Connect with us

Tomohon

Maindoka Paparkan Izin Baru KKPR Pengganti Izin Lokasi di Sosialiasasi Penyelenggaraan Penataan Ruang

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dinas PUPRD Kota Tomohon menggelar Sosialiasasi Penyelenggaraan Penataan Ruang di Kota Tomohon, Senin (27/11/2023) yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan para peserta perwakilan dari masing-masing Kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

Sebagai salah satu narasumber yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Daerah Kota Tomohon Anneke Maindoka.

Adapun materi yang dipaparkan oleh Anneke Maindoka yakni terkait Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang.

Maindoka mengatakan KKPR merupakan suatu jenis perizinan yang menhadi acuan baru didalam melakukan perizinan berusaha sebagai pengganti izin lokasi dan izin pemanfaatan ruang dalam membangun dan mengurus tanah.

“Izin lokasi merupakan salah satu persyaratan dasar yang wajib dipenuhi oleh seluruh pelaku usaha dalam rangka memperoleh perizinan berusaha,” paparnya.

Selanjutnya kata dia, namun untuk pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) diberikan kemudahan dengan hanya perlu menyampaikan pernyataan mendiri, yang sudah tersedia dalam OSS berbasis resiko.

“Lokasi usaha yang telag sesuai dengan tata ruang dan bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku jika dikemudian hari ditemukan ketidaksesuain,” ungkapnya.

“Untuk itu, kata dia bagi pelaku usaha yang sudah memiliki izin lokasi dan masih berlaku sebeleum UU cipta kerja maka izin lokasi tersebut dapat digunakan,” tambah Maindoka

Diketahui kegiatan yang digelar oleh Dinas PUPR Tomohon tersebut dibuka oleh Plt Kadis PUPRD Tomohon Royke Tangkawarouw.(pwan/***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politics

“Banteng” Tomohon Makin Solid, Kokoh di Semua Dapil

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Berkaca pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya mampu mengutus 4 kampiun terbaiknya.

Namun kali ini pada Pileg 2024 partai berlogo banteng moncong putih tersebut dibawah pimpinan ketua DPC PDIP Kota Tomohon Caroll Senduk perkasa di segala lini dapil yang ada.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Caroll Senduk meyakini target 13 mampu diamankan oleh PDI Perjuangan untuk legislatif 2024.

“Mari torang rebut kursi DPRD Tomohon. Figur-figur kita adalah sosok-sosok hebat. Mereka semua kader-kader terbaik yang sudah melewati proses dan pertimbangan matang.” ujar Caroll Senduk. (26/1)

Dari data internal partai, dapil 1 Tomohon PDIP nyaris tak terbendung seluruh kader terbaiknya berperan penting hingga rata-rata memperoleh ribuan dukungan dari masyarakat hingga kuota 5 dari 7 kursi pun diamankan Banteng Moncong Putih.

Begitu juga dengan dapil 2 Tomohon, sebelumnya 2019 hanya keterwakilan satu kursi saja tapi 2024 bertambah dua kursi menjadi tiga kursi, artinya dapil 2 yaitu Tomohon Selatan terbukti kecintaan dan kepercayaan masyarakat kepada kader-kader terbaik PDIP kian pesat. Hal ini tak lepas dari tangan dingin Ketua DPC PDIP Caroll Senduk yang visioner melihat potensi dan sesuai keinginan masyarakat terkait aspirasi.

Dari dapil 3 Tomohon (Kecamatan Tomohon barat), Seluruh kader solid hingga mampu peroleh suara signifikan dan dua kursi pun mampu disegel PDIP.

Mengarah ke bagian utara atau dapil 4 Tomohon, PDI Perjuangan masih sangat kokoh, raihan ribuan suara menandakan masyarakat Tomohon solid mendukung PDI Perjuangan, tak ayal jumlah 5 kursi disegel Karlheiz Senduk dan Johny Runtuwene Cs untuk DPRD Tomohon 2024-2029.

Namun, Ketua DPC PDI Perjuangan Caroll Senduk menyebut hasil ini belum final, maka dimintakan simpatisan dan kader tetap terus kawal hingga penetapan nanti oleh KPU.

“Untuk perolehan suara saat inikan belum final tentunya sebagai hasil resminya masih menunggu rekapitulasi suara secara berjenjang oleh pihak KPU,” ungkap Caroll Senduk. (16/2)

(Wan)

Continue Reading

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Continue Reading

Breaking News

Polres Tomohon Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Kapolres AKBP Lerry Tutu,  Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon terima penghargaan.

Penghargaan diterima dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Sulawesi Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Kapolres Tomohon Lerry Tutu mengatakan, Penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga juga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi.” ujar Kapolres Lerry saat menghadiri  langsung kegiatan executive gathering dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 sekaligus penyerahan penghargaan dari pihak KPPN tipe A1 Manado di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado. (21/2) 2024.

Disamping itu Kapolres juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Polres Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon, semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi.” ungkap Lerry Tutu. (wan/***)



Continue Reading

Trending