Connect with us

Tomohon

Pemerintah Kota Tomohon Gelar RakoorLPPD 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P. menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tomohon yang dilaksanakan di The Best Western Lagoon Hotel Senin-Rabu 26-28 Februari 2024 dengan narasumber yaitu Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Asisten I Sekretaris Daerah Kota Tomohon, dan Analis Kebijakan Sub Koordinator Evaluasi Penyelenggaraan Pemda Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Sulawesi Utara Jackson Lonteng, S.I.P., M.A.P.

Dalam Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra O D S mandagi mengatakan, Sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 69 ayat (1) undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah salah satunya bahwa setiap kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah atau disingkat LPPD yang merupakan salah satu indikator evaluasi pemerintah pusat akan jalannya roda pemerintahan yang ada baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.

“LPPD ini menjadi tolok ukur dari pemerintah pusat untuk menilai tingkat kemampuan setiap daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja serta indikator-indikatornya yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. dimana pengukuran dan indikator kinerja tersebut akan dipakai untuk membandingkan antara daerah satu dengan yang lainnya, dengan angka rata-rata secara nasional untuk masing-masing tingkatan pemerintahan atau dengan hasil tahun-tahun sebelumnya untuk masing-masing daerah. apabila hasil evaluasi pemerintah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah tidaklah mengalami peningkatan selang waktu 3 (tiga) tahun berturut-turut maka daerah tersebut akan disatukan kembali dengan daerah induk” Kata Mandagi.

Mandagi juga menambahkan, apabila kita tidak memenuhi penyampaian LPPD ini sesuai dengan ketentuan maka akan berdampak pada hasil penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara keseluruhan, dan ada penerapan sanksi bagi daerah yang tidak memasukkan LPPD tepat waktu yakni sanksi berupa teguran tertulis dari gubernur bahkan lebih parah lagi kepala daerahnya akan diikutkan dalam program pembinaan khusus pendalaman bidang pemerintahan yang dilaksanakan oleh kementerian dalam negeri RI. Oleh karena itu, dalam hal penyusunan LPPD tahun 2023 ini janganlah dipandang sebelah mata, saya harapkan seluruh perangkat daerah jajaran pemerintah kota tomohon untuk proaktif dan serius dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam rangka penyusunan LPPD kota tomohon tahun 2023 juga Menyadari betapa pentingnya penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) ini, maka dimintakan perhatian saudara dalam hal-hal sebagai berikut:

1.Kepada tim penyusun diharapkan untuk dapat bekerja keras dan berkoordinasi dengan para kepala perangkat daerah agar proses penyusunan LPPD dapat tersusun dengan baik.

2.Kepada para kepala perangkat daerah kiranya dapat bekerjasama dengan tim penyusun LPPD serta bertanggung jawab penuh dan mengawasi penyusun LPPD masing-masing agar semua data yang diminta akurat dan valid serta tepat waktu.

3.Walaupun batas pemasukan ke pemerintah pusat sesuai peraturan adalah 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir, tapi dimintakan agar penyusunan LPPD tahun 2023 ini diselesaikan lebih cepat dari tenggat waktu yang diberikan. karena itu diharapkan kepada kita semua agar ada kerja sama yang baik, dan jika ada perangkat daerah yang tidak serius dalam proses penyusunan LPPD ini agar dilaporkan kepada saya melalui sekretaris daerah.

4.Kepada para peserta rapat koordinasi ini agar dapat mengikuti dengan penuh rasa tanggung jawab dan jika ada hal-hal yang kurang jelas agar dapat ditanyakan langsung kepada narasumber yang ada saat ini sehingga dapat mempermudah dalam proses pengisian data-data yang diminta.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Para Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ibu Jureyke Pitoy, S.H., M.Si. serta seluruh penyusun data LPPD dari masing-masing Perangkat Daerah dan Tim Pereviu dari APIP kota Tomohon. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Kultur

Meriah, Paskah WilKas Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, Inforakyatnews.com – Penatua (Pnt) Caroll J,A Senduk menghadiri Kegiatan Pawai Paskah Wilayah Kakaskasen yang dilaksanakan di GMIM Kakaskasen Eben Haezer. Jumat, (12/04/2024).

Kegiatan diawali dengan ibadah dan dikhadimi Pdt. Julien Sagay Karwur Sth. selaku Ketua BPMW Kakaskasen dan Ketua BPMJ Kakaskasen PNIEL.

kesempatan tersebut Pnt Caroll Senduk selaku Walikota Tomohon mengajak, Melalui kegiatan pawai Paskah ini, marilah kita menjalin kebersamaan dan persaudaraan.

“Kegiatan ini bukan menunjukan siapa yang terbaik melainkan bagaimana kita sebagai umat Tuhan boleh meneladani akan pengorbanan Kristus dan boleh menjadi teladan bagi orang lain. Oleh karena itu, perkenankan saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jemaat di wilayah Kakaskasen bahkan panitia yang telah mencetuskan berbagai kegiatan positif guna membangun kebersamaan seluruh Jemaat.” ungkap Walikot Coroll Senduk.

Walikota Carol juga beharap, dengan peristiwa kebangkitan Kristus mampu memberikan sukacita dan memberikan pengharapan untuk kehidupan kekal serta keselamatan kita selaku umat Kristiani.

Usai ibadah dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan kebersamaan Pelsus di tandai dengan pelepasan balon gas dan penabuhan Tambor tanda buka oleh Walikota bersama BPMW Kakaskasen.

Pawai dengan berbagai ornamen Paskah, narasi dan gambar-gambar yang diambil dari lembaran Alkitab, diikuti oleh Jemaat se-Wilayah Kakaskasen, pawai start dan finish di GMIM Kakaskasen Eben Heazer dan jarak tempuh pawai ialah tiga kilometer.

Turut Hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Pnt. Drs. Johnny Runtuwene, DEA., Ketua TP-PKK Kota Tomohon Pnt, drg. Jeand’arc Senduk- Karundeng, Badan Pekerja Majelis Wilayah Kakaskasen, Κetua BPMJ Kakaskasen Eben Haezer Pdt. Sophia Goni Rau, M.Teol., Para Pendeta, Guru Agama, Pelayan Khusus dan Jemaat Se-Wilayah Kakaskasen.(wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Sulut

Kebersamaan Walikota Caroll Senduk Rayakan Idul Fitri Bersama Umat Muslim Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk menghadiri perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah umat muslim Tomohon.

Digelar di Masjid Al-Mujahidin Matani.Rabu (10/04/2024) dipimpin oleh Imam mesjid Al Mujahidin H. Sutardi Abdul Karim.

Pada kesempatan tersebut,Walikota Tomohon Caroll Senduk, mengungkapkan Puji dan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hari ini seluruh umat muslim mengumandangkan takbir akbar.

“Selaku pemerintah Kota Tomohon, pribadi, dan keluarga, saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah kepada seluruh saudara-saudara umat muslim di Kota Tomohon. Untuk itu jadikanlah hari ini sebagai momen membersihkan hati dan pikiran, sekaligus menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha, agar keharmonisan, kerukunan dan kedamaian selalu terwujud antar umat beragama di Kota Tomohon.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota Caroll juga mengatakan, Dihari nan fitri ini, marilah kita sebagai masyarakat Kota Tomohon saling mendukung dan mendoakan, seraya saling memaafkan agar tercipta hidup rukun dan damai.

“Pada kesempatan ini juga, saya mengajak kita semua untuk membangun Kota Tomohon dalam suatu jalinan kerukunan hidup dan damai.Saya menghimbau tetap waspada terhadap isu-isu yang tidak benar, adu domba, serta segala hal yang dapat merugikan diri sendiri,keluarga,lingkungan dan masyarakat, negara dan bangsa terlebih di Kota Tomohon.” tutur Caroll Senduk.

Saya berharap kontribusi dan partisipasi umat muslim di Kota Tomohon untuk selalu mendukung dan mensukseskan program dan kegiatan pemerintah Kota Tomohon.

Caroll Senduk juga mengungkapkan, Pemerintah Kota Tomohon mempunyai program pelayanan unggulan kepada seluruh masyarakat yang lahir sampai meninggal.

“Untuk proses kelahiran mendapatkan pelayanan gratis, begitu pun saat kematian pemerintah memberikan dana sebesar Rp.5.000.000. Dan untuk yang bersekolah mendapatkan sekolah gratis tapi harus bersekolah di sekolah negeri, dan bantuan sosial bagi lanjut usia.” tambahnya.

Usai kegiatan, Walikota Caroll Senduk selaku Pemerintah Kota Tomohon memberikan Dana Kebersamaan sebesar Rp.20.000.000,-

Turut Hadir, Ketua Yayasan Al- Mujahidin Tomohon Abdul Mahmud,SAK., Khotip (penceramah) H Yasir Arafat Liputo Lc, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Wakapolres Tomohon Kompol Parura Amping, seluruh umat Muslim dan jajaran Pemkot Tomohon. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Tradisi Makan Di daun, Bupati Minahasa Hadiri Ibadah Mingguan Mertua Sekda Watania

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH. MSA, mengikuti Ibadah Kumawus (Mingguan) Atas Meninggalnya Alm. Drs. Nicollas Wilar Mertua dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania,MM,M.Si Dalam Keluarga Wilar-Watania, bertempat dirumah kediaman Sekda Watania di Tomohon. Minggu (7/4/2024)

Bupati Kumendong mengatakan Kumawus (Mingguan) merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dibangun sebagai bagian dari rasa syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan bagi keluarga yang baru ditinggalkan oleh orang yang sangat di kasihi dan di cintai.

”Bentuk rasa syukur dan terima kasih kita atas kasih dan bimbingan Tuhan selang seminggu ditinggalkan oleh yang kita kasihi,” ucap Bupati.

Keluarga yang berduka sudah sangat memahami bahwa peristiwa seperti ini menjadi bukti bahwa cinta kasih Tuhan tetap menjadi bagian dalam perjalanan kehidupan mereka sekalipun orang yang dikasihi telah pergi selamanya menghadap Tuhan sang pencipta.

” Maka dari itu, saya yakin dan percaya keluarga akan tabah dan kuat menghadapi peristiwa duka ini. Terlebih keluarga adalah pelayanan Tuhan yang memahami betul arti dari sebuah kematian bagi orang yang percaya kepada Tuhan,” ungkapnya.

Ada yang menarik dalam acara kumawus tersebut, dimana para tamu undangan, makan bersama diatas daun yang menjadi ciri khas Mingguan di Kota Tomohon.

Turut Hadir, Jajaran Pejaba Pemerintah Kabupaten Minahasa,dan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending