Connect with us

Tomohon

TOAST Kenegaraan, Pemkot Tomohon: “Indonesia hidup, Sulut Hidup, Tomohon hidup, Merdeka!

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk- Karundeng, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE, Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut- Sangi memimpin Toast kenegaraan bertempat di rumah dinas Walikota Tomohon, kamis (17/8/2023), dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, 17 Agustus 2023.

Dalam sambutan Walikota mengatakan.
Indonesia, Negara yang kita cintai, telah menjalani perjalanan panjang sejak deklarasi kemerdekaannya. perjuangan dan pengorbanan para pahlawan telah membawa kita hingga pada titik ini, di mana kita memiliki tanggung jawab bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa, membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

Dalam semangat tema “terus melaju untuk Indonesia maju”, kita diingatkan untuk tidak berhenti berusaha, tidak berhenti berinovasi, dan tidak berhenti bersatu, demi mencapai kemajuan yang lebih besar.
Tema ini bukan hanya sekadar rangkaian kata, tetapi merupakan panggilan kepada kita semua untuk terus bergerak maju, meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita demi mencapai cita-cita luhur bangsa: memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Untuk itu, peringatan hari Kemerdekaan ini tidak hanya sekadar seremoni formal, tetapi juga momen yang mengingatkan kita tentang nilai-nilai dan semangat perjuangan yang telah ditanamkan oleh para pejuang kemerdekaan kita. Melalui perjuangan mereka, kita memperoleh hak istimewa untuk hidup dalam suatu negara yang merdeka dan berdaulat. Namun, Kemerdekaan itu sendiri tak cukup. Kita harus memastikan bahwa kita memanfaatkannya dengan bijak untuk memajukan negeri ini, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sama seperti bagaimana Pahlawan-pahlawan melawan penjajah demi masa depan yang lebih baik, demikian pula kita saat ini, memiliki peran penting dalam membangun bangsa. Langkah yang kita ambil hari ini akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang. pendidikan yang kita berikan, lingkungan yang kita jaga, serta kontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial, semuanya adalah bagian dari perjuangan kita untuk mengisi kemerdekaan.
Sesuai dengan pesan bijak bung Karno:
“hidup bukanlah tentang ‘aku bisa saja’, namun tentang ‘aku mencoba’. jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.” pesan ini mengajarkan kita untuk tidak hanya berusaha keras, tetapi juga menjalani hidup dengan penuh semangat dan antusiasme. Jadikanlah pesan ini sebagai inspirasi dalam setiap langkah kita menuju Indonesia yang lebih maju dan adil.
Selama kita mengisi Kemerdekaan hingga saat ini, kita semua telah memberikan dukungan penuh dalam pembangunan bangsa dan daerah. Telah terbukti bahwa dengan kerja keras dan kebersamaan, kita berhasil memastikan perekonomian di daerah tetap bertumbuh; menciptakan peluang kerja; dan meningkatkan kesejahteraan kita semua. Keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi antara pemerintah dan masyarakat, dalam membangun fondasi yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan.

Saya optimis, dengan semangat gotong royong dan sinergitas yang kuat, kita akan mampu mengatasi setiap tantangan dan mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan sejahtera. Begitu juga, membuat kemajuan di daerah Sulawesi Utara.

Mari terus melaju, kita bergandengan tangan, meneruskan perjuangan para Pahlawan, dan jadikan negeri ini sebagai tempat di mana keberagaman kita menjadi kekuatan, dan keadilan serta kemajuan menjadi tonggak utama dalam membangun bangsa. Dengan semangat Kemerdekaan yang menyala dalam hati, mari kita berkomitmen untuk terus mengabdi, bersinergi membangun negeri dengan penuh dedikasi, dan mewujudkan cita-cita besar bangsa, menuju Indonesia maju.

Sebelum melakukan Tos kenegaraan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon menyalakan lilin HUT RI ke- 78, Dengan mengangkat gelas diikuti oleh seluruh undangan, harapan yang dilontarkan penuh semangat oleh Walikota Tomohon “Indonesia hidup, Sulut Hidup, Tomohon hidup, Merdeka !,” dan diserukan “Merdeka!” oleh para undangan.

hadir juga Wakil Ketua DPRD Tomohon Drs. Johny Runtuwene,DEA,Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Kapolres Tomohon AKBP. Lerry Tutu, S.I.K., M.M. bersama istri, Perwakilan Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Vino Onibala, Korwil BIN Tomohon Ahmad Firgaus, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama istri, Direktur IPDN Kamus Sulut Dr.Arnold Poli ,MAP, ketua Panitia HUT RI ke-78 kota Tomohon Masna Pioh S.Sos, Ketua Presidium BKSAUA Kota Tomohon Pdt. Joice Sondakh, Tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh Agama Pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemkot Tomohon, Para Camat dan Lurah Se-Kota Tomohon, putra-putri paskibra Kota Tomohon, para pejuang Kota Tomohon dan orangtua paskibra Kota Tomohon

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Peran Media Massa Vital, Pijoh Sebut Sinergitas KPU Bersama Media Sukseskan Pemilukada

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Albertin Vierna Pijoh sebut peran media massa sangat vital dalam mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Peran media sangat penting untuk menyampaikan informasi dari KPU. Cepat lambat informasi KPU tergantung media. Itulah sebabnya media dapat mempercepat penyampaian tahapan Pilkada maupun jalannya Pilkada tahun 2024 ini,” ujar Albertien Vierna Pijoh, saat membuka kegiatan Media Gathering, Kesiapan KPU Kota Tomohon dalam menyelenggarakan Pilkada tahun 2024, di Kantor KPU Tomohon, Jumat (17/05/2024).

Vierna Pioh mengatakan, selain ujung tombak, Media massa juga sebagai fungsi pengawas bagi pihak penyelenggara pemilu.

“Untuk itu media walau menjadi pengawas dalam kinerja KPU dan penyelenggara pemilu lainnya, jangan hanya tampil memberikan kritik saja, tapi harus mampu memberikan solusi dari hal yang dikritik, agar sinergitas bersama penyelenggara KPU dalam mensukseskan pilkada bisa berjalan sesuai harapan,” ungkapnya.

Senada dengan Ketua KPU Kota Tomohon, Pemerhati Pemilu Kota Tomohon Robby Golioth juga menyebut peran media massa adalah unjung tombak guna suksesnya penyelenggaraan pemilu.

“Setiap tahapan sosialisasi dari penyelenggara Pemilu jika tidak ditopang oleh media massa maka cakupannya bakal tidak luas,” tutur Golioth yang juga mantan Komisioner KPU Kota Tomohon.

Disisi lain Golioth berharap media bukan saja hanya menjadi corong bagi Penyelenggara Pemilu, tapi dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat.

“Melihat pentingnya peran media massa saya berharap dapat juga menjadi penyejuk kepada masyarakat khususnya kepada pendukung – pendukung bakal calon agar terciptanya suasana yang aman damai serta ketertiban,” tukasnya.

Kegiatan media gathering ini, menghadirkan nara sumber dari Polres Tomohon Iptu Slamet dan pemerhati Pemilu Robby Goliath.

Hadir juga Komisioner KPU Kota Tomohon Rojer Datu, Arinny Poli, Deisy Soputan dan Youne Simangunsong, serta puluhan wartawan yang melakukan peliputan di Kota Tomohon. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Sekot Roring Dampingi Wagub Kandouw, Melayat ke Rumah Duka Alm Petrus Sangi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw, melayat ke rumah duka atas meninggalnya Almarhum Petrus Jansen Sangi dalam keluarga besar Sangi-Polii, di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (15/04/2024).

Almarhum merupakan ayah mertua dari mantan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE.

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA bersama para anggota DPRD Kota Tomohon, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi MAP. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Visi Walikota Caroll Senduk Bawah Kota Tomohon Raih Rapor Pendidikan Tertinggi di Sulut

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Prestasi kembali di raih Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH (CS). Kali di bidang pendidikan dengan meraih rapor pendidikan tahun 2023 tertinggi di Propinsi Sulut.

Hal ini sebagaimana mencuat pada kegiatan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahun 2024 se Provinsi Sulut yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulut pada 13 sampai 15 Mei 2024 di Hotel GrandPuri Manado.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulut DR Femmy Suluh MSi, mengumumkan hasil Rapor Pendidikan Tahun 2023, berdasarkan hasil Asesmen Nasional. Bahwa Kota Tomohon memperoleh Predikat Pertama sebagai daerah dengan perolehan nilai Rapor Pendidikan tertinggi di Sulut, dengan jumlah Indeks SPM 76, 27 predikat Tuntas Pratama.

Diketahui, Rapor Pendidikan ini berisi data hasil asesmen nasional, berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survey karakter, serta survey lingkungan belajar.

Walikota Tomohon Caroll Senduk menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholders dunia pendidikan, kepala sekolah dan guru. Serta pengawas sekolah yang telah memberi sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Kota Tomohon tercinta.

“Ini merupakan hasil komitmen Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Dikbud untuk terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di Kota Tomohon,” ujar Walikota.(***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending