Connect with us

Daerah

Sudah Usia 5 Tahun, SMPN 11 Ruteng Belum Punya Gedung Sendiri

Published

on

Manggarai, Inforakyatnews.com– Sejak didirikan 5 tahun lalu, SMPN 11 Ruteng Kakor di Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, belum memiliki gedung sendiri. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) masih menumpang di gedung SDI Bea Kakor.

Hal ini disampaikan Kepala SMPN 11 Yasintus Ratu kepada Wakil Bupati Manggarai Heri Ngabut dan Kadis Pendidikan Frans Gero, saat kedua pejabat itu berkunjung ke sekolah tersebut, Jumat (22/4/22). Wabup dan Kadis berada di sekolah tersebut untuk memantau dari dekat pelaksaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di sekolah ini.

Yasintus berharap ada perhatian pemerintah daerah untuk pembangunan fasilitas pendidikan di sekolah tersebut.

Yasintus mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun kedua penyelenggaran UAS untuk sekolah tersebut dan pelaksanaan UAS masih berbasis pensil dan kertas.

Jumlah murid yang mengikuti UAS tahun ini sebanyak 136 orang dari total murid secara keseluruhan 430 orang. Sekolah ini didukung 37 orang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). 9 (sembilan) orang di antaranya berstatus PNS dan 28 orang guru komite.

“Dari 28 orang guru komite itu, 5 orang sudah lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), 4 lulus di tempat dan 1 orang lulus di luar sekolah induk. Dari 28 guru komite ini juga, ada 20 orang yang sudah terima tambahan penghasilan (Tamsil) sementara 8 orang belum,” jelas Yasintus.

Selain belum memilik ruang kelas sendiri, SMPN 11 juga belum memiliki kantor sekolah yang memadai. Ruangan Kepsek, ruangan guru-guru, ruangan tata usaha dan ruangan perpustakaan masih berada dalam satu ruangan yang berukuran kecil.

Wakil Bupati Manggarai Heri Ngabut mengatakan bahwa pandemi covid-19 berdampak pada semua sektor, termasuk sektor pendidikan. Anggaran-anggaran negara untuk pembangunan berbagai sektor itu, lebih banyak dialihkan untuk penanganan covid.

Wabup juga sepakat bahwa KBM yang berlangsung dalam satu atap dengan sekolah lain akan menganggu kelancaran proses pendidikan.

Hery Ngabut saat meninjau pelaksanaan UAS di SMPN 11 Ruteng

Sarana prasarana pendidikan, kata Wabup, sangat penting untuk diperhatikan. Atas daerah itu, pemerintah sedang berupaya untuk memperhatikan sarana prasarana tersebut. Dan pada tahun Tahun 2022 ini, pemerintah telah mengajukan pinjamanan ke Bank Pembangunan Daerah atau Bank NTT senilai Rp 250 miliar.

“Ini skenario politik anggaran yang dibangun Pa Bupati dan saya,” kata Wabup.

Dari dana sejumlah itu, 50 miliar dimanfaatkan untuk pembangunan gedung baru dan perbaikan gedung sekolah yang rusak.

“Mari kita berdoa semoga tidak berubah lagi. Tahun 2022-2023 kita punya rencana untuk membangun 13 ruang kelas di SMPN 11. Tahun ini kita rancang bangun 7 ruang kelas dulu, tahun 2023 coba kita bangun 6 ruangan lagi,”ujari Wabup Heri. (Adi Nembok)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Sekda Watania Buka Tahapan Pemilihan Retel GMIM 2024

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, selaku Ketua Panitia Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM membuka Kegiatan Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM, bertempat di Gereja GMIM Inspirasi Tomohon.

Kegiatan ini diawali dengan Jalan Sehat Bersama Remaja GMIM Wilayah Tomohon Sentrum.

Diketahui rencananya kegiatan ini akan dihelat dari tanggal 1 Mei hingga 20 Juli 2024, dengan beberapa tahapannya seperti tes tertulis (1 Mei), Seleksi Rayon (1 Mei – 2 Juni), Wawancara Sinode (8 Juni), Karantina Sinode (5-7 Juli), Kompetisi Potensi Diri (13 Juli), Grand Final (20 Juli).

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua Wilayah Tomohon Sentrum Pdt. Fredy Balo, M. Th, Ketua Jemaat GMIM Inspirasi Tomohon Pdt.Julien Saisab-Ratty, S. Th, Pdt. Meyta Makalew-Egam S. Th, Anggota KPRS dan Panitia.

Berikut susunan Kepanitiaan Pemilihan Retel Sinode GMIM 2024.

Susunan Pelantia Pemilihan Retel GMIM 2024.

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Tanda Tangani Nota kesepakatan Dengan BPKP Sulut, Bupati Kumendong Ucap Hal Ini

Published

on

TONDANO,inforakyatnews.com
— Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, menandatangani Nota Kesepakatan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara.

Acara penandatanganan tersebut berlangsung secara serentak dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kabupaten Mitra.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, SE, MAP, MM, M.Si, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kabupaten Mitra. Dan digelar di Hotel Yama Tondano, Selasa (30/4/2024)

Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, dalam sambutannya menyatakan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dengan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini dalam rangka untuk meningkatkan pengawasan keuangan dan pembangunan di daerah, termasuk Pemkab Mimahasa, ” ucap Kumendong.

Sementara itu, BPKP Provinsi Sulawesi Utara juga menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Harapannya, kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan bersama ini dapat menjadi langkah konkret dalam memperkuat pengawasan keuangan dan pembangunan di Kabupaten Minahasa serta kabupaten lainnya di Sulawesi Utara.

“Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, sehingga pengelolaan keuangan dan pembangunan dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan akuntabel,” tandasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dibuka Sekda Watania, Pemkab Minahasa Gelar Fasilitasi Penyusunan Profil Desa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar kegiatan Fasilitasi Penyusunan Profil Desa/Kelurahan Tahun 2024.Bertempat di Anos Cafe, Selasa (30/4).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, melalui Sekda Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menyampaikan, Dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral perlu disusun data profil Desa/ Kelurahan (prodeskel), sebagai dasar data dan sumber informasi guna memenuhi kebutuhan pembangunan.

“Untuk Ketersediaan data dan informasi tentang potensi wilayah suatu Kabupaten/Kota yang mencakup sampai wilayah Desa dan Kelurahan, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil Desa dan Kelurahan,”terangnya

Lebih lanjut dikatakannya, Pelaksanaan kegiatan penyusunan Profil Desa/Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, kecamatam, kabupaten sampai tingkat provinsi oleh Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk secara berjenjang.

Pendayagunaan data profil Desa/Kelurahan diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi serta tingkat perkembangan desa dan Kelurahan sebagai data dasar bersama pelaku pembangunan Desa/Kelurahan dalam
mendukung perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian evaluasi dan pelestarian kebijakan, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan Desa, Kelurahan dan lembaga kemasyarakatan serta penataan wilayah administrasi pemerintahan.

“Disamping itu pula data prodeskel tersebut difungsikan untuk mengetahui karakterisktik potensi Desa dan Kelurahan, serta Mengukur kecepatan Perkembangan Desa dan Kelurahan, mengukur status kemajuan dan katagori tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan swadaya ke swakarya menuju swasembada yang menjadi input strategis dalam musyawarah perencanaan pembangunan partisipatif, serta menjadi pedoman dalam penentuan arah pengembangan Desa dan Kelurahan,” pungkasya.

Turut hadir pula sebagai Narasumber Sekda Minahasa Dr. Lynda D Watania MM, M,Si, Asisten 1 Drs. Riviva Maringka M.Si, Kadis PMD Drs. Arthur Palilingan, Kabid Pemerintahan Desa Ir. Hasna Said, Penggerak Swadaya Muda Vivi Lowing S.Sos. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending