Connect with us

Tomohon

Legal, Begini Penjelasan Wakil Ketua DPRD Johnru Terkait APBD-P Tomohon 2023

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene menyebut James Kojongian dan Monno Turang memiliki legal standing dalam pembahasan P-APBD 2023 bersama TAPD karena nama mereka berdua jelas tercantum dalam SK DPRD yang berlaku saat ini.

“Bukan tanpa alasan, bahwa sampai dengan detik ini saya tidak pernah melihat atau diperlihatkan kalau sudah ada SK DPRD yang baru yang mengganti keanggotaan mereka dari AKD Banggar. Jadi dapat kami nilai pula bahwa kedudukan mereka berdua di dalam Badan Anggaran DPRD adalah sah dan beralasan menurut hukum.” Ujar Johnru sapaan akrap Johny Runtuwene.

Yang kedua, lanjut Johnru, menyangkut pelaksanaan paripurna P-APBD 2023 bahwa saya bersama pak Erens Kereh selaku Pimpinan DPRD dan teman-teman Anggota DPRD yang hadir memandang bahwa paripurna itu ditutup secara ilegal dan cacat hukum sehingga tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

“Kita semua statusnya setara dan sama yakni Anggota DPRD. Hanya kebetulan saja saya dan pak Erens duduk di dalam AKD Pimpinan DPRD, pak Mono duduk di dalam AKD Banggar, dan pak James duduk di dalam AKD Banmus, dimana kita mempunyai tugas dan wewenang masing-masing yang telah diatur dalam Tatib. Satu yang perlu digarisbawahi bersama bahwa kita di DPRD ini bukan atasan-bawahan dan tidak saling membawahi satu sama lain.” Terangnya.

Selanjutnya mari kita bedah aturan, dalam PP 12/2018 khususnya Pasal 33 poin a yang disebutkan itu adalah Pimpinan DPRD bukan menyebut Ketua DPRD bukan pula Wakil Ketua DPRD, tetapi Pimpinan DPRD. Apa bunyinya? Bahwa Pimpinan DPRD mempunyai tugas dan wewenang memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan.

“Jadi saya dan pak Erens selaku Pimpinan DPRD bukan hanya mempunyai tugas tetapi juga mempunyai wewenang yang sama dan setara untuk memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan. Apalagi kita ini kolektif kolegial (Pasal 35 PP 12/2018).” Jelasnya.

Sehingga harus dipahami pula bahwa paripurna tingkat II ini tidak dapat ditutup secara sepihak oleh karena jikalau sudah ditutup itu berarti sudah harus menghasilkan keputusan rapat, apakah menyetujui bersama atau tidak menyetujui (menolak) Ranperda P-APBD 2023 tersebut (Pasal 9 ayat 4 PP 12/2018).

Ini logika hukum sederhana, sudah jelas dalam Tatib bahwa rapat paripurna Ranperda P-APBD 2023 output-nya pengambilan keputusan bukan hanya bersifat pengumuman (Pasal 93 PP 12/2018).

Johnru juga mengatakan. Perdebatan, silang pendapat, dan hujan interupsi adalah suatu dinamika politik di dalam lembaga politik. Itu adalah hal yang biasa terjadi. Seharusnya kalau yang bersangkutan merasa tidak mampu untuk memimpin rapat, serahkan saja kepada saya dan pak Erens, lalu kemudian silahkan walk out.

Bahwa adanya pernyataan yang antara lain mengatakan “sidang sudah ditutup oleh pimpinan, jadi paripurna sudah selesai dan peserta sidang sudah berhak untuk pulang.” adalah bukan atas nama Pimpinan DPRD melainkan atas inisiatif pribadi yang bersangkutan oleh karena 3 (tiga) orang Pimpinan DPRD tidak pernah membicarakan apalagi menyepakati hal tersebut. Kalau pun memang ada pembicaraan ke arah situ, secara tegas saya akan tolak. Karena itu merupakan tindakan yang tidak bersesuaian dengan Tatib atau malah dapat dianggap melanggar Tatib (Pasal 33 PP 12/2018).

Dan yang terakhir, jangan merasa pendapatmu lah yang paling benar. “Karena yang menentukan cacat tidaknya atau sah tidaknya bukanlah mereka bukan pula saya, tetapi ada lembaga yang berwenang secara atributif untuk memutuskan cacat tidaknya atau sah tidaknya keputusan persetujuan tersebut dan itu berada di tangan lembaga yudikatif bukan di eksekutif dan bukan pula di legislatif.” Tutup Anggota DPRD Tomohon yang lantang menyuarakan kepentingan rakyat, Johny Runtuwene.

(Wan/*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Walikota Caroll Bersama Jajaran Melayat di Rumduk Ayah Terkasih Sekretaris BKPSDMD Eden Kawung

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk melayat di rumah duka Almarhum Joppy Welly Kawung (74) dalam keluarga besar Kawung-Kapero di Desa Tombasian Bawah, Jaga 4, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa. (16/4) 2024.

Almarhum Joppy Welly Kawung merupakan ayah terkasih dari Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Tomohon Eden Kawung.

Walikota saat menghadiri mengungkapkan selaku pribadi mendoakan keluarga yang ditinggalkan juga turut berduka cita kepada keluarga besar.

“Untuk itu saya selaku pribadi dan keluarga bersama seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon menyampaikan Turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya bapak Joppy Welly Kawung tutup usia 74 tahun 11 bulan 9 hari keluarga besar Kawung-Kapero.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga mengatakan, keluarga berduka untuk terus berpengharapan kepada Tuhan Yesus karena Tuhan Yesus sumber penghiburan yang sejati.

Mewakili keluarga besar Kawung-Kapero, Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung mengungkapkan satu kehormatan bagi kami keluarga atas kedatangan Walikota Tomohon Caroll Senduk.

“Kunjungan dari pimpinan memberikan kekuatan bagi kami keluarga besar Kawung-Kapero di tengah-tengah duka cita yang kami alami ketika bapak kami berpulang kami sangat Kehilangan sebagai manusia biasa kami sangat sedih ketika ditinggalkan oleh orang yang paling Kami kasih,” ucap Eden Kawung.

“Sosok seorang ayah yang saya selalu sampaikan di atas adalah orang yang tangguh motivator bagi kami anak-anak walaupun di tengah-tengah kondisi sakit dia tetap berjuang tetap berjuang memberi semangat,” tukasnya.

Turut mendampingi Walikota Tomohon, Ketua TP-PKK Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring, Asisten Administrasi Umum Masna Pioh, Kadis Capil Kota Tomohon Albert Tulus, Kadis BPBD Hengky Supit, Kadis PPKB Mareyke Manengkey, Inspektorat Jean Bolang juga pejabat lainnya.(wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Walkot Caroll Senduk Hadiri Malam Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu, bertempat di Wale Syaloom Kolongan, Minggu (14/4/2024).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi, pemerintah menyampaikan selamat berlomba bagi para remaja teladan dalam grand final hari ini, dimana kedepannya akan menjadi teladan dimana berada serta menjadi panutan.

“Sebagai Orang Tua bangga melihat anak-anak kita menjadi anak-anak remaja Gereja yang luar biasa dan boleh menjadi teladan bagi teman baik dalam keluarga, gereja maupun masyarakat,” ujar Walikota.

Dia mengatakan para remaja ini juga semoga menjadi penerus-penerus dalam pembangunan Iman. “Jadikan Ajang Grand Final ini sebagai peluang untuk mengasah potensi diri, karena pencapaian hari ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan standard dan pondasi awal untuk kedepannya,” sebut Senduk. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Headline

Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV, Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV tahun 2024 bertempat di GMIM Nafiri Pangolombian, Minggu (14/04/2024)

Khadim dalam ibadah kegiatan ini, Pdt Kristi Sigar Sampie, MTh, selaku Ketua BPMJ Jemaat GMIM Nafiri Pangolombian.

Dalam Sambutannya, Walikota menyampaikan selamat berkompetisi kepada seluruh finalis remaja teladan GMIM wilayah Tomohon IV.

“Kami pemerintah mengapresiasi kepada seluruh panitia Remaja Teladan wilayah Tomohon IV yang telah melaksanakan kegiatan yang membawa dampak positif bagi para remaja, terutama untuk GMIM. Dimana bakat dan talenta yang ada pada remaja dapat dikembangkan dan dapat berguna sekaligus bermanfaat buat diri sendiri, Gereja, maupun masyarakat,” ujar Walikota. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending