Connect with us

ADVERTORIAL

Tangkawarow; Tata Ruang Dangat Penting

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Masyarakat dinilai masih perlu untuk diberikan sosialisasi menyangkut masalah tata ruang di Kota Tomohon Ini dianggap perlu, mengingat pemahaman masyarakat soal tata ruang sejauh ini masih belum begitu memadai.

“Masyarakat itu harus paham soal tata ruang. Sehingga perlu untuk disosialisasikan,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Royke Tangkawarouw kepada wartawan usai membuka kegiatan Sosialisasi Tata Ruang yang digelar oleh Dinas PUPRD Kota Tomohon, Senin (27/11/2023) bertempat di AAB Guest House Tomohon.

Dikatakan, ketika masyarakat akan membangun, mereka harus mematuhi segala ketentuan yang berlaku . Artinya sebelum mulai membangun, masyarakat harus paham apakah lokasi tersebut tidak menyalahi tata ruang atau sebaliknya.

“Kita semua harus menjaga tata ruang. Karena tata ruang ini sebenarnya kalau kita lihat bahwa Tomohon kedepan dari sisi investasi, investasi di Kota Tomohon semakin meningkat sehingga kita harus jaga bersama demi anak cucu kita. Jika kita tidak jaga dan dikendali maka 50 atau 100 tahun kedepan kota Tomohon akan semrawut. Dan bisa terjadi bencana dimana-mana. Karena tokohgrafi kita beda dengan kab/kota yang lain. Sehingga tata ruang ini akan mengatur. Jadi, sebelum kita membangun dan sesudah membangun jangan sampai merusak ekosistem yang ada. Makanya dalam perencanaan tata ruang masyarakat perlu untuk dilibatkan,” terangnya.

Lanjutnya, penataan tata ruang di Kota Tomohon sangat penting karena menyangkut ajak hidup orang banyak disamping itu kita akan menjadikan Kota Tomohon sebagai pariwisata dunia.

“Kota pariwisata dunia dalam pengertian bahwa semua aktivitas, semua ruang yang tersedia itu dimanfaatkan untuk pariwisata termasuk rumah – rumah kita. Kita bisa jadikan home stay, kita bisa jadikan penginapan – penginapan sederhana tentunya dengan kualitas lingkungan yang terbaik. Kalau lingkungan yang asri kan pasti wisatawan punya niat untuk menginap. Apalagi kalau tersedia fasilitas – fasilitas yang terbaik,” pungkasnya.(wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVERTORIAL

Peringati Hari Otonomi Daerah XXVIII, Sekot Roring Bacakan Sambutan Mendagri

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII dengan mengangkat Tema yakni “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Pemerintah Daerah Kota Tomohon melaksanakan upacara yang berlangsung di halaman belakang Kantor Walikota Tomohon, Sabtu, (25/04/2024).

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring pimpin upacara tersebut, yang turut dihadiri Para Asisten Setdakot Tomohon, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Tomohon, BUMD serta jajaran ASN/Nakon lingkup Pemerintah kota Tomohon.

Pada kesempatan itu, Sekdakot Edwin Roring membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali artinya filosofi dan tujuan dari otonomi daerah otonomi daerah merupakan hak wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem negara kesatuan Republik Indonesia.

Bagaimana diatur dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 undang-undang dasar 1945 perangkat dari prinsip dasar ini adalah otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 tujuan utama termasuk diantaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi dari segi tujuan kesejahteraan desentralisasi diadakan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan pembagian urusan pemerintahan menjadi urusan pemerintahan yang dapat dikelola bersama antara pusat Provinsi dan atau kabupaten kota dari segi tujuan demokrasi kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civilsosiasi proses demokrasi di tingkat lokal melalui penyelenggaraan pemilihan perwakilan Daerah secara langsung yang akan kita laksanakan nanti di bulan November 2024.

Lanjutnya, Penyusunan peraturan daerah mengenai APBD sampai perencanaan pembangunan daerah yang melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif pada akhirnya akan menemukan komitmen kepercayaan untuk ras toleransi kerjasama solidaritas serta rasa memiliki atau sense of me yang tinggi dalam masyarakat terhadap kegiatan pembangunan di daerah.

“Sehingga berkorelasi positif terhadap perbaikan kualitas kehidupan demokrasi selain mendorong partisipasi masyarakat kebijakan desentralisasi juga diharapkan dapat memperbaiki tata hubungan pusat daerah sehingga menjadi lebih profesional harmonis dan produktif dalam rangka pembuatan persatuan dan kesatuan bangsa kedua tujuan otonomi daerah ini tidak bersifat eksklusif atau terpisah satu sama lain namun pencapaian satu tujuan secara tidak langsung akan mempengaruhi kecepatan pencapaian tujuan lainnya peningkatan kesehatan masyarakat melalui perbaikan kualitas pelayanan publik akan berdampak pada peningkatan partisipasi politik dan iklim politik yang kondisi dan demikian pula sebaliknya penguatan partisipasi masyarakat yang bertanggung jawab dan tidak anarkis dapat menciptakan daerah yang ramah investory sehingga dapat mendorong kecepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ini untuk mendorong implementasi teknologi hijau seperti penggunaan energi terbarukan seperti energi matahari solar panel penggunaan mobil listrik yang menggantikan eksistensi mobil berbahan bakar fosil pengolahan limbah yang ramah lingkungan sampai dengan desain green yang memperhatikan efisiensi penggunaan material konstruksi ramah lingkungan dan manajemen,” tuturnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

ADVERTORIAL

Walikota Caroll: Momentum Paskah Bangkitkan Semangat Kebersamaan Mewujudkan Tomohon yang Semakin Hebat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon, Caroll J.A Senduk SH, didampingi Ketua TP PKK Kota Tomohon, drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, mengikuti ibadah perayaan Paskah di Gereja GMIM PNIEL Kakaskasen, Minggu 31/3/2024.

Ibadah perayaan Paskah tersebut, dipimpin oleh ketua Jemaat GMIM Kakaskasen PNIEL Pdt. Julien Sagay- Karwur STh, yang juga selaku Ketua BMPW Wilayah Kakaskasen.

Dalam pelaksanaan Ibadah, Ketua TP PKK Kota Tomohon, drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, membacakan sambutan Persekutuan Gereja – Gereja di Indonesia (PGI.)

“Kita telah memasuki masa Paskah 2024. Tema Paskah PGI tahun ini adalah “Hidup sebagai Alat Kebenaran-Nya,” dengan merujuk pada Roma 6:13. Dalam bagian ini, Rasul Paulus menegaskan bahwa, kematian dan kebangkitan Kristus telah menyelamatkan manusia dari tubuh dosa, yakni keseluruhan pribadi manusia yang memiliki kecenderungan tak terhindarkan untuk berdosa. Melalui baptisan, tubuh dosa tersebut telah tersalib bersama Yesus untuk hidup secara baru. Orang percaya yang telah lepas dari kuasa dosa diundang masuk ke dalam kehidupan baru bagi Allah melalui Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus. Hidup dalam Kristus adalah hidup yang berserah kepada Allah dan memberikan tubuh sebagai senjata stau alat kebenaran Allah.” Menutup pembacaan sambutan Ketua TP PKK mengucapkan selamat merayakan Paskah.

Walikota Caroll dalam membawakan sambutan Pemerintah mengatakan, dalam suasana penuh sukacita bersama umat kristiani di seluruh dunia, patutlah kita bersyukur atas kuasa Allah yang telah menang atas maut, yang ditandai dengan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak karya keselamatan Allah bagi umat manusia yang saat ini kita maknai melalui ibadah perayaan paskah tahun 2024.

“Perayaan Paskah diimani bersama sebagai perayaan umat Kristiani atas Kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, dimana peristiwa ini merupakan penggenapan dari nubuatan tentang Yesus” kata Walikota.

Kebangkitan Yesus Kristus lanjutnya, adalah bukti bahwa Dia adalah Tuhan. Melalui kebangkitan Yesus Kristus, telah memberikan kepada kita sebagai gereja bahwa di balik kematian ada kehidupan. Kebangkitan Yesus Kristus merupakan suatu peristiwa yang menciptakan suatu hubungan baru antara Allah dengan manusia dan seluruh ciptaan-Nya. Oleh karena itu, sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus yang adalah juruselamat umat manusia, hendaknya kita imani bersama bahwa dengan peristiwa kebangkitan Kristus ada jaminan pasti bahwa, kita yang percaya kepada-Nya pada saatnya akan dibangkitkan dari kematian dan beroleh hidup yang kekal.

Selaku Pemerintah Kota Tomohon Walikota mengajak seluruh warga masyarakat kota Tomohon, terutama umat kristiani, untuk menjadikan perayaan paskah ini sebagai momentum untuk membangkitkan semangat dalam kebersamaan mewujudkan Tomohon yang semakin hebat.

“Di tahun 2024 ini, berbagai program unggulan terutama yang menyangkut pelayanan dasar telah sementara dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah kota kota Tomohon antara lain, program beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi serta yang kurang mampu, pelayanan kesehatan gratis melalui BPJS dan layanan “hospital without wall,” bantuan sosial bagi lansia, pelaku UMKM dan masyarakat penerima manfaat, insentif tokoh-tokoh agama, bantuan untuk rumah tidak layak huni, santunan duka, serta pembangunan infrastruktur di berbagai bidang. Semua ini dilakukan untuk tercapainya Kesejahteraan Masyarakat Kota Tomohon” kata Walikota.

“Tahun ini kita akan melaksanakan Tomohon International Flower Festival (TIFF.) Masyarakat diminta untuk terus mendukung, menyukseskan dan Terlibat Langsung dalam pelaksanaan TIFF nanti” ajak Caroll.

Walikota memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Kota Tomohon yang senantiasa bekerjasama dan terus memberikan dukungan bagi Pemerintah sehingga program-program yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

“Harapan kami, kerjasama dan dukungan masyarakat Kota Tomohon ini akan tetap terjaga dan terus mengalir untuk keberlanjutan Pemerintah Kota Tomohon saat ini, dalam kami melanjutkan dan melaksanakan berbagai program dan kebijakan untuk terwujudnya kota Tomohon yang maju, berdaya saing dan sejahtera” tukasnya.

Menutup sambutannya, atas nama pribadi dan keluarga, Walikota menyampaikan selamat merayakan Paskah tahun 2024 bagi segenap umat Kristiani di Kota Tomohon.

Turut hadir dalam ibadah perayaan Paskah, BPMJ GMIM Kakaskasen PNIEL, para pendeta pelayan, guru agama, kostor, pegawai gereja, ketua panitia paskah dan kenaikan Yesus Kristus Pnt Jhon Sony Liuw,SPi bersama Seluruh Panitia, Jemaat Kakaskasen PNIEL serta Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.
(Adv/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

ADVERTORIAL

Bimtek Operator Penginputan Kota Layak Anak (KLA) Kota Tomohon Tahun 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Kota Tomohon menjadi tempat bagi para operator penginputan dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penginputan Kota Layak Anak (KLA).

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tomohon menyelenggarakan acara ini dengan tujuan meningkatkan kesuksesan program Kota Layak Anak (KLA) yang lebih tinggi.

Asisten Satu Kota Tomohon, ODS Mandangi, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para operator, sehingga dapat lebih efektif dalam melaksanakan tugas mereka.

Walikota Tomohon, Caroll Senduk, dengan tegas mengkomitmenkan diri untuk memenuhi hak anak di Kota Tomohon melalui beragam program yang dilaksanakan oleh perangkat daerah.

Kota Tomohon telah tiga kali mendapatkan penghargaan sebagai kota layak anak tingkat Pratama. Pada tahun 2020 dan 2023, kota ini naik ke predikat Nindya. Prestasi ini menjadi kebanggaan bersama, dan menjadi harapan untuk mencapai predikat yang lebih tinggi di masa depan.

Dalam bimbingan teknik ini, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tomohon, Dokter Olga Karinda, mengajak semua pihak untuk memberikan kontribusi positif melalui data dan dokumen yang diinput.

Dengan semboyan “RARA ATEANTA WIA SEOKI” yang berarti “kasi sayang kita terhadap anak-anak”, Kota Tomohon menegaskan komitmennya untuk menjadi tempat yang aman dan layak untuk pertumbuhan serta perkembangan anak-anak. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending