Connect with us

Nasional

BKKBN Anugerahkan Manggala Karya Kencana Kepada Jeand’arc Karundeng

Published

on

SEMARANG, inforakyatnews.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon drg Jeand”arc Senduk-Karundeng menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko Bidang PMK Woro Srihastuti Sulistyaningrum Gala Dinner Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Merapi Grand Ballroom PRPP Semarang Jawa Tengah, Jumat (28/07/2024).

Anugerah Manggala Karya Kencana diberikan kepada Ibu Wali Kota Tomohon atas prestasi dan komitmen serta peran aktif dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Percepatan Penurunan Stunting untuk Mewujudkan Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH mendampingi dalam penerimaan tersebut yang pada Tahun 2023 lalu juga menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2023 di Palembang Sumatera Selatan.

Jeand’arc Senduk Karundeng menyampaikan penghargaan yang diterimanya merupakan momen yang patut disyukuri dan merupakan berkat pemberian Tuhan serta hasil kerja keras, dedikasi dan komitmen seluruh Jajaran Pemerintahan dan Masyarakat Kota Tomohon sebagai elemen penting dalam penanganan dan upaya penurunan stunting.

Puji syukur kepada Tuhan Yesus dan ucapan terima kasih kami boleh terpilih dan sebagai salah satu penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2024 dimana ini merupakan komitmen dan kepedulian kita terhadap Pembangunan Keluarga Sejahtera di Kota Tomohon dan melalui penghargaan yang didapatkan ini, kita akan semakin berkomitmen dalam penanganan percepatan penurunan stunting. Kedepannya penanganan penurunan stunting lebih maksimal sehingga diharapkan tahun 2025 Kota Tomohon bebas stunting.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH mengapresiasi para petugas, kader, penyuluh, tim pendamping keluarga dan seluruh masyarakat yang telah bekerja maksimal dalam sosialisasi KB dan penanganan pencegahan penurunan stunting dimana menurutnya kerja sama dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai target turunnya angka stunting.

Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya penurunan angka stunting dan mewujudkan keluarga yang sejahtera. Saat ini di momentum Harganas kita diingatkan bagaimana membentuk dan menjaga agar keluarga selalu berkualitas baik dari kesehatannya, pendidikan maupun ekonominya dan dari sisi kesehatan kita masih punya pekerjaan mewujudkan Kota Tomohon zero stunting. Semoga target stunting di Kota Tomohon bisa kita capai.

Hadir mendampingi Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH dan drg Jeand”arc Senduk-Karundeng yakni Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (DP2KBD) Mareyke Manengkey SPd, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Harriet Marzan SE, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Christo Kalumata SSTP, Penata Kependudukan DP2KBD Kota Tomohon Oscar Lareno serta Tim TP-PKK Kota Tomohon.(***)

Print Friendly, PDF & Email

ADVERTORIAL

Minahasa Masuk 3 Terbaik Se-Sulawesi dan Nominasi 17 Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Bupati Minahasa Diundang Hadir Langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara

Published

on

Bupati Minahasa Dr Jimmy Stani Kumendong M.Si Diundang Hadir Langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, DR Jemmy Stani Kumendong MSi, hari ini diundang oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri dibawah pimpinan Mendagri Tito Karnavian untuk hadir langsung di Istana Negara dalam Rapat Koordinasi Nasional Inflasi. Jumat (14/6/24).

Presiden RI Joko Widodo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dinilai sukses menjaga stabilitas dan menjalankan roda pemerintahan di daerah dengan menekan inflasi yang terus menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat.

Diketahui bahwa Pemkab Minahasa masuk dalam 17 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk nominasi penerima penghargaan.

Atas hasil tersebut Penjabat Bupati Minahasa bersama seluruh Gubernur terundang hadir langsung di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo.

Ini merupakan tindak lanjut dari telegram Menteri Dalam Negeri, Nomor Surat 500.2.3/4062/Bangda tertanggal 11 Juni 2024 yang ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Selaku Ketua Pokja Daerah Ir. Restuardy Daud, M.Sc.

Hal ini jelas membuktikan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Pemkab Minahasa beserta seluruh masyarakat. Bupati Kumendong mengungkapkan hal ini patut disyukuri atas kerja keras semua pihak baik dari jajaran Forkopimda dan jajaran Pemkab Minahasa, diantaranya Sekda Lynda Watania, para Asisten dan Kepala Dinas/Badan hingga staf.

“Patut disyukuri dan tentunya apresiasi bagi Forkopimda, jajaran Pemkab dan seluruh masyarakat Minahasa, sehingga apa yang menjadi ikhtiar bersama mampu kita laksanakan dengan komitmen yang kuat dan penuh tanggungjawab, ” Ungkap Bupati Kumendong.

Minahasa dinyatakan masuk dalam 3 terbaik Region se- Sulawesi dan nominasi 17 kabupaten/kota se Indonesia. Sehingga hari ini bisa terundang langsung menghadiri Rakornas di Istana yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan Mendagri Tito Karnavian dan sejumlah Menteri serta para Gubernur se Indonesia,” Ujar Bupati Kumendong.

Pada kesempatan ini Bupati Kumendong turut didampingi oleh Kabag Prokopim, Ricky Laloan, SH dan Staf khusus Bidang Komunikasi Publik, Rolf Lumintang, S Sos.

Rakornas inflasi ini dipimpin langsung oleh presiden Joko Widodo di istana Negara didampingi oleh Menko Perekonomian selaku ketua TPIP, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Mendagri, para Gubernur, Bupati/Walikota yang masuk nominasi dan pejabat terkait.

Rakornas ini mengambil Tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong kepala daerah dan TPID dalam mensinergikan kebijakan stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah serta menghasilkan kebijakan pengendalian inflasi daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian secara nasional.(ADVETORIAL)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Nasional

Polri Bersama PMPI Gelar Dialog Kebangsaan, Hadirkan Habib Luthfi sebagai Narasumber

Published

on

JAKARTA, inforakyatnews.com – Divisi Humas Polri bersama Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI) menggelar dialog kebangsaan ‘Internalisasi Wawasan Dalam Rangka Transformasi Polri Presisi Menyongsong Indonesia Emas 2045’ ini di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dialog ini menghadirkan dua narasumber, yakni ulama sekaligus Wantimpres RI Habib Lutfi bin Yahya dan Deputi Pengkajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Bapak Surahno.

“Dialog kebangsaan ini tentunya diinisiasi dari para tokoh-tokoh pemuda dalam keorganisasian yang terutama secara khusus dari PMPI yaitu Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia,” ujar Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin.

Karopenmas menjelaskan maksud dan tujuan dialog ini, yakni sebagai sarana menumbuhkan rasa cinta tanah air di tengah perbedaan dan keberagaman baik suku, budaya, hingga agama. Menurutnya, kedua hal itu menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia yang terus tumbuh dan bersatu dari Sabang tentunya hingga Merauke.

“Semangat persatuan yang diinisiasi oleh PMPI tadi kami Sebutkan serta pentingnya wawasan kebangsaan dalam kehidupan sosial inilah yang mendorong Polri untuk mendukung kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Karopenmas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PMPI atas kepedulianmya terhadap bangsa. Ia berharap elemen bangaa semakin banyak yang mencintai tanah air.

Lebih lanjut, Karopenmas menilai persatuan dan upaya merekatkan kebhinnekaan merupakan hal yang penting untuk percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini diperlukan guna menyongsong menuju Indonesia emas pada tahun 2045

“Kami mengucapkan terima kasih karena telah begitu peduli dengan pentingnya mensosialisasikan wawasan kebangsaan sehingga akan tentunya ke depan semakin banyak elemen bangsa yang mencintai tanah air yang akan bersatu untuk bersama-sama merekatkan kebhinekaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan NKRI guna mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan tentunya berkelanjutan menyongsong menuju Indonesia emas pada tahun 2045,” pungkasnya.

Dalam acara ini dihadiri sebanyak 156 peserta yang hadir, termasuk Wakapolri dan Pejabat Utama Mabes Polri. Kemudian turut hadir juga Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

Perwakilan dari 32 organisasi kepemudaan dan mahasiswa juga turut hadir, dan dari elemen kepemudaan seperti GP Ansor, GAMKI, Pemuda Muhammadiyah, dan Pemuda Katholik hadir dalam acara ini.

Adapun dari elemen mahasiswa yang hadir ada GMNI, HMI, PMII, IMM, LNMD, Hikmahbudhi, PMKR, Bem Nusantara, BEM SI, dan BEM Pesantren. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Kapolri Listyo Diberi Gelar Adat-Pusaka oleh Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan

Published

on

MAKASSAR, inforakyatnews.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dianugerahi gelar Raja atau Karaeng dan Pusaka Supakala dari Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Penghargaan diberikan berbarengan dengan kegiatan pembukaan Rakernis Baharkam Polri, di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sulsel, Rabu (5/6/2024).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penghargaan pertama yang diberikan kepada Kapolri yakni gelar I Mannaungi Daeng Parani dari dewan adat Kerajaan Gowa. Gelar ini mempunyai arti pemimpin yang senantiasa mengayomi dan melindungi masyarakat serta pemberani dalam melaksanakan tugas.

“Gelar untuk Kapolri ini sebagai tanda pengakuan menjadi keluarga besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa. Hal ini tertuang dalam sertifikat ditetapkan di Sungguminasa pada tanggal 5 Juni 2024 oleh Raja Gowa ke-38,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2024).

Penghargaan kedua datang dari Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone. Berdasarkan surat keputusan nomor 1.024/l.a Bone menganugerahkan gelar nama Bugis yaitu La Pateddungi Daeng Pasampo kepada Kapolri, yang artinya seorang pemimpin yang arif dan melindungi Bangsa dan Negara.

“Hal ini tertuang dalam sertifikat ditetapkan di Watampone pada tanggal 5 Juni 2024 oleh Ketua Adat Saoraja Kabupaten Bone,” ujarnya.

Selain itu, Kapolri juga diberikan pin emas, sertifikat dan pusaka Luwu yang berjenis sapukala dengan nama La Sumange’ Getteng yang artinya semangat yang tegas, konsisten, tidak ragu dan bimbang dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

Pemberian pusaka ini diiringi doa untuk Kapolri semoga dipanjangkan umurnya dan diberikan kelimpahan berkah kesehatan dan kesejahteraan agar bisa menjadi suri tauladan bangsa.

“Hal ini tertuang dalam sertifikat yang ditetapkan di Palopo 5 Juni 2024 oleh Datu Luwu ke-40 Yang Mulia H La Maradang Mackulau, S.H., M.kn Opu To bau,” katanya.

Trunoyudo menuturkan, pemberian gelar dan pusaka kepada Kapolri adalah wujud kecintaan masyarakat terhadap institusi Polri. Hal ini juga menjadi penyemangat institusi Polri agar tetap bekerja melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Prosesi penyerahan gelar ditandai dengan pembacaan narasi oleh MC, pembacaan SK penganugerahan gelar kebangsawanan, serta pemberian gelar kebangsawanan dan simbolik kerajaan kepada Kapolri. Acara ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan penghargaan dari Kapolri kepada kepala daerah, diikuti dengan foto bersama penerima penghargaan.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat utama Mabes Polri, Kapolda dari berbagai daerah, Forkopimda Provinsi Sulsel, rektor universitas se-Sulsel, serta tokoh adat dan masyarakat yang turut menyaksikan momen bersejarah ini. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending