Connect with us

Komunitas dan Organisasi

Pemuda GMIM Koinonia Ranomea Wilayah Amurang III Ikut PKPG se-Sinode 2023

Published

on

Minahasa, IRnews – Perkemahan Karya Pemuda Gereja (PKPG) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) tahun 2023 saat ini dilaksanakan di Desa Lolah, Wilayah Tanawangko I.

Perkemahan Pemuda GMIM 2023 ini nantinya akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 3 hingga 7 Juli 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM, Pnt. Rio Dondokambey dalam sambutannya pada acara pembukaan pelaksanaan PKPG, Senin (03/07/2023).

“Saat ini sudah ada 18 ribu pemuda se-sinode GMIM yang hadir di lokasi untuk mengikuti PKPG se-sinode GMIM tahun 2023 ini” jelas Pnt. Rio Dondokambey.

Dari ribuan pemuda yang mengikuti PKPG Sinode GMIM 2023 itu, pemuda jemaat Koinonia Ranomea Wilayah Amurang III juga turut ambil bagian dalam keikutsertaan pada perkemahan tersebut.

Pemuda GMIM Koinonia Ranomea

Ketua Pemuda GMIM Koinonia Ranomea Pnt Parte Polii mengatakan jumlah anggota dari Pemuda GMIM Koinonia Ranomea yang mengikuti PKPG ini sebanyak 45 orang.

“Sudah sejak seminggu sebelum pembukaan Pemuda GMIM Koinonia Ranomea sudah berada di lokasi untuk mempersiapkan tenda. Kami hadir disini dalam rangka menyukseskan PKPG Sinode GMIM Tahun 2023,” ucap Pnt. Parte Polii.

Ketua Pemuda GMIM Koinonia Ranomea, Pnt Parte Polii, bersama anggota.

Pnt Parte mengatakan teman-teman pemuda Koinonia Ranomea sangat antusias untuk mengikuti PKPG ini sebab sudah 3 tahun tidak mengikuti perkemahan itu karena situasi Covid-19 lalu, selain itu ia juga bilang, banyak juga adik-adik pemuda yang baru masuk komisi Pemuda ingin turut merasakan uforia perkemahan se-sinode itu.

“Saya berharap, dengan mengikuti kegiatan PKPG ini, kami Pemuda GMIM Koinonia Ranomea semakin bertumbuh, belajar mandiri, dan bole mendapatkan asupan-asupan rohani dalam memperkuat iman pada setiap pembekalan yang akan dilaksanakan selama dalam perkemahan ini, sehingga bole mendapatkan pengalaman iman yang berharga,” kata Parte Polii sembari memohon dukungan dan doa agar pelaksanaan PKPG se-sinode GMIM ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

Anggota pemuda GMIM Koinonia Ranomea

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang hadir membuka pelaksanaan PKPG Sinode GMIM 2023 itu mengajak para Pemuda GMIM menjadikan momen PKPG untuk saling belajar dan berdiskusi.

“Saling berdikusi agar peran pemuda dalam rangka memajukan gereja dan daerah akan terwujud,” ujar Olly Dondokambey.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat memberi sambutan pada pembukaan kegiatan PKPG 2023

Ia menuturkan, Pemuda GMIM harus mempersiapkan generasi selanjutnya. Serta menjadi contoh yang baik untuk gereja protestan yang ada di Indonesia.

“Kalau kita bekerja bersama hasilnya pasti akan besar. Saling topang menopan, Pemuda GMIM akan mendapat tempat yang lebih baik,” tuturnya.

Gubernur Olly menambahkan, Pemuda GMIM harus mampu berinovasi, beradaptasi, serta gigih menghadapi tantangan.

“Tetap menjunjung nilai gotong royong untuk dan saling mendukung. Semoga kegiatan ini memberikan pengalaman dan mempererat tali persaudaraan antar Pemuda GMIM yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus Kristus,” pungkas Gubernur Sulut itu. (Jtx)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Deklarasi Pakasa’an Tou Langowan

Published

on

Deklarasi Pakasa’an Tou Langowan.

Langowan, inforakyatnews.com – Selayang pandang tentang perkembangan Langowan dari masa ke masa telah melahirkan orang-orang kuat, berpendidikan dan memiliki hati yang murni. Inilah penyebutan tentang Tona’as. Ketangkasannya dalam menghadapi segala bentuk permasalahan selalu diselesaikan dengan hati tenang.

Musyawarah adalah jalan paling ideal untuk menyelesaikan masalah. Pada zaman leluhur, musyawarah adat seringkali diadakan sebagai media untuk menanggulangi segala kedaruratan.

Kata Mina’esa yang akhirnya menjadi Minahasa berarti “tanah yang dipersatukan”. Adalah sebutan lain dari “Musyawarah Para Ukung” (Vergadering der Doopshoofden) atau “Dewan Wali Pakasaan” (Raad der Doopshoofden). Pembentukan dewan ini merupakan “lembaga” tertinggi dalam masyarakat Minahasa yang bertahan hingga akhir abad ke-19.

Dewan Wali Pakasaan dalam fungsinya dapat menangani berbagai permasalahan yang muncul, utamanya seperti konflik dalam masyarakat. Selain itu, lembaga ini berfungsi sebagai sarana untuk menampung aspirasi masyarakat sipil.

Pakasaan Tou Langowan dibentuk untuk mempersatukan, mereklaim kembali identitas keminahasaan yang tertidur karena modernisasi.

“Pada hari Sabtu, 13 April 2024 kami sebagai Tou Langowan kembali mempersatukan nilai persaudaraan yang diajarkan oleh orang-orang tua kami,” ucap Ketua Pakasa’an Tou Langowan, Yefta Kereh.

Musyawara Pakasa’an Tou Langowan.

“Pembentukan Pakasa’an Tou Langowan, bukan untuk mobilisasi politik dalam pemenangan pada figur manapun,” tambah Wandy Oroh.

Substansi dari pembentukan Pakasa’an Tou Langowan adalah untuk menciptakan tatanan kultur yang penuh dengan cinta kasih sebagaimana jantung perkembangan Injil kekristenan salah satunya di Langowan.

Rapat yang diselenggarakan di desa Tumaratas, diadakan dengan tradisi keminahasaan sebagaimana para orang tua terdahulu mengajarkan kebiasaan ru’ukup maupun mapalus. Kemudian menghasilkan rasa solidaritas persaudaraan untuk membangun Langowan lebih maju serta berdaya saing unggul dari bidang pendidikan maupun pertumbuhan ekonominya.
(Tio Kaat)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dihadiri Bupati Kumendong, Gubernur Olly Kucurkan Sumbangan di Ibadah Syukur GMIM Betlehem Lewet Langowan

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com -Gubernur Provinsi Sulut Provinsi Sulut Prof DR (Hc) Olly Dondokambey memberikan sumbangan 305 juta untuk pembangunan GMIM Betlehem Lewet Langowan sebagai bentuk kepeduliannya akan infrastruktur rumah ibadah.

Sumbangan ini diberikan Gubernur Olly ketika menghadiri Pentahbisan dan peresmian Pastori GMIM Betlehem Lewet yang dirangkai dengan ibadah syukur HUT ke-48 Jemaat GMIM Betlehem Lewet, Wilayah Langowan I, Minggu (11/02/2024).

Ibadah syukur peresmian pastori yang dihadiri juga Penjabat Bupati Dr Jemmy S.Kumendong M. Si, ditandai juga dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Olly, dalam ibadah ini dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya, Gubernur bersyukur atas tuntunan dan perkenaan Tuhan, boleh bersama-sama dalam Ibadah syukur HUT ke-48 GMIM Betlehem Lewet.

“Saya berharap nantinya pastori ini semoga bisa bermanfaat bagi Pendeta yang menggunakan sehingga jemaat gereja terlayani dengan adanya pastori terbaru ini,” ucap Gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya sesuai rencana kedepan pembelian lahan, maka uang yang sudah tersedia nantinya akan diserahkan.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan kedepan karena untuk kebutuhan perencanaan pembangunan gereja yang baru,” ujarnya. Sembari berpesan saling topang menopang dalam semua kegiatan,” tandasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Camat Se-langowan Raya, dan Jemaat Gereja setempat.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Di GPDI Imanuel Tondano, Bupati Kumendong Buka Rapat FKUB Kabupaten Minahasa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, Menghadiri Sekaligus Membuka Rapat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa, Bertempat di GPdI Imanuel Tondano. Senin (12/2/24).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kumendong terlihat memberikan penyampaian, dimana dalam penyampaiannya bupati selalu berpesan agar pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama sebagai pondasi keberagaman yang harmonis di Kabupaten Minahasa.

“Jadi Kerukunan umat beragama adalah aset berharga bagi kemajuan dan keberlanjutan masyarakat kita. Mari kita jaga dan pupuk nilai-nilai kebersamaan dalam perbedaan, “kata bupati didepan para peserta rapat, sembari berpesan juga untuk menjaga bersama kedamaian demi suksesnya Pemilu 2024.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Staf Khusus Bupati Bidang Keagamaan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa, Reviva Maringka, Kaban Kesbangpol, Kaban Kesbangpol Ir. Yanni H Moniung, Plt Kabag Prokopim, Ricky Laloan, serta Kabag Kesra Giovanny Rorora.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending