Connect with us

Pariwisata

Menuju Pariwisata Unggul, Walikota Caroll Launching TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon dibawah pimpinan Walikota Caroll Senduk memiliki Visi menjadikan Kota Tomohon sebagai pariwisata yang mendunia dan moderen.

Salah satu upaya dalam menunjang tercapainya visi tersebut, Walikota Caroll Senduk melauncing Tomohon Visitor Center (TVC) dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata milik Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon, Selasa (30/1/2024) bertempat di Objek Wisata Tekaan Telu Kelurahan Tinoor Satu (1) Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, Walikota apresiasi yang tinggi kepada dinas pariwisata daerah kota Tomohon dan badan promosi pariwisata daerah Kota Tomohon serta pihak BNI.

“Pertama-tama saya mau memberikan apresiasi kepada Dispar Tomohon dan BPPD Tomohon serta pihak BNI. Dimana hari ini boleh melaksanakan launching TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata. Yang akan memberikan dampak yang luar biasa bagi sulut lebih khusus lagi di Kota Tomohon,” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Lanjutnya, kita tau bersama bahwa salah satu tujuan wisata di Provinsi Sulut yakni kota Tomohon. Karena kota Tomohon merupakan Jantung pariwisata di Sulut.

“Jadi, dengan kehadiran TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata akan mempermudah para wisatawan untuk mendapatkan informasi. Ini menjadi kebaikan perkembangan pariwisata yang ada di kota Tomohon. Karena, ini menjadi yang pertama di Sulut dan akan menjadi contoh untuk daerah lain. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi kepada stakeholder terkait yang menggagas semua ini. Ini menjadi hal yang baik dalam mendukung program pemerintahan kota Tomohon lebih khusus untuk pariwisata yang ada di Kota Tomohon,” tandas Walikota Caroll Senduk itu.

Sebelumnya, KadisParda Kota Tomohon Yidisthira Siwu dalam lamporannya menyampaikan bahwa TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata Tomohon ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah kota, BPPD dan stakehoder pariwisata terkait yang ada di kota Tomohon. Kami harapkan ini menjadi satu percontohan bagi pengembangan pariwisata yang ada di Kota Tomohon.

“Program ini yang pertama di Sulut. Saya harap Kota Tomohon menjadi episentrum pariwisata di Sulut,” sebut Yudi sapaan akrabnya.

Pada kesempatan itu, pula Walikota Tomohon melakukan penandatangan Mou bersama pihak BNI, Angkasa Pura dan Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon.

Turut hadir, Kapolres Kota Tomohon Lerry Tutu, Perwakilan BNI Lucky Lahope, GM PT Angkasa Pura Manado Maya Damayanti, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Judhistira Siwu SE MSi, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan tamu undangan lainnya. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email

Breaking News

Peringati 75 Tahun Hubungan Indonesia-AS, DPP K3 Akan Kukuhkan DPW K3 USA di KJRI Los Angeles

Published

on

INFORAKYATNEWS.COM – Tahun ini genap 75 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan Amerika Serikat (AS). Momentum tersebut menjadi inspirasi diadakannya pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Amerika Serikat yang dilakukan secara adat di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Selain melestarikan budaya asli Minahasa yang merupakan budaya Indonesia, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) juga berinisiasi menjalin kesatuan sekaligus mempererat hubungan antar negara yang telah terjalin selama 75 tahun.”Kami menjalin hubungan sekaligus melestarikan serta mempromosikan budaya Minahasa, Sulawesi Utara di Negeri Paman Sam (Sebutan Lain untuk Amerika Serikat, red),” tukas Ketua Umum DPP K3 Angelica Tengker.

Ketua DPW K3 Luar Negeri USA Welly Rey bersama pengurusnya Periode 2023-2027 akan dikukuhkan secara adat oleh DPP K3 yang dipimpin Ketua Umum Angelica Tengker dab Sekretaris Jenderal Teichi Kolopita. Kegiatan juga di meriahkan dengan bazaar Nusantara, musik khas daerah Kolintang, tarian Kabasaran serta diiringi sejumlah artis Kawanua juga Generasi Muda Kawanua akan turut berpartisipasi. Rencananya Konsulat Jenderal (Konjen) Los Angeles Purnomo A Chandra akan hadir sekaligus membuka kegiatan adat tersebut.

Rombongan DPP K3 yang akan hadir di AS terdiri dari Ketua Dewan Pembina Irjen Pol (Purn) Ronny F Sompie, Ketua Umum Angelica Tengker, Sekjen Teichi Kolopita, Bendahara Umum Nova Rumondor, Wakil Ketua Umum Michael Lakat, Ketua Bidang OKK Ifan Wellem Pioh, Ketua Bidang Infokom Jimmy Endey, Jeanne Sompie, Nobby Benharto Wowor, Jursi Gusty Alfrita, Rizart Supit, Jussac Ariel Luther, Roddy Tinggogoy, Royke Robertus Paruntu, Stephanie Michelle Wengkang, Matheys Hahijary, Nathanael Daniel Benedict Pioh, Olivia Helena Esterfien Lakat, Reinhard Matindas, Frieda Valentida Kusnadi dan Marina Christina Tinggogoy.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Tradisi Makan Di daun, Bupati Minahasa Hadiri Ibadah Mingguan Mertua Sekda Watania

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH. MSA, mengikuti Ibadah Kumawus (Mingguan) Atas Meninggalnya Alm. Drs. Nicollas Wilar Mertua dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania,MM,M.Si Dalam Keluarga Wilar-Watania, bertempat dirumah kediaman Sekda Watania di Tomohon. Minggu (7/4/2024)

Bupati Kumendong mengatakan Kumawus (Mingguan) merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dibangun sebagai bagian dari rasa syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan bagi keluarga yang baru ditinggalkan oleh orang yang sangat di kasihi dan di cintai.

”Bentuk rasa syukur dan terima kasih kita atas kasih dan bimbingan Tuhan selang seminggu ditinggalkan oleh yang kita kasihi,” ucap Bupati.

Keluarga yang berduka sudah sangat memahami bahwa peristiwa seperti ini menjadi bukti bahwa cinta kasih Tuhan tetap menjadi bagian dalam perjalanan kehidupan mereka sekalipun orang yang dikasihi telah pergi selamanya menghadap Tuhan sang pencipta.

” Maka dari itu, saya yakin dan percaya keluarga akan tabah dan kuat menghadapi peristiwa duka ini. Terlebih keluarga adalah pelayanan Tuhan yang memahami betul arti dari sebuah kematian bagi orang yang percaya kepada Tuhan,” ungkapnya.

Ada yang menarik dalam acara kumawus tersebut, dimana para tamu undangan, makan bersama diatas daun yang menjadi ciri khas Mingguan di Kota Tomohon.

Turut Hadir, Jajaran Pejaba Pemerintah Kabupaten Minahasa,dan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Jelang Hari Libur, Bupati Kumendong Ingatkan Dan Imbau Hal Ini

Published

on

Pj. Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si.

MINAHASA,inforakyatnews.com – Jelang libur Idul Fitri 1445 H, khususnya di Kabupaten Minahasa, Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, mengingatkan bagi masyarakat di Minahasa untuk perhatian ketika akan keluar rumah untuk melaksanakan liburan.

“Jadi Saya mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat yang akan mengadakan liburan dihari libur Idul Fitri ini, agar dapat memperhatikan keadaan rumah sebelum mengadakan perjalanan, jangan lupa menutup dan memeriksa didalam rumah, perhatikan kompor atau barang yang bisa membahayakan, agar libur ini bukan libur membawah bencana, “ujar Kumendong. Ketika diwawancarai Media ini, Sabtu (6/6/24), saat mengadakan kunjungan di kecamatan Langowan Barat.

Ditambahkannya juga agar saat melakukan perjalanan untuk berwisata, agar dapat memperhatikan kendaraan yang digunakan.

“Mari periksa kendaraan yang digunakan sebelum mengadakan perjalanan. Hati-hati karena saat ini cuaca sangat tidak menentu, dan hindari daerah yang rawan bencana, ketika berwisata,”tandas Bupati, sembari mengucapkan selamat berlibur dan selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sahabat, mari jaga keamanan dan mari jaga toleransi. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending