Connect with us

Daerah

Hadiri Ibadah Syukur HUT Desa Ampreng Ke-77, Bupati Kumendong Apresiasi Hukumtua dan Masyarakat Desa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.con – Penjabat (Pj) . Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, didampingi Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo, menghadiri Ibadah syukur hari ulang tahun desa Ampreng ke-77, bertempat di halaman Balai Desa Ampreng, kecamatan Langowan Barat, Sabtu (6/4/2024).

Acara ini diawali dengan Laporan singkat dari Ketua Panitia HUT Desa Ampreng, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat desa ampreng oleh Hukum tua Desa Ampreng Ny. Masri Aruperes, dengan mengunakan bahasa Tontemboan dan selanjutnya mengunakan bahasa Indonesia.

Dalam Ibadah syukur ini dipimpin oleh khadim Pdt. Hernie Talumewo S. Th, dengan dibuka dengan doa terlebih dahulu oleh Pdt Fanny Pandelaki S.Th.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya Bupati Kumendong mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun yang ke 77, tentu Ini adalah sebuah syukur boleh membilang usia yang ke-77 bagi desa Ampreng.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Saya menyampaikan banyak selamat kepada Desa Ampreng dalam usianya yang ke-77, “Ucap Kumendong.

Kumendong pun menyatakan terkesan dengan Hukumtua karena membawakan laporan dalam bahasa tontemboan, hal ini merupakan program Saya.

“Kalau langowan disini mengunakan bahasa Tontemboan, dan hal ini adalah salah satu bagian dari program saya untuk melestarikan budaya Minahasa, salah satu budaya dari Minahasa itu sebenarnya adalah berbahasa daerah, dalam pengamatan ternyata penutur bahasa daerah yang ada di Minahasa ini sudah tidak lebih dari 50 persen mungkin beberapa tahun ke depan kurang sedikit sekali, mungkin kurang 10 persen. Kenapa kemudian kita tidak mengaturnya dan mempersiapkannya dari sekarang . Oleh karena itu Tentu saya memberikan apresiasi pada Hukumtua, atas contoh yang baik ini, “katanya.

Ditambahkannya terkait pembangunan Desa, mari gunakan Dana Desa dengan baik, karena pengunaan dana desa harus transparan.

” Desa Ampreng salah satu desa dengan dana desa yang angkanya terbanyak di Minahasa jadi kami berharap agar bisa mengunakan sebaikmungkin, dan pastinya kami selaku Pemkab Minahasa mengapresiasi atas kinerja Hukumtua dan masyarakat, “tuturnya.

“Dia juga berpesan agar memasuki cuaca buruk agar menghindari tempat-tempat rawan bencana.

Begitu pula dengan naiknya harga cabe dan harga beras dan lainnya yang menyebabkan inflasi maka, “Saya menghimbau seluruh anggota masyarakat untuk giat menanam untuk memaksimalkan lahan-lahan tidur yang ada guna meningkatkan kualitas hasil produksi pertanian, dan meningkatkan perekonomian warga, “pungkas Bupati, sembari kembali mengucapkan kepada seluruh warga masyarakat Desa Ampreng, dalam usia 77 tahun ini Semoga Tuhan akan selalu memberkati Desa Ampreng.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan trophy bagi para pemenang lomba dalam pertandingan Volly, lomba baca Alkitab bahasa tontemboan, serta lomba senam yang akan digelar hari ini.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bapenda Kabupaten Minahasa, Jeffry Tangkulung SH, Aparat Desa Ampreng, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta masyarakat Desa yang ada. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Sekda Watania Buka Tahapan Pemilihan Retel GMIM 2024

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, selaku Ketua Panitia Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM membuka Kegiatan Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM, bertempat di Gereja GMIM Inspirasi Tomohon.

Kegiatan ini diawali dengan Jalan Sehat Bersama Remaja GMIM Wilayah Tomohon Sentrum.

Diketahui rencananya kegiatan ini akan dihelat dari tanggal 1 Mei hingga 20 Juli 2024, dengan beberapa tahapannya seperti tes tertulis (1 Mei), Seleksi Rayon (1 Mei – 2 Juni), Wawancara Sinode (8 Juni), Karantina Sinode (5-7 Juli), Kompetisi Potensi Diri (13 Juli), Grand Final (20 Juli).

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua Wilayah Tomohon Sentrum Pdt. Fredy Balo, M. Th, Ketua Jemaat GMIM Inspirasi Tomohon Pdt.Julien Saisab-Ratty, S. Th, Pdt. Meyta Makalew-Egam S. Th, Anggota KPRS dan Panitia.

Berikut susunan Kepanitiaan Pemilihan Retel Sinode GMIM 2024.

Susunan Pelantia Pemilihan Retel GMIM 2024.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Tanda Tangani Nota kesepakatan Dengan BPKP Sulut, Bupati Kumendong Ucap Hal Ini

Published

on

TONDANO,inforakyatnews.com
— Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, menandatangani Nota Kesepakatan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara.

Acara penandatanganan tersebut berlangsung secara serentak dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kabupaten Mitra.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, SE, MAP, MM, M.Si, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kabupaten Mitra. Dan digelar di Hotel Yama Tondano, Selasa (30/4/2024)

Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, dalam sambutannya menyatakan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dengan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini dalam rangka untuk meningkatkan pengawasan keuangan dan pembangunan di daerah, termasuk Pemkab Mimahasa, ” ucap Kumendong.

Sementara itu, BPKP Provinsi Sulawesi Utara juga menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Harapannya, kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan bersama ini dapat menjadi langkah konkret dalam memperkuat pengawasan keuangan dan pembangunan di Kabupaten Minahasa serta kabupaten lainnya di Sulawesi Utara.

“Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, sehingga pengelolaan keuangan dan pembangunan dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan akuntabel,” tandasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dibuka Sekda Watania, Pemkab Minahasa Gelar Fasilitasi Penyusunan Profil Desa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar kegiatan Fasilitasi Penyusunan Profil Desa/Kelurahan Tahun 2024.Bertempat di Anos Cafe, Selasa (30/4).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, melalui Sekda Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menyampaikan, Dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral perlu disusun data profil Desa/ Kelurahan (prodeskel), sebagai dasar data dan sumber informasi guna memenuhi kebutuhan pembangunan.

“Untuk Ketersediaan data dan informasi tentang potensi wilayah suatu Kabupaten/Kota yang mencakup sampai wilayah Desa dan Kelurahan, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil Desa dan Kelurahan,”terangnya

Lebih lanjut dikatakannya, Pelaksanaan kegiatan penyusunan Profil Desa/Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, kecamatam, kabupaten sampai tingkat provinsi oleh Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk secara berjenjang.

Pendayagunaan data profil Desa/Kelurahan diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi serta tingkat perkembangan desa dan Kelurahan sebagai data dasar bersama pelaku pembangunan Desa/Kelurahan dalam
mendukung perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian evaluasi dan pelestarian kebijakan, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan Desa, Kelurahan dan lembaga kemasyarakatan serta penataan wilayah administrasi pemerintahan.

“Disamping itu pula data prodeskel tersebut difungsikan untuk mengetahui karakterisktik potensi Desa dan Kelurahan, serta Mengukur kecepatan Perkembangan Desa dan Kelurahan, mengukur status kemajuan dan katagori tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan swadaya ke swakarya menuju swasembada yang menjadi input strategis dalam musyawarah perencanaan pembangunan partisipatif, serta menjadi pedoman dalam penentuan arah pengembangan Desa dan Kelurahan,” pungkasya.

Turut hadir pula sebagai Narasumber Sekda Minahasa Dr. Lynda D Watania MM, M,Si, Asisten 1 Drs. Riviva Maringka M.Si, Kadis PMD Drs. Arthur Palilingan, Kabid Pemerintahan Desa Ir. Hasna Said, Penggerak Swadaya Muda Vivi Lowing S.Sos. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending