Connect with us

Daerah

Perangkat Desa Walewangko Ikuti Sosialisasi Sadar Hukum

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Dipimpin Hukum Tua Desa Walewangko, Sonny Sepang, perwakilan Perangkat desa Walewangko mengikuti Sosialisasi Desa Sadar Hukum Kecamatan Langowan Barat, Bertempat di Balai Desa Walewangko, Jumat (1/12/23).

Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo mengatakan tentunya kita bersyukur atas penyertaan Tuhan kegiatan sosialisasi desa sadar hukum boleh berjalan saat ini.

“Para hukum Tua dan perangkat desa dalam hal ini perwakilan Kepala Jaga (Pala), nantinya melalui sosialisasi ini, akan menjadi contoh bagi masyarakatnya ketika kita mengetahui tentang hukum, yang harus ditaati, ” Kata Maseo, sembari secara resmi membuka kegiatan ini.

Lebih lanjut dikatakannya penting nya kami hadir memberikan sosialisasi ini karena banyak hal yang ingin kami share, karena berdasarkan perundangan yang berlaku, sesudah pancasila ada UUD, dimana sesuai pasal maka setiap warga negara wajib sadar hukum.

“Tujuan pelaksanaan ini, adalah agar perangkat desa mengetahui nilai-nilai peradapan yang ada yang harus kita junjung tinggi, ini menjadi penting tujuannya agar semua masyarakat menciptakan situasi yang kondusif, dengan memiliki nilai hati nurani, nilai budaya dan cerdas hukum, “ujarnya.

Diakhir sambutannya dia menambahkan Intinya berbicara tentang hukum. Dengan memiliki akuntabilitas dalam menjalankan program kerja yang ada di desa.

“Berikut Aksestabilitas dengan tidak mengadakan agenda sendiri dalam mengadakan suatu kegiatan pemerintah Desa, jadi mengadakan kegiatan di desa harus diketahui hukum tua, makanya hukum Tua dan perangkat desa harus ada koordinasi. Supaya nantinya juga masyarakat sadar hukum harus ada koordinasi. Begitu juga Koordinasi pemerintah Desa dengan Polsek dan Danramil harus ada karena pentingnya dalam sadar hukum, “tandasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi yang diberikan Kapolsek Langowan Barat IPTU Adrian Tatontos, tentang pentingnya sadar hukum yang berkenan dimana hukum memiliki indikator. Diantaranya indikator hukum, pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum, prilaku hukum.
Pentingnya kesadaran hukum dalam masyarakat, dengan mengatur prilaku, “terang Kapolsek.

Diakhir materinya, Kapolsek mengajak kita sebagai pemerintah Desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya berita hoaks dan tidak mudah terprovokasi yang memecah persatuan dan kesatuan NKRI.

Adapun Kasat Intel Kejari Minahasa Suhendro Kusumo melalui stafnya saat memberikan materi menekankan pentingnya perangkat desa mengetahui tentang masalah hukum tentang pencegahan dan penanganan kejahatan Mafia tanah, dan tugas perangkat desa memediasi masalah yang ada ditengah masyarakat ketika ada permasalahan dengan jual beli tanah, maka tugas penting perangkat desa adalah mediator.

Diharapkannya juga, agar menjelang pemilu tahun 2024 ini, para perangkat desa tidak terlibat dalam politik praktis dalam mengarahkan peserta pemilu, agar nantinya tidak bersentuhan dengan masalah hukum, sembari berpesan mari menjaga netralitas ditengah masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para perangkat desa, Hukum Tua dan pemerintah kecamatan Langowan Barat. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Disambut Kalapas Yulius Paath, Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial.

TONDANO, inforakyatnews.com – Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Tondano mendapat kunjungan dari Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial, Drs Kosmas Hareta, M,Si. Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Kamis (11/7/2024).

Kedatangan rombongan disambut tarian Kabasaran serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tondano Yulius Paath, SIP, DEA beserta jajaran.

Staf Ahli Menkumham RI, turut didampingi Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, BC, IP, S.Sos, MSi, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, SE serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus, S.S.

Tujuan kunjungan Staf Ahli Kosmas dan rombongan ini, selain pengarahan dan penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, juga meninjau langsung sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa tahanan.

Sementara Kapalas Klas IIB Tondano Yulius Paath, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur mendapat kehormatan dari Kementerian Hukum Dan Ham atas kunjungan ini.

” Kunjungan ini merupakan bentuk penghargaan bagi kami dan ini akan makin memotivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi,” pungkas Paath. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dampingi Gubernur Dan Wagub Sulut OD-SK, Bupati Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam acara Pelantikan Pengurus IMI Sulut.

Diketahui dalam pelantikan ini, Pengurus IMI Sulut diketuai oleh Rio A.J. Dondokambey, B,Sc.,M.M dan dilantik oleh Ketua MPR RI Selaku Ketua Umum IMI Pusat DR. Bambang Soesatyo, SE., SH.,M.B.A.

Kegiatan pelantikan pengurus IMI Sulut yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut OD-SK, serta Pj Bupati Kumendong, digelar di Vila Tonsaru. Sabtu (13/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri juga Istri dari Ketua MPR RI, Ny Dewi Bambang Soesatyo dan Sekjen IMI Pusat, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Mewakili Forkopimda Sulawesi Utara, Ass I Setda Prov dan Jajaran, Bupati Minahasa Utara selaku Ketua IOF Sulut, Walikota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Utara, Forkopimda Minahasa, serta Seluruh Jajaran IMI Sulawesi Utara.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH, Kepala dinas Perpustakaan, Steady Tumbelaka, Kabag Prokopim Setdakab Minahasa, Ricki Laloan, serta Camat Tondano Selatan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG

Published

on

Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong Msi
menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024. PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo. (BPDSulutgo). Bertempat di Kantor Pusat BSG Manado. Jumat, (12/7/2024)

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tersebut menjadi momentum penting dalam mengawal arah dan kebijakan perusahaan daerah ke depan, dengan mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kepentingan para pemegang saham.

Pj. Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong.MSI, menyampaikan komitmennya untuk mendukung langkah-langkah strategis yang akan diambil PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo guna memperkuat peran serta bank dalam mendukung perekonomian daerah.

Diketahui Rapat ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi secara terbuka tentang isu-isu strategis terkait dengan perjalanan bisnis bank di masa mendatang.

Kehadiran Kumendong ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor perbankan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional.

Pihaknya berharap bahwa hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini akan memberikan arah yang jelas dan sinergis antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo dengan stakeholder utama, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Minahasa dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS-LB, ini dihadiri Oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE dan Direktur Utama BSG Bpk. Revino M. Pepah Bersama Seluruh Bupati dan Walikota Se- Sulawesi Utara dan Gorontalo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending