Connect with us

Politics

Beringin Merosot Banteng Perkasa, Hasil Rekap Pileg 2024 di Mata Pemerhati Politik

Published

on


TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon beberapa waktu lalu telah selesai melakukan pleno tingkat Kota.

Dari hasil pleno tersebut diperoleh komposisi untuk 25 kursi anggota DPRD Kota Tomohon periode 2024-2029.

Menurut pemerhati politik Kota Tomohon Dani Tular, ia menyebut partai Golkar Kota Tomohon mengalami degradasi capaian dari hasil pileg tahun 2019 dibandingkan tahun 2024. Bisa dilihat dengan keluarnya salah satu kader terbaik seperti eks sekretaris partai Golkar Tomohon James E Kojongian dan Ladys Fransisca Turang serta Jimmy Wewengkang yang memilih untuk tak maju sebagai bakal Calon Legislatif (Caleg) berakibat pada hasil pileg 2024.

“Buktinya dari hasil Pleno tingkat Kota KPU Tomohon, partai Golkar Tomohon saat ini hanya mampu peroleh 7 kursi, artinya mengalami penurunan dari 10 kursi pada pileg 2019 lalu,” ujar Tular ketika bersua wartawan. (28/2) 2024.

Ia beranggapan bahwa penyebab dari merosotnya jumlah kursi Partai Golkar adalah tidak dipasangkan calon yang banyak dikenal oleh masyarakat.

Berbanding terbalik dari hasil yang dicapai oleh Partai PDI – Perjuangan Kota Tomohon, pada pileg 2019 lalu hanya memperoleh 4 kursi saja, namun di tangan dingin Caroll Senduk, PDI- Perjuangan Tomohon mampu kuasai 15 kursi DPRD Tomohon dari total 25 Kursi yang ada.

“Caroll Senduk menerapkan politik lemah lembut, dan ini terbukti mampu mengangkat PDI Perjuangan Kota Tomohon,” ungkap Dani Tular.

Sosok Caroll Senduk, lanjut Tular, adalah pemimpin yang brilian dengan capaian 15 kursi atau melebihi setengah total kursi merupakan hasil yang sangat luar biasa.

“Kita tau bersama rata rata caleg dari PDI Perjuangan Tomohon didominasi oleh calon notabene bukan pengurus partai, tapi mampu menarik perhatian masyarakat Kota Tomohon, disinilah letak kejelian dari Caroll Senduk membidik dan meletakan caleg-caleg yang potensial,” tukasnya.

Berikut 25 Caleg yang bakal menjadi anggota DPRD Tomohon periode 2024-2029 berdasarkan perolehan suara atas hasil rekapitulasi:

Dapil Satu (Kecamatan Tomohon Tengah dan Tomohon Timur)

1. Abraham Arturo Wakas (PDIP) 2.690 suara

2. Jilly Gabriela Eman (Golkar) 2.205 suara

3. Anita Mamesah (PDIP) 1.823 suara

4. Donald Pondaag (Golkar) 1.672 suara

5. Rocky Polii (PDIP) 1.664 suara

6. Maria H Pijoh (PDIP) 1.651 suara

7. Harryanto YS Lasut (PDIP) 1.556 suara

8. Jeffry H Polii (Gerindra) 590 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 12.188

Golkar 4.446

Gerindra 1.283

Dapil Dua (Kecamatan Tomohon Selatan)

1. Ferdinand Mono Turang (PDIP) 1.607 suara

2. Djemmy Jerry Sundah (Golkar) 1.934 suara

3. Herson Ali Raemah (Gerindra) 1.349 suara

4. Syalom Christi Mokorimban (PDIP) 1.468 suara

5. Gerard Jonas Lapian (Golkar) 1.690 suara

6. Noldie V Lengkong (PDIP) 1.171 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 7.674

Golkar 5.954

Gerindra 3.215

Dapil Tiga (Kecamatan Tomohon Barat)

1. James Johanis Enrico Kojongian (PDIP) 2.421 suara

2. Jeane d’arc Paula Mamahit (Gerindra) 1.578 suara

3. Santi Maria Runtu (PDIP) 1.077 suara

4. Feybie Vonie Simbar (Golkar) 823 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 5.423

Golkar 1.701

Gerindra 2.610

Dapil Empat (Kecamatan Tomohon Utara)

1. Karlheinz Putra Minahasa Senduk (PDIP) 3.763 suara

2. Johny Runtuwene (PDIP) 2.811 suara

3. Toar Marten Polakitan (Golkar) 1.463 suara

4. Adolfien Supit (PDIP) 1.863 suara

5. Franky Oroh (PDIP) 1.350 suara 

6. Feky Kosmas Rumondor (PDIP) 1.076 suara

7. Joice Fanda Poluan (Golkar) 851 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP :  12.877

Golkar:  4.004

(wan)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Raih 19 Kursi,Ketua DPC PDIP Minahasa RD Sebut 4 Kandidat Ketua DPRD Minahasa

Published

on

Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Robby Dondokambey

MINAHASA, inforakyatnews.com – Usai perhelatan Pemilu 2024 memberikan hasil yang baik bagi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, maka dipastikan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Minahasa periode 2024-2029.

Hal Ini setelah partai berlambang banteng moncong putih ini memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD dengan raihan 19 kursi di Minahasa.

Dan kursi ketua DPRD Minahasa pun nantinya akan ditentukan. Lantas siapa yang akan menjadi calon Ketua DPRD? hingga saat ini belum bisa diterka.

Namun demikian Ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey (RD) menjelaskan bahwa, ada beberapa kriteria dan aspek yang dipertimbangkan bagi kader partai yang akan duduk di kursi pimpinan DPRD.

“Seperti senioritas, ada jabatan di partai, memiliki track record yang bagus di partai termasuk kami mempertimbangkan kader yang berkualitas dan punya wawasan lebih.Syarat tak harus suara terbanyak,” ungkap RD pada wartawan, Rabu (03/04/24).

Mantan Wakil Bupati Minahasa ini pun menegaskan, aspek wawasan menjadi hal penting, karna menjadi ketua DPRD harus mampu merangkul dan menfasilitasi termasuk paham soal eksekutif dan legislatif

Loyalitas seperti apa? menurut RD, salah satunya pertimbangan apakah sering ikut rapat pengurus, kemudian apa yang sudah Ia perbuat untuk partai.

“Di PDIP kan ada penilaian kinerja, ada absen berapa kali ikut rapat pengurus. Punya wawasan. Hal hal seperti itu. Tapi, saya kira mereka ada sudah mengetahui masuk kriteria atau tidak,” terang RD.

RD, Mantan wakil bupati Minahasa ini tidak menyebut secara gamblang siapa kader yang penuhi kriteria. Namun, berdasarkan data, ada beberapa nama kader caleg PDIP yang berpotensi.

Seperti Dharma Palar sudah empat periode ini terpilih duduk di DPRD. Juga Rommy Leke sudah tiga periode ini terpilih. Dua nama itu merupakan kader senior dan masuk struktur pengurus DPC.

Juga ada nama Robby Longkutoy mantan pejabat eksekutif dan sudah dua periode duduk di DPRD. Ada juga nama Frangky Wolayan mantan pejabat kepolisian dan sudah dua periode terpilih jadi anggota DPRD. Dua nama terakhir itu loyalitasnya di partai sudah terukur.

Namun RD menegaskan bahwa mekanisme mengenai calon Ketua DPRD akan ditentukan oleh DPP PDIP. “Kami akan usulkan tiga nama dan DPP putuskan satu nama sebagai ketua DPRD, ” pungkasnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Figur Rendah Hati, Robby Dondokambey Layak Pimpin Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com– Pada Pemilihan Kepala Daerah Minahasa, figur Robby Dondokambey kembali mencuri perhatian. Meskipun bukan kali pertamanya mencalonkan diri, namun keberhasilannya membangun ikatan emosional dengan rakyat membuatnya menjadi figur yang melekat di hati masyarakat.

Robby Dondokambey, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa, dikenal oleh banyak warga sebagai pemimpin yang peduli dan dekat dengan kebutuhan rakyatnya. Keberhasilannya dalam membangun infrastruktur, memperhatikan kesejahteraan sosial, dan menjaga keberagaman budaya di Minahasa membuatnya mendapat dukungan luas.

Para pendukungnya menyebut Robby sebagai “Bapak Pembangunan Minahasa” yang telah membawa kemajuan signifikan bagi daerah tersebut. Selain itu, gaya kepemimpinannya yang humanis dan bersahaja membuatnya dianggap sebagai sosok yang mudah didekati dan merakyat.

Meskipun dihadapkan pada persaingan yang ketat, namun figur Robby Dondokambey tetap menjadi salah satu kandidat yang paling diharapkan oleh masyarakat Minahasa untuk melanjutkan pembangunan daerah tersebut dengan fitur yang tetap rendah hati.

Waty Rumondor salah seorang warga di Langowan Barat, menyebutkan, Minahasa butuh sosok yang rendah hati dan berjiwa kepemimpinan, maka dari “Robby Dondokambey, sosok yang sudah terbukti dalam memimpin Minahasa. Dimana kepemimpinan telah banyak berkontribusi dalam pembangunan daerah ini, terutama dalam infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Karena itu, kami percaya bahwa beliau adalah pilihan yang tepat untuk melanjutkan pembangunan dan memajukan Minahasa ke depannya. Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, toleransi umat beragama serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada. Selain itu, masyarakat juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa. Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada.

Selain itu, masyarakat juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa.Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada.

Sebagai masyarakat di Minahasa kami juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa, “pungkasnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Politics

“Banteng” Tomohon Makin Solid, Kokoh di Semua Dapil

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Berkaca pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya mampu mengutus 4 kampiun terbaiknya.

Namun kali ini pada Pileg 2024 partai berlogo banteng moncong putih tersebut dibawah pimpinan ketua DPC PDIP Kota Tomohon Caroll Senduk perkasa di segala lini dapil yang ada.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Caroll Senduk meyakini target 13 mampu diamankan oleh PDI Perjuangan untuk legislatif 2024.

“Mari torang rebut kursi DPRD Tomohon. Figur-figur kita adalah sosok-sosok hebat. Mereka semua kader-kader terbaik yang sudah melewati proses dan pertimbangan matang.” ujar Caroll Senduk. (26/1)

Dari data internal partai, dapil 1 Tomohon PDIP nyaris tak terbendung seluruh kader terbaiknya berperan penting hingga rata-rata memperoleh ribuan dukungan dari masyarakat hingga kuota 5 dari 7 kursi pun diamankan Banteng Moncong Putih.

Begitu juga dengan dapil 2 Tomohon, sebelumnya 2019 hanya keterwakilan satu kursi saja tapi 2024 bertambah dua kursi menjadi tiga kursi, artinya dapil 2 yaitu Tomohon Selatan terbukti kecintaan dan kepercayaan masyarakat kepada kader-kader terbaik PDIP kian pesat. Hal ini tak lepas dari tangan dingin Ketua DPC PDIP Caroll Senduk yang visioner melihat potensi dan sesuai keinginan masyarakat terkait aspirasi.

Dari dapil 3 Tomohon (Kecamatan Tomohon barat), Seluruh kader solid hingga mampu peroleh suara signifikan dan dua kursi pun mampu disegel PDIP.

Mengarah ke bagian utara atau dapil 4 Tomohon, PDI Perjuangan masih sangat kokoh, raihan ribuan suara menandakan masyarakat Tomohon solid mendukung PDI Perjuangan, tak ayal jumlah 5 kursi disegel Karlheiz Senduk dan Johny Runtuwene Cs untuk DPRD Tomohon 2024-2029.

Namun, Ketua DPC PDI Perjuangan Caroll Senduk menyebut hasil ini belum final, maka dimintakan simpatisan dan kader tetap terus kawal hingga penetapan nanti oleh KPU.

“Untuk perolehan suara saat inikan belum final tentunya sebagai hasil resminya masih menunggu rekapitulasi suara secara berjenjang oleh pihak KPU,” ungkap Caroll Senduk. (16/2)

(Wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending