Connect with us

TNI/Polri

Polres Tomohon Ringkus Terduga Penganiayaan di Kakaskasen Dua

Published

on

Doc. Polres Tomohon

TOMOHON, inforakyatnews.com – Polisi Resort (Polres) Kota Tomohon kembali amankan terduga pelaku tindakan penganiayaan menggunakan senjata tajam yang terjadi di Kelurahaan Kakaskasen Dua.

Kapolres Kota Tomohon AKBP Lerry Tutu, S.I.K., M.M. mengungkapkan benar Unit 1 Satuan Reskrim Polres Tomohon di bawah pimpinan Ipda Hanny Montolalu, telah mengamankan terduga Pelaku penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam yang terjadi di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara.

“Saat ini terduga Pelaku sudah diamankan di Polres Tomohon dan akan di proses sesuai aturan hukum yang ada.” ungkap Kapolres Tomohon Lerry Tutu.

Kapolres berharap kiranya masyarakat dapat bersama-sama menjaga kamtibmas menjelang Pemilu.

“Berharap kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi kamtibmas yang ada, apalagi saat ini kita berada pada tahapan Pemilu tahun 2024, agar nantinya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 tetap aman dan kondusif.” harap Kapolres Lerry.

Sementara Kasi Humas AKP Ferdy Suluh, di dampingi Kasat Reskrim Iptu Stefy Sumolang, S.H., M.H., mengatakan telah menerima Laporan Polisi di Polres Tomohon nomor : LP/B/431/XII/2023/SPKT/POLRES TOMOHON/POLDA SULUT TGL 27 Des 2023 .

AKP Ferdy Suluh menerangkan, Peristiwa tindak pidana menggunakan senjata tajam jenis pisau penusuk, yang dilakukan oleh terduga Pelaku lelaki CL alias Tinun terhadap korban Zwengly Gerand Carel Mengko, terjadi pada hari selasa 26 Desember 2023 sekira jam 16.00 wita bertempat di Kelurahan Kakaskasen Dua Lingkungan 2 Kecamatan Tomohon Utara

“Akibat dari tindak pidana menggunakan senjata tajam jenis pisau penusuk ini, korban mengalami luka tusuk sebanyak satu kali pada bagian perut sebelah kiri dan satu kali pada tangan kanan karena menangkis tikaman yang dilakukan oleh terduga Pelaku, dan Korban mendapat perawatan di RS. Bethesda Tomohon,” jelasnya.

Terduga Pelaku baru diamankan pada kemarin hari Minggu 21 Januari 2024, karena terduga Pelaku sering menghindari pihak Kepolisian, dan kemarin setelah mendapat informasi dari masyarakat kalau terduga Pelaku berada di rumahnya, maka unit 1 Sat Reskrim langsung mendatangi rumah terduga Pelaku dan berhasil mengamankan tanpa perlawanan.” ungkap Kasi Humas Ferdy Suluh.

“Barang bukti yang sudah diamankan oleh tim penyidik, satu buah senjata tajam jenis pisau penusuk dan Pasal yang disangkakan yakni pasal 351 ayat 1 KUHP dengan pidana penjara 2 tahun 8 bulan,” tukasnya.

Diketahui, Awalnya antara Terduga Pelaku CL alias Tinun terlibat perselisihan dengan teman korban yang bernama GB alias Gibril sehingga keduanya terlibat perkelahian dan di lerai oleh Korba dan rekan-rekannya yang lain.

Setelah kejadian itu terduga Pelaku pulang ke rumahnya dan tak lama kemudian, terduga Pelaku kembali ke tempat di mana Korban dan temannya berkumpul di salah satu rumah warga yang ada di Kelurahan Kakaskasen Dua Lingkungan 2 Kecamatan Tomohon Utara.

Saat itu juga terduga Pelaku langsung mendekati lelaki GW alias Gibril dan korban yang melihat hal ini, langsung menghalangi terduga pelaku dan saat itu posisi korban dengan terduga pelaku saling berhadapan dengan jarak sekitar 1 meter.

Saat itu juga secara tiba-tiba terduga Pelaku CL alias Tinun mencabut sebilah pisau badik yang sudah diselipkan di pinggangnya dengan menggunakan tangan kanan dan langsung mengarahkan pisau penusuk/badik tersebut dengan cara menusuk ke arah korban, dan korban dapat menangkis dengan menggunakan tangan kanan sehingga mengalami luka, dan kemudian korban sempat mendorong tubuh dari terduga Pelaku yang saat itu ingin menikam teman korban lelaki GW alias Gibril, dan pada saat korban mendorong terduga Pelaku lelaki CL alias Tinun, saat itu juga terduga Pelaku langsung kembali menikam korban dan mengena pada bagian perut sebelah kiri.

Setelah menikam Korban, terduga Pelaku meninggalkan lokasi kejadian. (wan)

Breaking News

Polres Tomohon Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Kapolres AKBP Lerry Tutu,  Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon terima penghargaan.

Penghargaan diterima dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Sulawesi Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Kapolres Tomohon Lerry Tutu mengatakan, Penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga juga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi.” ujar Kapolres Lerry saat menghadiri¬† langsung kegiatan executive gathering dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 sekaligus penyerahan penghargaan dari pihak KPPN tipe A1 Manado di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado. (21/2) 2024.

Disamping itu Kapolres juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Polres Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon, semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi.” ungkap Lerry Tutu. (wan/***)



Continue Reading

Bawaslu

Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu, Kapolres Lerry: Jaga Netralitas dan Kerja Profesional

Published

on

foto.humas polres tomohon

TOMOHON, inforakyatnews.com Guna menunjang pengamanan Pemilu yang akan digelar serentak tanggal 14 Februari nanti, Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon bersama KPU dan Bawaslu Tomohon gelar apel kesiapan pengamanan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024.

Apel yang digelar pukul 09.15 wita di Aula Parama Satwika Polres Tomohon pimpin oleh Kapolres AKBP Lerry Tutu, S.I.K., M.M. Senin (12/2) 2024.

Dalam arahannya, Kapolres mengatakan apel hari ini bertujuan untuk melihat kesiapan pengamanan yang akan dilakukan oleh Polres Tomohon dan Instansi terkait lainnya baik TNI, Pol. PP dan Linmas, baik Personel maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan, khususnya pada saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.

Puncak pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dalam pemilihan Presiden dan wakil presiden dan anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tidak lama lagi akan dilaksanakan, tinggal menghitung hari.

“Untuk itu hal ini harus kita sikapi bersama agar pelaksanaan proses pemungutan suara di wilayah Hukum Polres Tomohon dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif dan damai.” ungkap Kapolres Tomohon.

Dalam persiapan Pemilu 2024, lanjut Kapolres, Personel Polres Tomohon berjumlah 397 Personel, dan yang akan terlibat dalam pengamanan Pemilu sebanyak 277 Personel, dan yang akan melaksanakan pengamanan di TPS sebanyak 182 orang dimana 50 pers BKO Polda yang nanti sebentar sore jam 15.00 wita (3 sore) akan dilakukan pergeseran pasukan pengamanan ke TPS-TPS yang ada sesuai surat perintah yang telah dikeluarkan.

“Diingatkan kembali kepada seluruh Personel yang terlibat dalam pengamanan TPS untuk ingat kembali tupoksi tugas pengamanan yang akan dilakukan di TPS seperti apa. Jaga netralitas baik TNI, Polri maupun ASN dalam pelaksanaan pemilu ini, karena dengan kita bersikat netral, maka akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada kita akan lebih baik lagi.” Kata Kapolres Tomohon Lerry Tutu.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh aparat agar dalam melaksanakan tugas, dilaksanakan dengan baik, profesional, jaga netralitas dan komunikasi serta sinergitas antara semua lembaga ataupun institusi yang ada. Jaga keselamatan dan jaga stamina mengingat dalam pelaksanaan pemungutan suara akan menghabiskan energi dalam pelaksanaan tugas.

“Tentunya dengan Sinergitas, kolaborasi, komunikasi yang sudah terbangun dan berjalan baik selama ini, agar di jaga karena dengan sinergitas, kolaborasi, komunikasi yang baik, saya yakin akan mempermudah kita dalam melaksanakan tugas.” tukasnya.

Hadir dalam apel kesiapan tersebut, Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Grace Vierna Pijoh, Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas, S.P, Korwil BIN Wilayah Tomohon Letkol Marinir Achmad Firdaus, Waka Polres Tomohon Kompol Parura Amping, S.Th, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Danramil 1302-07 Tombariri Letda Inf. Denny Pailah, Para Kabag Polres Tomohon, Para Kasat Polres Tomohon, Para Kasi Polres Tomohon, Para Kapolsek jajaran Polres Tomohon, Para Kapolsubsektor Polres Tomohon, PA dan Brigadir Polres Tomohon, Mewakili Kasat Pol. PP Kota Tomohon Kabid Linmas Thofan Manorek, S.H,. (wan)

Continue Reading

Ekonomi

Kapolres Minahasa Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Persiapan TPS Pemilu 2024

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Senin, (12/2/ 2024), bertempat di Aula Tansatrisna Polres Minahasa, Kepolisian resort Minahasa menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan Umum tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Minahasa.

Acara tersebut dipimpin Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian, SIK, MH, didampingi oleh Kabag Ops Polres Minahasa, KOMPOL Ruddy Reppi, S.Sos.

Dalam kesempatan ini saat memberikan sambutan, Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian, SIK, MH, menyerahkan buku saku, bekal kesehatan, uang makan, dan uang saku secara simbolis kepada personel yang bertugas.

Kepada Personel yang akan bertugas, Kapolres menegaskan beberapa hal penting, diantaranya, pentingnya pelaksanaan pengamanan TPS dengan baik dan penuh tanggung jawab. terlepas dari keterbatasan anggaran atau faktor lainnya, karena hal ini merupakan tugas Polri.

“Dukungan anggaran untuk pengamanan TPS hanya tersedia pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, dan akan segera dibagikan kepada personel, “Katanya.

Ditegaskannya juga agar perlu adanya pengawalan personel Polri dalam alur distribusi logistik Pemilu 2024.

“Jadi penempatan personel Polri di TPS diatur sedemikian rupa, dengan personel Polri berada di ring 2, sementara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas berada di ring 1, “terangnya.

Ditambahkannya juga Pentingnya komunikasi dan koordinasi antara personel Polri dengan KPPS dan Linmas.

“Kami berharap, perlu berhati-hati dalam penggunaan media sosial di TPS, untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, ” Pintanya.

Dia juga Mengingatkan untuk tidak meremehkan situasi di TPS.

“Saya menekankan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan Pemilu, ” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakapolres Minahasa, KOMPOL SUMAJI, Para Pejabat Utama (PJU), Para perangkat Operasi Mantap Brata (OMB),
Para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan jajaran, serta
Seluruh personel Pengamanan TPS. (HerS)

Continue Reading

Trending