Connect with us

Ekonomi

Kapolres Minahasa Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Persiapan TPS Pemilu 2024

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Senin, (12/2/ 2024), bertempat di Aula Tansatrisna Polres Minahasa, Kepolisian resort Minahasa menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan Umum tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Minahasa.

Acara tersebut dipimpin Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian, SIK, MH, didampingi oleh Kabag Ops Polres Minahasa, KOMPOL Ruddy Reppi, S.Sos.

Dalam kesempatan ini saat memberikan sambutan, Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian, SIK, MH, menyerahkan buku saku, bekal kesehatan, uang makan, dan uang saku secara simbolis kepada personel yang bertugas.

Kepada Personel yang akan bertugas, Kapolres menegaskan beberapa hal penting, diantaranya, pentingnya pelaksanaan pengamanan TPS dengan baik dan penuh tanggung jawab. terlepas dari keterbatasan anggaran atau faktor lainnya, karena hal ini merupakan tugas Polri.

“Dukungan anggaran untuk pengamanan TPS hanya tersedia pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, dan akan segera dibagikan kepada personel, “Katanya.

Ditegaskannya juga agar perlu adanya pengawalan personel Polri dalam alur distribusi logistik Pemilu 2024.

“Jadi penempatan personel Polri di TPS diatur sedemikian rupa, dengan personel Polri berada di ring 2, sementara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas berada di ring 1, “terangnya.

Ditambahkannya juga Pentingnya komunikasi dan koordinasi antara personel Polri dengan KPPS dan Linmas.

“Kami berharap, perlu berhati-hati dalam penggunaan media sosial di TPS, untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, ” Pintanya.

Dia juga Mengingatkan untuk tidak meremehkan situasi di TPS.

“Saya menekankan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan Pemilu, ” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakapolres Minahasa, KOMPOL SUMAJI, Para Pejabat Utama (PJU), Para perangkat Operasi Mantap Brata (OMB),
Para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan jajaran, serta
Seluruh personel Pengamanan TPS. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Manfaatkan Dana Desa Tahun 2024, Pemdes Walewangko Genjot Pekerjaan Fisik Drainase Dan Jalan Paving Block

Published

on

Dana Desa Tahun 2024, Pemdes Walewangko Pekerjaan Fisik Drainase Dan Jalan Paving Block

LANGOWAN BARAT,inforakyatnews.com
-Pemerintah Desa Walewangko dipimpin Hukum Tua Sonny Sepang, di awal tahun 2024 ini melaksanakan pekerjaan fisik dalam dua bidang pekerjaan, yang dianggarkan melalui Dana Desa tahun 2024.

Diketahui untuk pekerjaan fisik yang bersumber dari dana desa, dibidang sub kawasan pemukiman dilaksanakan kegiatan pekerjaan Drainase tipe I dengan panjang 70 meter yang menghabiskan anggaran Rp. 46.503.000, berlokasi di Jaga V desa Walewangko, dan untuk Tipe II dengan panjang 87 meter dengan anggaran Rp. 96.439.000, yang dilaksanakan oleh PKPKD desa Walewangko.

Sedangkan untuk pekerjaan fisik untuk meningkatkan infrastruktur pertanian melalui Jalan Usaha Tani berlokasi di jaga v desa Walewangko, dikerjakan jalan dengan mengunakan paving block sepanjang 100 meter dengan anggaran Rp. 160.203.000, yang dilaksanakan oleh PKPKD desa Walewangko, dimana dalam pekerjaan ini melibatkan masyarakat desa Walewangko.

Dan untuk tipe 3 dalam pekerjaan pembangunan drainase juga dianggarkan sebesar Rp. 15.483.000, dengan panjang 20 meter dengan lokasi jaga V desa Walewangko.

Kepada Media ini, Jumat (31/5/24), ketika ditemui di kediamannya, Hukum Tua Sonny Sepang berharap dengan “dikerjakannya pekerjaan drainase dan jalan ini, semoga dapat meningkatkan infrastruktur yang ada di desa dan dilokasi pertanian, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas pekerjaan, dan saluran air bisa berfungsi dengan baik, “kata Sepang, sembari berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Daerah atas sinergitasnya sehingga program dana desa masih bisa menyentuh ke masyarakat desa melalui pekerjaan ini, yang meningkatkan perekonomian warga desa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2024 Secara Virtual

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M,Si, didampingi Kepala Inspektur Kabupaten Minahasa Moudy Lontaan S,Sos mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2024, yang digelar BPKP R.I, Rabu (22/5/24).

