Connect with us

Daerah

Posko Damkar di Kakas Diresmikan, Bupati Kumendong: Berikan Respon Cepat Dan Efektif

Published

on

KAKAS,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, meresmikan Posko Pemadam Kebakaran, di Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Jumat (19/1).

Dalam laporannya, Kadis Damkar Minahasa Drs Jhon Kasih mengatakan posko ini akan mencakup wilayah Kakas Raya, Langowan, Eris. Selain itu akan ada satu armada Damkar yang siaga serta empat petugas yang piket 1X24 jam.

Sementara itu, Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong mengatakan dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, Posko Pemadam Kebakaran di Kecamatan Kakas diresmikan. Posko ini diharapkan dapat memberikan respons cepat dan efektif dalam penanggulangan kebakaran di wilayah tersebut.

“Posko pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam memberikan respons cepat dan efektif dalam penanganan kebakaran,” ujar Bupati Kumendong.

Lebih lanjut, Bupati Kumendong menjelaskan dengan adanya posko pemadam kebakaran yang resmi, diharapkan akan ada peningkatan koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah, pemadam kebakaran, dan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat kebakaran. Posko pemadam kebakaran juga dapat menjadi pusat komando dalam mengatur dan mengkoordinasikan upaya penanggulangan kebakaran serta memberikan layanan darurat kepada masyarakat. “Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisir dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan bencana kebakaran dan melindungi kehidupan serta harta benda masyarakat,” terang Bupati Kumendong.

Bupati Kumendong mengungkapkan tujuan dibangunnya posko pemadam kebakaran adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kebakaran. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari pembangunan posko pemadam kebakaran.

Pertama, Respons Cepat: ini sebagai posko pemadam kebakaran berfungsi sebagai pusat komando dan koordinasi dalam memberikan respons cepat terhadap kebakaran. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terdekat dengan wilayah yang rentan terhadap kebakaran, tim pemadam kebakaran dapat segera merespon dan tiba di lokasi kebakaran dengan cepat.

Kedua, Koordinasi dan Komunikasi : Posko pemadam kebakaran menjadi pusat koordinasi dan komunikasi antara tim pemadam kebakaran, pihak berwenang, dan masyarakat. Koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan kebakaran dan mengurangi kerugian yang ditimbulkan.

Ketiga, Penyediaan Sumber Daya: Posko pemadam kebakaran juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan dan sumber daya yang diperlukan dalam penanggulangan kebakaran, seperti alat pemadam api, tangga, pompa air, dan peralatan keamanan lainnya. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisir dengan baik, sumber daya tersebut dapat dengan mudah diakses dan digunakan saat diperlukan.

Keempat, Edukasi dan Pencegahan: Selain tanggap dalam penanggulangan kebakaran, posko pemadam kebakaran juga dapat digunakan untuk kegiatan edukasi dan pencegahan kebakaran. Tim pemadam kebakaran dapat memberikan pelatihan tentang keselamatan kebakaran kepada masyarakat, termasuk cara mencegah kebakaran dan tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat.

Dengan tujuan-tujuan ini, pembangunan posko pemadam kebakaran diharapkan dapat meningkatkan keselamatan masyarakat dan mengurangi kerugian akibat kebakaran. “Namun kita semua berharap agar dijauhkan dari bencana kebakaran. Juga saya yakin masyarakat Paslaten Kakas merupakan masyarakat yang humanis sehingga dapat berbaur dengan petugas yang ada di posko Damkar. Untuk petugas harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah serta aparat kepolisian guna sinergitas,” tandas Bupati Kumendong.

Turut Hadir Kadis Damkar, Plt. Kabag Prokopim, Camat Kakas, Camat Kakas Barat, Kapolsek Kakas, Danramil Kakas, Masyarakat Desa Kakas.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Disambut Kalapas Yulius Paath, Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial.

TONDANO, inforakyatnews.com – Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Tondano mendapat kunjungan dari Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial, Drs Kosmas Hareta, M,Si. Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Kamis (11/7/2024).

Kedatangan rombongan disambut tarian Kabasaran serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tondano Yulius Paath, SIP, DEA beserta jajaran.

Staf Ahli Menkumham RI, turut didampingi Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, BC, IP, S.Sos, MSi, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, SE serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus, S.S.

Tujuan kunjungan Staf Ahli Kosmas dan rombongan ini, selain pengarahan dan penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, juga meninjau langsung sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa tahanan.

Sementara Kapalas Klas IIB Tondano Yulius Paath, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur mendapat kehormatan dari Kementerian Hukum Dan Ham atas kunjungan ini.

” Kunjungan ini merupakan bentuk penghargaan bagi kami dan ini akan makin memotivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi,” pungkas Paath. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dampingi Gubernur Dan Wagub Sulut OD-SK, Bupati Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam acara Pelantikan Pengurus IMI Sulut.

Diketahui dalam pelantikan ini, Pengurus IMI Sulut diketuai oleh Rio A.J. Dondokambey, B,Sc.,M.M dan dilantik oleh Ketua MPR RI Selaku Ketua Umum IMI Pusat DR. Bambang Soesatyo, SE., SH.,M.B.A.

Kegiatan pelantikan pengurus IMI Sulut yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut OD-SK, serta Pj Bupati Kumendong, digelar di Vila Tonsaru. Sabtu (13/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri juga Istri dari Ketua MPR RI, Ny Dewi Bambang Soesatyo dan Sekjen IMI Pusat, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Mewakili Forkopimda Sulawesi Utara, Ass I Setda Prov dan Jajaran, Bupati Minahasa Utara selaku Ketua IOF Sulut, Walikota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Utara, Forkopimda Minahasa, serta Seluruh Jajaran IMI Sulawesi Utara.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH, Kepala dinas Perpustakaan, Steady Tumbelaka, Kabag Prokopim Setdakab Minahasa, Ricki Laloan, serta Camat Tondano Selatan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG

Published

on

Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong Msi
menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024. PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo. (BPDSulutgo). Bertempat di Kantor Pusat BSG Manado. Jumat, (12/7/2024)

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tersebut menjadi momentum penting dalam mengawal arah dan kebijakan perusahaan daerah ke depan, dengan mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kepentingan para pemegang saham.

Pj. Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong.MSI, menyampaikan komitmennya untuk mendukung langkah-langkah strategis yang akan diambil PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo guna memperkuat peran serta bank dalam mendukung perekonomian daerah.

Diketahui Rapat ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi secara terbuka tentang isu-isu strategis terkait dengan perjalanan bisnis bank di masa mendatang.

Kehadiran Kumendong ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor perbankan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional.

Pihaknya berharap bahwa hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini akan memberikan arah yang jelas dan sinergis antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo dengan stakeholder utama, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Minahasa dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS-LB, ini dihadiri Oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE dan Direktur Utama BSG Bpk. Revino M. Pepah Bersama Seluruh Bupati dan Walikota Se- Sulawesi Utara dan Gorontalo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending