Connect with us

Pendidikan

Walikota Caroll Siapkan 4,3 Miliar Beasiswa Tomohon Hebat 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Di tahun 2024 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawa kepemimpinan Walikota Caroll Senduk, mengalokasikan anggaran untuk beasiswa Rp4,3 miliar.

Hal ini mengemuka saat konferensi pers Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, yang difasilitasi Bagian Prokopim Setda Pemkot Tomohon, Senin (18/03/2024).

“Ada program unggulan kami, yaitu Beasiswa Tomohon Hebat. Tahun ini dialokasikan Rp4,3 miliar, naik dari tahun sebelumnya 2023 hanya Rp2,7 miliar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dolfin Karwur.

Dia mengatakan, program ini secara khusus ditujukan kepada siswa baik akademik maupun non-akademik. “Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tomohon,” ucap Karwur.

Dia menjelaskan, sangat percaya dengan memberikan kesempatan kepada siswa-siswa berprestasi, baik dari segi akademik maupun non-akademik, dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan berkualitas.

“Beasiswa Tomohon Hebat tidak hanya memberikan dukungan finansial kepada siswa-siswa berbakat, tetapi juga memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal di berbagai bidang,” paparnya.

Melalui program ini, lanjut Karwur, Dinas Dikbud berkomitmen untuk menciptakan generasi yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi antara semua pihak terkait, termasuk sekolah, orang tua, dan masyarakat, dalam mendukung keberhasilan program Beasiswa Tomohon Hebat.

“Diharapkan dengan kelanjutan dan penguatan program ini, akan terjadi peningkatan yang signifikan dalam prestasi pendidikan di Kota Tomohon,” ungkap Karwur.

Lebih lanjut dia mengatakan,
pihaknya terus memantau perkembangan dunia pendidikan di Kota Tomohon, untuk terus meningkatkan kualitas para siswa dan siswi termasuk tiap sekolah. Hal ini termasuk peningkatan kompetensi pada item-item tertentu apakah literasi dunia pendidikan turun atau naik, melalui raport pendidikan.

“Disini kita punya beberapa indikator untuk memantau perkembangan dunia pendidikan di Kota Tomohon dengan menggunakan sistem Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB),” tuturnya. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Hadiri Ibadah Syukur HUT Desa Ampreng Ke-77, Bupati Kumendong Apresiasi Hukumtua dan Masyarakat Desa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.con – Penjabat (Pj) . Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, didampingi Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo, menghadiri Ibadah syukur hari ulang tahun desa Ampreng ke-77, bertempat di halaman Balai Desa Ampreng, kecamatan Langowan Barat, Sabtu (6/4/2024).

Acara ini diawali dengan Laporan singkat dari Ketua Panitia HUT Desa Ampreng, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat desa ampreng oleh Hukum tua Desa Ampreng Ny. Masri Aruperes, dengan mengunakan bahasa Tontemboan dan selanjutnya mengunakan bahasa Indonesia.

Dalam Ibadah syukur ini dipimpin oleh khadim Pdt. Hernie Talumewo S. Th, dengan dibuka dengan doa terlebih dahulu oleh Pdt Fanny Pandelaki S.Th.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya Bupati Kumendong mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun yang ke 77, tentu Ini adalah sebuah syukur boleh membilang usia yang ke-77 bagi desa Ampreng.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Saya menyampaikan banyak selamat kepada Desa Ampreng dalam usianya yang ke-77, “Ucap Kumendong.

Kumendong pun menyatakan terkesan dengan Hukumtua karena membawakan laporan dalam bahasa tontemboan, hal ini merupakan program Saya.

“Kalau langowan disini mengunakan bahasa Tontemboan, dan hal ini adalah salah satu bagian dari program saya untuk melestarikan budaya Minahasa, salah satu budaya dari Minahasa itu sebenarnya adalah berbahasa daerah, dalam pengamatan ternyata penutur bahasa daerah yang ada di Minahasa ini sudah tidak lebih dari 50 persen mungkin beberapa tahun ke depan kurang sedikit sekali, mungkin kurang 10 persen. Kenapa kemudian kita tidak mengaturnya dan mempersiapkannya dari sekarang . Oleh karena itu Tentu saya memberikan apresiasi pada Hukumtua, atas contoh yang baik ini, “katanya.

Ditambahkannya terkait pembangunan Desa, mari gunakan Dana Desa dengan baik, karena pengunaan dana desa harus transparan.

” Desa Ampreng salah satu desa dengan dana desa yang angkanya terbanyak di Minahasa jadi kami berharap agar bisa mengunakan sebaikmungkin, dan pastinya kami selaku Pemkab Minahasa mengapresiasi atas kinerja Hukumtua dan masyarakat, “tuturnya.

“Dia juga berpesan agar memasuki cuaca buruk agar menghindari tempat-tempat rawan bencana.

Begitu pula dengan naiknya harga cabe dan harga beras dan lainnya yang menyebabkan inflasi maka, “Saya menghimbau seluruh anggota masyarakat untuk giat menanam untuk memaksimalkan lahan-lahan tidur yang ada guna meningkatkan kualitas hasil produksi pertanian, dan meningkatkan perekonomian warga, “pungkas Bupati, sembari kembali mengucapkan kepada seluruh warga masyarakat Desa Ampreng, dalam usia 77 tahun ini Semoga Tuhan akan selalu memberkati Desa Ampreng.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan trophy bagi para pemenang lomba dalam pertandingan Volly, lomba baca Alkitab bahasa tontemboan, serta lomba senam yang akan digelar hari ini.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bapenda Kabupaten Minahasa, Jeffry Tangkulung SH, Aparat Desa Ampreng, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta masyarakat Desa yang ada. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Manado

Mahasiswa dan Alumni Nilai Ferry Liando Layak Pimpin FISIP Unsrat

Published

on

Dr Ferry Daud Liando SSos MSi

Manado, inforakyatnews.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pada 5 April nantinya akan mengadakan pemilihan Ketua Dekan.

Diketahui, Ada 3 nama calon yang ditetapkan oleh Rektor Unsrat. Salah satunya adalah Dr Ferry Daud Liando SSos MSi.

Bravo Wongkar, Mahasiswa Semester 8 FISIP Unsrat menyadari pemilihan dekan adalah sebuah sistem yang dirancang dan diciptakan untuk menjalankan sirkulasi kepemimpinan dekanat dengan mekanisme yang disusun pada sebuah fakultas dalam rangka mencapai prinsip demokratisasi dalam ruang akademik.

“Pada pemilihan kali ini, saya selaku mahasiswa mengharapkan bahwa pemilihan dekan fakultas ilmu sosial dan politik dapat berjalan sesuai dengan prinsip LUBER JURDIL,” ucapnya.

“Lebih dari pada itu, saya mengharapkan nantinya pemimpin yang dekat dengan mahasiswa, mampu menjadi mentor akademik yang baik bagi kami mahasiswa, dan tentunya mampu memajukan kampus reformasi tercinta menjadi lebih progresif,” sambungnya.

Ia pun menyatakan dukungan kepada Ferry Liando. Menurutnya, Ferry Liando merupakan salah satu kandidat yang layak memimpin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat itu.

“Tanggapan saya secara pribadi untuk beliau,beliau sangat dekat sekali dengan mahasiswa, beliau adalah sosok yang sangat berintegritas sebagai seorang akadimisi, bahkan beberapa dari kami mahasiswa memanggilnya ayah sebagai bentuk kedekatan kami, dan kami memanggilnya juga mneer sebagai bentuk kehormatan untuk beliau yang sangat progresif sebagai seorang pengajar,” ungkapnya.

Dukungan kepada Ferry Liando juga datang dari salah satu alumni terbaik FISIP Unsrat, Mineshia Lesawengen, Jebolan Lulusan Tanpa Skripsi Bimbingan Ferry Daud Liando.

Ia mengatakan Dr Ferrry Liando adalah sosok pendidik yang sangat baik dan bijaksana.

“Berkat beliau saya dan tim dibimbing dengan sangat baik mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) hingga sampai masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) alhasil Tim Saya Bisa Meraih Sarjana Tanpa Ujian Skripsi,” ungkap Mineshia.

Kata Mineshia, sebagai seorang pendidik, beliau tidak hanya dibimbing pengembangan kualitas akademik mahasiswa, tetapi segi kecerdasan emosional sampai spiritual dibangun oleh sang Guru ini.

“Cara beliau mengajar, sebelum ada penerapan merdeka belajar. Beliau telah mendorong kami mahasiswa untuk berani eksplor keluar setiap kemampuan dan talenta kami,” ujar Mahasiswa yang banyak terlibat dalam Pusat Studi Kepemiluan itu..

Mineshia juga mengatakan, mahasiswa yang tergabung dalam pusat studi kepemiluan juga, banyak berhasil tidak secara teoritis, tetapi juga dalam praktik langsung bisa terjun menjdi penyelenggara ad hoc pemilu saat pemilu 2024 barusan.

“Sangat mengapresiasi kepada Rektor Unsrat, telah menetapkan Mner Ferry sebagai Calon Dekan. Doa dan harapan semoga Kampus Orange bisa dipimpin oleh Sosok Mner Ferry,” harap Mineshia Lesawengan.

Selain itu, Novia Kalengkongan, Alumni FISIP Unsrat, Kader Pusat Studi Kepemiluan mengatakan, Mner Ferry Daud Liando adalah sosok panutan sehingga menjadi role model bagi banyak mahasiswa.

“Salah satunya saya, sosok Dosen yang banyak dihormati dan dicintai mahasiswa, serta menjadi orangtua selama di kampus. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk tampil dan mengembangkan potensi lewat berbagai forum selama berproses di Pusat Studi Kepemiluan. Serta selalu mengapresiasi mahasiswa,” ungkap Novia Kalengkongan. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Buka Naskah Ujian Di SMA N 1 Kakas, Bupati Kumendong Semangati Para Siswa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si membuka naskah soal ujian akhir sekolah yang menandai dimulainya Ujian Akhir Sekolah tingkat menengah atas, bertempat di SMA Negeri 1 Kakas, Rabu (26/03/2024).

Kumendong menuturkan, siapa pun dan dari sekolah dimana pun bisa berhasil asalkan rajin belajar dan mau bekerja keras. Jika dulu SMA Negeri 1 Kakas, waktu itu tidak masuk hitungan jika dibanding sekolah-sekolah lain, karena terletak di wilayah pinggiran yang agak jauh dari kota.

“Sekarang eranya sudah berbeda sehingga semua pasti bisa berhasil jika dia belajar dan jangan minder, ”tuturnya.

Diharapkannya, para peserta ujian sebanyak 134 siswa di kelas 12 tersebut bisa berhasil dalam ujian dengan menjawab soal-soal yang diujikan dengan tenang, percaya diri serta penuh semangat.

Dalam kapasitas sebagai Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Sulut, Bupati Kumendong menyatakan kepada guru-guru bahwa ujian akhir sekolah ini merupakan refleksi dari upaya pendidikan yang selama ini telah dilakukan.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Asisten I Kabupaten Minahasa, Drs. Riviva Maringka M.Si, Kepala Bapenda, Djefry Tangkulung SH, MAP, Camat Kakas Veky Rombot S.Pt, Kabag Protokol Ricky Laloan SH, Staf Khusus serta Kepala Sekolah SMA 1 Kakas. (*HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending