Connect with us

Komunitas dan Organisasi

Mapala Avestaria Fisip Unsrat Rayakan Hari Jadi ke 49 Tahun

Published

on

Manado, inforakyatnews.com – Tepat tanggal 28 Mei 1974 atau 49 tahun lalu, Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Avestaria, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, berdiri.

Mementum hari jadi ke 49 tahun itu, organisasi Mapala Avestaria Fisip Unsrat menggelar acara ramah tamah di Pantai buntong Tateli, Minggu (28/05/2023).

Dalam acara tersebut, para anggota dan senior bersua sambil bersilaturahmi memperingati momen berdirinya organisasi Mapala Fisip Unsrat itu.

Steven Malonda, senior kawakan sebagai perintis organisasi Mapala Avestaria Fisip Unsrat dalam sambutannya mengajak para anggota agar lebih masif mengedukasi masyarakat dalam hal melestarikan alam.

Ia berharap agar mapala Avestaria bisa lebih berkembang dan dapat menciptakan kader kader yang berprestasi dalam segala aspek di ruang lingkup Pecinta Alam. Antara lain, pelestarian lingkungan hidup dan penanaman pohon.

“Juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya kita menjaga pelestarian alam. Agar terhindar, banjir, tanah longsor dan ancaman bencana lainnya. Akibat dari lalainya masyarakat, seperti buang sampah tidak pada tempatnya, penebangan pohon liar, penambangan liar dan masih banyak lagi,” imbuh Malonda.

Ia mengingatkan, tuntutan bagi setiap anggota Mapala Avestaria kedepannya akan sangat berat.

Steven Malonda mengatakan, tantangan menghadapi Era Digital jadi salah satu tujuan melatih diri menjadi Profesional.

Menurutnya, mengembangkan keahlian di berbagai bidang, antara lain di bidang penanggulangan bencana, SAR, diving, paralayang, dan lain lain, merupakan bagian dari pengembangan Industri pariwisata di Sulawesi Utara,

“Karena bila tidak ada tenaga terampil di bidang tersebut, akan sulit bagi setiap anggota Mapala avestaria untuk bersaing pada Era Global Digital,” ujarnya.

Steven Malonda

Meski begitu, Malonda berpesan kepada anggota yang masih menempuh pendidikan agar tetap fokus dan menyelesaikan studinya.

“Akan tetapi kuliah untuk menyelesaikan studi untuk mendapatkan gelar sarjana adalah tujuan utama bagi anggota Mapala Avestaria yang masih kuliah, karena itu akan menjadi kebanggan organisasi Mapala terutama menjadi kebanggan orang tua dan pribadi masing masing,” aku Malonda.

“Selagi masih berstatus mahasiswa, jangan ragu untuk belajar menimba ilmu setinggi tingginya, karena itu adalah bekal di hari tua,” pesan anggota bernomor 007 Mapala Fisip Unsrat itu.

Selain itu, anggota senior lainnya, Gerry Wowor, pada kesempatan itu juga memberi motivasi kepada para anggota junior.

Ia mengajak agar para anggota untuk semangat mengejar cita-cita dan harapannya, dan harus berani menghadapi tantangan yang ada.

“Teman-teman masih muda, masih jauh perjalanan. Semua tergantung dari torang pe pikiran. Harus posistif. Apa yang ngoni mau itu yang harus ngoni cari dan ngoni harus pegang,” ucap Gerry Wowor.

Di tempat yang sama, anggota senior lainnya, Reagen Sumampow, juga tak lupa memberi wejangannya kepada anggota-anggota junior.

Ia berpesan agar para anggota menikmati pekerjaan yang ada. Dan dalam melakukan pekerjaan harus sesuai dengan passion agar tidak terbebani.

“Jangan pernah kerja karena keterpaksaan atau karena untuk membiayai hidup. kerjalah menurut hobi dan kesenangan anda, di situlah anda bahagia,” ucap Sumampow. (FYL)

Daerah

Dihadiri Bupati Kumendong, Gubernur Olly Kucurkan Sumbangan di Ibadah Syukur GMIM Betlehem Lewet Langowan

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com -Gubernur Provinsi Sulut Provinsi Sulut Prof DR (Hc) Olly Dondokambey memberikan sumbangan 305 juta untuk pembangunan GMIM Betlehem Lewet Langowan sebagai bentuk kepeduliannya akan infrastruktur rumah ibadah.

Sumbangan ini diberikan Gubernur Olly ketika menghadiri Pentahbisan dan peresmian Pastori GMIM Betlehem Lewet yang dirangkai dengan ibadah syukur HUT ke-48 Jemaat GMIM Betlehem Lewet, Wilayah Langowan I, Minggu (11/02/2024).

Ibadah syukur peresmian pastori yang dihadiri juga Penjabat Bupati Dr Jemmy S.Kumendong M. Si, ditandai juga dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Olly, dalam ibadah ini dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya, Gubernur bersyukur atas tuntunan dan perkenaan Tuhan, boleh bersama-sama dalam Ibadah syukur HUT ke-48 GMIM Betlehem Lewet.

“Saya berharap nantinya pastori ini semoga bisa bermanfaat bagi Pendeta yang menggunakan sehingga jemaat gereja terlayani dengan adanya pastori terbaru ini,” ucap Gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya sesuai rencana kedepan pembelian lahan, maka uang yang sudah tersedia nantinya akan diserahkan.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan kedepan karena untuk kebutuhan perencanaan pembangunan gereja yang baru,” ujarnya. Sembari berpesan saling topang menopang dalam semua kegiatan,” tandasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Camat Se-langowan Raya, dan Jemaat Gereja setempat.(*)

Continue Reading

Daerah

Di GPDI Imanuel Tondano, Bupati Kumendong Buka Rapat FKUB Kabupaten Minahasa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, Menghadiri Sekaligus Membuka Rapat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa, Bertempat di GPdI Imanuel Tondano. Senin (12/2/24).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kumendong terlihat memberikan penyampaian, dimana dalam penyampaiannya bupati selalu berpesan agar pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama sebagai pondasi keberagaman yang harmonis di Kabupaten Minahasa.

“Jadi Kerukunan umat beragama adalah aset berharga bagi kemajuan dan keberlanjutan masyarakat kita. Mari kita jaga dan pupuk nilai-nilai kebersamaan dalam perbedaan, “kata bupati didepan para peserta rapat, sembari berpesan juga untuk menjaga bersama kedamaian demi suksesnya Pemilu 2024.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Staf Khusus Bupati Bidang Keagamaan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa, Reviva Maringka, Kaban Kesbangpol, Kaban Kesbangpol Ir. Yanni H Moniung, Plt Kabag Prokopim, Ricky Laloan, serta Kabag Kesra Giovanny Rorora.(*)

Continue Reading

Daerah

Ikuti Ibadah Syukur, Bupati Kumendong: Selamat HUT Ke-25 GMIM Lotta Pineleng

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pnt Dr Jemmy Stani Kumendong MSi didampingi Ketua TP-PKK Minahasa, Ny Djeneke Kumendong-Onibala SH MSi, mengikuti ibadah syukur bersama jemaat dalam rangka HUT ke-25 GMIM Lotta Pineleng. Bertempat di Gereja Lotta Pineleng, Minggu (4/2/24).

Ibadah syukur ini dipimpin oleh Khadim Pdt Dr Adolf Wenas, selaku Wakil Ketua Bidang Misi dan Hubungan Kerjasama Sinode GMIM, dengan bacaan Alkitab dalam kitab Amos 5:7-13, dengan tema Melawan perkosaan keadilan.

Dalam sambutannya Pnt Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menyampaikan usia 25 tahun ini kami berharap jemaat GMIM Lotta Pineleng mampu memberikan kontribusi terhadap jemaat dan pembangunan di Sulawesi Utara, terutama di Minahasa.

“Momentum HUT ke-25 diharapkan menjadi refleksi kepada seluruh pelayan khusus dan jemaat agar berdampak bagi jemaat yang lain. Selain itu kami juga menghimbau seluruh jemaat dan masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu kita juga akan menghadapi Pemilihan Umum pada tanggal 14 Februari. Mari kita menggunakan hak pilih, juga menjaga keamanan dan kenyamanan, menjadi warganegara yang bertanggung jawab, hindari like n share berita-berita hoax. “Pintanya.

Di akhir sambutannya Kumendong mengucapkan “Banyak selamat bagi jemaat GMIM Lotta Pineleng. Tuhan Yesus Memberkati, “ucap Bupati Kumendong seraya mengutip pesan Gubernur Olly dalam berbagai kesempatan agar jemaat berdoa meminta tuntunan Roh Kudus agar bisa memilih figur yang terbaik bagi jemaat dan masyarakat.

Sementara itu Pdt. Seska Wahani M Teol, menyampaikan syukur kepada Tuhan dan terimakasih bagi semua yang telah hadir beribadah dan memberikan sumbangsih lonceng, sound system serta uang bagi Gereja dan jemaat, dari Kel Dondokambey-Tamuntuan, Kel Dondokambey-Lengkong dan Pemkab Minahasa. “Biarlah itu untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan,” ujar Pdt Seska.

Turut hadir dalam ibadah, mewakili Gubernur Sulut, Daniel Mewengkang, mantan Wakil Bupati Minahasa, Dr Robby Dondokambey, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny Djeneke Kumendong-Onibala SH MSA, jajaran Pemkab Minahasa, anggota DPRD Minahasa, Natalia Rompas dan Moureen Pongantung beserta jemaat GMIM Lotta Pineleng.(*/HerS)

Continue Reading

Trending