Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Manggarai Barat · 25 Jan 2022 21:01 WITA ·

Pater Andi Disambut Antusias Umat Katolik Paroki St. Nikolaus Pacar Manggarai Barat


 Pater Andi Disambut Antusias Umat Katolik Paroki St. Nikolaus Pacar Manggarai Barat Perbesar

Labuan Bajo, NTT, Inforakyatnews – Umat Katolik paroki St.Nikolaus Pacar Kevikepan Manggarai Barat, keuskupan Ruteng antusias menyambut kedatangan pastor kapelan, Pater Herman Saup Yustin, SVD atau akrab disapa Pater Andi.

Pater Andi nantinya akan membantu pastor paroki Santu Nikolaus Pacar Romo Didimus A. Mbembo,Pr dalam melaksanakan tugas pelayanan pastoral untuk beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya Pastor kapelan diisi oleh Romo Silvianus Aldo,Pr yang hanya ditugaskan kurang lebih dua bulan sejak masa Adven 2021 lalu.

Kedatangan Pater Andi ke tempat tugasnya itu didampingi keluarga dan juga utusan dari provinsial SVD Ruteng pada Sabtu, (22/01/2022).

Antusiasme umat paroki St. Nikolaus Pacar menyambut Pater Andi tampak terlihat dalam penerimaan yang begitu meriah penuh semangat mulai penjemputan hingga sejumlah rangkaian penerimaan secara adat setempat.

Orang Muda Katolik (OMK) paroki Pacar menjemput Pater asal Poka Lembor Manggarai Barat tersebut di perbatasan wilayah paroki Pacar dengan paroki Compang tepatnya di Bea Pau, Lando Desa Manong kecamatan Pacar bersama dewan wilayah Watu Wangka, Elias Lepen serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh Adat dan tokoh Agama.

Pater Andi (Sebelah Kiri)

Tiba sekitar Pukul 12.00, Pater Andi diterima secara budaya Manggarai berupa ‘Kapu’ sebagai simbol keterimaan Pater Andi oleh Pastor paroki serta segenap umat paroki Pacar.

Dalam kesempatan yang sama pihak SVD Ruteng dan keluarga menyerahkan Pater Andi kepada pastor paroki Pacar dan segenap umat paroki Pacar. Mereka berharap agar pastor paroki dan umat paroki Pacar membantu pater Andi dalam menjalankan tugas karya pelayanannya.

Diwawancarai media ini, Pater Andi mengatakan siap membantu pastor paroki dalam menjalankan program dan tugas pelayanan baik pelayanan rutin maupun non rutin sebagaimana SK yang diberikan Uskup Ruteng.

“Sesuai SK dari Bapa Uskup, saya ditugaskan untuk membantu pastor paroki. Karena itu saya siap menjalankan program pastor paroki baik pelayanan rutin maupun non rutin” tutur pater Andi.

Pater Tahbisan Tahbisan 1 Oktober 2021 ini mengaku senang dan bangga karena tugas perdananya sebagai seorang Imam langsung ditugaskan di Paroki oleh pimpinan SVD Ruteng. Tugas di Paroki merupakan harapan yang selalu didengungkannya, jadi tugas pelayanan di Paroki adalah Doa yang dikabulkan.

Pater Andi meminta dukungan dan kerja sama semua umat paroki Pacar agar tugas dan karya pelayanannya dapat berjalan dengan baik.

Pastor paroki St. Nikolaus Pacar, Romo Didimus A. Mbembo,Pr diwawancara media ini di sela penerimaan Pater Andi itu mengatakan bahwa Dirinya bersyukur dan bersuka cita atas ditugaskannya seorang Pastor yang tentunya akan mempermudah tugasnya sebagai pastor paroki dalam memberikan pelayanan kepada umat.

“Saya merasa senang dan bersuka cita karena ada penambahan pastor sehingga mempermudah karya pelayanan” ungkap Romo Didi.

Romo Didi mengungkapkan bahwa sesungguhnya memang Ia sangat membutuhkan penambahan Pastor. Ada dua hal yang mendasarinya, Pertama; memudahkan karya pelayanan, kedua; mendekatkan pelayanan sehingga umat tidak kesulitan mendapatkan pelayanan.

Salah satu bentuk upaya mendekatkan pelayanan kepada umat yang telah dilakukan kata Romo Didi adalah dilakukannya Misa di setiap kampung yang dimulai sejak November 2021. Romo Didi berkomitmen akan terus menggelar Misa di setiap kampung seperti ini pada menjelang akhir tahun sebagai bentuk syukuran umat.

Romo Didi menyebutkan bahwa permintaan umat paroki Pacar akan pelayanan sangat tinggi namun selama ini sulit mendapatkan pelayanan. Hal ini disebabkan karena Ia hanya sendiri saja ditambah dengan topografi yang juga sulit.

Dalam kesempatan itu Romo Didi meminta kerja sama, baik pengurus dewan pusat paroki, dewan wilayah dan juga semua umat sebab majunya sebuah paroki bukan bergantung pada pastornya saja tetapi semua umat.

Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Nikolaus Pacar, Sipri Jamat mengatakan bahwa Dirinya dan umat katolik St. Nikolaus Pacar merasa senang dengan hadirnya Pater Andi sebagai pastor Kapelan paroki St. Nikolaus Pacar.

“Saya secara pribadi dan seluruh umat paroki Santu Nikolaus Pacar merasa senang dengan hadirnya Pater Andi yang nanti akan membantu Romo Didi sebagai pastor paroki dalam memberikan pelayanan pastoral kepada umat” ungkap Sipri saat diwawancarai media ini di sela penerimaan tersebut.

Sipri yang juga merupakan kepala Puskesmas Pacar ini mengatakan bahwa Ia dan seluruh umat merasa senang lantaran diyakini kebutuhan umat akan pelayanan Pastoral akan terlayani dengan maksimal dengan adanya pastor kapelan tersebut.

Pria asal Purek desa Pacar kecamatan Pacar ini mengungkapkan, kebutuhan umat akan pelayanan pastoral selama ini belum terlayani dengan maksimal, hal ini menurutnya disebabkan karena hanya dilayani oleh pastor paroki sendiri saja sementara permintaan umat sangat banyak baik terkait perayaan ekaristi syukuran, pernikahan, misa kematian dan juga yang lainnya.

Sebagai ketua dewan Paroki, Sipri optimis pelayanan pastoral umat akan terlayani secara maksimal dengan adanya pastor kapelan, Pater Andi, SVD.

Karena itu Sipri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pimpinan provinsial SVD Ruteng yang telah mengutus salah satu imam dari kongregasi mereka untuk bertugas di Paroki St. Nikolaus Pacar.

Sipri mengakui ini sebagai perjuangan atau upaya dari pastor paroki Pacar Romo Didi untuk menjawab kebutuhan umat.

Di sisi lain Ia mengajak umat untuk meningkatkan kesadaran iman dan mendukung semua program pastor paroki Pacar serta melaksanakan kewajiban sebagai umat. apalagi pastor Paroki Pacar, Romo Didi sedang merencanakan pembangunan Gereja baru mengingat kondisi bangunan gereja paroki St. Nikolaus Pacar saat ini yang tidak lagi baik atau banyak bagian yang rusak.

Penyambutan pater Andi terpantau berlangsung lancar penuh suka cita. Keterlibatan OMK paroki St. Nikolaus Pacar turut memperlancar rangkaian penyambutan pater Andi tersebut.

Penulis; Paulus Nabang

Artikel ini telah dibaca 111 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Belum Teraliri Listrik, Kades Dan Tokoh Masyarakat Macang Pacar Datangi Kantor UPPK Flores

13 Mei 2022 - 09:45 WITA

Penanaman Jagung dan Kedelai di Macang Pacar Dihadiri Anggota DPR RI, Julie Laiskodat

11 Mei 2022 - 06:47 WITA

Persawahan Lembor Masih Kekurangan Air, Masyarakat Sampaikan Keluhan Kepada Gubernur NTT

21 April 2022 - 19:23 WITA

KPM Desa Golo Lajang Barat Terima BLT DD Tahap I Tahun 2022

20 Maret 2022 - 19:48 WITA

Desa Waka Kecamatan Pacar Salurkan BLT DD Tahap I Tahun 2022

19 Maret 2022 - 13:36 WITA

Anggota DPR RI Berikan Beasiswa PIP Aspirasi bagi Siswa SMPN 3 Kecamatan Pacar Manggarai Barat

15 Desember 2021 - 00:39 WITA

Trending di Daerah