Connect with us

Daerah

Bupati Kumendong: Pelayanan Kesehatan Primer Ujung Tombak Sistem Pelayanan Kesehatan

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.SI didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Olviane Rattu M.Kes menghadiri sekaligus membuka kegiatan Kick Off Meeting Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Kabupaten Minahasa Tahun 2024 yang dilanjutkan dengan penyerahan SK Piloting Project Penerapan ILP dan Penandatanganan Komitmen bersama Pemerintah Daerah dan Seluruh Lintas Sektor, Lintas Program Terkait Penerapan ILP di Kabupaten Minahasa, Bertempat di Hotel Yama Resort Tondano, Jumat (21/6/24).

Dalam sambutannya Bupati Kumendong menyampaikan bahwa “Pelayanan kesehatan primer merupakan ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di indonesia, sehingga dalam pelayanan kesehatan primer inilah, masyarakat akan mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang baik, sesuai dengan yang mereka butuhkan. oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan primer di kabupaten minahasa berjalan dengan optimal, terintegrasi, dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat” Kata Kumendong.

Pj. Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, Data menunjukkan bahwa sebagian besar kasus kematian yang terjadi di indonesia merupakan kasus yang dapat dicegah, namun spesifik terjadi untuk berbagai kelompok usia diantaranya penyakit stroke, penyakit jantung iskemik, hipertensi dan tbc yang menduduki penyebab kematian tertinggi pada kelompok usia di atas 15 tahun. sedangkan di bawah usia 15 tahun, lebih cenderung pada permasalahan gizi, penyakit menular seperti tbc, diare, dan infeksi saluran pernafasan yang mendominasi. selanjutnya pada kondisi ibu hamil, penyebab kematian terbesar disebabkan pada perdarahan dan hipertensi dalam kehamilan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, kementerian kesehatan telah berkomitmen melaksanakan 6 (enam) pilar transformasi, yang salah satu diantaranya yaitu transformasi layanan primer, sehingga menjadikan transformasi inilah yang menjadi pilar penting dengan tujuan untuk mendekatkan layanan promotif preventif berkualitas kepada masyarakat melalui promosi kesehatan, pencegahan, deteksi dini, dan pelayanan kesehatan untuk semua siklus hidup. tujuan dari pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer, yaitu untuk mengoptimalkan koordinasi dan kolaborasi antar berbagai sektor kesehatan, dan dengan integrasi ini diharapkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan primer dapat bekerja secara sinergis, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas” Tutup Kumendong.

Diwaktu yang sama, Kadis Kesehatan Kabupaten Minahasa Dr Olviane Imelda Rattu M,Kes mengatakan “Hari ini kami Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan Kick Off Meeting Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Kabupaten Minahasa Tahun 2024, ILP ini salah satu kegiatan transformasi pelayanan kesehatan primer dan itu dilaksanakan di seluruh Indonesia dan kami bersyukur mendapat bantuan dari global fund atau bank dunia dalam hal pendampingan maupun dalam hal pembiayaan dan ini diberikan dalam jangka waktu 1 tahun walaupun di minahasa hanya satu titik yang mendapatkan bantuan yaitu di Puskesmas Kombi dan yang menjadi lokus itu di desa makalesung dalam hal ini Pustu atau puskesmas pembantu, karena sekarang di ILP itu pelayanan yang diberikan bukan hanya ditingkat puskesmas tapi sampai Pustu yang akan diperkuat dengan kementerian kesehatan.

“Kami sungguh berterima kasih mendapatkan bantuan ini apalagi pendampingnya langsung dari global fund, mudah mudahan ini merupakan titik awal kita untuk kembali melakukan transformasi, melakukan perbaikan-perbaikan guna pemenuhan kelengkapan dalam rangka sarana prasarana SDM dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat juga mendekatkan akses dan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.” Jelas Kadis Kesehatan Minahasa.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, Perwakilan The Global Fund Herdin Mokodompit, SKM, Para Camat se-Kabupaten Minahasa, Para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Minahasa dan turut mendampingi Pj Bupati Minahasa, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Ka.Bapelitbangda, Kabag Prokopim.(*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Disambut Kalapas Yulius Paath, Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial.

TONDANO, inforakyatnews.com – Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Tondano mendapat kunjungan dari Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial, Drs Kosmas Hareta, M,Si. Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Kamis (11/7/2024).

Kedatangan rombongan disambut tarian Kabasaran serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tondano Yulius Paath, SIP, DEA beserta jajaran.

Staf Ahli Menkumham RI, turut didampingi Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, BC, IP, S.Sos, MSi, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, SE serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus, S.S.

Tujuan kunjungan Staf Ahli Kosmas dan rombongan ini, selain pengarahan dan penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, juga meninjau langsung sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa tahanan.

Sementara Kapalas Klas IIB Tondano Yulius Paath, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur mendapat kehormatan dari Kementerian Hukum Dan Ham atas kunjungan ini.

” Kunjungan ini merupakan bentuk penghargaan bagi kami dan ini akan makin memotivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi,” pungkas Paath. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dampingi Gubernur Dan Wagub Sulut OD-SK, Bupati Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam acara Pelantikan Pengurus IMI Sulut.

Diketahui dalam pelantikan ini, Pengurus IMI Sulut diketuai oleh Rio A.J. Dondokambey, B,Sc.,M.M dan dilantik oleh Ketua MPR RI Selaku Ketua Umum IMI Pusat DR. Bambang Soesatyo, SE., SH.,M.B.A.

Kegiatan pelantikan pengurus IMI Sulut yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut OD-SK, serta Pj Bupati Kumendong, digelar di Vila Tonsaru. Sabtu (13/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri juga Istri dari Ketua MPR RI, Ny Dewi Bambang Soesatyo dan Sekjen IMI Pusat, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Mewakili Forkopimda Sulawesi Utara, Ass I Setda Prov dan Jajaran, Bupati Minahasa Utara selaku Ketua IOF Sulut, Walikota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Utara, Forkopimda Minahasa, serta Seluruh Jajaran IMI Sulawesi Utara.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH, Kepala dinas Perpustakaan, Steady Tumbelaka, Kabag Prokopim Setdakab Minahasa, Ricki Laloan, serta Camat Tondano Selatan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG

Published

on

Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong Msi
menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024. PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo. (BPDSulutgo). Bertempat di Kantor Pusat BSG Manado. Jumat, (12/7/2024)

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tersebut menjadi momentum penting dalam mengawal arah dan kebijakan perusahaan daerah ke depan, dengan mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kepentingan para pemegang saham.

Pj. Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong.MSI, menyampaikan komitmennya untuk mendukung langkah-langkah strategis yang akan diambil PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo guna memperkuat peran serta bank dalam mendukung perekonomian daerah.

Diketahui Rapat ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi secara terbuka tentang isu-isu strategis terkait dengan perjalanan bisnis bank di masa mendatang.

Kehadiran Kumendong ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor perbankan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional.

Pihaknya berharap bahwa hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini akan memberikan arah yang jelas dan sinergis antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo dengan stakeholder utama, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Minahasa dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS-LB, ini dihadiri Oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE dan Direktur Utama BSG Bpk. Revino M. Pepah Bersama Seluruh Bupati dan Walikota Se- Sulawesi Utara dan Gorontalo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending