Connect with us

Minahasa

Forum Pemuda GMIM Lintas Generasi Support Penuh Langkah Herwyn Malonda

Published

on

Minahasa, inforakyatnews.com – Pasca demonstrasi segelintir oknum di Kantor Bawaslu beberapa pekan lalu, terjadi silang pendapat soal keterlibatan Anggota Bawaslu RI, Dr. Herwhyn Malonda dalam rekrutmen tim seleksi dan pengelolaan sekretariat di Bawaslu Sulut.

Tudingan ini, telah memancing reaksi keras dari berbagai tokoh masyarakat dan kelompok sosial di Sulawesi Utara. Salah satu suara yang menyuarakan dukungan datang dari seorang Aktivis Pemuda di Minahasa, Rojers Ojeng Tangkulung.

Ojeng sapaan akrab Ketua Pemuda GMIM di Jemaat Touliang dan Pembina Pelayan Pemuda GMIM di eranya itu mengatakan, Herwyn Malonda adalah aset berharga Sulawesi Utara yang telah mengangkat citra Kawanua ke tingkat nasional.

“Herwyn lahir dari proses kaderisasi dan rekrutmen kualitatif yang mumpuni. Oleh karena itu, jangan biarkan kepentingan personal dan kelompok tertentu merusak figur Malonda yang kini menjadi aset nasional dengan isu-isu yang tendensius,” ujarnya, Selasa (27/06/2023) kemarin.

Ia kemudian mengajak seluruh komponen masyarakat sipil di Sulawesi Utara khususnya di wilayah pelayanan GMIM untuk bersatu mendukung Herwyn.

Kata Dia, Belum pernah sebelumnya putra Sulawesi Utara duduk di lembaga penyelenggara Pemilu tingkat nasional.

“Ini adalah kebanggaan sekaligus sumber inspirasi bagi warga Sulut untuk berlomba secara sehat di panggung nasional,” ujar Tangkulung, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Minahasa yang mengaktifkan kembali organisasi kepemudaan di bidang kesejahteraan sosial.

Tangkulung menjelaskan bahwa di luar dinamika politik dan sosial kemasyarakatan yang ada, keberadaan Malonda di Bawaslu RI harus dijaga dan diperkuat.

“Namun, saya yakin bahwa isu-isu dan serangan tendensius terhadap beliau (Malonda, red) hanya dilakukan oleh segelintir orang yang didorong oleh sentimen pribadi, dan hal ini tidak mencerminkan karakter sejati warga Sulawesi Utara,” tegas Ojeng.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh tokoh generasi muda lainnya, yakni Franky Mocodompis, Sekretaris Komisi Pemuda Sinode GMIM dan Ketua Komisi Pemuda SAG Suluttetng yang memimpin 13 Sinode Gereja Anggota di Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

“Saya dan Herwyn termasuk angkatan pertama penyelenggara Pemilu di Sulawesi Utara. Kami menjadi pimpinan Panwas Pemilu pada tahun 2003. Saya di Manado sebagai Ketua, dan Herwyn sebagai Ketua di Minahasa. Kiprah Herwyn selama 20 tahun menjadi penyelenggara Pemilu yang tumbuh dari jenjang daerah telah membentuk integritas dan profesinalitasnya,” ujar Mocodomis yang kini berkiprah membantu Ir. Maurits Mantiri, M.M. di Sepakat Command Center Kota Bitung.

Mocodompis berharap oknum-oknum yang berupaya merusak kiprah Malonda dapat saja mempolitisasi berbagai dinamika administrasi, tapi menurutnya hal-hal remeh temeh sebagaimana dituduhkan, tidak akan melukai hati warga Sulawesi Utara yang sangat menghargai kontribusi Malonda di panggung nasional.

“Jika upaya tendensius ini terus dilakukan, banyak orang yang merasa simpati dan mendukung terhadap beliau (Malonda, red) dapat melakukan tindakan kontra. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi karena dapat mengganggu konsentrasi satu-satunya komisioner penyelenggara pemilu asal Sulawesi Utara yang berkiprah di tingkat nasional dalam kurun waktu dua dekade terakhir,” ungkapnya sambil berharap Malonda dapat terus berkonsentrasi melaksanakan tugas pelayanan demokrasi di Indonesia.

Secara bersamaan kedua aktivis Forum Pemuda GMIM Lintas Generasi ini mengakui terus mengikuti perkembangan dan dinamika penyelenggara pemilu dari kabupaten kota, provinsi, hingga tingkat nasional dan telah mengantongi beberapa faksi dari kelompok terorganisir yang tersisih dari kompetisi rekrutmen kemudian melakukan upaya sistematis yang bersifat agitatif.(***/jud)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Disambut Kalapas Yulius Paath, Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial.

TONDANO, inforakyatnews.com – Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Tondano mendapat kunjungan dari Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial, Drs Kosmas Hareta, M,Si. Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Kamis (11/7/2024).

Kedatangan rombongan disambut tarian Kabasaran serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tondano Yulius Paath, SIP, DEA beserta jajaran.

Staf Ahli Menkumham RI, turut didampingi Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, BC, IP, S.Sos, MSi, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, SE serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus, S.S.

Tujuan kunjungan Staf Ahli Kosmas dan rombongan ini, selain pengarahan dan penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, juga meninjau langsung sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa tahanan.

Sementara Kapalas Klas IIB Tondano Yulius Paath, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur mendapat kehormatan dari Kementerian Hukum Dan Ham atas kunjungan ini.

” Kunjungan ini merupakan bentuk penghargaan bagi kami dan ini akan makin memotivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi,” pungkas Paath. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dampingi Gubernur Dan Wagub Sulut OD-SK, Bupati Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam acara Pelantikan Pengurus IMI Sulut.

Diketahui dalam pelantikan ini, Pengurus IMI Sulut diketuai oleh Rio A.J. Dondokambey, B,Sc.,M.M dan dilantik oleh Ketua MPR RI Selaku Ketua Umum IMI Pusat DR. Bambang Soesatyo, SE., SH.,M.B.A.

Kegiatan pelantikan pengurus IMI Sulut yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut OD-SK, serta Pj Bupati Kumendong, digelar di Vila Tonsaru. Sabtu (13/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri juga Istri dari Ketua MPR RI, Ny Dewi Bambang Soesatyo dan Sekjen IMI Pusat, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Mewakili Forkopimda Sulawesi Utara, Ass I Setda Prov dan Jajaran, Bupati Minahasa Utara selaku Ketua IOF Sulut, Walikota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Utara, Forkopimda Minahasa, serta Seluruh Jajaran IMI Sulawesi Utara.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH, Kepala dinas Perpustakaan, Steady Tumbelaka, Kabag Prokopim Setdakab Minahasa, Ricki Laloan, serta Camat Tondano Selatan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG

Published

on

Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong Msi
menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024. PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo. (BPDSulutgo). Bertempat di Kantor Pusat BSG Manado. Jumat, (12/7/2024)

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tersebut menjadi momentum penting dalam mengawal arah dan kebijakan perusahaan daerah ke depan, dengan mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kepentingan para pemegang saham.

Pj. Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong.MSI, menyampaikan komitmennya untuk mendukung langkah-langkah strategis yang akan diambil PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo guna memperkuat peran serta bank dalam mendukung perekonomian daerah.

Diketahui Rapat ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi secara terbuka tentang isu-isu strategis terkait dengan perjalanan bisnis bank di masa mendatang.

Kehadiran Kumendong ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor perbankan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional.

Pihaknya berharap bahwa hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini akan memberikan arah yang jelas dan sinergis antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo dengan stakeholder utama, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Minahasa dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS-LB, ini dihadiri Oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE dan Direktur Utama BSG Bpk. Revino M. Pepah Bersama Seluruh Bupati dan Walikota Se- Sulawesi Utara dan Gorontalo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending