Connect with us

Pariwisata

Menuju Pariwisata Unggul, Walikota Caroll Launching TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon dibawah pimpinan Walikota Caroll Senduk memiliki Visi menjadikan Kota Tomohon sebagai pariwisata yang mendunia dan moderen.

Salah satu upaya dalam menunjang tercapainya visi tersebut, Walikota Caroll Senduk melauncing Tomohon Visitor Center (TVC) dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata milik Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon, Selasa (30/1/2024) bertempat di Objek Wisata Tekaan Telu Kelurahan Tinoor Satu (1) Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, Walikota apresiasi yang tinggi kepada dinas pariwisata daerah kota Tomohon dan badan promosi pariwisata daerah Kota Tomohon serta pihak BNI.

“Pertama-tama saya mau memberikan apresiasi kepada Dispar Tomohon dan BPPD Tomohon serta pihak BNI. Dimana hari ini boleh melaksanakan launching TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata. Yang akan memberikan dampak yang luar biasa bagi sulut lebih khusus lagi di Kota Tomohon,” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Lanjutnya, kita tau bersama bahwa salah satu tujuan wisata di Provinsi Sulut yakni kota Tomohon. Karena kota Tomohon merupakan Jantung pariwisata di Sulut.

“Jadi, dengan kehadiran TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata akan mempermudah para wisatawan untuk mendapatkan informasi. Ini menjadi kebaikan perkembangan pariwisata yang ada di kota Tomohon. Karena, ini menjadi yang pertama di Sulut dan akan menjadi contoh untuk daerah lain. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi kepada stakeholder terkait yang menggagas semua ini. Ini menjadi hal yang baik dalam mendukung program pemerintahan kota Tomohon lebih khusus untuk pariwisata yang ada di Kota Tomohon,” tandas Walikota Caroll Senduk itu.

Sebelumnya, KadisParda Kota Tomohon Yidisthira Siwu dalam lamporannya menyampaikan bahwa TVC dan Digitalisasi Ekosistem Pariwisata Tomohon ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah kota, BPPD dan stakehoder pariwisata terkait yang ada di kota Tomohon. Kami harapkan ini menjadi satu percontohan bagi pengembangan pariwisata yang ada di Kota Tomohon.

“Program ini yang pertama di Sulut. Saya harap Kota Tomohon menjadi episentrum pariwisata di Sulut,” sebut Yudi sapaan akrabnya.

Pada kesempatan itu, pula Walikota Tomohon melakukan penandatangan Mou bersama pihak BNI, Angkasa Pura dan Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon.

Turut hadir, Kapolres Kota Tomohon Lerry Tutu, Perwakilan BNI Lucky Lahope, GM PT Angkasa Pura Manado Maya Damayanti, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Judhistira Siwu SE MSi, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan tamu undangan lainnya. (wan/**)

Daerah

Soft Opening Taman God Bless Minahasa Siap Digelar

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, Menerima Audiensi dari Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Utara Ibu Ir. Nurdiana Habibie, M.Si Bersama Tim. Bertempat di Ruang kerja Bupati, Tondano, Selasa (20/2/24).

Adapun kedatangan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Utara Ibu Ir. Nurdiana Habibie, M.Si Bersama Tim. Terkait Serah Terima Proyek aset SPAM dan Serah Terima Pengelolaan serta Soft Opening Taman God Bless Minahasa Lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano.

Direncanakan Soft Opening Taman God Bless Minahasa Lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano ini yang akan digelar dalam waktu dekat ini, akan dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC) Olly Dondokambey, SE.

Adapun pelaksana kegiatan ini dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Utara.

Turut mendampingi Bupati Minahasa saat menerima Audiensi tersebut diantaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kabupaten Minahasa Wenny Talumewo, Kadis PUPR Daudson Rombon ST , Kepala BPKAD Kabupaten Minahasa Joice Pua serta Plt. Kabag Prokopim, Ricky Laloan.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Terima Kunker Kepala BKSDA Sulut, Pemkab Minahasa Bakal Seriusi Perlindungan Satwa Liar

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menyebutkan nantinya dalam waktu dekat ini Pemkab Minahasa akan melaksanakan deklarasi perlindungan terhadap satwa liar.

Hal ini disampaikannya ketika menerima kunjungan kerja Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara Askari Dg. Masikki, S.Hut, bersama mitra kerja selamatkan Yaki, Purnama Nainggolan selaku Koordinator Edukasi, Rabu (24/01/2024).

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Minahasa akan mensosialisasi tentang aturan terkait perdagangan satwa liar, sesuai aturan yang berlaku.”ujarnya.

Usai deklarasi, akan ditindaklanjuti dengan dikeluarkan Surat Edaran tentang pelarangan menjual satwa liar yang dilindungi.

“Satwa liar yang dilindungi yakni, Kuse, Yaki Tarsius, Babi rusa, Anoa, Maleo, Rangkong (Burung taon).”katanya

Pemerintah Kabupaten Minahasa berkomitmen untuk mendukung secara administratif tentang satwa liar yang dilindungi, termasuk larangan-larangan agar masyarakat tidak menjual satwa liar.

Turut hadir mendampingi, Bupati Dr. Jemmy Kumendong, diantaranya Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi, dan Plt Kabag Prokopim Recky Laloan SH. (HerS)

Continue Reading

Budaya

Ditutup Gubernur Olly Dondokambey, Wakefest Minahasa Sukses Digelar, Bupati Kumendong: Terima Kasih Masyarakat Minahasa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Hari ini Event Wakefest Minahasa tahun 2023, dengan Mengusung tema Lake Tondano Home for Everyone, Kejuaraan series ASIA dari International WakeSurf and Wakeboard Federation (IWWF) di Danau Tondano Minahasa 2023 resmi ditutup Gubernur Sulut Olly Dondokambey, pada Minggu (26/11/2023).

Diketahui event internasional yang berlangsung selama tiga hari ini yakni 24-26 November 2023, berjalan dengan sukses hingga hari terakhir dan mampu menyita perhatian masyarakat Sulawesi Utara dan khususnya Masyarakat yang ada di Minahasa.

Adapun olahraga air ini yang diikuti para atlet dari 8 Negara tersebut, berlomba memperebutkan podium utama pada iven tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Kegiatan tersebut dibuka dan ditutup secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, bertempat di Danau Tondano, Kelurahan Tonsaru, Minahasa.

Sebagai tuan rumah, Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lynda Watania menyampaikan terimakasih kepada para peserta, official, dan seluruh undangan serta masyarakat yang hadir pada kegiatan Wakefest Minahasa 2023.

“Selaku pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan terimakasih kepada IWWF, Panitia, Pemerintah Provinsi dan Pusat serta masyarakat yang mendukung dan ikut mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Jemmy Kumendong.

Bupati Jemmy Kumendong mengatakan, lewat kegiatan Wakefest ini sangat membawa dampak positif bagi Masyarakat Minahasa.

“Berbagai manfaat bisa dirasakan Pemerintah dan masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun sektor pariwisata di Kabupaten Minahasa,” ujar Kumendong.

Dirinya berharap, lewat kegiatan Wakefest Minahasa 2023, dapat memberikan kesan positif kepada para Atlet maupun pengunjung dari luar negeri tentang keindahan alam di Minahasa.

“Juga Budaya Minahasa serta keramahan masyarakat Minahasa yang bisa ditunjukan, agar wisatawan yang datang bisa melihat lebih dekat karakteristik masyarakat Minahasa,” sebut Kumendong.

Usai kegiatan, tampak Pj Bupati Jemmy Kumendong didampingi Ketua TP PKK Minahasa Ny Djeneke Kumendong-Onibala, bersama Sekda Lynda Watania ikut menyerahkan cenderamata kepada Official dan penyematan medali kepada para atlet yang berada di Podium.(*)

Continue Reading

Trending