Connect with us

Tomohon

Gunung Api Lokon Masih Status Waspada, Warga Dilarang Melakukan Pendakian

Published

on

Tomohon, inforakyatnews.com – Sudah empat hari Gunung Api Lokon yang berada di Kota Tomohon menunjukan aktivitasnya. Asap putih mengepul masih terlihat menjulang lurus ke angkasa.

Gunung Api yang terletak di posisi geografis di Latitude 1.358°LU, Longitude 124.792°BT dan memiliki ketinggian 1580 mdpl, telah dinyatakan meningkat ke level waspada sejak Rabu (14/6) pukul 06.30 lalu.

Dari laporan Pusat Mitigasi Bencana dan Vulkanologi di Pos Pengamatan Gunung Api (PAG) Lokon dan Mahawu, Sabtu (17/06/2023) melalui pengamat terampil Gunung Api, Kachfi, mengatakan status Gunung Lokon hingga saat ini masih bertahan di level II atau berada di status Waspada.

“Secara visualnya masih aktiv soalnya asap kawah masih ada di ketinggian 200 meteran. Hingga saat ini status masih level II atau masih status Waspada,” ucap Kachfi kepada wartawan di Pos PGA.

Pengamat Gunung Api terampil, Kachfi

Menurutnya, untuk saat ini, dilihat dari aktivitas kegempaan masih terus terjadi gempa, meski ada sedikit penurunan dari hari sebelumnya. Namun Ia mengatakan belum bisa diprediksi kemungkinan yang dapat terjadi kedepan.

“Melihat aktivitas kegempaan belum kulaktif, masih bisa naik turun, makanya kami masih terus memantau 24 jam ini,” katanya lagi.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada masyarakat dimohon untuk tidak dulu beraktivitas di area 1,5 kilo meter dari kawah. Terlebih khusus untuk pendakian.

“Memperhatikan resiko keadaan saat ini, untuk letusan bisa terjadi kapan saja, dan lebih parahnya itu bahaya uap beracun dari belerang yang masih tercium di radius 1 kilo meter. Dan juga melihat kemungkinan yang terjadi, bisa ada letusan reaktif di area kawah. Jadi saat ini, sangat dilarang melakukan pendakian,” tegasnya.

Meski begitu ia mengatakan aktivitas gunung hingga saat ini belum mengeluarkan lava, hanya mengeluarkan asap oleh karena adanya curah hujan yang tinggi dan karena aktivitas dari gunung itu sendiri, sehingga ia mengatakan untuk saat ini masih relatif aman untuk area pemukiman.

Sementara itu Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, Hengkie Supit menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pusdalops Nasional, Provinsi, PVMBG/Pos Pengamatan Gunung Api Lokon, hingga pemerintah kelurahan setempat, terutama Kelurahan Kakaskasen dan Kinilow.

“Sejauh ini pihak BPBD sejak ada peningkatan Gunung Lokon kita melaksanakan himbauan ke para pendaki dan masyarakat di radius 1.5 untuk tetap waspada. Juga melaksanakan patroli di tempat jalur masuk para pendaki, dan pemasangan tanda larangan/penutupan jalur pendakian di gunung Lokon, dan baliho himbauan,” ucap Supit.

Meski begitu, Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu panik serta tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa. Tetapi harus tetap waspada dan terus memantau informasi terkini dari pemerintah.(*jtx)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Walikota Caroll Bersama Jajaran Melayat di Rumduk Ayah Terkasih Sekretaris BKPSDMD Eden Kawung

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk melayat di rumah duka Almarhum Joppy Welly Kawung (74) dalam keluarga besar Kawung-Kapero di Desa Tombasian Bawah, Jaga 4, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa. (16/4) 2024.

Almarhum Joppy Welly Kawung merupakan ayah terkasih dari Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Tomohon Eden Kawung.

Walikota saat menghadiri mengungkapkan selaku pribadi mendoakan keluarga yang ditinggalkan juga turut berduka cita kepada keluarga besar.

“Untuk itu saya selaku pribadi dan keluarga bersama seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon menyampaikan Turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya bapak Joppy Welly Kawung tutup usia 74 tahun 11 bulan 9 hari keluarga besar Kawung-Kapero.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga mengatakan, keluarga berduka untuk terus berpengharapan kepada Tuhan Yesus karena Tuhan Yesus sumber penghiburan yang sejati.

Mewakili keluarga besar Kawung-Kapero, Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung mengungkapkan satu kehormatan bagi kami keluarga atas kedatangan Walikota Tomohon Caroll Senduk.

“Kunjungan dari pimpinan memberikan kekuatan bagi kami keluarga besar Kawung-Kapero di tengah-tengah duka cita yang kami alami ketika bapak kami berpulang kami sangat Kehilangan sebagai manusia biasa kami sangat sedih ketika ditinggalkan oleh orang yang paling Kami kasih,” ucap Eden Kawung.

“Sosok seorang ayah yang saya selalu sampaikan di atas adalah orang yang tangguh motivator bagi kami anak-anak walaupun di tengah-tengah kondisi sakit dia tetap berjuang tetap berjuang memberi semangat,” tukasnya.

Turut mendampingi Walikota Tomohon, Ketua TP-PKK Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring, Asisten Administrasi Umum Masna Pioh, Kadis Capil Kota Tomohon Albert Tulus, Kadis BPBD Hengky Supit, Kadis PPKB Mareyke Manengkey, Inspektorat Jean Bolang juga pejabat lainnya.(wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Walkot Caroll Senduk Hadiri Malam Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu, bertempat di Wale Syaloom Kolongan, Minggu (14/4/2024).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi, pemerintah menyampaikan selamat berlomba bagi para remaja teladan dalam grand final hari ini, dimana kedepannya akan menjadi teladan dimana berada serta menjadi panutan.

“Sebagai Orang Tua bangga melihat anak-anak kita menjadi anak-anak remaja Gereja yang luar biasa dan boleh menjadi teladan bagi teman baik dalam keluarga, gereja maupun masyarakat,” ujar Walikota.

Dia mengatakan para remaja ini juga semoga menjadi penerus-penerus dalam pembangunan Iman. “Jadikan Ajang Grand Final ini sebagai peluang untuk mengasah potensi diri, karena pencapaian hari ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan standard dan pondasi awal untuk kedepannya,” sebut Senduk. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Headline

Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV, Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV tahun 2024 bertempat di GMIM Nafiri Pangolombian, Minggu (14/04/2024)

Khadim dalam ibadah kegiatan ini, Pdt Kristi Sigar Sampie, MTh, selaku Ketua BPMJ Jemaat GMIM Nafiri Pangolombian.

Dalam Sambutannya, Walikota menyampaikan selamat berkompetisi kepada seluruh finalis remaja teladan GMIM wilayah Tomohon IV.

“Kami pemerintah mengapresiasi kepada seluruh panitia Remaja Teladan wilayah Tomohon IV yang telah melaksanakan kegiatan yang membawa dampak positif bagi para remaja, terutama untuk GMIM. Dimana bakat dan talenta yang ada pada remaja dapat dikembangkan dan dapat berguna sekaligus bermanfaat buat diri sendiri, Gereja, maupun masyarakat,” ujar Walikota. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending