Connect with us

Bisnis

Buruan Sebelum Tanggal 30 November, PLN Masih Promo Cuma Rp 271.023 Bisa Upgrade Daya Sampai 7700 VA

Published

on

SULUT, inforakyatnews.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih promo buat pelanggan yang berkeinginan menambah daya listrik.

Menurut General Manager (GM) PLN SULUTENGGO Johanes Avilla Ari Dartomo, hanya dengan Rp 271.023 pelanggan sudah bisa menambah daya hingga 7700 VA.

“Hal ini dalam rangka memperingati hari Listrik Nasional ke 78 yang jatuh pada 27 Oktober 2023, PLN berikan promo tambah daya hingga 7700 VA cuma dengan Rp 271.023. Promo ini berlaku untuk setiap pelanggan tegangan rendah 1 phasa semua golongan tarif,” Ucap GM Suluttenggo Ari Dartomo saat bersua wartawan dalam acara media gathering PLN Unit Induk Distribusi (UID) SULUTENGGO di Hotel Mercure. (23/11) 2023.

Kesempatan tersebut Ari Dartomo juga mengatakan PLN masih melayani pelanggan yang ingin menikmati promo tambah daya hingga 7700 VA sampai batas waktu 30 November 2023.

“Lumayan promonya dari harga normal, contohnya pelanggan 900 VA mau naik ke 2200 VA harga normalnya Rp 1,218.100 tapi mumpun saat ini lagi promo pelanggan hanya membayar Rp 271.023 saja, ini berlaku sampai 7700 VA,” ucap Ari Dartomo.

Dikutip dari halaman resmi IG @pln_id. Berikut cara tambah daya listrik di PLN Mobile:

1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Playstore atau Apple Appstore.
2. Pada halaman utama, pilih menu “Perubahan Daya”.
3. Akan muncul tampilan tahapan proses Perubahan Daya, pilih “Mulai”.
4. Pilih ID Pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile atau masukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian pilih “Lanjutkan”.
5. Tentukan koordinat lokasi yang sesuai, pilih “Ya”.
6. Lengkapi data Lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, lalu pilih “Lanjutkan”.
7. Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listriknya, kemudian pilih “Lanjutkan”.
8. Pilih jenis permohonan, apakah untuk diri sendiri atau orang lain. Apabila untuk orang lain, maka data yang diisi adalah “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Setelah semua data terisi, pilih “Lanjutkan”.
9. Akan muncul Ringkasan Data Permohonan. Pada halaman ini juga, masukan kode Voucher Promo Apabila sedang berlangsung program promo. Setelah itu pilih “Kirim Permohonan”.
10. Akan muncul tampilan “Syarat & Ketentuan”, pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih “Setuju”.
11. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil”. Setelah memilih “OK”, akan muncul tampilan “Detail Permohonan”. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih “Lanjutkan Pembayaran”.
12. Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran. Pelanggan dapat melakukan pemilihan metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”. Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu metode pembayaran yang tersedia sebelum memilih “Bayar”. Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Kemudian setelah 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, serta menyegel MCB yang baru. Untuk proses aktivasi pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan token yang terdiri dari 16 digit sebanyak 2 kali.

Selanjutnya, petugas akan memasukkan token prabayar yang Anda beli pada saat permohonan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile. Tidak sampai 10 menit, maka proses tambah daya melalui aplikasi ini pun selesai. (Wan)

Print Friendly, PDF & Email

Bisnis

Respon Keluhan Masyarakat Terkait Harga Bapok, Bupati Kumendong Sidak Pasar Tondano

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com -Guna merespon dan menanggapi keluhan masyarakat, dengan naiknya harga kebutuhan pokok akhir-akhir ini, maka Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, bersama Dandim 1302 Minahasa, Letkol TNI Mutakbir dan mewakili Kapolres Minahasa, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar Tondano.

Ketika melakukan Sidak tersebut Bupati Kumendong langsung berinteraktif dengan pedagang pasar. Komoditi beras menjadi sasaran pertama dari Bupati Kumendong. Dimana harga beras dipasaran yang mencapai harga Rp 11.500 per liter akibat kondisi cuaca membuat harga beras yang meningkat. “Ketersediaan beras cukup meskipun harga naik, namun masyarakat lebih memilih beras premium,” jelas pedagang kios Bunda seraya mengatakan ketersediaan beras sekitar 636 ton atau 36 truck per minggu di Minahasa. Suplay beras dari Palu.

Disisi lain, Bupati Kumendong melakukan pengecekan langsung stok bawang, Rica, tomat, telur ayam, sayur, daging hingga mentega. Pada kesempatan itu juga didapatkan situasi dan kondisi daya beli yang rendah pasca covid-19 lalu.
Selain itu, pengeluhan sejumlah pedagang mengenai tata letak lapak penjual yang dinilai masih tidak teratur dikarenakan ada yang kini menjual tidak pada tempat yang telah disiapkan.

Terkait hal ini, Bupati Kumendong, menyatakan segera membahas berbagai persoalan di Pasar yang didapati langsung di lapangan.

“Pada intinya ketersediaan bahan pangan terus diperhatikan. Juga keluhan dan aspirasi pedagang akan dikaji,” tutup Bupati Kumendong.

Turut mendampingi Bupati, Asisten II Wenny Talumewo, Staf Ahli J Tendean, Kadis Perdagangan Dano Warouw, Kadis Pangan Teddy Sumual, Kasat Pol PP A Mamesah, Kabag Prokopim Recky Laloan.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bisnis

Antisipasi Ketersediaan Listrik, Bupati Kumendong Terima Audiens PT. PLN

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com- Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, menerima audiens PT PLN Nusantara Power Minahasa, Manager PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa, Andreas Arthur Napitupulu, Senin (16/10).

Audiens tersebut dihadiri Assistant Manager OPHAR II, Assistant Manager KKU, Witnes Makasidamo, Manager PLTA Tonsea Lama, Manager PLTA Tanggari Aminudin Wahib, Pejabat lingkungan Fathia Asmi, Staf Abi Karomi, Edo Susanto, Kevin Kureba, Mardiano Waworundeng.

Dalam kesempatan ini,pihak PLN menyampaikan sejumlah persoalan yang terjadi akibat kemarau panjang sehingga menyebabkan trending penurunan beban. Sehingga diperlukan berbagai kiat untuk berupa meningkatkan kembali pasokan ketersediaan listrik bagi kebutuhan di Sulawesi Utara.
Fenomena penurunan terjadi di PLTA Tanggari dan Tonsea Lama mencapai 67 persen. Untuk diperlukan berbagai analisa hingga pemetaan dan pengerukan DAS Tondano, tentunya dengan metode pengerjaan. Terkait kinerja akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Adapun target kerja proses pengerukan Oktober direncanakan selesai pada Desember.

“Butuh sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat yang diharapkan dari pengerukan ini. Termasuk pengangkatan sedimen dan sampah. Tentunya juga butuh pendampingan dari masyarakat Minahasa,” ungkap Andreas.

Sementara itu, Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, menegaskan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin. Terkait hal ini penting juga ada kajian-kajian sehingga dieliminasi berbagai dampak negatif yang akan terjadi, entah itu dalam jangka waktu singkat atau satu dua tahun kedepan.

“Yang pasti pengerjaan yang berdampak positif bagi masyarakat akan disupport penuh oleh pemerintah Minahasa,” ujar Bupati Kumendong, sembari menambahkan Sebelumnya akan ada diskusi dengan akademisi sehingga bisa diformulasikan lebih baik.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Bisnis

Pedagang Seragam Sekolah di Pasar Baru Langowan Diserbu Pembeli

Published

on

MINAHASA,inforakyatNews.com – Pasar Baru Langowan yang biasanya menjual seragam sekolah hari ini ramai diserbu pembeli, dimana sasaran pembeli yakni baju seragam sekolah SD,SMP dan SMA, adapun pembeli seragam sekolah ini didominasi oleh ibu-ibu yang mengantar anaknya untuk mencoba seragam baru untuk nantinya masuk sekolah.

Terlihat dilokasi jual beli seragam ramai dan banyak calon pembeli memilah seragam sekolah di Pasar Baru Langowan, Sabtu (8/7/2023).

Diketahui tahun ajaran baru 2023/2024 yang jatuh pada senin tanggal 10 Juli mendatang. Membuat antusias orang tua murid menyerbu toko dan tempat jual seragam dan perlengkapan sekolah di Pasar Baru Langowan, tersebut.

Ditemui di lokasi jual beli salahsatu pedagang, mengungkapkan omset penjualan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibanding hari biasanya, dikarenakan pasar Langowan menjadi sasaran beberapa pembeli dari beberapa kecamatan yang dekat dengan Pasar Langowan.

“Mungkin karena minggu depan anak-anak akan segera masuk sekolah dan sudah mengakhiri libur, maka hari ini banyak pembeli yang ramai membeli seragam sekolah, ” Ujar Ibu Narti,saat menjalankan dagangannya. Saat ditemui media ini, di salah satu blok lokasi penjualan pasar baru langowan.

Sementara itu Salah seorang ibu muda yang sedang membeli baju sekolah dan perlengkapan sekolah lainnya, mengatakan karena hari ini hari terakhir untuk berbelanja di hari pasar maka, Dia bersama anaknya yang berumur sekitar 8 tahun menyempatkan diri untuk berbelanja seragam sekolah guna dipakai dihari pertama masuk sekolah, “Ungkap Memey saat berbelanja seragam sekolah.

Tentunya dengan ramainya pembeli seragam sekolah membuat mata pencaharian penjual seragam sekolah ini bertambah penghasilannya dari hari-hari biasanya, sehingga menambah perekonomian keluarga. Dan terpantau media ini juga pasar Langowan ramai seperti biasanya dalam proses jual beli antar pedangang dan pembeli yang ada di pasar. (HerS

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending