Connect with us

Politics

Beringin Merosot Banteng Perkasa, Hasil Rekap Pileg 2024 di Mata Pemerhati Politik

Published

on


TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon beberapa waktu lalu telah selesai melakukan pleno tingkat Kota.

Dari hasil pleno tersebut diperoleh komposisi untuk 25 kursi anggota DPRD Kota Tomohon periode 2024-2029.

Menurut pemerhati politik Kota Tomohon Dani Tular, ia menyebut partai Golkar Kota Tomohon mengalami degradasi capaian dari hasil pileg tahun 2019 dibandingkan tahun 2024. Bisa dilihat dengan keluarnya salah satu kader terbaik seperti eks sekretaris partai Golkar Tomohon James E Kojongian dan Ladys Fransisca Turang serta Jimmy Wewengkang yang memilih untuk tak maju sebagai bakal Calon Legislatif (Caleg) berakibat pada hasil pileg 2024.

“Buktinya dari hasil Pleno tingkat Kota KPU Tomohon, partai Golkar Tomohon saat ini hanya mampu peroleh 7 kursi, artinya mengalami penurunan dari 10 kursi pada pileg 2019 lalu,” ujar Tular ketika bersua wartawan. (28/2) 2024.

Ia beranggapan bahwa penyebab dari merosotnya jumlah kursi Partai Golkar adalah tidak dipasangkan calon yang banyak dikenal oleh masyarakat.

Berbanding terbalik dari hasil yang dicapai oleh Partai PDI – Perjuangan Kota Tomohon, pada pileg 2019 lalu hanya memperoleh 4 kursi saja, namun di tangan dingin Caroll Senduk, PDI- Perjuangan Tomohon mampu kuasai 15 kursi DPRD Tomohon dari total 25 Kursi yang ada.

“Caroll Senduk menerapkan politik lemah lembut, dan ini terbukti mampu mengangkat PDI Perjuangan Kota Tomohon,” ungkap Dani Tular.

Sosok Caroll Senduk, lanjut Tular, adalah pemimpin yang brilian dengan capaian 15 kursi atau melebihi setengah total kursi merupakan hasil yang sangat luar biasa.

“Kita tau bersama rata rata caleg dari PDI Perjuangan Tomohon didominasi oleh calon notabene bukan pengurus partai, tapi mampu menarik perhatian masyarakat Kota Tomohon, disinilah letak kejelian dari Caroll Senduk membidik dan meletakan caleg-caleg yang potensial,” tukasnya.

Berikut 25 Caleg yang bakal menjadi anggota DPRD Tomohon periode 2024-2029 berdasarkan perolehan suara atas hasil rekapitulasi:

Dapil Satu (Kecamatan Tomohon Tengah dan Tomohon Timur)

1. Abraham Arturo Wakas (PDIP) 2.690 suara

2. Jilly Gabriela Eman (Golkar) 2.205 suara

3. Anita Mamesah (PDIP) 1.823 suara

4. Donald Pondaag (Golkar) 1.672 suara

5. Rocky Polii (PDIP) 1.664 suara

6. Maria H Pijoh (PDIP) 1.651 suara

7. Harryanto YS Lasut (PDIP) 1.556 suara

8. Jeffry H Polii (Gerindra) 590 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 12.188

Golkar 4.446

Gerindra 1.283

Dapil Dua (Kecamatan Tomohon Selatan)

1. Ferdinand Mono Turang (PDIP) 1.607 suara

2. Djemmy Jerry Sundah (Golkar) 1.934 suara

3. Herson Ali Raemah (Gerindra) 1.349 suara

4. Syalom Christi Mokorimban (PDIP) 1.468 suara

5. Gerard Jonas Lapian (Golkar) 1.690 suara

6. Noldie V Lengkong (PDIP) 1.171 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 7.674

Golkar 5.954

Gerindra 3.215

Dapil Tiga (Kecamatan Tomohon Barat)

1. James Johanis Enrico Kojongian (PDIP) 2.421 suara

2. Jeane d’arc Paula Mamahit (Gerindra) 1.578 suara

3. Santi Maria Runtu (PDIP) 1.077 suara

4. Feybie Vonie Simbar (Golkar) 823 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP : 5.423

Golkar 1.701

Gerindra 2.610

Dapil Empat (Kecamatan Tomohon Utara)

1. Karlheinz Putra Minahasa Senduk (PDIP) 3.763 suara

2. Johny Runtuwene (PDIP) 2.811 suara

3. Toar Marten Polakitan (Golkar) 1.463 suara

4. Adolfien Supit (PDIP) 1.863 suara

5. Franky Oroh (PDIP) 1.350 suara 

6. Feky Kosmas Rumondor (PDIP) 1.076 suara

7. Joice Fanda Poluan (Golkar) 851 suara

Total suara Caleg dan Partai:

PDIP :  12.877

Golkar:  4.004

(wan)

Print Friendly, PDF & Email

Bawaslu

Hadirkan Narasumber Gakumdu, KPU Sulut Gelar Penyuluhan Produk Hukum Pilkada Serentak 2024, di Minahasa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com
-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar penyuluhan produk hukum terkait penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Bertempat di Warung Kopi Rumah Tua Tondano, Jumat (21/6/2024).

Penyuluhan ini pula menghadirkan beberapa perwakilan diantaranya perwakilan partai politik, organisasi pegiat pemilu, dan insan pers.

Dalam penyampaiannya Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut, Meidy Yafeth Tinangon, S.Si, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari road show penyuluhan produk hukum di 15 kabupaten dan kota se-Sulut.

“Kabupaten Minahasa menjadi kabupaten yang pertama digelarnya kegiatan penyuluhan ini, nantinya akan berlanjut ke kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara,” Ujar Mantan Ketua KPU Minahasa ini.

Adapun penyuluhan ini, menurutnya, bertujuan memberikan penguatan aspek hukum kepada stakeholder demi suksesnya tahapan Pilkada 2024 yang ada di Sulut nanti.

“Kita akui suksesnya pelaksanaan Pilkada sangat bergantung pada bagaimana peserta pilkada maupun masyarakat pemilih dalam memahami produk hukum yang akan mengatur jalannya setiap tahapan pilkada,” Terangnya.

Sementara itu selaku Tim Pemeriksa Daerah DKPP Sulut, Dr. Victory Rotty, yang menjadi pemateri, menjelaskan tentang standarisasi dalam terwujudnya pemilihan yang berkualitas.

“Mungkin kita punya pandangan yang berbeda soal kriteria pemilihan berkulitas, tapi dalam pandangan saya setidaknya ada tiga hal prinsip, yaitu pertama kedaulatan rakyat jangan sekali-kali dihilangkan, kedua kedaulatan rakyat jangan dibatasi, dan ketiga kedaulatan rakyat jangan disalahgunakan,” papar Rotty yang juga sebagai akademisi Universitas Negeri Manado itu.

“Ketika kita tidak melanggar prinsip-prinsip ini, maka kita bisa dengan mudah mengukur pemilihan ini berintegritas atau tidak,” imbuhnya.

Adapun pemateri berikutnya, Dr Goinpeace Tumbel, yang juga menjadi narasumber memaparkan materinya terkait problematika hukum administrasi kepemiluan.

Dipaparkannya tentang sejarah singkat kepemiluan, dimana sejak 2005 rakyat berdaulat melalui pemilihan secara langsung.
Sejak itu, banyak lahir produk hukum atau undang undang yang mengatur pemilu secara langsung yang tujuannya mengatur dan menjamin proses pemilu secara langsung berjalan sesuai aturan.

“Tapi dari pengalaman yang kita lihat, faktanya walaupun regulasinya sudah jelas, hukum administrasinya jelas, tapi praktik-praktik pelanggaran masih sering ditemui dan mencederai demokrasi di Indonesia,” Tutur Tumbel.

Untuk itu menurut dia, salah satu hal yang harus dijunjung tinggi dalam kepemiluan adalah moralitas dari semua pihak, baik peserta pemilu, penyelenggara pemilu maupun masyarakat pemilih.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan lainnya yang disampaikan oleh Anggota Komisioner Bawaslu Sulut Donny Rumagit, STP, SH, terkait dengan pengawasan dan penindakan Pilkada, kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan oleh perwakilan Polda Sulut diwakili oleh Direktur Reserse Kriminal Polda Sulut Kombespol Ganif Siahaan, SIK, terkait pencegahan dan penindakan hukum serta narasumber dari Kejati Sulut diwakili oleh Plh. M. Harun Sunadi, S. E, S. H, M. H, selaku koordinator Kajati Sulut.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Sekretaris KPU Sulut, Meidy Malonda, Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa, Sekretaris KPU Minahasa Stella Sompe, dan jajaran. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

DPP PDI Perjuangan: Robby Dondokambey Calon Bupati Minahasa 2025-2030

Published

on

Robby Dondokambey Calon Bupati Minahasa 2025-2030 Dari Partai PDI Perjuangan

MINAHASA,inforakyatnews.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan calon Bupati di Minahasa yang diusung partai berlambang banteng ini.

Hal ini setelah, DPP PDI Perjuangan mengeluarkan surat rekomendasi dan mengumumkan Ketua DPC PDI Perjuangan Dr Robby Dondokambey SSi, MM, MAP, sebagai calon Bupati Minahasa periode 2025-2030.

Rekomendasi tersebut disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto Jumat kemarin di Jakarta (31/5/24).

Hasil rekom yang dikeluarkan PDI Perjuangan merilis peraih rekom dari Partai berlambang Moncong Putih tersebut, RD bersama 58 calon walikota/bupati dan 3 calon gubernur dari berbagai provinsi dan daerah di Indonesia,sah mendapatkan rekom dari partai pemenang pemilu tahun 2024 ini.

Sesuai dengan hasil keputusan rekomendasi tertuang dalam surat bernomor 6165/IN/DPP/V/2024, perihal instruksi dan undangan pemantapan batch-1 tim pemenangan daerah Pilkada serentak 2024. Terdiri dari tiga calon gubernur dan 58 calon wali kota/bupati.

Surat tersebut ditandatangi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto tertanggal 30 Mei 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Dr. Robby Dondokambey SSi, MM, MAP mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah atas rekomendasi DPP PDI Perjuangan.

“Saya (RD), mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan ini, maka Saya mengajak seluruh kader partai PDI Perjuangan yang ada di Minahasa untuk tetap solid bergerak dalam memenangkan pilkada serentak 2024, ” Ucap Robby Dondokambey.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Wujud Bela Sungkawa, Robby Dondokambey Bersama Istri Melayat Dirumah Duka di Noongan 2

Published

on

Robby Dondokambey Bersama Istri Melayat Dirumah Duka di Noongan 2

LANGOWAN BARAT, inforakyatnews.com – Sebagai bentuk kepedulian dan wujud bela sungkawa, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP, bersama istri tercinta Ny. Martina Dondokambey-Lengkong, melayat di Rumah Duka keluarga Walean-Pantouw, atas meninggalnya Ibu Meyti Pantouw. Bertempat di desa Noongan 2 Kecamatan Langowan Barat, Rabu (30/5/24).

Diketahui turut bersama dalam lawatan ke rumah duka ini, bersama mantan Wakil Bupati Minahasa RD, para anggota DPRD terpilih dari fraksi PDI Perjuangan diantaranya, Robby Longkutoy, Rommy Leke, Monica Rorong, dan mantan Asisten II Pemkab Minahasa, Wenny Talumewo serta lainnya.

Pada kesempatan ini, Robby Dondokambey mengucapkan Turut berdukacita kepada keluarga, yang ditinggalkan.

“Saya pribadi dan keluarga Dondokambey-Lengkong merasa turut berdukacita atas meninggalnya Ibu Meyti Pantouw, yang merupakan orang tua dari Bapak Friby Rumagit dan Ibu Silvane Walean, yang sudah Saya anggap sebagai keluarga, semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan penghiburan yang sejati dari Tuhan. “ucap RD.

Usai menyampaikan turut berdukacita, Robby Dondokambey yang merupakan bakal calon Bupati Minahasa bersama istri tercinta berkesempatan menghibur keluarga dengan menyumbangkan puji-pujian untuk keluarga yang sedang berduka, dilanjutkan juga beberapa pujian yang dinyanyikan oleh anggota dewan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending