan segala tugas kerja dan kebijakan adalah hal mutlak yang harus dilakukan dengan pimpinan,” pungkasnya.

Turut hadir dan mendampingi Sekda Minahasa diantaranya Asisten I, Asisten III, Para Staf ahli, Pejabat Eselon II, Kabag Perkeu, Kabag Umum, Kabag Ortal, Kabag Prokopim.
(HerS).

Print Friendly, PDF & Email

Budaya

Bupati Kumendong Dampingi Wagub Steven Kandouw Saksikan Kawin Massal Puluhan Pasangan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si, mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, pada pelaksanaan kawin massal yang digelar Pemprov Sulut, bertempat di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut),Manado.Jumat (5/7/2024).

Diketahui acara kawin massal ini diikuti sebanyak puluhan pasangan yang dikabarkan ikut serta dalam kegiatan kawin massal yang diberkati tersebut.

Acara kawin massal yang disaksikan Wagub Steven Kandouw dan para kepala daerah ini, dihadiri juga para keluarga peserta kawin massal ini.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada para pasangan pengantin yang telah diberkati melalui kawin massal saat ini.

” Proses kawin massal boleh terlaksana berkat rencana Tuhan.
Banyak selamat, Tuhan memberkati, ”ucapnya.

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Daerah.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Hari Raya Ketupat di Kelurahan Jawa-Tondano, Bupati Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim di Kampung Jaton.

MINAHASA, inforakyatnews.com
– Momen Hari Raya Ketupat di Minahasa khususnya warga di Kelurahan kampung Jawa Tondano, menjadi tradisi seusai hari lebaran atau hari idul fitri, dimana disaat hari raya ketupat ini menjadi hari bersilaturahmi baik warga muslim begitupula warga non-muslim untuk saling bersalaman.

Tak terkecuali dengan menjalin keakraban antar umat beragama, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani kumendong, M.Si bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Djenneke Kumendong- Onibala, M.Si, MSA mengunjungi salah satu tokoh agama umat muslim di kediamannya, Rabu, (17/4/2024)

Kunjungan Penjabat Bupati Minahasa disambut baik tokoh agama umat muslim di Kelurahan Kampung Jawa, Tondano Utara dalam rangka Silaturahmi di hari lebaran ketupat.

Hari Raya Lebaran Ketupat tersebut adalah sebuah tradisi peringatan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat biasanya dilakasakan pada hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri, yang artinya pada 8 Syawal ditandai dengan memakan Ketupat.

Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong dalam kesempatannya menyampaikan selamat merayakan hari raya ketupat bagi saudara-saudara kita umat muslim yang ada di tanah minahasa.

“Semoga dimomen hari raya lebaran ketupat ini membawah berkah bagi kita semua, atas nama pemerintah kabupaten minahasa, bersama keluarga Kumendong – Onibala mengucapkan selamat merayakan hari raya lebaran ketupat tahun 2024, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending