Connect with us

Ekonomi

Sekda Watania Warning OPD Tertib Administrasi Pengelolaan Aset

Published

on

MINAHASA,inforakyatnewscom- Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Linda Watania membuka pelaksanaan sosialisasi penggunaan barang milik daerah bagi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Minahasa di Tondano, Kamis (02/11/23).

Dalam kesempatan Sekda Watania mewarning dan mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melaksanakan tertib adminstrasi dan pengelolaan barang. Kemudian fungsi management mulai dari proses perencanaan, proses pengadaan sampai dengan pengawasan.

“Tentu ini menjadi perhatian bagi para kepala OPD untuk bisa mengarahkan adanya ketelitian untuk tertib administrasi dan pengelolaan barang,” kata Watania.

Berbicara tentang aset lanjut Watania, sangat berkaitan dengan neraca keuangan dalam daerah atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dapat berpengaruh penilaian MCP Korsupgah atau hasil monitoring capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi dari KPK.

“Pengelolaan aset daerah merupakan point penting, bagaimana OPD bisa menginventarisir pembukuan barang milik daerah,” terangnya.

Hal ini juga tambah Sekda, dapat mendorong daerah untuk mampu mengembangkan kompetensi pengelola barang yang baik. Sehingga daerah bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Aset atau barang milik daerah merupakan sumber daya ekonomi milik daerah yang mempunyai peran dan fungsi strategis bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena itu lanjut sekda, aset yang ditata dan dikelola dengan baik dapat menjadi potensi sebagai sumber pembiayaan pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan daerah serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)secara signifikan, namun sebaliknya jika barang milik daerah tidak dikelola dengan semestinya, maka keberadaan asset justru menjadi beban biaya karena aset membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan.

“Diharapkan adanya Inventarisasi atas pelaksanaan pemanfaatan barang milik daerah untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan,” kuncinya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minahasa Joice Pua menambahkan, sosialisasi ini bertujuan agar perangkat daerah dan pengurus barang lebih memahami penggunaan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Sosialisasi ini merupakan unsur penting dalam mendukung pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka terciptanya tertib administrasi pengelolaan barang milik daerah yang baik,” tutupnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Bupati Kumendong Dan Sekda Watania Ikuti Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan dan Pembangunan kemasyarakatan Tahun 2024

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, Mengikuti Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan dan Pembangunan kemasyarakatan Tahun 2024 Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Provinsi Sulut. Rabu (17/4/24).

Dalam Rapat Evaluasi tersebut, Penjabat Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania, M.Si.

“Evaluasi tadi rutin dilaksanakan setiap 3 bulan bagi para Pejabat Kepala Daerah, baik oleh Pemerintah provinsi maupun oleh Kemendagri, ada 110 indikator yang di nilai, dan tadi Saya sudah memaparkan hasil pencapaian selama Saya menjabat sebagai Bupati Minahasa, “Ucap Kumendong, Kepada Media ini, Ketika dihubungi via WA.

Lebih lanjut dikatakannya, “tentunya Saya berharap bahwa kinerja Saya selama ini akan di nilai baik oleh Tim Penilai, setelah ini tanggal 22 April akan dilaksanakan evaluasi oleh tim Kemendagri dan Saya siap untuk memaparkannya, ” Terang Bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati Kumendong menjelaskan capaian Tugas Pemerintahan dan Pembangunan Kemasyarakatan Tahun 2024 dihadapan tim Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah.

Turut hadir mendampingi Bupati Minahasa, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra, Reviva Maringka, Plt. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum Dan Politik, Johny Tendean, Kepala Inspektur Minahasa, Moudy Lontaan, Kepala Bappelitbangda, Philip Siwi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minahasa Joice Pua, serta Plt. Kabag Prokopim Ricki Laloan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Pimpin Rapat Penyusunan Laporan Evaluasi Kinerja Penjabat Bupati Triwulan II, Ini Kata Sekda Watania

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda Deady Watania, MM, M.Si, memimpin rapat penyusunan laporan evaluasi kinerja Penjabat Bupati Triwulan II, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Tondano, Selasa (2/4/2024).

Dalam rapat tersebut, Sekda Minahasa didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Riviva Maringka, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Wenny Talumewo, M.Si,

Watania mengatakan progres pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa di bulan Januari hingga Maret 2024, ada beberapa penghargaan yang kita dapatkan.

” Tentu hal ini, atas kinerja dan tanggung jawab kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Minahasa,” ungkapnya.

Menurut Sekda watania, Terkait stunting, datanya harus benar-benar akurat, karena kurangnya asupan gizi terhadap anak salah satu program strategi nasional, setelah kemiskinan extrim.

“Untuk diketahui bersama, Dinas Kesehatan dan Dinas PPKB memiliki kader-kader yang sudah turun lapangan untuk memantau dan malakukan pencegahan stunting dengan berbagai upaya dan program yang ada, “kata Watania.

Adapun juga, mengenai infrastruktur pembangunan. Menurut Watania, Dinas terkait harus ada progres pencapaian.

“Jadi terkait Inflasi Daerah, TPID sudah bergerak dan harus mengambil langkah-langkah kongkrit sebagai upaya pengendalian inflasi,”tandasnya.

Turut hadir pula dalam rapat tersebut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Riviva Maringka, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Wenny Talumewo, M.Si, Para Kepala OPD, Serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending