Connect with us

Pendidikan

Dihadapan Ratusan Orang Tua Murid, Walikota Caroll Sebut Komitmen Dukung Program Pendidikan Kota Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk menyebut dukung penuh pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Dikatakannya, setiap program pendidikan tentu menjadi satu prioritas pemerintah.

“Pemerintah Kota Tomohon akan terus mendukung program-program pendidikan yang ada di Tomohon.” Ungkap Walikota Caroll saat menghadiri Graduation Ceremony SMP Negeri Tomohon Class of 2024. Kamis (13/06) 2024.

Kegiatan yang digelar di SMP N 1 Tomohon, SMP N 2 Tomohon, SMP N 3 Tomohon itu, Walikota Caroll menyampaikan rasa bersyukur karna boleh melihat penamatan siswa siswi SMP terbaik di Kota Tomohon.

“Tentu prestasi-prestasi yang telah diraih agar bisa di jaga supaya bisa menjadi bekal untuk masa depan dan tentu hal ini akan membanggakan orang tua, guru, sekaligus diri sendiri.” Pesan Walikota Caroll Senduk.

Dalam Kesempatan tersebut Walikota Tomohon mengalungkan Tanda Kelulusan sekaligus menyerahkan sertifikat kelulusan kepada Siswa-Siswi.

Diketahui, jumlah kelulusan siswa siswi di masing-masing SMP yakni SMP N 1 Tomohon : 309 Siswa, SMP N 2 Tomohon: 131 Siswa, SMP N 3 Tomohon: 143 Siswa.

Turut hadir: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes,M.Si., Orang Tua Siswa, Guru dan Staf Pengajar SMP, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (***)

Print Friendly, PDF & Email

Manado

FISIP Unsrat Tuan Rumah FGD Nasional Bahas Implementasi Nilai-nilai Pancasila dan UUD 45

Published

on

Manado,inforakyatnews.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akan menjadi tuan rumah pelaksanaan diskusi penyusunan naskah akademik yang berisi usulan perubahan undang-undang dasar berdasarkan telaah implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan Pancasila sebagai dasar negara selama 25 tahun Reformasi.

Hal itu dikatakan Dekan FISIP Unsrat Dr. Ferry Daud Liando (Jumat 31/05/2024).

Menurut Dekan Dr. Ferry Daud Liando, Naskah Akademik akan disampaikan kepada Ketua MPR terpilih dan Presiden terpilih hasil Pemilu 2024.

“Naskah Akademik akan berisi usulan perubahan undang-undang dasar berdasarkan telaah implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan Pancasila sebagai dasar negara selama 25 tahun Reformasi,” terang Liando.

Sementara, Ketua Pelaksana Kegiatan Dr Grace Waleleng mengatakan bahwa tercatat ada 70 perguruan tinggi menjadi peserta diskusi tersebut.

“Kegiatan pembukaan akan dilaksanakan di Graha Bumi Beringin Manado pada Jumat 31 Mei 2024 jam 18.00 dan akan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Drs Steven Kandou dan akan dihadiri oleh Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty A Sompie,” ujar Waleleng.

Sedangkan kegiatan diskusi, kata Grace Waleleng akan dilaksanakan pada Sabtu 1 Juni 2024 di Ruang Rapat FISIP Unsrat. (**/Fryl)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Dibuka Ketua Rendy Suawa, KPU Minahasa Gelar Media Gatring

Published

on

KPU Minahasa Gelar Media Gatring

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mengelar Media Gatring Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2024, yang dibuka oleh Ketua KPU Minahasa Rendy Valentino Jagger Suawa, yang digelar di Rumah Tua, Tondano, Senin (27/5/24).

Adapun kegiatan Media Gatring Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2024, diikuti oleh para wartawan yang bertugas sebagai biro Minahasa, yang terdiri dari beberapa oraganisasi wartawan yang ada di Minahasa, diantaranya, PWI, PERSMIN, AWAM, dan IWO.

Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa dalam sambutannya, menyampaikan, “hingga ahir bulan Mei telah masuk pada tahap perencanaan dan nantinya akan masuk pada tahap pelaksanaan, “ucap Suawa.

Dijelaskannya juga, diketahui sampai hari terakhir yang ditentukan tidak ada calon perseorangan yang mendaftar diri secara perorangan.

“Hingga ahir yang ditentukan tidak ada yang mendaftarkan diri secara perorangan, untuk calon Bupati di Minahasa, pada Pilkada Gubernur dan Bupati tahun 2024, “Terangnya.

Ditambahkannya, bagi kami media sangat penting dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam pilkada.

“Peran media sangat penting untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini. Dan nantinya KPU Minahasa dalam pelaksanaan tahapan ini dalam mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pilkada tahun 2024, nantinya akan diadakan Media Center, meskipun nantinya Media Center bagi wartawan tidak seperti pilkada sebelumya namun dalam pola yang nantinya diatur oleh KPU Minahasa, “tandas Suawa.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para narasumber, dipandu oleh Ketua Divisi Sosialsiasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Arif Kurniawan

Materi pertama dalam sosialisasi ini diberikan oleh narasumber Dosen Unima, Dr Viktori N. J Rotty, selaku Wadir Pasca Sarjana, dan Tim Pemeriksa Daerah, TPD, dimana dalam penyampaian, terkait media penentuan pilkada beretika.

Kemudian dilanjutkan dengan pembawa materi berikutnya oleh narasumber Anggota KPU 2013-2018 Presidium JaDi Sulut, Dr Zulkifli Golongomm, M. Si, terkait dengan sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut, serta Bupati dan wakil bupati Minahasa tahun 2024.

Dalam kegiatan ini juga diadakan dialog antara para peserta yang dilakukan dengan tanya jawab antara para peserta dengan narasumber.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, seluruh Anggota Komisioner diantaranya Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Aprilia Philia Regar, Ketua Divisi Perencanaan data dan Informasi Lidya Annita Malonda, Ketua Divisi Teknis Rijali AHI Soerotinojo dan Staff KPU Minahasa, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, PMII, Mahasiswa Unima, dan para Wartawan.
(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Pendidikan

Komitmen Pemkot Tomohon Dalam Pengembangan Pendidikan, DIKBUD EXPO HARDIKNAS 2024 Digelar

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Salah satu komitmen pemerintah Kota Tomohon di bawah pimpinan Walikota Caroll Senduk untuk terus menjunjung tinggi Kota Tomohon sebagai Kota Pendidikan yakni menyelenggarakan Dikbud Expo Hardiknas 2024.

Digelar di Anugerah Hall gelaran Dikbud Expo Hardiknas 2024 dibuka langsung oleh Walikota Caroll Senduk. Senin (13/5) 2024.

” Ini salah satu komitmen dari Pemerintah Kota Tomohon dimana kita tau bersama Kota Tomohon adalah Kota Pendidikan. Hal-hal seperti ini terus kita tingkatkan dalam kebersamaan semua elemen untuk terus memajukan dunia pendidikan di Kota Tomohon karena ini adalah bekal bagi kita semua bagaimana generasi – generasi anak didik kita harus diberikan yang terbaik kepada mereka.” ungkap Walikota Caroll saat membuka kegiatan.

Caroll Senduk pun berharap melalui kegiatan Expo ini kita menyaksikan baik dari kecamatan dan sekolah-sekolah yang ada menunjukan kelebihan dari masing-masing untuk memajukan pendidikan yang ada di Kota Tomohon. Semua dengan tujuan bagaimana dunia pendidikan di Kota Tomohon ini terus berkembang dan semakin baik ke depan.

“Kita semua tau Kota Tomohon ini juga banyak menciptakan guru-guru yang luar biasa, bapak ibu guru-guru boleh berbangga karena boleh menjadi seorang ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’.” cetus Walikota Caroll.

Kesempatan tersebut, Walikota mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara.

“Selaku pemerintah kami mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon yang boleh menyelenggarakan Expo Dikbud ini dan juga guru-guru dan siswa-siswa atas inovasi dan kreatifitas.” ucap Walikota.

Usai membawakan sambutan, Walikota Tomohon menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada sekolah Paud, TK, SD, SMP, dan Walikota Juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat Tagulandang yang terkena musibah erupsi gunung ruang

Dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara Arianto Batara SP MPd, Mewakili Danramil 1302 – 06 Sertu Eko Nugroho, Wakapolres Tomohon Kompol Parura Amping, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana Karwur MKes MSi, Ketua Panitia Dikbud Expo 2024 Verry Darosa MPd, Seluruh Kepala Sekolah Paud, Tk, Sd, Smp se-Kota Tomohon, Guru-guru tenaga pengajar. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending