Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Daerah · 23 Apr 2022 15:08 WITA ·

Al Haris : Pemprov Jambi Manfaatkan BRIDA Maksimalkan Potensi Daerah


 Al Haris : Pemprov Jambi Manfaatkan BRIDA Maksimalkan Potensi Daerah Perbesar

Jambi, inforakyatNews – Pemerintah Provinsi Jambi memanfaatkan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) untuk memaksimalkan potensi daerah sebagai langkah dalam meningkatkan pendapatan daerah.

“Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya akan membentuk BRIDA sesuai arahan dari Pemerintah Pusat yang nantinya bertujuan untuk lebih meningkatkan pendapatan daerah sehingga setiap daerah lebih bersaing lagi nantinya dalam hal riset dan inovasi,” kata Gubernur Jambi Al Haris, Jumat (22/4).

Al Haris menjelaskan Pemerintah Provinsi Jambi akan membentuk BRIDA di Jambi. Mulai dari sumber daya, pengembangan riset dan inovasi serta kesiapan program yang akan dilaksanakan. Dengan hadirnya BRIDA di Provinsi Jambi Al Haris mengharapkan dapat membangkitkan ekosistem riset dan inovasi dengan segala potensi yang di miliki Provinsi Jambi.

Program kegiatan BRIDA Provinsi Jambi tersebut di sesuaikan dengan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Menurut Al Haris berdasarkan nomenklatur, secara teknis BRIDA tersebut memiliki kelengkapan yang baik dalam mengembangkan riset dan inovasi di setiap daerah.

“Karena mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai kepada evaluasi ada pada BRIDA, sehingga akhirnya nanti menjadi role model di tengah tengah masyarakat,” kata Al Haris.

Selain itu pembentukan BRIDA tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 11 tahun 2019 tentang sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan untuk memastikan penguatan riset dan inovasi di seluruh wilayah Indonesia.

Dimana riset dan inovasi dapat menjadi kunci dalam mencegah Indonesia terjebak dalam fenomena “Midle income trap” atau jebakan kelas menengah. Karena dengan riset dan inovasi yang lebih baik dapat berperan sebagai penghubung berbagai pihak untuk memperkuat riset dan memanfaatkan hasil riset.

“Dalam mengambil sebuah kebijakan sangat penting sekali berdasarkan hasil riset dan data, sehingga lembaga riset menjadi sangat penting, terutama di daerah-daerah untuk membantu setiap Kepala Daerah mengambil kebijakan,” kata Al Haris.(Effendi).

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mashuri Tutup LT-III Regu Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin

11 November 2022 - 12:39 WITA

Merangin Peringati Hari Pahlawan 2022

11 November 2022 - 12:33 WITA

Longsor, Wabup Langsung Turun Sampai Jalan Kembali Normal

11 November 2022 - 12:29 WITA

Nilwan Yahya Optimis, Merangin Raih Camat Teladan

11 November 2022 - 12:25 WITA

MTQ Ke-51 Tingkat Provinsi Jambi Dibuka, Diikuti 1.234 Kafilah

1 November 2022 - 08:47 WITA

Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut

23 Oktober 2022 - 10:52 WITA

Trending di Daerah