Connect with us

Tomohon

Musrenbang RKPD 2025, Ini 8 Program Prioritas Pemkot Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2025, Bertempat di Welu Woloan. Jumat (22/3) 2024

Walikota Tomohon saat menghadiri mengatakan, Penyelenggaraan musrenbang RKPD saat ini, merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kota Tomohon tahun 2025 dimana kita akan memasuki tahapan pematangan rancangan RKPD dengan menyelaraskan substansi rancangan rencana kerja (RENJA) masing-masing perangkat daerah berdasarkan hasil forum lintas perangkat daerah.

“Rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen RKPD nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program aksi pembangunan yang disepakati, serta memperhatikan berbagai pokok pikiran dari stakeholder / pemangku kepentingan. Yang tentunya harus sinkron dengan tema serta program prioritas pembangunan Nasional dan Provinsi Sulawesi Utara.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, lanjut Caroll,  telah dirancang tema pembangunan Kota Tomohon tahun 2025 yaitu  “memperkuat ketahanan ekonomi, peningkatan sdm berkualitas dan berdaya saing menuju Kota Tomohon sebagai kota wisata berkelanjutan”. kata Walikota.

Walikota juga mengungkapkan, Masyarakat, Pemerintah, dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan aspirasi-aspirasi dari para pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dituangkan dalam rancangan RKPD Kota Tomohon tahun 2025 sebagai bentuk korelasi antara substansi RKPD dengan kerangka pendanaan, maka dukungan partisipasi sumber daya masyarakat dan sumber pendanaan lainnya adalah elemen penting yang harus diupayakan untuk mendukung pembiayaan pembangunan, disamping pembiayaan yang bersumber dari APBN dan APBD provinsi sulawesi utara. 

“Pelaksanaan proses sinkronisasi program dan pendanaan melalui musrenbang kota ini diharapkan akan terbangun struktur perencanaan penganggaran yang mampu merealisasikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah Kota Tomohon.”

Ia pun berharap, nantinya agar apa yang kita hasilkan, putuskan dan sepakati pada acara musrenbang ini benar-benar dijabarkan dalam rencana kerja perangkat daerah dan penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) perangkat daerah.

agar pada saatnya kita akan menghasilkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) pada tahun depan yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun yang juga tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini.

Kami optimis bahwa perangkat daerah  terkait juga akan semakin mampu melaksanakan program dan kegiatan yang berbasis pada optimalisasi output dan outcome serta dibarengi dengan realisasi anggaran yang akuntabel. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini kami selalu menghimbau agar program dan kegiatan yang akan kita laksanakan, terutama secara teknis harus bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kami berpesan agar dalam acara musrenbang RKPD ini diharapkan dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan tahun anggaran 2025, yang nantinya juga akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan musrenbang, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam upaya kita membangun dan menata Kota Tomohon ke depan.” tukasnya.

Usai dibuka oleh Walikota Caroll Senduk, dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Pelaksana Musrembang dan Forum Perangkat Daerah Terbaik tahun 2024 oleh Walikota Tomohon.

Berikut program prioritas pembangunan dalam rancangan RKPD Kota Tomohon tahun 2025

1. pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan;
2. penanggulangan kemiskinan dan pengangguran;
3. peningkatan produktivitas pertanian dan pariwisata;
4. peningkatan daya saing ekonomi dan investasi daerah;
5. stabilitas daerah yang terjamin;
6. penguatan kapasitas SDM;
7. peningkatan kualitas tata kelola, Tomohon smart city dan pelayanan publik.
8. pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

Hadir Mewakili Kapolres Tomohon Wakapolres Tomohon  Kompol Parura Amping, Mewakili Kajari Tomohon Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan Tri Yudha Wardana Fahmi SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Dr Erenst Jannes Ulaen SH MH, Korwil BIN Kota Tomohon Letkol Ahmad Firgaus, Mewakili Dandim 1302 Minahasa, Danramil Tomohon Kapten Armed Zadrak Charles Sonlay, Mewakili Kepala Bappeda Prov Sulut Sekretaris Bappeda Drs James Kewas MSi, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Jeklin Mareyke Mangulu SP MSi. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Kultur

Meriah, Paskah WilKas Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, Inforakyatnews.com – Penatua (Pnt) Caroll J,A Senduk menghadiri Kegiatan Pawai Paskah Wilayah Kakaskasen yang dilaksanakan di GMIM Kakaskasen Eben Haezer. Jumat, (12/04/2024).

Kegiatan diawali dengan ibadah dan dikhadimi Pdt. Julien Sagay Karwur Sth. selaku Ketua BPMW Kakaskasen dan Ketua BPMJ Kakaskasen PNIEL.

kesempatan tersebut Pnt Caroll Senduk selaku Walikota Tomohon mengajak, Melalui kegiatan pawai Paskah ini, marilah kita menjalin kebersamaan dan persaudaraan.

“Kegiatan ini bukan menunjukan siapa yang terbaik melainkan bagaimana kita sebagai umat Tuhan boleh meneladani akan pengorbanan Kristus dan boleh menjadi teladan bagi orang lain. Oleh karena itu, perkenankan saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jemaat di wilayah Kakaskasen bahkan panitia yang telah mencetuskan berbagai kegiatan positif guna membangun kebersamaan seluruh Jemaat.” ungkap Walikot Coroll Senduk.

Walikota Carol juga beharap, dengan peristiwa kebangkitan Kristus mampu memberikan sukacita dan memberikan pengharapan untuk kehidupan kekal serta keselamatan kita selaku umat Kristiani.

Usai ibadah dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan kebersamaan Pelsus di tandai dengan pelepasan balon gas dan penabuhan Tambor tanda buka oleh Walikota bersama BPMW Kakaskasen.

Pawai dengan berbagai ornamen Paskah, narasi dan gambar-gambar yang diambil dari lembaran Alkitab, diikuti oleh Jemaat se-Wilayah Kakaskasen, pawai start dan finish di GMIM Kakaskasen Eben Heazer dan jarak tempuh pawai ialah tiga kilometer.

Turut Hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Pnt. Drs. Johnny Runtuwene, DEA., Ketua TP-PKK Kota Tomohon Pnt, drg. Jeand’arc Senduk- Karundeng, Badan Pekerja Majelis Wilayah Kakaskasen, Κetua BPMJ Kakaskasen Eben Haezer Pdt. Sophia Goni Rau, M.Teol., Para Pendeta, Guru Agama, Pelayan Khusus dan Jemaat Se-Wilayah Kakaskasen.(wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Sulut

Kebersamaan Walikota Caroll Senduk Rayakan Idul Fitri Bersama Umat Muslim Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk menghadiri perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah umat muslim Tomohon.

Digelar di Masjid Al-Mujahidin Matani.Rabu (10/04/2024) dipimpin oleh Imam mesjid Al Mujahidin H. Sutardi Abdul Karim.

Pada kesempatan tersebut,Walikota Tomohon Caroll Senduk, mengungkapkan Puji dan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hari ini seluruh umat muslim mengumandangkan takbir akbar.

“Selaku pemerintah Kota Tomohon, pribadi, dan keluarga, saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah kepada seluruh saudara-saudara umat muslim di Kota Tomohon. Untuk itu jadikanlah hari ini sebagai momen membersihkan hati dan pikiran, sekaligus menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha, agar keharmonisan, kerukunan dan kedamaian selalu terwujud antar umat beragama di Kota Tomohon.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota Caroll juga mengatakan, Dihari nan fitri ini, marilah kita sebagai masyarakat Kota Tomohon saling mendukung dan mendoakan, seraya saling memaafkan agar tercipta hidup rukun dan damai.

“Pada kesempatan ini juga, saya mengajak kita semua untuk membangun Kota Tomohon dalam suatu jalinan kerukunan hidup dan damai.Saya menghimbau tetap waspada terhadap isu-isu yang tidak benar, adu domba, serta segala hal yang dapat merugikan diri sendiri,keluarga,lingkungan dan masyarakat, negara dan bangsa terlebih di Kota Tomohon.” tutur Caroll Senduk.

Saya berharap kontribusi dan partisipasi umat muslim di Kota Tomohon untuk selalu mendukung dan mensukseskan program dan kegiatan pemerintah Kota Tomohon.

Caroll Senduk juga mengungkapkan, Pemerintah Kota Tomohon mempunyai program pelayanan unggulan kepada seluruh masyarakat yang lahir sampai meninggal.

“Untuk proses kelahiran mendapatkan pelayanan gratis, begitu pun saat kematian pemerintah memberikan dana sebesar Rp.5.000.000. Dan untuk yang bersekolah mendapatkan sekolah gratis tapi harus bersekolah di sekolah negeri, dan bantuan sosial bagi lanjut usia.” tambahnya.

Usai kegiatan, Walikota Caroll Senduk selaku Pemerintah Kota Tomohon memberikan Dana Kebersamaan sebesar Rp.20.000.000,-

Turut Hadir, Ketua Yayasan Al- Mujahidin Tomohon Abdul Mahmud,SAK., Khotip (penceramah) H Yasir Arafat Liputo Lc, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Wakapolres Tomohon Kompol Parura Amping, seluruh umat Muslim dan jajaran Pemkot Tomohon. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Tradisi Makan Di daun, Bupati Minahasa Hadiri Ibadah Mingguan Mertua Sekda Watania

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH. MSA, mengikuti Ibadah Kumawus (Mingguan) Atas Meninggalnya Alm. Drs. Nicollas Wilar Mertua dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania,MM,M.Si Dalam Keluarga Wilar-Watania, bertempat dirumah kediaman Sekda Watania di Tomohon. Minggu (7/4/2024)

Bupati Kumendong mengatakan Kumawus (Mingguan) merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dibangun sebagai bagian dari rasa syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan bagi keluarga yang baru ditinggalkan oleh orang yang sangat di kasihi dan di cintai.

”Bentuk rasa syukur dan terima kasih kita atas kasih dan bimbingan Tuhan selang seminggu ditinggalkan oleh yang kita kasihi,” ucap Bupati.

Keluarga yang berduka sudah sangat memahami bahwa peristiwa seperti ini menjadi bukti bahwa cinta kasih Tuhan tetap menjadi bagian dalam perjalanan kehidupan mereka sekalipun orang yang dikasihi telah pergi selamanya menghadap Tuhan sang pencipta.

” Maka dari itu, saya yakin dan percaya keluarga akan tabah dan kuat menghadapi peristiwa duka ini. Terlebih keluarga adalah pelayanan Tuhan yang memahami betul arti dari sebuah kematian bagi orang yang percaya kepada Tuhan,” ungkapnya.

Ada yang menarik dalam acara kumawus tersebut, dimana para tamu undangan, makan bersama diatas daun yang menjadi ciri khas Mingguan di Kota Tomohon.

Turut Hadir, Jajaran Pejaba Pemerintah Kabupaten Minahasa,dan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending