Connect with us

Religi

Berlangsung Meriah, HUT ke-17 Jemaat Anugerah Paslaten Gelar Jalan Sehat Antar Kolom

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jemaat GMIM Anugerah Paslaten ke 17 Tahun, digelar lomba jalan sehat.

Hal itu dikatakan Penatua (Pnt) Oktaviano Makalew selaku ketua panitia perayaan HUT Jemaat GMIM Anugerah Paslaten.

Makalew juga mengatakan, sebelum digelarnya lomba jalan sehat, dilakukan ibadah pembukaan.

“Ibadah pembukaan dipimpin langsung Khadim Ketua BPMJ Anugerah Paslaten Pdt. Nefri Sunarto, STh”. Kata Pnt Oktaviano Makalew. (25/3) 2024.

Makalew juga mengungkapkan, peserta pada lomba jalan sehat tersebut diikuti dari kolom 1 sampai kolom 12.

” Acara berlangsung sangat meriah dengan mengusung Tema “Bangkit Karena Anugerah Terbesar” diikuti dari Kolom 1 sampai kolom 12,” tutur Oktavianus Makalew yang dikenal sangat aktif dalam berorganisasi.

Turut hadir dalam ibadah pembukaan. Denny Mangundap selaku Camat Tomohon Timur.

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Pemkab Minahasa Luncurkan Aplikasi “Si Cantik” Khusus Layani Izin Bidang Kesehatan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemkab Minahasa, dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, dan dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Lynda Watania MM MSi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terus melakukan terobosan.

Terkini, Pemkab Minahasa melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP), luncurkan pelayanan perizinan berbasi digital yakni “Si Cantik” Cloud atau “Cerdas” layanan perizinan terpadu.

Dimana, aplikasi ini untuk membantu melayani permohonan izin di bidang kesehatan. Seperti izin praktek dokter, perawat, apoteker, dan lain-lain yang tidak terlayani melalui OSS-RBA.

“Jadi, aplikasi ini untuk sementara baru melayani permohonan izin di bidang kesehatan. Sementara pengurusan izin diluar kesehatan, di proses melalui OSS-RBA,” kata Kepala Dinas PM-PTSP Minahasa, Mekry Sondey SE MSi, Senin (29/4/24).

Ia menjelaskan, pembuatan aplikasi gratis “Si Cantik”, Dinas PM-PTSP bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

“Jadi, mulai bulan Mei tahun 2024, izin-izin di bidang kesehatan lebih khusus izin praktek dokter, perawat, dan apoteker yang biasanya di proses secara manual, maka akan dilayani lewat aplikasi Si Cantik Cloud,” jelas Sondey.

Menurutnya, peluncuran aplikasi ini, merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023, yang mewajibkan untuk izin-izin kesehatan tidak bole diterbitkan secara manual.

“Dalam rangka pengembangan di bidang perizinan. Kedepan, kita akan upayakan membuat aplikasi berbasi digital, dalam rangka melayani pembuatan izin daerah yang masih di proses secara manual,” sebut Sondey.

Namun, saat ini, pihaknya masih fokus pada aplikasi “Si Cantik” untuk izin di bidang kesehatan. Karena berdasarkan evaluasi, izin ini hampir setiap hari ada permohonan yang masuk ke Dinas PM-PTSP.

“Aplikasi ini terintegrasi dengan OSS untuk layanan izin berusaha dan izin lainnya. Dan nantinya aplikasi ini akan di sosialisasikan ke masyarakat. Sehingga diharapakan dengan adanya aplikasi ini, kiranya pelayanan kepada masyarakat Minahasa akan lebih baik lagi,” pungkas Sondey. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Dan Istri Ikuti Ibadah Serah Terima Ketua BPMJ GMIM Eklesia Wengkol

Published

on

Ibadah Serah Terima Ketua BPMJ GMIM Eklesia Wengkol

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong-Onibala, SH. MSA, mengikuti Ibadah Pelantikan
dan Serah Terima Pelayanan Ketua BPMJ GMIM Eklesia Wengkol dari Pdt. Deetje M. Langi,S.Th Kepada Pdt. Telma L. M. Lumansik,S.Th Serta Penetapan Pdt. Deetje M. Langi,S.Th Menjadi Pendeta EMIRITUS GMIM. Pada Minggu (28/4/2024).

Dalam ibadah yang dihadiri Bupati Minahasa tersebut, dipimpin oleh Khadim Pdt. Dr. Evert Tangel selaku Sekretaris BPMS GMIM.

Bupati Kumendong dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur pada Tuhan karena dapat beribadah Minggu bersama Jemaat GMIM Eklesia.

“Semua ini hanya karena kasih dan kemurahan Tuhan, sehingga kita bisa beribadah bersama -sama,” ucapnya.

Kumendong, juga mengajak kepada jemaat GMIM Eklesia agar senantiasa menopang program pemerintah untuk bersinergi mensejahterakan masyarakat.

“Mari kita bergandengan tangan, bersama-sama membangun Kabupaten Minahasa tercinta,” kata Bupati.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini,Kepala Inspektur, Minahasa, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan/Plt. Kadis Naker, Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis Perhubungan, Kabag SDA, Kabag Kesra, Camat Tondano Timur, Staf Khusus Bupati Bidang Pendidikan. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Sukses Digelar WKI GMIM Sion Noongan, Ketua WKI GMIM Rayon Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong Buka Pelatihan LK3G

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Ketua Komisi WKI GMIM Rayon Minahasa, Pnt. Ny. Martina Dondokambey-Lengkong, SE, menghadiri dan membuka Pelatihan Kepemimpinan Kristiani Dan Kepelayanan Gereja, (LK3G), yang digelar Komisi Pelayanan Wanita Kaum Ibu Jemaat GMIM Sion Noongan. Bertempat di Gereja GMIM Sion Noongan, wilayah Kelelondey, kecamatan Langowan Barat. Sabtu (20/4/24).

Kegiatan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Khadim Pdt. Yulien T. Warongan-Mokat M. Th, dengan mengambil pembacaan Alkitab dalam kitab Perjanjian Baru, 1 Korintus,15:1-11, dimana dalam khotbahnya menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk melatih talenta kita dalam Kepelayanan kepada Tuhan.

Dalam sambutannya Ketua Komisi WKI GMIM Rayon Minahasa,Pnt. Ny. Martina Dondokambey-Lengkong mengucapkan terimakasih kepada WKI Jemaat GMIM Sion Noongan atas dilaksanakannya kegiatan ini.

Ketua Komisi WKI GMIM Rayon Minahasa. Pnt. Ny. Martina Dondokambey-Lengkong SE.

“Saya berterima kasih kepada wanita kaum Ibu Jemaat GMIM Sion Noongan dan tentunya kami mengapresiasi akan digelarnya LK3G ini. “Ucap Pnt. Ny Martina Dondokambey-Lengkong.

Lebih lanjut dikatakannya,
tentunya kegiatan yang dikuti oleh pria kaum bapak dan wanita kaum Ibu, yang dilaksanakan saat ini adalah kegiatan positif dalam menunjang pelayanan gereja.

“Kepada para peserta yang mengikuti kegiatan LK3G ini, Saya berharap jadilah contoh yang baik bagi pelayanan untuk jemaat gereja, dan Saya berharap para peserta kegiatan ini bisa mengikuti Pelatihan LK3G dengan baik, dengan menyimak apa yang diberikan oleh pembawa materi, “kata Ketua Rayon WKI GMIM, sembari mengucapkan salut kepada Wanita Kaum Ibu Sion Noongan atas digelarnya Latihan kepemimpinan Kristiani dan Kepelayanan Gereja ini.

Diketahui narasumber yang memberikan materi dalam LK3G ini disampaikan oleh Pdt. Richard Mengko M. Th dan Pdt. Welly Pondaag S.Th, dengan beberapa materi pelatihan terkait Kepelayanan Gereja.

Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dari PKB dan WKI Jemaat GMIM Sion Noongan dan peserta dari Jemaat gereja wilayah kelelondey serta dari beberapa wilayah Gereja GMIM lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua BPMJ GMIM Sion Noongan Pdt. Jein Aray-Mangundap M. Th, Pendeta Pelayanan Pdt Yully Lumi-Salmon. M.Th, Pdt Kessy Sanger-Kindangen M. Th, Pdt Jacklien Tumembow-Mandang S. Th, Guru Agama Stien Wungkana-Paat dan Ketua Komisi WKI GMIM Sion Noongan, Pnt. Silvia Sumanti SE, dan para Pelayanan Kusus serta peserta yang ada.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending