Connect with us

Tomohon

Koordinasikan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Bapelitbangda Gelar Rapat Pokja PKPP

Published

on

TOMOHON,inforakyatnews.com – Bapelitbangda Kota Tomohon menggelar Rapat Kelompok Kerja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman ( Pokja PKP) Kota Tomohon, di Swiss belhotel, Jumat (29/6/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten III Setdakot Masna Pijoh mewakili Sekkot Edwin Roring SE ME , sekaligus sebagai narasumber mengatakan pembentukan Pokja PKP Kota Tomohon berdasarkan keputusan Wali Kota Tomohon No 535 Tahun 2022 , dimana peran masyarakat dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman perlu menetapkan keputusan wali kota tentang pembentukan Pokja PKP.

“Pokja PKP adalah lembaga yang mengkoordinasikan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman. Pokja ini berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi lintas sektor pemerintah dalam penyelenggara bidang PKP,” kata Masna Pijoh.

Manfaat langsung memiliki Pokja PKP, kata Pijoh yakni penyelenggaraan perumahan dan pemukiman yang terkoordinasi , tersinergi dan lebih terarah.

” Daerah memiliki rencana PKP yang disepakati dan masing masing dinas perangkat memahami arah dan kebijakan pembangunan PKP,” ujar Pijoh.

Manfaat lain dari Pokja ini adalah program dan kegiatan terkait dengan perumahan yang di masing masing dinas akan searah dengan rencana PKP yang disepakati.

” Berkurangnya potensi tumpang tindih program perumahan dan kawasan permukiman diantara dinas terkait,” tambah Asisten III.

Selain itu, berkurangnya potensi tumpang tindih program perumahan dan kawasan pemukiman diantara dinas terkait.

“Juga terjadinya efisiensi dan efektifitas kegiatan pembangunan bidang PKP,” tambahnya.

Sementara itu, menyangkut tugas dan fungsi Forum PKP dalam pemaparannya , Masna Pijoh menyebutkan pertama menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, kedua membahas dan merumuskan arah pemikiran penyelenggara PKP, ketiga meningkatkan peran dan pengawasan masyarakat, keempat memberikan masukan ke pemerintah pusat dan Daerah serta kelima adalah melakukan peran arbitrase dan mediasi.

Rapat Pokja tersebut ikut pula menghadirkan narasumber Jary Manulang ST dan Kartika Kamurahan SH dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulut, David Rambitan ST dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I.

Sedangkan peserta yang hadir , Kepala BPN Tomohon, Dirut PDAM Tomohon serta anggota Pokja PKP Tomohon.(wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Olahraga

Dukung Kemajuan Sepak Bola Kota Tomohon, Walikota Caroll Gelar Kejuaraan Antar Kelurahaan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang bertajuk “WALIKOTA CUP 2024, dihadiri dan resmi dibuka oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, bertempat di Lapangan Ir Dim Sondakh Kelurahan Tinoor Satu Kecamatan Tomohon Utara (Tomut), Sabtu (13/7/2024) sore tadi.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt Marco Wagey MTh.

Perlu diketahui, pertandingan sepak bola antara Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) tersebut disponsori langsung oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk.

Walikota Caroll Senduk dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Lurah Tinoor Satu Rendra Rempas yang menginisiasi kegiatan pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut).

“Hal ini tentu baik bagi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon. Sebagai pemerintah kami memberikan apresiasi kepada seluruh panitia. Ke Depan nantinya ada kegiatan yang sama yakni pertandingan sepak bola antar kelurahan yang ada di Kota Tomohon. Ini harapan demi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon,” kata Walikota Caroll Senduk saat bawakan sambutan pada pembukaan Walikota Cup 2024.

Lanjut, dirinya merasa bangga bisa hadir di lapangan Ir Dim Sondakh yang luar biasa ini. “Sekali lagi saya mau sampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan penonton yang mensupport kegiatan pertandingan sepak bola ini. Kami bangga melihat masyarakat begitu antusias dalam kebersamaan dengan pemerintah boleh menyelenggarakan lomba sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut),” tandas Walikota Caroll Senduk itu.

Sebelumnya, Lurah Tinoor Satu, Rendra Rempas menyampaikan banyak terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Walikota Tomohon Caroll Senduk yang sudah membuka secara resmi pertandingan antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara.

“Atas nama pribadi dan masyarakat Kelurahan Tinoor Satu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pak Walikota Caroll Senduk yang berkesempatan hadir dan membuka secara resmi pertandingan sepak bola saat ini,” ungkap Rendra Rempas saat sampaikan sambutan.

Diketahui, ada 10 Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang ikut dalam pertandingan sepak bola untuk memperebutkan piala Walikota Cup tahun 2024 saat ini.

Untuk hari ini, pertandingan pertama antara Kelurahan Tinoor Satu (1) melawan Kelurahan Kakaskasen Satu (1). Dan untuk pertandingan besok, Minggu 14 Juli, untuk pertandingan hari kedua antara Kelurahan Wailan versus Kelurahan Kinilow, kemudian Kelurahan Kayawu versus Kelurahan Kakaskasen Dua (2).

Turut hadir, Asisten III Setdakot Tomohon Masna Pioh, Kadis P3AD Tomohon Olga Karinda, Kabag Prokopim Setdakot Tomohon Christo Kalumata, Camat Tomohon Utara (Tomut) Ricky Supit dan sejumlah lurah yang ada di Kecamatan Tomohon Utara. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Senduk Hadiri RUPS-LB 2024 BSG

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024 PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pusat BSG, Jumat (12/07/2024), dihadiri oleh Para Pemegang Saham yaitu Para Kepala Daerah Gubernur/Walikota/Bupati di Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo serta Para Direksi dan Komisaris BSG. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Sebut Pemkot Tomohon Layanan Perizinan Dipermudah Untuk Masyarakat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon berkomitmen, semua perizinan apapun harus dimudahkan. Ini agar semua masyarakat boleh merasakan bagaimana yang dinamakan pelayanan pemerintah sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, saat menghadiri Forum Konsultasi Publik membahas tentang Standar Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Kamis (11/7/2024).

“Pelayanan harus dengan mudah, cepat, dan tepat. Ini menjadi harapan Pemerintah Kota Tomohon saat ini,” ujar Walikota.

Dia menegaskan lagi, menjadi komitmen pemerintah saat ini tidak ada pungutan-pungutan di luar ketentuan yang ada, saat mengurus perizinan. Semua pembayaran langsung ke bank, tidak ada lagi petugas yang pegang uang.

“Kalau masyarakat menemui ada kendala segera laporkan. Bisa SMS atau datang langsung ke kantor menanyakan kenapa pelayanan ada kendala dalam hal perizinan, terutama dalam hal ini PBG,” tandas Walikota.

Meski begitu, dia menambahkan, semua pengurusan perizinan tentunya harus sesuai dengan mekanisme yang ada, serta persyaratan semua terpenuhi. Kalau syarat-syarat yang diminta semua lengkap tentu secepatnya akan selesai. Juga perizinan yang dimaksud cepat selesai. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending