Connect with us

Minsel

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Ibadah Menyambut Natal

Published

on

 

INFORAKYAT.COM, AMURANG— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar ibadah menyambut Natal Yesus Kristus, di Gedung Waleta Pemkab Minsel, Jumat (8/12). Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH, secara langsung menghadiri ibadah Natal.

Ibadah Perayaan Natal tersebut dipimpin oleh Pdt. Dr. Jolly Sondakh, M.Th, selaku Wakil Ketua Sinode GMIM Bidang APP, dan dihadiri oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH didampingi oleh Asisten Administrasi Umum yang juga adalah Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas Perhubungan. Dalam kegiatan tersebut, Bupati FDW (sapaan akrabnya) menyerahkan Bantuan Bus Sekolah Tahun 2023 dari Kementerian Perhubungan RI, Bantuan Chrome Book, Bantuan All In One PC, Bantuan Papan Tulis Digital, Bantuan Seragam Siswa, Bantuan Perlengkapan Siswa serta Bantuan Penghargaan Guru, juga Bantuan Beasiswa Pendidikan kepada Siswa melalui Wadah Gerakan Masyarakat Peduli Perubahan Pendidikan Minsel.

Bupati FDW saat diwawancarai oleh sejumlah media mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Minsel karena telah sukses melaksanakan perayaan menyambut Natal Yesus Kristus. “Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya telah melaksanakan perayaan menyambut Natal Yesus Kristus Tahun 2023 dengan baik, sudah berprestasi dan sangat membantu pembangunan Pendidikan di Minsel. Sehingga kami dari Pemkab Minsel serta masyarakat harus memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan, dalam hal ini Kepala Dinas Arthur Tumipa,M.Ed,” ucap orang nomor satu di Minsel ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Arthur Tumipa mengatakan, Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Minsel juga bukan hanya memberikan apresiasi kepada guru, tenaga pendidikan dan siswa. Tapi juga sangat bersukacita, khsusnya warga Kristiani dimana Orang Kristen hari ini telah melaksanakan perayaan menyambut Natal secara bersama-sama, dan tentunya penuh suka cita. “Untuk kegiatan Perayaan Natal Yesus Kristus tahun depan, jika Tuhan berkenan dilancarkan, semua kegiatan seperti ini tetap akan berkelanjutan dibawah Pemerintahan Bupati Franky Donny Wongkar SH,” ucap Tumiwa.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Amurang, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan bersama Pengurus, Wakil Ketua PGRI Kabupaten Minahasa Selatan bersama Pengurus, Staf Khusus Bupati Minahasa Selatan, para Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru-guru TK, SD, SMP se-Kabupaten Minahasa Selatan bersama para Siswa.(jes)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bawaslu

Butuh 730 Orang, Bawaslu Minsel Ajak Warga Daftar Pengawas TPS Pemilu 2024

Published

on

Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan.

AMURANG, INFORAKYATNEWS.COM– Sekira 730 orang dibutuhkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pimpinan Bawaslu Minsel Ketua Eva Keintjem didampingi anggota Franny Sengkey dan La Ode Irwandi serta Koordinator Sekretariat Weinfry Tumbuan menjelaskan, tahapan pembentukan PTPS oleh Bawaslu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, sesuai jadwal dan tahapan berlangsung mulai 19 Desember hingga 7 Februari 2024.

“Adapun tugas PTPS adalah memastikan dalam selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS, sudah berjalan sesuai dengan regulasi dan tidak terjadi pelanggaran. Untuk Kabupaten Minsel, akan merekrut sebanyak 730 PTPS. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS di Kabupaten Minsel pada Pemilu 14 Februari 2024,” ujarnya.

Keintjem menuturkan, untuk pendaftaran PTPS Pemilu 2024 dilakukan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan (Panwascam) masing-masing. “Silahkan bagi yang berusia minimal 21 tahun, yang ingin berpartisipasi menjaga demokrasi di Indonesia dengan menjadi Pengawas TPS. Segera daftarkan diri anda di Sekretariat Panwaslu Kecamatan,” tukasnya.

Berikut jadwal pendaftaran PTPS Pemilu 2024.
Sosialisasi dan pengumuman pendaftaran: 19-31 Desember 2023.
Pendaftaran dan penerimaan berkas (G1): 2-6 Januari 2024.
Penelitian kelengkapan berkas pendaftaran: 2-6 Januari 2024.
Pengumuman perpanjangan: 7 Januari 2024. Penerimaan berkas pendaftaran di masa perpanjangan (G2): 7-8 Januari 2024.
Penelitian berkas pendaftaran di masa perpanjangan: 7-8 Januari 2024.
Pengumuman lulus administrasi: 10 Januari 2024. Tanggapan/masukan masyarakat: 10-21 Januari 2024. Wawancara: 2-17 Januari 2024.
Penetapan dan pengumuman calon terpilih berdasarkan hasil tes wawancara: 18-19 Januari 2024.
Pergantian calon terpilih (jika ada, setelah didahului klarifikasi II): 19-21 Januari 2024.
Pelantikan Pengawas TPS: 22 Januari 2024. Perpanjangan rekrutmen khusus TPS yang belum terisi Pengawas: 24 Januari-7 Februari 2024.(jes)

Continue Reading

Minahasa Selatan

Breaking News: Tak Memiliki Identitas Jelas, Warga Papua ini Ditemukan Tak Bernyawa di Acara Duka

Published

on

Amurang, inforakyatnews.com – Nikodemus alias Ale, seorang warga Papua yang diketahui hidup berpindah-pindah dari keluarga satu ke keluarga lain, yang kesehariannya bekerja sebagai buruh kebun, ditemukan meninggal di acara duka di Kelurahan Ranomea, Senin (10/07/2023).

Dari keterangan kepolisian, melalui Kapolsek Amurang Iptu J.E Pajow, mengatakan sekira pukul 07.00 Wita pihaknya mendapat informasi telah ditemukan seorang yang tidak diketahui secara lengkap identitasnya tak bernyawa tertidur di deretan kursi.

Setelah mendapat informasi tersebut, Kapolsek Iptu Pajow mengatakan pihaknya langsung menuju tempat kejadian guna menggelar olah TKP.

Dari keterangan warga, kata Iptu Pajow, korban ditemukan tak bernyawa tertidur dideretan kursi plastik saat warga akan membersihkan lingkungan bangsal duka.

“Saat tiba di TKP, korban masih tergeletak di kursi, namun saat dievakuasi tercium bau alkohol dari tubuhnya. setelah itu kami langsung membawahnya ke Rumah Sakit Kalooran Amurang guna melakukan pemeriksanaan medis,” ucap Kapolsek Pajow.

Setelah itu, ia mengatakan jenasah langsung diserahkan ke pihak Pemerintah untuk dikebumikan sebab tidak ada keluarga yang dapat menfasilitasi pemakamannya.

“Korban diketahui bernama Nikodemus, sering dipanggil Ale oleh warga setempat, dia berasal dari Papua, menurut warga korban tidak pernah mengatakan secara jelas tempat asalnya. Ia sering berpindah-pindah tempat, dari keluarga satu ke keluarga lainnya,” ucap Iptu Pajow.

“Kemarin kan acara Pengucapan, terus di Ranomea ada kedukaan, dia datang ke kedukaan mungkin untuk melayat, tadi pagi warga kedapatan dirinya tertidur di kursi dan tidak bernyawa lagi,” ungkap Kapolsek Amurang itu.

Kapolsek mengatakan hingga saat ini pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut dengan menunggu hasil pemeriksaan dari Rumah Sakit.

Sementara itu Lurah Kelurahan Ranomea Dries Kojansow kepada wartawan mengatakan, tadi pagi saat warga akan membersihkan dan merapikan area bangsal duka kedapatan seorang tergeletak di jejeran kursi. Setelah melihat, ternyata seorang tersebut telah tak bernyawa lagi.

“Tadi pagi setelah warga menginformasikan hal tersebut, saya langsung mengkoordinasikan ke pihak kecamatan dan kepolisian, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Lurah Kojangsow.

Ia mengatakan, saat ini korban tidak diketahui pasti di mana dia tinggal, tapi ia mengatakan korban memang pernah tinggal lama di Kelurahan Ranomea dengan berpindah-pindah tempat.

Menurut keterangan warga, kata Lurah, korban terakhir diketahui tinggal di desa Silian Minahasa Tenggara, yang sebelumya juga tinggal di Desa Pinaling. Ia mengatakan kemungkinan Ia datang ke Ranomea untuk pesiar pengucapan, tapi berhubung ada kedukaan dia datang melayat ke rumah duka.

“Saat datang ke rumah duka kata warga, dia datang sendirian sekira pukul 3 subuh, tak lama kemudian dia tidur di kursi plastik, hingga di pagi tadi ditemukan warga telah mengeras tak bernyawa,” ungkap Lurah.

Korban saat disemayamkan di Rumah Sakit Kalooran Amurang

Setelah dibawah ke Rumah Sakit Kalooran Amurang dan setelah dilakukan pemeriksaan medis, kata Lurah, jenazah langsung disemayamkan di Rumah Sakit yang difasilitasi oleh Pemerintah dan pihak Rumah Sakit.

“Saat ini jenazah telah dikuburkan di lokasi pemakaman Pemkab di area Terminal Atas,” tambahnya

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan rumah sakit. (Jtx)

Continue Reading

Komunitas dan Organisasi

Pemuda GMIM Koinonia Ranomea Wilayah Amurang III Ikut PKPG se-Sinode 2023

Published

on

Minahasa, IRnews – Perkemahan Karya Pemuda Gereja (PKPG) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) tahun 2023 saat ini dilaksanakan di Desa Lolah, Wilayah Tanawangko I.

Perkemahan Pemuda GMIM 2023 ini nantinya akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 3 hingga 7 Juli 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM, Pnt. Rio Dondokambey dalam sambutannya pada acara pembukaan pelaksanaan PKPG, Senin (03/07/2023).

“Saat ini sudah ada 18 ribu pemuda se-sinode GMIM yang hadir di lokasi untuk mengikuti PKPG se-sinode GMIM tahun 2023 ini” jelas Pnt. Rio Dondokambey.

Dari ribuan pemuda yang mengikuti PKPG Sinode GMIM 2023 itu, pemuda jemaat Koinonia Ranomea Wilayah Amurang III juga turut ambil bagian dalam keikutsertaan pada perkemahan tersebut.

Pemuda GMIM Koinonia Ranomea

Ketua Pemuda GMIM Koinonia Ranomea Pnt Parte Polii mengatakan jumlah anggota dari Pemuda GMIM Koinonia Ranomea yang mengikuti PKPG ini sebanyak 45 orang.

“Sudah sejak seminggu sebelum pembukaan Pemuda GMIM Koinonia Ranomea sudah berada di lokasi untuk mempersiapkan tenda. Kami hadir disini dalam rangka menyukseskan PKPG Sinode GMIM Tahun 2023,” ucap Pnt. Parte Polii.

Ketua Pemuda GMIM Koinonia Ranomea, Pnt Parte Polii, bersama anggota.

Pnt Parte mengatakan teman-teman pemuda Koinonia Ranomea sangat antusias untuk mengikuti PKPG ini sebab sudah 3 tahun tidak mengikuti perkemahan itu karena situasi Covid-19 lalu, selain itu ia juga bilang, banyak juga adik-adik pemuda yang baru masuk komisi Pemuda ingin turut merasakan uforia perkemahan se-sinode itu.

“Saya berharap, dengan mengikuti kegiatan PKPG ini, kami Pemuda GMIM Koinonia Ranomea semakin bertumbuh, belajar mandiri, dan bole mendapatkan asupan-asupan rohani dalam memperkuat iman pada setiap pembekalan yang akan dilaksanakan selama dalam perkemahan ini, sehingga bole mendapatkan pengalaman iman yang berharga,” kata Parte Polii sembari memohon dukungan dan doa agar pelaksanaan PKPG se-sinode GMIM ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

Anggota pemuda GMIM Koinonia Ranomea

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang hadir membuka pelaksanaan PKPG Sinode GMIM 2023 itu mengajak para Pemuda GMIM menjadikan momen PKPG untuk saling belajar dan berdiskusi.

“Saling berdikusi agar peran pemuda dalam rangka memajukan gereja dan daerah akan terwujud,” ujar Olly Dondokambey.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat memberi sambutan pada pembukaan kegiatan PKPG 2023

Ia menuturkan, Pemuda GMIM harus mempersiapkan generasi selanjutnya. Serta menjadi contoh yang baik untuk gereja protestan yang ada di Indonesia.

“Kalau kita bekerja bersama hasilnya pasti akan besar. Saling topang menopan, Pemuda GMIM akan mendapat tempat yang lebih baik,” tuturnya.

Gubernur Olly menambahkan, Pemuda GMIM harus mampu berinovasi, beradaptasi, serta gigih menghadapi tantangan.

“Tetap menjunjung nilai gotong royong untuk dan saling mendukung. Semoga kegiatan ini memberikan pengalaman dan mempererat tali persaudaraan antar Pemuda GMIM yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus Kristus,” pungkas Gubernur Sulut itu. (Jtx)

Continue Reading

Trending