Connect with us

Tomohon

TIFF 2023 Siap Digelar, Megawati dan Jokowi Bakal Hadir

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Ragam persiapan oleh panitia guna suksesnya helatan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2023 kian mantap.

Wakil Ketua Umum Panitia (Waketum) Vonny. J Pangemanan menyebut persiapan panita sudah siap  menghelat agenda tahunan pemerintah kota Tomohon itu.

“Hal ini dilihat dari Kotanya dulu masyarakatnya sudah siap, kemudian kesiapan panitia dimulai dari hanggar, seksi-seksi terkait dan festival seni dan budaya berjalan dengan baik, kemudian festival kulinernya sudah dipersiapkan dengan baik, untuk Turnamen of Flower (ToF) kendaraannya sudah masuk hanggar.” Kata Vonny Pangemanan saat bersua wartawan (2/8) 2023 di Michi no Eki Pakewa.

Terkait tamu undangan dari kementrian dan delegasi luar negeri yang akan hadir, Vonny menyebut dari kementrian seperti Kemenparekraf, Kementerian BUMN, Kementrian Pertanian dan Kementrian lainnya juga ada sekitar tiga puluhan delegasi konfirm hadir dari total enam puluhan undangan disebar.

“Jadi ada sekitar tiga puluhan duta- duta besar, delegasi yang sudah konfirm hadir di TIFF,” ujar Waketum Vonny Pangemanan.

Pangemanan juga menyebut ada 7 fload dari negara-negara sahabat turut memeriahkan TIFF 2023.

“Ada beberapa float dari negara-negara asing turut ambil bagian, diantaranya Pasadena, Jepang, Korea, Seychelles, perwakilan Asean, Uni Eropa dan Uni Afrika,” sebut Vonny.

Salah satu yang paling dinanti adalah kehadiran mantan Presiden RI ke-5 Megawati dan Presiden RI Joko Widodo, Vonny Pangemanan mengatakan telah mengundang kedua sosok tersebut.

“Sejauh ini Ibu Megawati (Mantan Presiden RI) masih konfirm hadir, kita berharap tentunya Ibu Megawati dapat hadir begitu juga Presiden Jokowi kita mengundang, jika Tuhan berkenan dan beliau berkesempatan saya yakin Pak Jokowi akan hadir,” ungkap Vonny sembari menambahkan undangan ke Presiden sedang berproses.

(Wan)

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Sukses Jalankan Misi Kemanusiaan, Tim TKS-TMH 2024 Kembali Dengan Selamat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tim Kemanusiaan Kota Tomohon untuk Sitaro selesai bertugas Hari Ini. Dan akan di lanjutkan pada 2 minggu depan sesuai penjadwalan dari Posko Tanggap Darurat Prov Sulut.

Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk mengatakan, tim yang dibentuk tersebut memiliki tugas utama adalah membantu menyalurkan logistik bantuan bagi para pengungsi yang tersebar di Tagulandang sampai Siau.

“Penanganan kejadian bencana tidak bisa di tangani sendiri-sendiri, ini perlu kolaborasi semua elemen, karna semua ini demi dan untuk kemanusiaan bagi saudara – saudara kita di Tagulandang Siau.” jelas Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga berharap kepada Tim Kemanusiaan Kota Tomohon untuk Sitaro (TKS-TMH 2024) agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan jaga kesehatan.

“Terus jaga kesehatan dan lakukan semua dengan ketulusan tentu selalu minta kekuatan dari Tuhan agar kita semua dilindungi oleh KasihNya.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Dari informasi terakhir sebagian besar pengungsi sudah di pindahkan dari Tagulandang ke Siau kemarin, 1 Mei 2024 menggunakan Kapal.

Sementara Kaban BPBD H.Y.Supit menyebutkan Tim Kemanusiaan BPBD hari ini sudah kembali ke Posko Provinsi.

“Mereka mengikuti jadwal keberangkatan Kapal dan sesuai laporan semua dalam keadaan sehat.” tukasnya.

Personil Tim Kemanusiaan Kota Tomohon disertai dengan 1 Armada Truck Serba Guna untuk logistik dan pengungsi di berangkatkan pada 30 April 2024, Kemudian melakukan suplai di Posko posko Pengungsi Tagulandang dan Siau. Personil Tim Kemanusiaan Kota Tomohon dari BPBD 4 orang + 1 Armada dan Dari Dinsos 5 Orang Anggota Tagana.

Untuk Tim Suplai Logistik akan kembali hari ini di Posko Provinsi dan Tim Tagana masih bertugas disna. Mereka bergabung dgn Posko BNPB dan Kemensos yang melakukan penanganan darurat bencana bersama Pemerintah Provinsi, TNI, Polri dan Relawan lainnya juga Pemkab Sitaro dan beberapa Kab Kota lainnya.
(wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Selaras Dengan Pemerintah Pusat, Pemkot Tomohon Suport Satu Data Indonesia

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Satu Data Indonesia sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, yaitu dengan penyediaan data-data sektoral baik itu data statistik maupun data geospasial.

Untuk itu diperlukan sinergi antar kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi (K/L/D/I), antara pusat dan daerah dalam penyelenggaraan satu data Indonesia.

Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang SDI mencakup prinsip-prinsip pembangunan SDI. Pertama. SDI dibangun agar penerapan tata kelola data yang telah dicanangkan pada tujuan SDI dapat dicapai. Kedua, dalam implementasinya, data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu: memenuhi standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan/atau kode induk.

Pemerintah Kota Tomohon, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah, Novi Politon mengatakan dengan adanya portal satu data indonesia (SDI) tentunya pemerintah kota Tomohon siap mendukung langkah dari pemerintah pusat dalam rangka mengoptimalkan program Caroll Senduk dalam satu data indonesia berbasis digital.

“Pemerintah Kota Tomohon siap mendukung portal satu data indonesia. Karena program satu data indonesia ini sangat berguna pada saat perencanaan karena pemerintah sekarang dengan programnya bisa tepat sasaran untuk masyarakat. Intinya, pemerintah kota Tomohon tak tinggal diam dan terus menggenjot program portal satu data indonesia ini,” beber Novi Politon, Selasa (30/4/2024).

Lanjut Politon, bagi dirinya portal satu data indonesia itu sangat penting. Apalagi saat pelaksanaan Pemilu.

“Intinya, bagi saya program satu data indonesia sangat penting di era digital saat ini,” ujarnya.

Sembari dirinya berharap mudah-mudahan tahun 2024 berjalan ini jajaran Kominfo Tomohon akan terus berinovasi dalam rangka mengoptimalkan program pemerintahan Caroll Senduk untuk Tomohon hebat. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Dampak Letusan Gunung Ruang Hingga Kota Tomohon, Walikota Caroll Imbau Warga Gunakan Masker

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon menghimbau masyarakat agar memakai masker guna mewaspadai abu vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

“Sebaran abu vulkanik Gunung Ruang cukup berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan.
Efek Racun yg d keluarkan pada letusan pertama sudah meracuni udara Indonesia dgn Sulfur dioksida(SO2),” Kata Wali Kota Caroll Senduk.

Tetap pake masker kalau keluar rumah.
Kalau hujan,jangan keluar rumah tanpa masker, tambah wali kota pilihan rakyat ini.

” Karena So2 justru akan lebih berbahaya apabila tercampur dgn air hujan.
Semoga kita semua dan saudara saudara kita yang ada di Sulawesi Utara tetap dalam lindungan Tuhan,” pungkas kader terbaik milik PDIP Tomohon ini. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending