Connect with us

Bawaslu

Jelang Pemilu 2024, Panwaslucam Langowan Barat Lantik Dan Bekali 60 Pengawas TPS

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa melalui Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Langowan Barat melaksanakan pelantikan dan Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pemilu 2024. Bertempat di Balai Desa Walewangko, Senin (22/1/24).

Diketahui Panwaslu kecamatan Langowan Barat merekrut sebanyak 60 orang PTPS yang akan bertugas nanti di TPS, sesuai dengan jumlah TPS yang ada di 16 desa di kecamatan Langowan Barat. Dan pelantikan PTPS ini dilantik langsung oleh Ketua Panwaslucam Langowan Barat Conny Rorong. Dengan dilanjutkan dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan PTPS diikuti para PTPS yang baru dilantik.

Dalam Penyampaiannya Kordiv SDM O-DATIN Selaku Ketua Panwaslucam Langowan Barat Conny Rorong, mengatakan atas nama Ketua dan pimpinan Panwaslu dan mewakili semua yang hadir mengucapkan selamat kepada PTPS yang baru saja dilantik.

Ketua Panwaslucam Langowan Barat Conny Rorong.

“nantinya ada Bimbingan teknis bagi para PTPS yang akan bertugas nanti berupa pembekalan, kami berharap para PTPS memiliki kwalitas dan ingritas dalam tugas yang akan dijalankan nantinya, “Kata Rorong.

Sementara itu dalam sambutannya Anggota Bawaslu Sulut Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Donny Rumagit STP, SH, mengucapkan selamat bagi PTPS yang baru dilantik. Puji syukur kepada Tuhan meski dalam keadaan cuaca yang tidak bersahabat kegiatan ini boleh terlaksana dan selamat kepada PTPS yang baru dilantik.

Anggota Bawaslu Sulut, Donny Rumagit STP, SH.

“Posisi Pengawas TPS sangat penting dalam Pemilu nanti, ini merupakan tugas yang mulia dan puncaknya ada pada pemungutan suara, yang menentukan siapa nanti yang akan jadi Presiden, dan Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dalam pemilu 2024. Tugas anda sangat berat maka kwalitas diri sangat penting untuk pemilihan nanti. Saya berharap teman-teman memiliki kwalitas dalam tugas nantinya, makanya dari itu kami akan membekali para PTPS dengan bekal untuk melaksanakan tugas nanti, agar para PTPS nanti akan memiliki integritas dalam tugas nanti, “ucapnya, sembari berpesan laksanakan tugas saat mengemban tugas sebagai PTPS jangan sampai lalai mengawasi disaat berada di TPS nanti.

Dalam kesempatan ini pula, Pimpinan Panwaslu Kecamatan Langowan Barat Kordiv PPPS Kevin Rorie, dan Kordiv HPPH Johanes Gerung menyampaikan selamat kepada para anggota PTPS yang baru saja dilantik, semoga tugas yang diemban dapat dikerjakan nanti demi suksesnya Pemilu 2024, “ucap kedua Kordiv Panwaslucam Langowan Barat ini.

Turut hadir pula dalam Pelantikan ini, oleh Forkopimca Kecamatan, Camat Langowan Barat diwakili Sekcam Youke Moniung, Danramil Langowan Serda Lendy Lengkey, Kapolsek Langowan Barat Iptu Adrian Tatontos bersama perwakilan anggota polsek langowan barat, Ketua PPK Langowan Barat Maikel Rundengan, Pimpinan Panwaslu Kecamatan Langowan Barat Kordiv PPPS Kevin Rorie, Kordiv HPPH Johanes Gerung, serta Para Anggota PKD sekecamatan Langowan Barat.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Bawaslu

Hadiri Pelantikan Panwascam, Bupati Kumendong: Panwascam Miliki Peran Pengawasan Demi Suksesnya Pilkada 2024

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji panitia pengawas pemilu kecamatan, untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, di Manado Tateli Resort dan Convention (eks Mercure Hotel), Jumat (24/5/24).

Dalam kesempatan tersebut. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji, Bupati Jemmy Kumendong, membuka pembekalan panitia pemilu kecamatan, yang diikuti 75 anggota panwascam se Kabupaten Minahasa.

Bupati Kumendong mengucapkan selamat kepada panitia pemilu kecamatan se Kabupaten Minahasa, yang telah dilantik sebagai anggota Panwascam pemilihan pilkada 2024.

“Tugas yang akan diemban ini, adalah tugas yang mulia dan penuh tanggung jawab. Karena, sebagai pengawas pemilu, panwascam memiliki peran penting dalam memastikan pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan demokratis di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Dia kemudian menjelaskan dan bahwa proses pemilu merupakan salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi. Untuk itu, harapannya integritas dan kredibilitas harus dijaga dengan baik.

“Saya berharap, dengan dilantiknya 75 panwascam se Kabupaten Minahasa, kita dapat bersama-sama menjaga proses demokrasi ini agar berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” pintanya.

Lebih lanjut disebutkannya juga, pelantikan ini bukan hanya seremonial belaka. Namun merupakan momentum awal dari tanggung jawab besar yang diemban panwascam.

“Kembali. Saya ingatkan agar dalam melaksanakan tugas nanti, panwascam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan profesionalitas. Berpegang teguhlah pada prinsip-prinsip pengawasan yang objektif, transparan, dan akuntabel,” ujar Kumnedong.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa pentingnya sinergi dan koordinasi antara panwaslu kecamatan dengan berbagai pihak terkait. Seperti KPU, pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat.

“kembali Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut aktif dalam mengawasi jalannya pemilu. Karena partisipatif aktif dari masyarakat merupakan kunci suksesnya pelaksanaan pemilu yang berkualitas,” pungkas Bupati.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulut, Donny Rumagit, Ketua Bawaslu Minahasa, Lord Arthur Malonda, pimpinan Bawaslu Minahasa, Arthur Karinda dan Donny Lumingas, Kepala Sekretariat Bawaslu Minahasa, Nick Kusen, dan mewakili Kapolres serta Kajari Minahasa. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bawaslu

Direkomendasikan Bawaslu, KASN Beri Sanksi 4 ASN Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com sudah menerima tembusan surat KASN terkait 4 ASN Pemkot Tomohon yang direkomendasikan Bawaslu Tomohon beberapa waktu yang lalu, karena diduga bertindak tidak netral dalam Pemilu 2024. (18/4)-2024

Dalam surat yang diterima Bawaslu Tomohon itu, 4 ASN tersebut yakni Semuel Manopo (Saat peristiwa sebagai Lurah Walian 2), Kornelin Suoth (Saat Peristiwa Lurah Tara-Tara 1), Stenly Mokorimban (Kaban Kesbang), dan Ferry Pojoh (Saat peristiwa sebagai Lurah Kayawu)  direkomendasikan KASN ke Pejabat Pembina Kepegawaian Pemkot Tomohon untuk diberikan sanksi.

Manopo diberikan hukuman disiplin sedang, Suoth sanksi moral, Mokorimban hukuman disiplin ringan dan Pojoh hukuman disiplin berat.

“Semoga ini jadi bahan pelajaran berharga untuk semua ASN di Kota Tomohon, agar tidak lagi melakukan tindakan-tindakan yang sama di Pilkada 2024 ini,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas didampingi 2 pimpinan Bawaslu yakni Yossy Korah dan Handy Tumiwuda.

Ketiga pimpinan Bawaslu ini berharap semua jajaran ASN di Kota Tomohon agar memperlihatkan keteladanan dan tidak menodai citra ASN Pemkot Tomohon. Peraturan pemerintah  94 Tahun 2021 sudah tegas dan jelas, bahwa PNS harus memegang teguh netralitas sebagai sebuah kewajiban. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending