Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Daerah · 2 Agu 2022 01:03 WITA ·

FKM Dorong Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku Usaha


 FKM Dorong Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku Usaha Perbesar

Manggarai, Inforakyatnews.com– Selama sepekan, terhitung 1 hingga 6 Agustus 2022, digelar Festival Kopi Manggarai (FKM) di Ruteng Ibu Kota Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat, ,Dekranasda NTT, Dekranasda 3 kabupaten di Manggarai Raya, KADIN NTT, KADIN 3 Manggarai Raya, Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Flores, dan oara pelaku usaha kecil hingga menengah dilibatkan dalam FKM.

Ketua Panitia FKM Bony Romas dalam sambutannnya menyebut, FKM bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi para pelaku usaha dan mendorong kebangkitan pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Kopi dipilih dalam festival karena berbagai alasan, karena kopi manggarai telah mendapatkan sertifikat indikasi geografis (IG) baik arabika maupun robusta. Kopi manggarai juga terkenal karena mempunyai cita rasa yang tinggi dan berkualitas.

Festival kopi Manggarai, upaya untuk membangkitkan kembali perekonomian pelaku usaha yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Kopi juga telah menjadi bagian dari budaya masyarakat manggarai. Selain itu, kopi merupakan salah satu komoditi yang menderi dampak yang luar biasa bagi kehidupan ekinomi masyarakat di daerah itu.

Selain iti, kata Bony, banyak pengusaha-pengusaha di manggarai yang hidupnya sejahtera karena kopi. Harga kopi relatif stabil jika dibandingkan dengan komoditi lain.

Kopi telah menjadi gaya hidup dunia ketika peningkatan konsumsi kopi cukup signifikan. Pemprov NTT juga punya rencana strategis NTT untuk menempatkan kopi sebagai produk unggulan, sekaligus sebagai destinasi baru bagi wisata di NTT dan Flores pada khususnya.

Namun di sisi lain, produksi kopi di manggarai saat ini menurun. Biji kopi yang dihasilkan juga diluar standar nasional. Petani kopi di manggarai didominasi oleh orang-orang tua dan hampir tidak ada orang-orang muda yang menekuni profesi sebagai petani kopi.

“Karena itu, dengan kegiatan ini (FKM) kita mencoba kembali untuk membangun ekosistem kopi di manggarai,” ungkap Bony. (Adi)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut

26 September 2022 - 17:30 WITA

SMK St.Aloisius Wakil NTT Pada Ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional

21 September 2022 - 15:41 WITA

Surya Paloh Beberkan Alasan Rekomendasi Tiga Capres dari Eksternal Partai

20 September 2022 - 17:24 WITA

Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

16 September 2022 - 12:44 WITA

GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM

6 September 2022 - 22:48 WITA

Literasi Harus Lahirkan Insan Berkarakter dan Berintegritas

28 Agustus 2022 - 18:18 WITA

Trending di Manggarai