Connect with us

Tomohon

Pelaporan LHKPN Tahun 2023 Pemkot Tomohon 100 Persen

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pengisian LHKPN sangat penting, selain untuk deteksi dini pencegahan tindak pidana korupsi, tata kelola yang baik dan bersih juga dibangun di atas dasar integritas, akuntabilitas, serta transparansi.

Pemerintah Kota Tomohon guna menciptakan tata kelolah pemerintahan yang bersih maka dibentuk Unit Pengelola dan Penanggung Jawab Pengurusan Laporan Harta
Kekayaan Penyelenggara Negara (UP3L) di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

UP3L ini bekerja sesuai dengan amanat Surat Keputusan Walikota Tomohon Nomor 100 tahun 2019 tentang Pembentukan Unit Pengelola dan Penanggung Jawab Pengurusan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2019, untuk membantu kelancaran penyampaian LHKPN bagi Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Kegiatan UP3L Kota Tomohon yang dilaksanakan
adalah mengingatkan, melakukan pengawasan, dan mengenai pelaksanaan pelaporan LHKPN di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Penanggung jawab UP3L Jhon Sonny Liuw (Kaban BKPSDM) mengatakan, tugas UP3L adalah melaksanakan langkah atau upaya pencegahan terjadinya tindak pidana
korupsi dengan melakukan pendaftaran, dan pemantauan pelaporan LHKPN di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

“Nah, dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan
Tindak Pidana Korupsi, Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor: 07 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan Harta Kekayaan
Penyelenggara Negara.” Kata Liuw.

Ia pun memaparkan hasil rekapitulasi LHKPN tahun 2023. Pada bulan September hingga bulan Desember 2023 diadakan pemutakhiran data Wajib Lapor LHKPN tahun 2023 dengan mengupdate Master Jabatan dan mengupdate wajib Lapor LHKPN dengan menonaktifkan Wajib Lapor yang sudah pensiun dan sudah tidak sebagai penyelenggara negara.

“Setelah dilakukan Update Data, ditetapkan jumlah Wajib Lapor LHKPN Tahun 2023 berjumlah 98 orang.” kata Kaban BKPSDM Jhon Sonny Liuw. (13/6) 2024.

Untuk Wajib lapor LHKPN yang baru pertama kali, lanjut Liuw, akan melaporkan LHKPNnya masih harus mengisi formulir permohonan efilling LHKPN yang
akan disampaikan ke KPK bersama dengan Foto KTP.

Pada bulan Januari 2024 diedarkan surat kepada para Wajib Lapor LHKPN untuk segera melaporkan LHKPNnya hingga tanggal 31 Maret 2024 melalui website KPK www.elhkpn.go.id.

“Ke 98 orang Wajib Lapor mulai melakukan pelaporan LHKPN sejak tanggal 1 Januari 2024 hingga 31 Maret 2024.” ungkap Liuw.

Liuw juga mengatakan, Unit Pengelola LHKPN Pemerintah Kota Tomohon memantau pelaporan LHKPN, memberikan pendampingan dalam pelaporan LHKPN, membantu dalam pengaktifan username dan password dan UPL membantu juga dalam proses melaporkan harta kekayaan dengan mengkoordinasikan ke Admin LHKPN KPK.

“Jadi, seluruh 98 wajib lapor LHKPN telah selesai melapor tepat waktu pada 31 Maret 2024, sehingga presentase untuk Kota Tomohon capai 100 persen,” tutup Jhon Sonny Liuw.
(**)

Print Friendly, PDF & Email

Olahraga

Dukung Kemajuan Sepak Bola Kota Tomohon, Walikota Caroll Gelar Kejuaraan Antar Kelurahaan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang bertajuk “WALIKOTA CUP 2024, dihadiri dan resmi dibuka oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, bertempat di Lapangan Ir Dim Sondakh Kelurahan Tinoor Satu Kecamatan Tomohon Utara (Tomut), Sabtu (13/7/2024) sore tadi.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt Marco Wagey MTh.

Perlu diketahui, pertandingan sepak bola antara Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) tersebut disponsori langsung oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk.

Walikota Caroll Senduk dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Lurah Tinoor Satu Rendra Rempas yang menginisiasi kegiatan pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut).

“Hal ini tentu baik bagi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon. Sebagai pemerintah kami memberikan apresiasi kepada seluruh panitia. Ke Depan nantinya ada kegiatan yang sama yakni pertandingan sepak bola antar kelurahan yang ada di Kota Tomohon. Ini harapan demi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon,” kata Walikota Caroll Senduk saat bawakan sambutan pada pembukaan Walikota Cup 2024.

Lanjut, dirinya merasa bangga bisa hadir di lapangan Ir Dim Sondakh yang luar biasa ini. “Sekali lagi saya mau sampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan penonton yang mensupport kegiatan pertandingan sepak bola ini. Kami bangga melihat masyarakat begitu antusias dalam kebersamaan dengan pemerintah boleh menyelenggarakan lomba sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut),” tandas Walikota Caroll Senduk itu.

Sebelumnya, Lurah Tinoor Satu, Rendra Rempas menyampaikan banyak terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Walikota Tomohon Caroll Senduk yang sudah membuka secara resmi pertandingan antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara.

“Atas nama pribadi dan masyarakat Kelurahan Tinoor Satu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pak Walikota Caroll Senduk yang berkesempatan hadir dan membuka secara resmi pertandingan sepak bola saat ini,” ungkap Rendra Rempas saat sampaikan sambutan.

Diketahui, ada 10 Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang ikut dalam pertandingan sepak bola untuk memperebutkan piala Walikota Cup tahun 2024 saat ini.

Untuk hari ini, pertandingan pertama antara Kelurahan Tinoor Satu (1) melawan Kelurahan Kakaskasen Satu (1). Dan untuk pertandingan besok, Minggu 14 Juli, untuk pertandingan hari kedua antara Kelurahan Wailan versus Kelurahan Kinilow, kemudian Kelurahan Kayawu versus Kelurahan Kakaskasen Dua (2).

Turut hadir, Asisten III Setdakot Tomohon Masna Pioh, Kadis P3AD Tomohon Olga Karinda, Kabag Prokopim Setdakot Tomohon Christo Kalumata, Camat Tomohon Utara (Tomut) Ricky Supit dan sejumlah lurah yang ada di Kecamatan Tomohon Utara. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Senduk Hadiri RUPS-LB 2024 BSG

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024 PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pusat BSG, Jumat (12/07/2024), dihadiri oleh Para Pemegang Saham yaitu Para Kepala Daerah Gubernur/Walikota/Bupati di Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo serta Para Direksi dan Komisaris BSG. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Sebut Pemkot Tomohon Layanan Perizinan Dipermudah Untuk Masyarakat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon berkomitmen, semua perizinan apapun harus dimudahkan. Ini agar semua masyarakat boleh merasakan bagaimana yang dinamakan pelayanan pemerintah sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, saat menghadiri Forum Konsultasi Publik membahas tentang Standar Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Kamis (11/7/2024).

“Pelayanan harus dengan mudah, cepat, dan tepat. Ini menjadi harapan Pemerintah Kota Tomohon saat ini,” ujar Walikota.

Dia menegaskan lagi, menjadi komitmen pemerintah saat ini tidak ada pungutan-pungutan di luar ketentuan yang ada, saat mengurus perizinan. Semua pembayaran langsung ke bank, tidak ada lagi petugas yang pegang uang.

“Kalau masyarakat menemui ada kendala segera laporkan. Bisa SMS atau datang langsung ke kantor menanyakan kenapa pelayanan ada kendala dalam hal perizinan, terutama dalam hal ini PBG,” tandas Walikota.

Meski begitu, dia menambahkan, semua pengurusan perizinan tentunya harus sesuai dengan mekanisme yang ada, serta persyaratan semua terpenuhi. Kalau syarat-syarat yang diminta semua lengkap tentu secepatnya akan selesai. Juga perizinan yang dimaksud cepat selesai. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending