Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Manggarai Barat · 19 Mar 2022 13:36 WITA ·

Desa Waka Kecamatan Pacar Salurkan BLT DD Tahap I Tahun 2022


 Camat Pacar Ferdi Pelong serahkan bantuan Perbesar

Camat Pacar Ferdi Pelong serahkan bantuan

Labuan Bajo, Inforakyatnews.com– Pemerintah Desa (Pemdes) Waka, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama tahun 2022 untuk tiga bulan sekaligus yakni Januari, Februari dan Maret.

Bantuan akibat pandemi Covid-19 tersebut sebesar tiga ratus ribu rupiah (Rp.300.000) per bulan per keluarga penerima manfaat (KPM). Total yang diterima tiap KPM BLT DD desa Waka selama tiga bulan tersebut sebesar Rp.900.000.

Penerima terpantau begitu antusias hadir menerima bantuan yang dilaksanakan di kantor Desa Waka di Puing tersebut. Selasa, 15/03/2022.

Camat Pacar, Ferdinandus Pelong didampingi Kasi Trantib Kecamatan Pacar, Belasius Jehamat, hadir memantau langsung pelaksanaan pembagian BLT DD Desa Waka tersebut. hadir pula dalam kesempatan itu Babinsa, serda Holikin, ketua BPDes Waka, Donatus Minggu, pendamping desa tingkat kecamatan Pacar, Liborius Trisnyoman Bisaend dan pendamping desa Waka, Paskalis Ambut, serta sekretaris dan perangkat Desa Waka.

Kades Waka Dominukus Natar (bertopi hitam), Camat Pacar Ferdinandus Pelong (tengah)

Kepala Desa Waka, Dominikus Natar dalam laporannya mengatakan bahwa penerima BLT DD tahap pertama tahun 2022 di desanya itu sebanyak 82 KPM.
“Bapak camat, perlu kami informasikan bahwa jumlah penerima BLT tahap pertama tahun 2022 di desa waka ini adalah 82 KPM” ungkap Domi.

Domi juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Camat Pacar karena dapat hadir memantau langsung pelaksanaan penyaluran BLT DD di desanya itu.

Camat Pacar Ferdinandus Pelong dalam mengawali arahannya mengatakan bahwa Desa Waka merupakan desa pertama di Kecamatan Pacar bahkan Kabupaten Manggarai barat sebagai desa penyalur BLT DD tercepat tahap pertama tahun 2022.

“Kita mesti bersyukur bahwa Desa Waka ini merupakan desa tercepat yang menyalurkan BLT DD tahap pertama tahun 2022 di Kecamatan Pacar bahkan tingkat Kabupaten Manggarai Barat” ungkap Pria kelahiran Rembong Kecamatan Pacar tersebut.

Hal tersebut menurutnya merupakan prestasi Pemerintah Desa Waka dalam mempertanggungjawabkan pengalokasian 40 persen DD untuk membantu masyarakat selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diakibatkan oleh adanya covid-19.

Atas hal tersebut mantan kepala bidang destinasi wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat ini menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa Waka Dominikus Natar bersama para stafnya.

Ferdi berharap agar KPM dapat memanfaatkan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama pandemi Covid-19.

Mengingat bantuan tersebut merupakan bantuan akibat Covid-19 maka pemerintah bisa saja satu atau dua tahun ke depan tidak lagi ada seiring berhentinya virus mematikan itu oleh karenanya masyarakat tidak bergantung pada bantuan pemerintah karena bantuan pemerintah menurutnya tidaklah bersifat berkelanjutan atau kontinuitas.

KPM BLT DD Desa Waka

Kepada para KPM diajak Ferdi untuk menanam tanaman pertanian dengan menyisihkan sedikit dari bantuan tersebut untuk membeli bibit tanaman alpukat sebab buah tersebut tambahnya sangat dibutuhkan di Labuan Bajo sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas.

Dalam kesempatan yang sama Serda Holikin selaku Babinsa Waka menegaskan tentang pentingnya kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker ketika keluar rumah.

Selain protokol kesehatan, Holikin juga meminta kerja sama masyarakat untuk sama sama menjaga keamanan di wilayah tugasnya itu.

Kegiatan pembagian BLT DD Desa Waka tersebut terpantau berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Penulis: Paulus Nabang

Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Belum Teraliri Listrik, Kades Dan Tokoh Masyarakat Macang Pacar Datangi Kantor UPPK Flores

13 Mei 2022 - 09:45 WITA

Penanaman Jagung dan Kedelai di Macang Pacar Dihadiri Anggota DPR RI, Julie Laiskodat

11 Mei 2022 - 06:47 WITA

Persawahan Lembor Masih Kekurangan Air, Masyarakat Sampaikan Keluhan Kepada Gubernur NTT

21 April 2022 - 19:23 WITA

KPM Desa Golo Lajang Barat Terima BLT DD Tahap I Tahun 2022

20 Maret 2022 - 19:48 WITA

Pater Andi Disambut Antusias Umat Katolik Paroki St. Nikolaus Pacar Manggarai Barat

25 Januari 2022 - 21:01 WITA

Anggota DPR RI Berikan Beasiswa PIP Aspirasi bagi Siswa SMPN 3 Kecamatan Pacar Manggarai Barat

15 Desember 2021 - 00:39 WITA

Trending di Daerah