Connect with us

Partai

“Membara”, HASRAT7 Ajak Angkat Menangkan PDI-P di Pileg 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Kampanye terbuka partai PDI-P Kota Tomohon dapil 1 yang digelar hari ini di lapangan Trinitas Kelurahan Paslaten dipadati ribuan simpatisan partai. Senin (29/1) 2024.

Orasi dari Caleg nomor urut 7 dari partai PDI-P dapil 1 Tomohon Haryanto Yani Saderach Lasut ajak simpatisan dukung PDI-P menangkan Pileg 2024 nanti.

Menurut HASRAT sapaan dari ribuan pendukungnya kepada Haryanto Lasut, sentuhan pembangunan di Kota Tomohon harus bersama-sama dikawal.

“Untuk itu saudara-saudara, marilah kita mengangkat menangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk Kota Tomohon, Setuju!” teriak Caleg Nomor urut 7 Haryanto Y. S. Lasut yang langsung disambut teriakan Setujuh seluruh simpatisan yang memadati Lapangan Trinitas Kelurahan Paslaten. (29/1) 2024.

Tak lupa juga Lasut menyuarakan Ganjar Mahfud untuk Presiden 2024.

“Ganjar Mahfud! Ganjar Mahfud! Ganjar Mahfud! Presiden!,” tukasnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Wujud Bela Sungkawa, Robby Dondokambey Bersama Istri Melayat Dirumah Duka di Noongan 2

Published

on

Robby Dondokambey Bersama Istri Melayat Dirumah Duka di Noongan 2

LANGOWAN BARAT, inforakyatnews.com – Sebagai bentuk kepedulian dan wujud bela sungkawa, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP, bersama istri tercinta Ny. Martina Dondokambey-Lengkong, melayat di Rumah Duka keluarga Walean-Pantouw, atas meninggalnya Ibu Meyti Pantouw. Bertempat di desa Noongan 2 Kecamatan Langowan Barat, Rabu (30/5/24).

Diketahui turut bersama dalam lawatan ke rumah duka ini, bersama mantan Wakil Bupati Minahasa RD, para anggota DPRD terpilih dari fraksi PDI Perjuangan diantaranya, Robby Longkutoy, Rommy Leke, Monica Rorong, dan mantan Asisten II Pemkab Minahasa, Wenny Talumewo serta lainnya.

Pada kesempatan ini, Robby Dondokambey mengucapkan Turut berdukacita kepada keluarga, yang ditinggalkan.

“Saya pribadi dan keluarga Dondokambey-Lengkong merasa turut berdukacita atas meninggalnya Ibu Meyti Pantouw, yang merupakan orang tua dari Bapak Friby Rumagit dan Ibu Silvane Walean, yang sudah Saya anggap sebagai keluarga, semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan penghiburan yang sejati dari Tuhan. “ucap RD.

Usai menyampaikan turut berdukacita, Robby Dondokambey yang merupakan bakal calon Bupati Minahasa bersama istri tercinta berkesempatan menghibur keluarga dengan menyumbangkan puji-pujian untuk keluarga yang sedang berduka, dilanjutkan juga beberapa pujian yang dinyanyikan oleh anggota dewan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Raih 19 Kursi,Ketua DPC PDIP Minahasa RD Sebut 4 Kandidat Ketua DPRD Minahasa

Published

on

Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Robby Dondokambey

MINAHASA, inforakyatnews.com – Usai perhelatan Pemilu 2024 memberikan hasil yang baik bagi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, maka dipastikan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Minahasa periode 2024-2029.

Hal Ini setelah partai berlambang banteng moncong putih ini memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD dengan raihan 19 kursi di Minahasa.

Dan kursi ketua DPRD Minahasa pun nantinya akan ditentukan. Lantas siapa yang akan menjadi calon Ketua DPRD? hingga saat ini belum bisa diterka.

Namun demikian Ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey (RD) menjelaskan bahwa, ada beberapa kriteria dan aspek yang dipertimbangkan bagi kader partai yang akan duduk di kursi pimpinan DPRD.

“Seperti senioritas, ada jabatan di partai, memiliki track record yang bagus di partai termasuk kami mempertimbangkan kader yang berkualitas dan punya wawasan lebih.Syarat tak harus suara terbanyak,” ungkap RD pada wartawan, Rabu (03/04/24).

Mantan Wakil Bupati Minahasa ini pun menegaskan, aspek wawasan menjadi hal penting, karna menjadi ketua DPRD harus mampu merangkul dan menfasilitasi termasuk paham soal eksekutif dan legislatif

Loyalitas seperti apa? menurut RD, salah satunya pertimbangan apakah sering ikut rapat pengurus, kemudian apa yang sudah Ia perbuat untuk partai.

“Di PDIP kan ada penilaian kinerja, ada absen berapa kali ikut rapat pengurus. Punya wawasan. Hal hal seperti itu. Tapi, saya kira mereka ada sudah mengetahui masuk kriteria atau tidak,” terang RD.

RD, Mantan wakil bupati Minahasa ini tidak menyebut secara gamblang siapa kader yang penuhi kriteria. Namun, berdasarkan data, ada beberapa nama kader caleg PDIP yang berpotensi.

Seperti Dharma Palar sudah empat periode ini terpilih duduk di DPRD. Juga Rommy Leke sudah tiga periode ini terpilih. Dua nama itu merupakan kader senior dan masuk struktur pengurus DPC.

Juga ada nama Robby Longkutoy mantan pejabat eksekutif dan sudah dua periode duduk di DPRD. Ada juga nama Frangky Wolayan mantan pejabat kepolisian dan sudah dua periode terpilih jadi anggota DPRD. Dua nama terakhir itu loyalitasnya di partai sudah terukur.

Namun RD menegaskan bahwa mekanisme mengenai calon Ketua DPRD akan ditentukan oleh DPP PDIP. “Kami akan usulkan tiga nama dan DPP putuskan satu nama sebagai ketua DPRD, ” pungkasnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

PDI Perjuangan Tomohon Perkasa di Pileg 2024, “Bungkam” Sindiran Target 13 Kursi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sempat bertebaran isu target dari ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Tomohon Caroll Senduk “impossible” untuk bisa meraih 13 kursi DPRD, nyatanya mampu ditunjukkan dengan hasil yang sangat memuaskan.

Pada beberapa waktu lalu Ketua DPC PDI-P Kota Tomohon Caroll Senduk menargetkan 13 kursi mampu diraih PDI-P Tomohon.

“PDI-P Kota Tomohon targetkan 13 kursi untuk pileg 14 Februari 2024 nanti,” ujar Caroll Senduk. (8/5) 2023.

Beragam kalangan pun beranggapan bahwa target dari DPC PDI-P Tomohon sangat sulit dan tidak akan mampu mencapai 13 kursi legislatif Tomohon.

Dikutip dari salah satu media online

Menurut mantan anggota DPRD Tomohon periode 2004-2009 Hanny Manuel Meruntu, memprediksikan maksimal PDIP memperoleh 9 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon hasil Pemilu 2024 mendatang. Sudah sangat maksimal dan bisa saja hanya memperoleh di bawah itu.

‘’Kita realistis saja. Untuk Pemilu 2024, PDIP maksimal Sembilan kursi. Itu jika semua komponen solid dan aktif bergerak. Tapi, jika tidak bisa hanya memperoleh delapan kursi,’’ katanya, November 2023 lalu.

Dia pun merinci, beberapa caleg yang dapat memperoleh kursi yakni untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Tomohon 1 meliputi Kecamatan Tomohon Tengah dan Tomohon Timur, kans peraih kursi adalah Drs Harryanto Lasut MAP dan salah satu Abraham Wakas atau Hudson Bogia. Jika cukup, ketiga nama tersebut meraih kursi.

Sementara untuk Dapil Tomohon 2 di Kecamatan Tomohon Selatan, nama Syenni Supit dan dr Jerry Bororing yang disebutnya yang paling berpeluang jika memperoleh 2 kursi.

Dapil Tomohon 3 Kecamatan Tomohon Barat, Hamer sapaan akrabnya, menjagokan Netty Senduk. Untuk Dapil ini, dia memprediksi ada 4 partai politik yang akan memperoleh maisng-masing 1 kursi dari 4 yang diperebutkan. ‘’Partai lainnya adalah Partai Golkar, Gerindra dan Hanura. Tapi, jika Partai Hanura meleset, satu kursi itu akan jatuh ke PDIP atau Golkar,’’ katanya.

Untuk Dapil Tomohon 4 di Tomohon Utara, Hamer menyebut PDIP kans 3 kursi. Itu berasal dari Marco Nangka (Tinoor), Franky Oroh (Wailan) dan Drs Jhony Runtuwene (Kakaskasen)/Karlheinz Senduk (Kakaskasen Dua).

Hasil Quickcount Internal usai pemilu 14 Februari

Dari hasil Quickcount Internal usai pemilu 14 Februari, PDI-P sangat dominan di dapil 1 Tomohon (Tomohon Tengah/Timur) dan dapil 4 Tomohon (Tomohon Utara), sementara dapil 2 (Tomohon Selatan) PDI-P mampu meraih suara yang sangat siknifikan, begitu juga dapil 3 (Tomohon Barat).

Diperkirakan, dari hasil Quickcount Internal PDI-P Bisa sabet 15 kursi legislatif Tomohon, yang artinya melebihi 13 kursi dari target sebelumnya.

Sebut saja Karlheinz Putra Minahasa Senduk meraup suara 3646, terbanyak di Dapil 4. Hal ini diikuti oleh kader potensial PDIP, yakni Johny Runtuwene yang duduk diperingkat kedua dengan jumlah 2812 suara. Para caleg PDIP di Dapil 4 pun tetap tampil dominan, dimana untuk peringkat ketiga diraih Adolfien Supit dengan jumlah suara sebanyak 1818, posisi Keempat Franky Oroh dengan 1333 suara, posisi kelima ada Fecky Rumondor dengan jumlah suara mencapai 1015 suara, diikuti Vonny Mongdong 921 suara serta Marco Nangka 792 suara.

Caleg-caleg di Dapil 1 Kota Tomohon juga melejit. Seperti halnya Caleg nomor urut 5 Abraham Arthuro Wakas berhasil memperoleh suara terbesar dengan jumlah 2698 suara, diikuti Anita Mamesah 1838 suara, Rocky Poli 1664 suara, Maria Pijoh 1656 suara, Haryanto Lasut 1570 suara, Hudson Bogia 1088 suara, serta Cindy Langitan 40 suara.

Hal ini juga berlaku bagi Caleg di Dapil 2, yang meraih hasil signifikan. Seperti Ferdinand Mono Turang, Syalom Mokorimban dan Jerry Bororing. Akan halnya di Dapil 3, ada James Kojongian dan Santi Maria Runtu yang memperoleh suara signifikan. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending