Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Daerah · 7 Des 2021 14:02 WITA ·

Masyarakat Manggarai Diingatkan Waspada Terhadap Bencana Akibat La Nina


 Masyarakat Manggarai Diingatkan Waspada Terhadap Bencana Akibat La Nina Perbesar

Manggarai NTT, Inforakyatnews.com– Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Liber Habut menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana akibat La Nina terutama masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana. Senin, (06/12/2021).

Bencana La Nina adalah bencana alam yang terjadi akibat kondisi ekstrim musim hujan secara terus menerus yang disertai angin, seperti bencana tanah longsor, banjir, banjir bandang, angin kencang atau angin puting beliung.

Himbauan tersebut menyusul warning dari Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksikan terjadinya La Nina di NTT pada akhir tahun dengan puncak hujan terjadi sejak pertengahan Desember 2021 hingga Februari 2022 mendatang.

Kepala BPBD Kabupaten Manggarai, Libert Habut. Foto:inforakyatnews.com/paulus

Libert Habut mengatakan bahwa berdasarkan warning dari BMKG tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah melakukan langkah sosialisasi melalui Camat, Kepala Desa, dan Lurah mengenai bahaya bencana terutama bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana.

“Berkaitan musim hujan akhir tahun, sudah ada warning dari BMKG. Pemerintah Manggarai telah mengeluarkan surat himbauan atau sosialisasi kepada masyarakat melalui camat dan kepala desa terutama masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana yang kemiringannya di atas 20 derajat,” ungkap Liber.

Himbauan dan sosialisasi tersebut kata Liber bertujuan agar masyarakat bisa menyelamatkan diri dari bencana.

Libert menyebut bahwa berdasarkan pemetaan rawan bencana yang dimiliki BPBD, setidaknya ada 7 kecamatan di Kabupaten Manggarai yang rawan bencana yaitu Kecamatan Cibal, Ciba Barat, Wae Ri’i, Rahong Utara, Kecamatan Ruteng, Satar Mese dan Satar Mese Utara.

Dirinya menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai telah siap dan siaga dalam menangani bencana yang mungkin akan terjadi di musim hujan sebagaimana yang diingatkan BMKG.

Kesiapsiagaan itu dilakukan dengan beberapa langkah tekhnik seperti ketersediaan posko bencana di setiap desa/kelurahan dan juga ketersediaan alat berat.

Dengan adanya posko setiap desa tersebut kata Liber maka laporan bencana mudah dan penanganannya juga dapat dilakukan dengan cepat.

Terkait alat berat, Liber mengaku telah berkoordinasi dengan dinas PUPR Kabupaten Manggarai agar selalu standby.

Untuk ruas jalan Negara Ruteng – Reo, Ruteng -Labuan Bajo dan Ruteng – Borong diharapnya agar PPK selalu siapkan alat berat di titik rawan longsor.

Selain itu, Libert juga memastikan ketersediaan anggaran untuk penanganan bencana. Ia menegaskan anggaran penanganan bencana disiapkan pemerintah melalui dana Biaya Tidak Terduga (BTT) dari APBD Kabupaten Manggarai tahun 2021.

Meski tidak menyebut berapa anggaran yang disiapkan pemerintah Kabupaten Manggarai, namun Libert memastikan semua akan ditangani dengan baik.

“Terkait ketersediaan anggaran penanganan bencana kita sudah siapkan melalui anggaran biaya tidak terduga (BTT) dari APBD kabupaten Manggarai tahun 2021” ujarnya.

Libert juga menjamin ketersediaan logistik bantuan berupa beras. Dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Manggarai, dan beras itu ada di Bulog Manggarai.

Liber mengatakan selama ini intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten masih kategori sedang. Namun demikian Ia mengaku ada beberapa laporan bencana yang pihaknya terima antara lain kerusakan infrastruktur jalan dan lahan pertanian masyarakat dan bencana tersebut telah tertangani dengan baik.

 

Penulis: Paulus Nabang

 

Artikel ini telah dibaca 160 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Polisi Grebek Judi Sabung Ayam, 2 Pelaku Ditangkap

28 November 2022 - 19:57 WITA

Entrasol Ajak Warga Ruteng Jalan Sehat dan Senam Aerobik

12 November 2022 - 16:43 WITA

Mashuri Tutup LT-III Regu Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin

11 November 2022 - 12:39 WITA

Merangin Peringati Hari Pahlawan 2022

11 November 2022 - 12:33 WITA

Longsor, Wabup Langsung Turun Sampai Jalan Kembali Normal

11 November 2022 - 12:29 WITA

Nilwan Yahya Optimis, Merangin Raih Camat Teladan

11 November 2022 - 12:25 WITA

Trending di Daerah