Diketahui Rakor berlangsung di Ruangan Command Center Kantor Bupati Minahasa, diikuti secara virtual oleh Penjabat Bupati Minahasa.

Kegiatan ini mengambil tema “Mengawal Penuntasan Pembangunan Jangka Menengah untuk Kesinambungan Pembangunan”, dibuka Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, dari Istana Negara Jakarta.

Selain arahan dari Presiden Jokowi, juga ada laporan Kepala BPKP Jusuf Ateh mengenai penyelenggaraan rakornas dan penjelasan pengawasan.

Presiden Jokowi menyampaikan, BPKP memiliki peran besar mengawal kesinambungan pembangunan, sehingga rakyat mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Ke depan, tantangan yang akan dihadapi semakin berat, program dan belanja pemerintah juga akan semakin besar pastinya. Selain itu, kata dia, tuntutan masyarakat juga semakin tinggi,” tandasnya. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Rakerda Dekranasda, Jeand’Arc Senduk Karundeng Paparkan Skala Prioritas Dekranasda Tomohon Adalah Pengembangan UMKM

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com — Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng hari ini Selasa, 7 Mei 2024 mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di The Sentra Hotel Minut.

Rakerda dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandow, dihadiri oleh Ketua Umum Dekranasda Provinsi Sulut Ibu. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua Umum, dr. Kartika Devi Tanos, Kadis Perindag Prov. Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda Bpk. Drs. Daniel Mewengkang, M.Si, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Sulut bersama pengurus masing-masing, serta Narasumber Pengurus Dekranas Pusat Ibu. Ni Nyoman Ambareny yang membidangi daya saing dekranas pusat dari Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian RI.

Dalam sambutan pembukaan Rakerda, Wagub Sulut memberi apresiasi terhadap peran dekranasda dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan industri yang berdampak langsung ke masyarakat terutama sektor UMKM di dalamnya industri kerajinan.

Kandow juga memberi tantangan kepada Dekranasda se-Sulut untuk bagaimana agar produk kerajinan binaan dekranasda dapat menembus pasar internasional seiring dengan terbukanya akses langsung ke luar negeri untuk pasar ekspor, baik melalui jalur laut maupun jalur udara/penerbangan.

Sementara itu Ketua Umum Dekranasda Sulut Ibu. Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan menyampaikan bahwa Rakerda ini sangat penting dalam sinkronisasi program dan kegiatan dekranas baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, baik yg sudah dilaksanakan tahun 2023, yang sementara dilaksanakan tahun 2024 ini, maupun yang direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2025. Beliau juga mengevaluasi kendala2 yang dihadapi oleh dekranasda kabupaten dan kota atas pelaksanaan program dan kegiatan di daerah.

Adapun dalam laporan pemaparan program dan kegiatan di sesi 1 yang dibawakan langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota, Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon Ibu. drg. Jeand’Arc Senduk Karundeng memaparkan kegiatan-kegiatan antara lain konsolidasi program dan kegiatan Dekranasda Kota Tomohon melalui rapat kerja dan konsultasi, pelatihan membatik dan pemberian bantuan peralatan, sosialisasi pengemasan produk dan bantuan kemasan, promosi dan pemasaran produk kerajinan binaan dekranasda baik tingkat lokal, nasional maupun pameran internasional. Semua kegiatan itu merupakan inisiasi murni dari Dekranasda Kota Tomohon, dilaksanakan dalam kerjasama dengan pemerintah dan juga stakeholder yang ada.

Dalam Rakerda tersebut juga, Dekranasda Kota Tomohon menampilkan berbagai produk kerajinan hasil binaan dekranasda dalam bentuk pameran mini.

Turut mendampingi Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon yaitu Bendahara Dekranasda Ibu. Maria Pijoh, Bidang Promosi Ibu. Lucy Goni, Kadis Perdagin selaku Ketua Harian Bpk. Ruddie Lengkong, SSTP, MAP, Kabid Industri Ibu. Fike Taroreh, SE, M.Si serta beberapa pengurus dan staf sekretariat dekranasda. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending