Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Daerah · 9 Jul 2022 02:32 WITA ·

Pemda Manggarai Jajaki Kerjasama dengan PuslitKoka Jember


 Kabag Kerjasama, Ferdi Ampur Perbesar

Kabag Kerjasama, Ferdi Ampur

Manggarai, Inforakyatnews.com- Kabupaten Manggarai, merupakan salah daerah penghasil kopi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Akan tetapi, tanaman kopi milik para petani di daerah ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Dari proses awal seperti pembibitan, penanaman, perawatan hingga panen masih dilakukan seadanya. Sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam proses-proses tersebut masih minim.

Untuk membantu para petani dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas kopi, Pemerintah Kabupaten Manggarai akan menjajaki kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PuslitKoka) Indonesia, Jember Jawa Timur.

Kepala Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Manggarai, Ferdi Ampur, Kamis (7/7/22) mengatakan sudah membangun komunikasi dengan Puslitkoka.

“Kami hanya melakukan negosiasi untuk memperlancar kerjasamanya. Nanti yang kerjasama itu Dinas Pertanian dengan Puslitkoka,” katanya.

Menurut Ferdi, utusan dari dinas pertanian manggarai sudah bertemu dengan pihak Puslitkoka. Jika tidak ada kendala, bulan Agustus 2022 nanti kedua belah pihak akan mendatangi Memorandum of Understanding (MoU).

“Kita berharap, penandatanganan MoU bisa dilakukan saat festival kopi di Ruteng bulan agustus mendatang,” ujar Ferdi.

Dengan kerjasama ini, lanjut Ferdi, diharapkan bisa membantu para petani kopi di daerah ini.

“Kerjasamanya dari hilir sampai hulu. Mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan, panen hingga pemasaran, ternasuk penanganan penyakit pada kopi. Ada juga harapan ada pusat kopi sebagai kawasan wisata.

Ferdi juga mengatakan, dengan adanya kerjasama itu nanti, biji kopi maupun hasil pengolahanya bisa sesuai dengan standar mutu dunia. (Adi)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Polisi Grebek Judi Sabung Ayam, 2 Pelaku Ditangkap

28 November 2022 - 19:57 WITA

Entrasol Ajak Warga Ruteng Jalan Sehat dan Senam Aerobik

12 November 2022 - 16:43 WITA

Mashuri Tutup LT-III Regu Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin

11 November 2022 - 12:39 WITA

Merangin Peringati Hari Pahlawan 2022

11 November 2022 - 12:33 WITA

Longsor, Wabup Langsung Turun Sampai Jalan Kembali Normal

11 November 2022 - 12:29 WITA

Nilwan Yahya Optimis, Merangin Raih Camat Teladan

11 November 2022 - 12:25 WITA

Trending di Daerah