Connect with us

Daerah

Hadiri Rakorev FKUB, Bupati Kumendong: Jaga Persatuan dan Spirit Kebersamaan di Minahasa

Published

on

TONDANO,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa. Rabu (22/11) di Tandengan Eris.

Dalam sambutannya dihadapan pengurus dan anggota, Bupati Kumendong mengungkapkan kerukunan umat beragama merupakan pilar kerukunan nasional yang harus terus dipelihara.
“Kerukunan hidup antar umat beragama berarti keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makna baik dan damai,” jelas Bupati Kumendong.


Lanjut dia menghimbau jaga persatuan, jangan mau dipecah belah dan diadu domba oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menginginkan hilangnya kedamaian dari bumi pertiwi.
Kehidupan umat beragama di kabupaten Minahasa dalam suasana sejuk, aman, nyaman, tentram dan damai. Salah satu contoh yang bisa kita rasakan adalah meskipun di Kabupaten Minahasa itu terdapat berbagai macam penganut agama dan kepercayaan, namun kita dapat hidup berdampingan dan saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Spirit kebersamaan seperti inilah yang harus terus dijaga satu sama lain dengan adanya penghargaan, saling membantu dan selalu hidup rukun. Itu yang mesti terus kita lakukan dan dipertahankan.
Ini semua bisa dicapai kalau kita saling menyadari, bahwa perbedaan pendapat itu biasa. yang luar biasa adalah ketika kita mampu menjadikan perbedaan itu sebagai kekuatan untuk peningkatan kemajuan bangsa dengan budaya gotong royong.

Lebih lanjut Bupati Kumendong berharap, melalui program-program pemerintah yang akan dilaksanakan selang waktu yang berjalan ini seperti kegiatan wakefast 2023 tanggal 24-26 november 2023, kegiatan porkab di minahasa, dalam rangka menyambut hari Natal 25 desember dan menyongsong tahun baru 1 januari 2024, mensukseskan pemilu, legislatif presiden dan pilkada. FKUB dapat bersinergi dengan pemerintah untuk di aplikasikan pada seluruh masyarakat di kabupaten Minahasa.

​Bersama pula dalam program – program FKUB yang akan dilaksanakan, yaitu sosialisasi FKUB tentang pemuda lintas agama dan perempuan lintas agama, penetapan desa sadar kerukunan dan hibah FKUB tahun 2024. “Dengan ini pula ada harmonisasi pemerintah dengan peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat demi kemajuan daerah kita,” tutup Bupati Kumendong.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Minahasa MOU Komitmen PPDB

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bersama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menandatangani komitmen dukungan penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang objektif, transparan dan akuntabel, tahun ajaran 2024-2025. Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati, Rabu (12/6/2024).

Penandatanganan bersama Kepala LPMP Sulut Febry Dien ST M Inf Tech, dilakukan oleh Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M.Si, diwakili Inspektur Moudy Lontaan S.Sos, diikuti Kepala Dinas Pendidikan Tommy Wuwungan SPd MM, Kadis Kominfo Maya Kainde SH MAP, Kadis Dukcapil Meidy Rengkuan SH MAP, beserta para kepala sekolah.

Inspektur Pemkab Minahasa, Moudy Lontaan mengatakan, penandatanganan komitmen ini sangat penting dilakukan. Dimana pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya di Minahasa.

“Tentunya pemerintah kabupaten Minahasa terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tercinta ini,” ujarnya.

Menurut Dia, Penandatanganan komitmen PPDB, adalah salah satu bukti nyata dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Minahasa.

Dia pun berharap, proses PPDB di Minahasa bisa berjalan dengan objektif, transparan dan akuntabel, serta menyeluruh.

“Agar nantinya semua anak di kabupaten Minahasa mendapat kesempatan yang sama demi meraih pendidikan berkualitas,” kata Lontaan.

Adapun Kepala LPMP Sulut, Febry Dien menyatakan, berdasarkan Permendikbudristek no 1 tahun 2021 dan surat edaran KPK no 7 tahun 2024, semua pemerintah daerah harus menandatangani komitmen PPDB.

“Dengan ditandatangani komitmen ini, kita sepakat penyelenggaraan PPDB harus objektif, transparan dan akuntabel. Dengan demikian, hal-hal yang mungkin selama ini menjadi catatan-catatan oleh dinas pendidikan bisa kita minimalisir,” kata dia.

Ia juga menjelaskan, penandatanganan komitmen PPDB ini, akan menjadi kekuatan tersendiri bagi kepala-kepala sekolah untuk menolak pihak-pihak yang ingin menitipkan anak ke sekolah-sekolah favorit.

“Dengan adanya komitmen ini, kepala-kepala sekolah tidak lagi terbeban. Apa lagi di sejumlah kabupaten kota di Sulawesi Utara, penandatanganan komitmen ini dihadiri Ombudsman, kepolisian dan kejaksaan, serta pihak terkait lainnya,” tandasnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Hadiri peringatan Hari Segitiga Karang, Bupati Kumendong: Organisasi Ini Bergerak Dibidang Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, menghadiri peringatan The Coral Triangle Day (Hari Segitiga Karang) Tahun 2024, yang digelar di CTI Center Kairagi Manado, Selasa (11/6/2024).

Diketahui Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekretariat Regional CTI CFF bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, bersama lembaga lainnya, termasuk Blue Institute.

Adapun tujuan kegiatan tersebut untuk menyatukan para pemangku kepentingan nasional, regional dan internasional, untuk memperingati kemajuan yang telah dicapai dalam melestarikan Kawasan laut dan keanekaragaman hayati terbesar di dunia.

Bupati Kumendong seusai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, Coral Triangle Day dilaksanakan dalam rangka memperingati hari berdirinya CTI (coral Triangle Iniciative).

“Jadi Coral Triangle Iniciative adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang konservasi keanekaragaman hayati laut dan pesisir.

“Dimana Organisasi ini berupaya untuk melestarikan terumbu karang di kawasan Segitiga Karang Dunia yang berpusat di Manado, terbentuk sejak World Ocean Conference (WOC) Tahun 2009,” kata Kumendong.

Dituturkannya juga, rangkaian kegiatan dimulai dari bersih-bersih pantai.

“pertemuan antara negara-negara yang tergabung dalam CTI.
Maka hari ini adalah ceremony peringatannya ,” singkatnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Tuan Rumah Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Perkawinan Anak Usia Dini, Ketua TP PKK Minahasa Sampaikan Hal Ini

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews. com- Ketua TP-PKK Ny. Djeneke Kumendong-Onibala, SH, MSA menghadiri Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Perkawinan Anak Usia Dini, di Erbido Hills Tondano. Selasa, (11/6/24) .

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sulut, dibuka oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ny. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan.

Dalam Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Perkawinan Anak Usia Dini ini, menampilkan beberapa Nara Sumber diantaranya, dari Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Kartika Devi Tanos, MARS dan Psikolog Dr. Preysi Siby, M.Psi.

Pada kesempatan ini usai laporannya, Kepala Dinas P3AD Sulut Wanda Musu, SE, ME, menyerahkan pemberian bantuan bagi Anak-anak Balita di Minahasa.

Ketua TP-PKK Minahasa Ny. Djeneke Kumendong-Onibala yang didampingi oleh Plt. Kepala Dinas PPPA Agustivo Tumundo, SE, MSi, menyampaikan rasa syukur atas dipilihnya Kabupaten Minahasa sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.

“Untuk diketahui kegiatan sosialiasi saat ini, para Anak Balita juga yang ada di Minahasa mendapat perhatian dari Dinas PPPA.

“Buktinya, mereka mendapat bingkisan bantuan dari Ny. Rita Maya Dondokambey -Tamuntuan dan Ny. dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS,” Ujarnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kadis Kesehatan dr. Olviane Rattu MKes, Kadis Sosial dr. Maya Rambitan MKes, Kadis Dukcapil Meidy Rengkuan SH MAP, para Pengurus TP PKK Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa, pengurus DWP Minahasa, para Ketua TP-PKK Kecamatan, pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Minahasa, para tokoh masyarakat serta jajaran Dinas PPPA Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa. (HerS)

BERITA TERKAIT
Sambut HUT Bhayangkara ke 78, Polres Minahasa Salurkan Bantuan Kepada Mahasiswa Toraja Utara
6 jam yang lalu 12
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 78. Polres Minahasa mengadakan kegiatan sosial,..
Wagub Steven Kandouw dan Penjabat Bupati Jemmy Kumendong Hadiri HUT Jemaat GMIM Kalvari Pineleng ke 118
3 hari yang lalu 51
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pnt. Drs. Steven O.K.Kandouw dan Penjabat Bupati Minahasa Pnt. Dr…
Lynda Watania Buka Sesi Wawancara Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM Tahun 2024
4 hari yang lalu 48
Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM tahun 2024 masuk sesi wawancara, setelah mereka mengikuti tes..
Kerusakan Ekosistem Pesisir, Direktur P4K Muhammad Yusuf Sebut Sampah Platstik Jadi Ancaman Biota Laut dan Manusia
4 hari yang lalu 72
Usai pembukaan Gerakan Aksi Bersih Pantai dan Laut. Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau..
Sambut Hari Laut Sedunia, Dirjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut KKP RI Gelar Aksi Bersih Pantai dan Laut di Desa Tateli Minahasa
4 hari yang lalu 80
Kementetian Kelautan dan Perinkanan (KKP), melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Kelautan..

POPULER HARI INI
Ketua TP PKK Minahasa Djeneke Kumendong-Onibala Hadiri Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Perkawinan Anak Usia Dini
Ketua TP PKK Minahasa Djeneke Kumendong-Onibala Hadiri Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Perkawinan Anak Usia Dini
19
Ketua TP-PKK Ny. Djeneke Kumendong-Onibala, SH, MSA menghadiri Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan
Selengkapnya
Sambut HUT Bhayangkara ke 78, Polres Minahasa Salurkan Bantuan Kepada Mahasiswa Toraja Utara
Sambut HUT Bhayangkara ke 78,…
12

SPONSORS
TRAVEL
5 Tips Penting Untuk Liburan Asyik Ke New York
5 Tips Penting Untuk Liburan Asyik Ke New York
7 tahun yang lalu 4384
Siapa yang tak ingin pergi ke New York? Kota besar dengan patung Liberty sebagai ikon utamanya ini …
Selengkapnya
Kenal Lebih Dekat Keraton Yogyakarta, Tempat Wisata Paling Wajib Dikunjungi
19 Oktober 2017
Daya Tarik ‘Rumah Pohon’ di Puncak Urongo
21 September 2016
Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia Timur
27 April 2016
10 Pulau Terbaik Dunia, Bali Peringkat Lima
27 April 2016
Ekstremnya Wisata Rumah Pohon di Urongo
18 April 2016
Rayakan HUT ke-5, Dek Observasi sky100 Hong Kong beri penawaran khusus bagi wisatawan
16 April 2016
Wisata Eksotik Airbelanda Perlu Sentuhan Serius
31 Agustus 2015
Misteri Gua Penuh Tengkorak di Kepulauan Talaud
21 Agustus 2015
Pulau Tumbak, Destinasi Wisata yang Tersembunyi di Tenggara Sulut
12 Juni 2015
Kurang Promosi, Wisman Italia Jarang Kunjungi Sulut
11 Juni 2015
SPONSORS

POLITIK
Pra Rekrutmen Pantarlih, KPU Tomohon Bekali Juknis ke PPS
Pra Rekrutmen Pantarlih, KPU Tomohon Bekali Juknis ke PPS
10 Juni 2024
KPU Tomohon Rencanakan Lomba Reels dan Tiktok
KPU Tomohon Rencanakan Lomba Reels dan Tiktok
07 Juni 2024
Sosialisasikan Soal Pemilu, KPU Tomohon Gandeng Pemilih Pemula
Sosialisasikan Soal Pemilu, KPU Tomohon Gandeng Pemilih Pemula
06 Juni 2024
Ketua KPU Tomohon Hadiri Kunker OTS Wantannas RI
Ketua KPU Tomohon Hadiri Kunker OTS Wantannas RI
05 Juni 2024
Ini Hasil Tes Tertulis Calon Anggota Panwascam Minahasa
Ini Hasil Tes Tertulis Calon Anggota Panwascam Minahasa
17 Mei 2024
Ini Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota Panwascam Minahasa
Ini Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota Panwascam Minahasa
12 Mei 2024
Ini Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PKD Minahasa
Ini Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PKD Minahasa
25 Mei 2024
Ini Nama-nama Existing Memenuhi Syarat Calon Panwascam Minahasa
Ini Nama-nama Existing Memenuhi Syarat Calon Panwascam Minahasa
02 Mei 2024
Bawaslu Minahasa Perpanjang Masa Perekrutan Anggota Panwascam
Bawaslu Minahasa Perpanjang Masa Perekrutan Anggota Panwascam
22 Mei 2024
Ini Nama-nama Anggota Panwascam Terpilih di Kabupaten Minahasa
Ini Nama-nama Anggota Panwascam Terpilih di Kabupaten Minahasa
23 Mei 2024
PENDIDIKAN
Usung Visi Unima Unggul-Mandiri-Kompetitif, Joseph Kambey Mendaftar Calon Rektor
Usung Visi Unima Unggul-Mandiri-Kompetitif, Joseph Kambey Mendaftar Calon Rektor
20 Mei 2024
Dies Natalis ke-1, Kawuwung Apresiasi Persma Vellichor
Dies Natalis ke-1, Kawuwung Apresiasi Persma Vellichor
13 Mei 2024
Majesty Marching Band Bikin Heboh Masyarakat Tomohon
Majesty Marching Band Bikin Heboh Masyarakat Tomohon
09 Mei 2024
DPM FIB Gandeng MPA Artsas Galang Dana Kemanusiaan
DPM FIB Gandeng MPA Artsas Galang Dana Kemanusiaan
02 Mei 2024
Peringati Hardiknas, SMAN 1 Tomohon Sukses Gelar Lomba Antar Kelas
Peringati Hardiknas, SMAN 1 Tomohon Sukses Gelar Lomba Antar Kelas
02 Mei 2024
LINGKUNGAN
Ubah Sampah Plastik Jadi Batako, Kamagi Siap Bangun Rumah di Siladen
Ubah Sampah Plastik Jadi Batako, Kamagi Siap Bangun Rumah di Siladen
12 Juni 2022
Pecinta Alam Weris Gelar Dikdas Angkatan VI
Pecinta Alam Weris Gelar Dikdas Angkatan VI
02 Maret 2022
Menggugat Pelanggaran HAM di Sulut, Buku Rakyat Bukan Sansak Dibedah
Menggugat Pelanggaran HAM di Sulut, Buku Rakyat Bukan Sansak Dibedah
06 Mei 2021
Konflik Agraria Marak, Warga Minahasa Diingatkan Tanggung Jawab Menjaga Tanah Leluhur
Konflik Agraria Marak, Warga Minahasa Diingatkan Tanggung Jawab Menjaga Tanah Leluhur
03 Mei 2021
PT BML Dianggap Rusak Lingkungan, Masyarakat Sea Minta KLH dan Kemenhut Turun Tangan
PT BML Dianggap Rusak Lingkungan, Masyarakat Sea Minta KLH dan Kemenhut Turun Tangan
03 Mei 2021
Dinilai Banyak Produksi Sampah Plastik, Deprov Sulut Siap Panggil Perusahaan Aqua Cs
Dinilai Banyak Produksi Sampah Plastik, Deprov Sulut Siap Panggil Perusahaan Aqua Cs
12 Maret 2021
Peduli Lingkungan di Minut, KPA BMMU Bersihkan Hutan Kenangan
Peduli Lingkungan di Minut, KPA BMMU Bersihkan Hutan Kenangan
25 Februari 2021
Ekosistem Diduga Rusak, Perum Griya Bangun Tomohon 2 Disorot
Ekosistem Diduga Rusak, Perum Griya Bangun Tomohon 2 Disorot
08 Februari 2021
Dukung Pelestarian Danau Tondano, PLN Turunkan Alat Berat
Dukung Pelestarian Danau Tondano, PLN Turunkan Alat Berat
27 Januari 2020
Kurangi Sampah Plastik, Rewah Minta Sekretariat DPRD Sulut Gunakan Tumbler
Kurangi Sampah Plastik, Rewah Minta Sekretariat DPRD Sulut Gunakan Tumbler
15 Januari 2020
TENTANG KAMI
manadoexpress.ID (mexID)
adalah portal online Nomor 1 di Sulawesi Utara. mexID melayani para pembaca Sulawesi Utara yang menginginkan berita yang cepat dan berkesinambungan.
FOKUS

Paskah Internasional 2017# PLTP Tompaso

© 2012-2019 manadoexpress.id – Vidi – All rights reserved
Pedoman Media Siber Disclaimer Syarat dan Ketentuan Layanan Privacy Policy

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending