Connect with us

ADVERTORIAL

Tangkawarow; Tata Ruang Dangat Penting

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Masyarakat dinilai masih perlu untuk diberikan sosialisasi menyangkut masalah tata ruang di Kota Tomohon Ini dianggap perlu, mengingat pemahaman masyarakat soal tata ruang sejauh ini masih belum begitu memadai.

“Masyarakat itu harus paham soal tata ruang. Sehingga perlu untuk disosialisasikan,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Royke Tangkawarouw kepada wartawan usai membuka kegiatan Sosialisasi Tata Ruang yang digelar oleh Dinas PUPRD Kota Tomohon, Senin (27/11/2023) bertempat di AAB Guest House Tomohon.

Dikatakan, ketika masyarakat akan membangun, mereka harus mematuhi segala ketentuan yang berlaku . Artinya sebelum mulai membangun, masyarakat harus paham apakah lokasi tersebut tidak menyalahi tata ruang atau sebaliknya.

“Kita semua harus menjaga tata ruang. Karena tata ruang ini sebenarnya kalau kita lihat bahwa Tomohon kedepan dari sisi investasi, investasi di Kota Tomohon semakin meningkat sehingga kita harus jaga bersama demi anak cucu kita. Jika kita tidak jaga dan dikendali maka 50 atau 100 tahun kedepan kota Tomohon akan semrawut. Dan bisa terjadi bencana dimana-mana. Karena tokohgrafi kita beda dengan kab/kota yang lain. Sehingga tata ruang ini akan mengatur. Jadi, sebelum kita membangun dan sesudah membangun jangan sampai merusak ekosistem yang ada. Makanya dalam perencanaan tata ruang masyarakat perlu untuk dilibatkan,” terangnya.

Lanjutnya, penataan tata ruang di Kota Tomohon sangat penting karena menyangkut ajak hidup orang banyak disamping itu kita akan menjadikan Kota Tomohon sebagai pariwisata dunia.

“Kota pariwisata dunia dalam pengertian bahwa semua aktivitas, semua ruang yang tersedia itu dimanfaatkan untuk pariwisata termasuk rumah – rumah kita. Kita bisa jadikan home stay, kita bisa jadikan penginapan – penginapan sederhana tentunya dengan kualitas lingkungan yang terbaik. Kalau lingkungan yang asri kan pasti wisatawan punya niat untuk menginap. Apalagi kalau tersedia fasilitas – fasilitas yang terbaik,” pungkasnya.(wan/**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVERTORIAL

Hari Jadi Minahasa Ke-595, Bupati Kumendong Dikukuhkan Sebagai Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa

Published

on

Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-595 yang dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Senin (06/11) berlangsung khusyuk dan penuh khidmat dalam suasana adat dan budaya Minahasa.

Pada kesempatan tersebut,
Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi dilantik dan dikukuhkan sebagai Tonaas, tokoh adat dan budaya Minahasa sebagai Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM). Hal ini dipastikan karena Bupati Minahasa secara ex officio menjadi Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM).

Musyawarah Adat dipimpin langsung oleh tokoh MKM, mantan Bupati Minahasa Dr Royke O. Roring MSi, bersama 9 (sembilan) Ketua Pakasaan Tanah Minahasa masing-masing Toulour, Tombulu, Tonsea, Tontemboan, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Batik, dan Babontehu.

Pelantikan dan Pengukuhan adat budaya tersebut, ditandai dengan Pengukuhan Tawaang, pemasangan topi dan ikat pinggang pakaian adat Minahasa untuk Pejabat Bupati. Diketahui hal ini merupakan prosesi kebanggaan bagi Suku Minahasa dalam kegiatan adat dan budaya Minahasa. Pada momen tersebut juga dilakukan prosesi pemberian Kotak Siri Pinang kepada sangat istri yang juga merupakan Ketua TP-PKK Minahasa. Siri Pinang memiliki pengertian agar sang istri membantu dengan ketulusan dan kerelaan kepada suami sebagai Tonaas dalam ikatan adat budaya.

Sebelumnya, prosesi diawali dengan Ritual Kabasaran, Prosesi Waraney-Wulan mengantar Walian Tua Pimpinan Religius untuk Berdoa Buka. Selanjutnya Palakat pengumuman adat dengan ritual adat, dan dilanjutkan dengan Musyawarah Adat.
Juga dilakukan prosesi Masani sebelum doa tutup sebagai ritual permohonan pengantar doa kepada Tuhan dalam bentuk tarian dan lagu yang dibawakan para tetua adat.

Pokok acara selanjutnya adalah Doa kepada Tuhan (Opo Empung) untuk perlindungan dan penyertaan Tuhan bagi sukses kerja dari Penjabat Bupati bahkan seluruh Pimpinan Daerah di Tanah Toar Lumimuut yang mencakup 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara. Doa dipimpin oleh Pdt Dr RAD Siwu Ph.D.

Pada pelantikan dan pengukuhan tersebut, warna nuansa budaya kental dengan suasana adat Minahasa dengan penggunaan Bahasa Ibu dari 9 Sub Etnik Minahasa dalam rangkaian acara Adat dan Budaya Minahasa.

Ketua Harian Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM), Drs Riviva Maringka MSi, menjelaskan upacara adat ini merupakan pengukuhan dan pelantikan, bukan pemberian gelar adat.
“Tentunya dengan pengukuhan dan pelantikan sebagai Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) , maka otomatis Tonaas Jemmy Kumendong pada tahun depan akan memimpin Musyawarah Adat, terkait pengambilan keputusan strategis menyangkut adat istiadat dan budaya Minahasa.
Prosesi pelantikan dan pengukuhan Pimpinan MKM ini turut disaksikan langsung oleh Pimpinan Sidang Istimewa Paripurna HUT Minahasa ke-595, Ketua DPRD Minahasa Glady P E Kandouw, SE didampingi Wakil Ketua Okstesi Pricilia Runtu, SH, MSi bersama Denny Kalangi dan dihadiri pula Sekda Dr Lynda Watania, MM, M.Si dan seluruh jajaran pejabat Minahasa.

Pada kesempatan ini juga hadir para mantan Kepala Daerah Minahasa, diantaranya Roy O. Roring, Royke Mewoh, Ivan Sarundajang dan perwakilan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Sulut. Forkopimda Provinsi Sulut, Kapolda yang mewakili, Pangdam XIII Merdeka mewakili, ketua Pengadilan Tinggi mewakili, Danlantamal VII Sulut mewakili, Danlanud Samrat Manado mewakili, Danrem 131 Santiago Brigjen TNJ Wahyono, S.Sos, Kepala BNN Brigjen Pol Pitra A. Ratulangi, SIK, MM, Kepala BIN Sulut Brigjen TNI Raymond Marojanes, SW, MM serta Bupati dan Walikota se-Sulut, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sulut dan rekan-rekan pimpinan dan anggota DPRD Minahasa bersama Forlopimda Minahasa serta Sekertaris BPMS Pdt Evert Tangel, MTh, MPdk, Para camat, Hukumtua/Lurah serta Insan Pers dan warga Minahasa. ADVETORIAL(*)

Continue Reading

ADVERTORIAL

Jelang HUT Minahasa, Pj Bupati Jemmy Kumendong Ziarah ke Makam Mantan Bupati Minahasa

Published

on

Jelang peringatan HUT Kabupaten Minahasa ke-595 pada tanggal 5 November, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar ziarah ke makam para mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

Bupati Jemmy S Kumendong Ziarah ke makam Frits Sumampow

Sebelumnya, rombongan Ziarah yang dipimpin Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong mengunjungi 5 lokasi, diawali makam almarhum Drs. K.L Senduk, Dolfie Tanor, dan Drs. Boy Tangkawarow di kota Tomohon.

Ziarah ke makam Dolfie Tanor.

Kemudian ke Pineleng untuk Ziarah ke makam E. Kandou, dan dilanjutkan dimakam Jantje Wowiling Sajow di Desa Koka.

Ziarah ke Makam Jantje Wowiling Sajow

Hari ini, Kamis (26/10/2023) ziarah ke Makam Mantan Bupati Minahasa Stevanus Vreeke Runtu dan Frits Sumampouw serta A.R Warouw di Sendangan, Kakas.

Ziarah ke makam Vreeke Runtu

Di masing-masing lokasi ziarah ini, Bupati dan rombongan melakukan penghormatan, pembacaan doa dan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di pusara makam para Bupati dan wakil bupati yang sudah meninggal.

“Jadi ziarah ini dalam rangkaian memaknai HUT Kabupaten Minahasa tahun 2023, kita melaksanakan ziarah makam kepada para mantan Bupati Minahasa,” kata Jemmy Kumendong.

Kumendong mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

“Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para mantan pemimpin kita yang telah banyak meletakkan dasar-dasar pembangunan di Kabupaten Minahasa,” tutup Bupati Jemmy Kumendong.

Turut hadir dalam ziarah, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, para Camat serta Hukum Tua diwilayah tersebut.

Continue Reading

ADVERTORIAL

ROR-RD Serahkan Tongkat Estafet Bupati Minahasa Pada Jimmy Kumendong

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa mengelar acara Pisah Sambut Bupati dan Wakil bupati Minahasa Periode 2018-2023, Dr. Ir. Roy ke O Roring, M. Si. IPU ASEAN. Eng dan Robby Dondokambey, S. Si, MAP kepada Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M. Si, bertempat di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Senin (25/9/2023).

Kegiatan yang diawali dengan ibadah ini berjalan dengan lancar dan penuh haru.

Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey bersama Penjabat Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong mengikuti ibadah pisah sambut.

Dalam sambutan Bupati Royke Roring mengucapkan Terima kasih kepada masyarakat di Minahasa atas kepercayaannya, kepada Saya dan Pak Wakil Bupati Robby Dondokambey untuk menjalankan tugas sebagai Bupati dan wakil bupati Minahasa Periode 2018-2023, dan berkat pimpinan Tuhan, kami boleh mengahiri tugas kami hari ini.

Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stany Kumendong M. Si dan Ketua TP. PKK Ny. Djeneke Kumendong Onibala SH M.SA.

“Terima kasih kepercayaan rakyat kepada kami selama 5 tahun, Terima kasih kepada seluruh rakyat Minahasa yang telah mempercayakan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018-2023, untuk melayani masyarakat. Ini tugas kami melayani masyarakat, banyak keberhasilan yang kita raih bersama, meskipun ada juga yang masih harus dilanjutkan. Hari ini, Kami menyerahkan tongkat estafet Bupati kepada bapak Penjabat Bupati Minahasa Jimmy Kumendong, semoga atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, sebagai Bupati dapat diembannya dan bisa berjalan dengan baik, “ucap Roring.

Sementara itu Wakil Bupati Robby Dondokambey dalam sambutan
Puji syukur kepada Tuhan, hingga hari ini di 5 tahun kepemimpinan kami, kami masih diberikan badan yang sehat.

“kami berterima kasih kasih kepada Tokoh Agama yang telah mendoakan kami menjalankan tugas sebagai Bupati dan wakil Bupati, sehingga hari ini kami bisa menyelesaikan tugas kami, juga kami berterimakasih kepada wartawan yang banyak membantu kami mengekspos kegiatan kami yang baik begitu juga dalam mengoreksi akan tugas kami, sehingga boleh berjalan dengan baik, dan ahirnya tak ada gading yang tak retak, jadi jika ada hal yang kurang berkenan kami memohon maaf kepada semua. Kalau ada kekurangan mohon dimaafkan selama kami menjadi Bupati dan wakil bupati, “Ungkapnya.(HerS)

 

 

Continue Reading

Trending