Connect with us

Daerah

Hadiri Rakorev FKUB, Bupati Kumendong: Jaga Persatuan dan Spirit Kebersamaan di Minahasa

Published

on

TONDANO,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa. Rabu (22/11) di Tandengan Eris.

Dalam sambutannya dihadapan pengurus dan anggota, Bupati Kumendong mengungkapkan kerukunan umat beragama merupakan pilar kerukunan nasional yang harus terus dipelihara.
“Kerukunan hidup antar umat beragama berarti keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makna baik dan damai,” jelas Bupati Kumendong.


Lanjut dia menghimbau jaga persatuan, jangan mau dipecah belah dan diadu domba oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menginginkan hilangnya kedamaian dari bumi pertiwi.
Kehidupan umat beragama di kabupaten Minahasa dalam suasana sejuk, aman, nyaman, tentram dan damai. Salah satu contoh yang bisa kita rasakan adalah meskipun di Kabupaten Minahasa itu terdapat berbagai macam penganut agama dan kepercayaan, namun kita dapat hidup berdampingan dan saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Spirit kebersamaan seperti inilah yang harus terus dijaga satu sama lain dengan adanya penghargaan, saling membantu dan selalu hidup rukun. Itu yang mesti terus kita lakukan dan dipertahankan.
Ini semua bisa dicapai kalau kita saling menyadari, bahwa perbedaan pendapat itu biasa. yang luar biasa adalah ketika kita mampu menjadikan perbedaan itu sebagai kekuatan untuk peningkatan kemajuan bangsa dengan budaya gotong royong.

Lebih lanjut Bupati Kumendong berharap, melalui program-program pemerintah yang akan dilaksanakan selang waktu yang berjalan ini seperti kegiatan wakefast 2023 tanggal 24-26 november 2023, kegiatan porkab di minahasa, dalam rangka menyambut hari Natal 25 desember dan menyongsong tahun baru 1 januari 2024, mensukseskan pemilu, legislatif presiden dan pilkada. FKUB dapat bersinergi dengan pemerintah untuk di aplikasikan pada seluruh masyarakat di kabupaten Minahasa.

​Bersama pula dalam program – program FKUB yang akan dilaksanakan, yaitu sosialisasi FKUB tentang pemuda lintas agama dan perempuan lintas agama, penetapan desa sadar kerukunan dan hibah FKUB tahun 2024. “Dengan ini pula ada harmonisasi pemerintah dengan peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat demi kemajuan daerah kita,” tutup Bupati Kumendong.(*)

Daerah

Dibuka Kakanwil Lumbuun, Kalapas Tondano Y Paath Ikuti Bimtek Watkesrehab

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Tondano, Kantor wilayah Kemenkumham Sulut, Yulius Paath mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, Pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun ini diikuti oleh petugas kesehatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut .

Dalam sambutannya, Kakanwil Lumbuun menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.

Pada kesempatan ini, Lapas Tondano mengutus Kasibinapigiatja, I Made Budana, Dokter Gandi Napitupulu dan Perawat Pius Rawung untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, selama beberapa hari kedepan. (HerS)

Continue Reading

Daerah

Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Kumendong Hadiri Peresmian INPRES Jalan di Sulut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M,Si. Menghadiri Acara Peresmian Pelaksanaan INPRES Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara Oleh Presiden Republik Indonesia (RI). Ir. Joko Widodo.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumat, (23/02/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE. Bupati Bolmong Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Turut hadiri mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt.Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Plt.Kabag Prokopim.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Kumendong Hadiri Ibadah Syukur GMIM Waleta Pineleng Ke-20

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pejabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-20, Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua, Kamis (22/2/2024).

Pada kesempatan ini PJ Bupati Kumendong dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke- 20, kepada Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Jajaran pejabat yang ada, mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-20 Jemaat GMIM Waleta Graha, kiranya Tuhan akan memberkati jemaat gereja yang ada. “Ucapnya.

Adapun khadim dalam
Ibadah syukur ini dipimpin oleh Pdt. Jefry Saisab, S.Th, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Koordinasi Bidang Program Kategorial BIPRA dan Lansia Sinode GMIM.

Turut hadir dalam Ibadah Syukur, Ketua BPMW Pineleng, Pdt. Ny. Grace Rumengan-Ngantung, M.Th, Plt. Kadis P3A Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Staf Khusus Bupati Minahasa, Teddy Masengi, Camat Pineleng, Sekcam Pineleng, Hukum Tua Pineleng Dua Indah, Ketua BPMJ Pdt.Ny. Margaretha Najoan-Karundeng, M.Teol Pdt Jemaat dan Pelayan Khusus serta Jemaat Waleta Graha Indah Pineleng Dua Indah.(HerS)

Continue Reading

Trending