Connect with us

Ekonomi

Sekda Watania Warning OPD Tertib Administrasi Pengelolaan Aset

Published

on

MINAHASA,inforakyatnewscom- Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Linda Watania membuka pelaksanaan sosialisasi penggunaan barang milik daerah bagi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Minahasa di Tondano, Kamis (02/11/23).

Dalam kesempatan Sekda Watania mewarning dan mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melaksanakan tertib adminstrasi dan pengelolaan barang. Kemudian fungsi management mulai dari proses perencanaan, proses pengadaan sampai dengan pengawasan.

“Tentu ini menjadi perhatian bagi para kepala OPD untuk bisa mengarahkan adanya ketelitian untuk tertib administrasi dan pengelolaan barang,” kata Watania.

Berbicara tentang aset lanjut Watania, sangat berkaitan dengan neraca keuangan dalam daerah atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dapat berpengaruh penilaian MCP Korsupgah atau hasil monitoring capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi dari KPK.

“Pengelolaan aset daerah merupakan point penting, bagaimana OPD bisa menginventarisir pembukuan barang milik daerah,” terangnya.

Hal ini juga tambah Sekda, dapat mendorong daerah untuk mampu mengembangkan kompetensi pengelola barang yang baik. Sehingga daerah bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Aset atau barang milik daerah merupakan sumber daya ekonomi milik daerah yang mempunyai peran dan fungsi strategis bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena itu lanjut sekda, aset yang ditata dan dikelola dengan baik dapat menjadi potensi sebagai sumber pembiayaan pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan daerah serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)secara signifikan, namun sebaliknya jika barang milik daerah tidak dikelola dengan semestinya, maka keberadaan asset justru menjadi beban biaya karena aset membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan.

“Diharapkan adanya Inventarisasi atas pelaksanaan pemanfaatan barang milik daerah untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan,” kuncinya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minahasa Joice Pua menambahkan, sosialisasi ini bertujuan agar perangkat daerah dan pengurus barang lebih memahami penggunaan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Sosialisasi ini merupakan unsur penting dalam mendukung pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka terciptanya tertib administrasi pengelolaan barang milik daerah yang baik,” tutupnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Manfaatkan Dana Desa Tahun 2024, Pemdes Walewangko Genjot Pekerjaan Fisik Drainase Dan Jalan Paving Block

Published

on

Dana Desa Tahun 2024, Pemdes Walewangko Pekerjaan Fisik Drainase Dan Jalan Paving Block

LANGOWAN BARAT,inforakyatnews.com
-Pemerintah Desa Walewangko dipimpin Hukum Tua Sonny Sepang, di awal tahun 2024 ini melaksanakan pekerjaan fisik dalam dua bidang pekerjaan, yang dianggarkan melalui Dana Desa tahun 2024.

Diketahui untuk pekerjaan fisik yang bersumber dari dana desa, dibidang sub kawasan pemukiman dilaksanakan kegiatan pekerjaan Drainase tipe I dengan panjang 70 meter yang menghabiskan anggaran Rp. 46.503.000, berlokasi di Jaga V desa Walewangko, dan untuk Tipe II dengan panjang 87 meter dengan anggaran Rp. 96.439.000, yang dilaksanakan oleh PKPKD desa Walewangko.

Sedangkan untuk pekerjaan fisik untuk meningkatkan infrastruktur pertanian melalui Jalan Usaha Tani berlokasi di jaga v desa Walewangko, dikerjakan jalan dengan mengunakan paving block sepanjang 100 meter dengan anggaran Rp. 160.203.000, yang dilaksanakan oleh PKPKD desa Walewangko, dimana dalam pekerjaan ini melibatkan masyarakat desa Walewangko.

Dan untuk tipe 3 dalam pekerjaan pembangunan drainase juga dianggarkan sebesar Rp. 15.483.000, dengan panjang 20 meter dengan lokasi jaga V desa Walewangko.

Kepada Media ini, Jumat (31/5/24), ketika ditemui di kediamannya, Hukum Tua Sonny Sepang berharap dengan “dikerjakannya pekerjaan drainase dan jalan ini, semoga dapat meningkatkan infrastruktur yang ada di desa dan dilokasi pertanian, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas pekerjaan, dan saluran air bisa berfungsi dengan baik, “kata Sepang, sembari berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Daerah atas sinergitasnya sehingga program dana desa masih bisa menyentuh ke masyarakat desa melalui pekerjaan ini, yang meningkatkan perekonomian warga desa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2024 Secara Virtual

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M,Si, didampingi Kepala Inspektur Kabupaten Minahasa Moudy Lontaan S,Sos mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2024, yang digelar BPKP R.I, Rabu (22/5/24).

Diketahui Rakor berlangsung di Ruangan Command Center Kantor Bupati Minahasa, diikuti secara virtual oleh Penjabat Bupati Minahasa.

Kegiatan ini mengambil tema “Mengawal Penuntasan Pembangunan Jangka Menengah untuk Kesinambungan Pembangunan”, dibuka Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, dari Istana Negara Jakarta.

Selain arahan dari Presiden Jokowi, juga ada laporan Kepala BPKP Jusuf Ateh mengenai penyelenggaraan rakornas dan penjelasan pengawasan.

Presiden Jokowi menyampaikan, BPKP memiliki peran besar mengawal kesinambungan pembangunan, sehingga rakyat mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Ke depan, tantangan yang akan dihadapi semakin berat, program dan belanja pemerintah juga akan semakin besar pastinya. Selain itu, kata dia, tuntutan masyarakat juga semakin tinggi,” tandasnya. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Rakerda Dekranasda, Jeand’Arc Senduk Karundeng Paparkan Skala Prioritas Dekranasda Tomohon Adalah Pengembangan UMKM

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com — Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng hari ini Selasa, 7 Mei 2024 mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di The Sentra Hotel Minut.

Rakerda dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandow, dihadiri oleh Ketua Umum Dekranasda Provinsi Sulut Ibu. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua Umum, dr. Kartika Devi Tanos, Kadis Perindag Prov. Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda Bpk. Drs. Daniel Mewengkang, M.Si, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Sulut bersama pengurus masing-masing, serta Narasumber Pengurus Dekranas Pusat Ibu. Ni Nyoman Ambareny yang membidangi daya saing dekranas pusat dari Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian RI.

Dalam sambutan pembukaan Rakerda, Wagub Sulut memberi apresiasi terhadap peran dekranasda dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan industri yang berdampak langsung ke masyarakat terutama sektor UMKM di dalamnya industri kerajinan.

Kandow juga memberi tantangan kepada Dekranasda se-Sulut untuk bagaimana agar produk kerajinan binaan dekranasda dapat menembus pasar internasional seiring dengan terbukanya akses langsung ke luar negeri untuk pasar ekspor, baik melalui jalur laut maupun jalur udara/penerbangan.

Sementara itu Ketua Umum Dekranasda Sulut Ibu. Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan menyampaikan bahwa Rakerda ini sangat penting dalam sinkronisasi program dan kegiatan dekranas baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, baik yg sudah dilaksanakan tahun 2023, yang sementara dilaksanakan tahun 2024 ini, maupun yang direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2025. Beliau juga mengevaluasi kendala2 yang dihadapi oleh dekranasda kabupaten dan kota atas pelaksanaan program dan kegiatan di daerah.

Adapun dalam laporan pemaparan program dan kegiatan di sesi 1 yang dibawakan langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota, Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon Ibu. drg. Jeand’Arc Senduk Karundeng memaparkan kegiatan-kegiatan antara lain konsolidasi program dan kegiatan Dekranasda Kota Tomohon melalui rapat kerja dan konsultasi, pelatihan membatik dan pemberian bantuan peralatan, sosialisasi pengemasan produk dan bantuan kemasan, promosi dan pemasaran produk kerajinan binaan dekranasda baik tingkat lokal, nasional maupun pameran internasional. Semua kegiatan itu merupakan inisiasi murni dari Dekranasda Kota Tomohon, dilaksanakan dalam kerjasama dengan pemerintah dan juga stakeholder yang ada.

Dalam Rakerda tersebut juga, Dekranasda Kota Tomohon menampilkan berbagai produk kerajinan hasil binaan dekranasda dalam bentuk pameran mini.

Turut mendampingi Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon yaitu Bendahara Dekranasda Ibu. Maria Pijoh, Bidang Promosi Ibu. Lucy Goni, Kadis Perdagin selaku Ketua Harian Bpk. Ruddie Lengkong, SSTP, MAP, Kabid Industri Ibu. Fike Taroreh, SE, M.Si serta beberapa pengurus dan staf sekretariat dekranasda. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending