Connect with us

Ekonomi

Dipimpin Ketua DPRD Minahasa, ROR-RD Hadiri Rapat Paripurna DPRD Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatNews.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si, IPU, ASEAN.Eng bersama Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM, MAP, yang akrab disapa (ROR-RD), menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka pembicaraan tingkat 1 Ranperda pertanggungjawaban APBD Tahun 2022, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa. Senin, (10/7/2023).

Dalam rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa Glady Patricia Kandouw SE, didampingi Wakil Ketua, Oktesi Runtu, SE, M.Si dan Denny Kalangi serta Sekretaris DPRD Minahasa Dra. Rianny Suwarno, MS.

Mengawali sambutannya, Bupati Minahasa Royke Roring mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan anggota dewan terhormat atas agenda rapat paripurna ini.

“kiranya tahapan pembahasan ranperda tentang pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2022 boleh terlaksana dengan baik,” ucap Roring.

Pada kesempatan ini, Bupati ROR, memberikan laporan realisasi anggaran tahun 2022 sebesar Rp. 1.250.387.719.645,24, ( Satu trilyun dua ratus lima puluh milyar tiga ratus delapan puluh tujuh juta tujuh ratus sembilan belas ribu enam ratus empat puluh lima koma dia puluh empat rupiah) dari anggaran perubahan sebesar Rp. 1.264.633.946.999,.

Adapun realisasi pendapatan asli Daerah sebesar Rp. 94.887.781.440,24 dari anggaran perubahan sebesar Rp. 87.552,421,998, realisasi pendapatan transfer sebesar Rp. 1.140.677.530.558, dari anggaran perubahan Rp. 1.153.177.155.001, ”terang Bupati.

Kepada seluruh pejabat Pemkab Minahasa, diharapkannya agar proaktif dalam pembahasan anggaran nanti, agar bisa selesai dengan tepat waktu.

“Jadi Saya meminta kepada semua pejabat agar pro aktif memberikan laporan yang diminta Legislatif ketika dalam pembahasan nanti, agar pembahasan ini bisa selesai tepat waktu,” pinta Bupati usai menyampaikan realisasi APBD 2022 secara garis besar.

Turut hadir pula dalam rapat tersebut, Sekda Minahasa Dr. Lynda Deisye Watania M.Si, MM, dan jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Minahasa diantaranya Kajari Minahasa Dicky Octavia SH, MH, Kapolres Minahasa Diwakili oleh Kabagren AKBP Lexi Ratumbanua, Mewakili Kodim 1302 Minahasa diwakili oleh Pasi Pers Lettu Inf. Farisnop Ompoeo, Para Anggota DPRD serta para Pejabat Eselon II dan III Pemkab Minahasa.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Rakerda Dekranasda, Jeand’Arc Senduk Karundeng Paparkan Skala Prioritas Dekranasda Tomohon Adalah Pengembangan UMKM

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com — Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng hari ini Selasa, 7 Mei 2024 mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di The Sentra Hotel Minut.

Rakerda dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandow, dihadiri oleh Ketua Umum Dekranasda Provinsi Sulut Ibu. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua Umum, dr. Kartika Devi Tanos, Kadis Perindag Prov. Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda Bpk. Drs. Daniel Mewengkang, M.Si, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Sulut bersama pengurus masing-masing, serta Narasumber Pengurus Dekranas Pusat Ibu. Ni Nyoman Ambareny yang membidangi daya saing dekranas pusat dari Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian RI.

Dalam sambutan pembukaan Rakerda, Wagub Sulut memberi apresiasi terhadap peran dekranasda dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan industri yang berdampak langsung ke masyarakat terutama sektor UMKM di dalamnya industri kerajinan.

Kandow juga memberi tantangan kepada Dekranasda se-Sulut untuk bagaimana agar produk kerajinan binaan dekranasda dapat menembus pasar internasional seiring dengan terbukanya akses langsung ke luar negeri untuk pasar ekspor, baik melalui jalur laut maupun jalur udara/penerbangan.

Sementara itu Ketua Umum Dekranasda Sulut Ibu. Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan menyampaikan bahwa Rakerda ini sangat penting dalam sinkronisasi program dan kegiatan dekranas baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, baik yg sudah dilaksanakan tahun 2023, yang sementara dilaksanakan tahun 2024 ini, maupun yang direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2025. Beliau juga mengevaluasi kendala2 yang dihadapi oleh dekranasda kabupaten dan kota atas pelaksanaan program dan kegiatan di daerah.

Adapun dalam laporan pemaparan program dan kegiatan di sesi 1 yang dibawakan langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota, Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon Ibu. drg. Jeand’Arc Senduk Karundeng memaparkan kegiatan-kegiatan antara lain konsolidasi program dan kegiatan Dekranasda Kota Tomohon melalui rapat kerja dan konsultasi, pelatihan membatik dan pemberian bantuan peralatan, sosialisasi pengemasan produk dan bantuan kemasan, promosi dan pemasaran produk kerajinan binaan dekranasda baik tingkat lokal, nasional maupun pameran internasional. Semua kegiatan itu merupakan inisiasi murni dari Dekranasda Kota Tomohon, dilaksanakan dalam kerjasama dengan pemerintah dan juga stakeholder yang ada.

Dalam Rakerda tersebut juga, Dekranasda Kota Tomohon menampilkan berbagai produk kerajinan hasil binaan dekranasda dalam bentuk pameran mini.

Turut mendampingi Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon yaitu Bendahara Dekranasda Ibu. Maria Pijoh, Bidang Promosi Ibu. Lucy Goni, Kadis Perdagin selaku Ketua Harian Bpk. Ruddie Lengkong, SSTP, MAP, Kabid Industri Ibu. Fike Taroreh, SE, M.Si serta beberapa pengurus dan staf sekretariat dekranasda. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Pemkab Minahasa Kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

Published

on

MINAHASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa kembali meraih Penghargaan Pembangunan Daerah dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), atas prestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini, Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong MSi, yang menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, disela sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Provinsi Sulut, di Manado, Rabu (25/04/24).

Diketahui Penghargaan Pembangunan Daerah sendiri adalah anugrah evaluasi kreatif dalam bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Bupati Kumendong mengatakan, penghargaan ini merupakan buah kerja keras seluruh perangkat daerah, para camat, hukum tua dan lurah dalam menyelenggarakan pemerintahan serta pembangunan.

”Puji Tuhan, hari ini kita menerima penghargaan pembangunan daerah dari Gubernur Sulut, ini pertanda bahwa selama ini kerja-kerja pemerintahan serta pembangunan di kabupaten Minahasa berjalan dengan baik dan sukses. Ini merupakan hasil kerja keras kita dan karena itu kita jadikan penghargaan ini sebagai pelecut semangat kita untuk berbuat lagi yang terbaik untuk pembangunan Minahasa yang makin hebat ,” ucap Bupati.

Kumendong pun menegaskan kedepan kerja makin kompleks, dibutuhkan kerjasama yang lebih intens. Sinergitas untuk membangun kabupaten Minahasa menjadi suatu yang paling penting dan mendasar.

”Mari kita terus bangun kekompakan serta komitmen yang kuat untuk menjadikan Minahasa makin maju dan hebat ,” tandasnya.

Turut hadir pula mendampingi Bupati, sejumlah Jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa. (ADVETORIAL)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Pimpin Rapat Evaluasi Tim PBB, Sekda Watania: Cari Penyebab Hambatan Proses Izin Usaha

Published

on

MINAHASA – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Dr Lynda Watania MM MSi, memimpin rapat evaluasi Tim Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB), di Ruang Rapat Dinas PM-PTSP), Selasa (23/4/24).

Pada rapat evaluasi tersebut, Sekda Lynda Watania meminta kepada Tim PPB, agar mencari penyebab hambatan dalam proses pelayanan izin usaha di kabupaten Minahasa.

“Tapi pada prinsipnya, bagaimana Pemerintah Kabupaten Minahasa dapat menjamin untuk proses pelayanan izin itu sesuai dengan regulasi yang ada. Apa lagi, sebagian besar hampir semua izin sudah diproses melalui aplikasi,” kata Sekda Watania.

Sementara, Kepala Dinas PM-PTSP Minahasa, Mekri Sondey SE MSi, mengungkapkan bahwa yang menjadi kendala utama adalah proses penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

“Dua tahun terakhir ini, animo masyarakat maupun pelaku usaha yang ingin mengurus izin PBG sangat turun, dibandingkan tahun-tahun sebelum diberlakukannya aturan yang baru,” ungkapnya.

Sondey juga menjelaskan, akibat turunnya pengurusan izin PBG dari pelaku usaha. Tentunya akan berdampak pada pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya retribusi PBG.

“Rapat evaluasi program kerja ini sudah dilakukan dua kali. Dan Pak Bupati sebagai pembina, Ibu Sekda ketua tim, dan Kepala Dinas PM-PTSP sekretaris tim. Sedangkan anggota tim terdiri dari beberapa kepala OPD,” ungkap Sondey.

Diketahui, rapat ini dihadiri juga Kepala ATR/BPN Minahasa, Yandry Rory. Dimana, ia menjelaskan terkait Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR).

Dimana, KKPR merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha dalam proses perizinan berusaha.

Seperti contoh untuk izin pembangunan perumahan atau galian C, itu harus ada pertimbangan teknis dari BPN sebelum diterbitkan KKPR dari tim.

Hadir pula dalam rapat ini, diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Wenny Talumewo MSi, Asisten Administrasi Umum, Dr Vicky Tanor MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs Riviva Maringka MSi, Kepala BPKAD, Joice Pua SE, Kadis PUPR, Daudson Rombon ST, Kadis Lingkungan Hidup, Drs Vecky Kaloh, dan Kadis Perhubungan, David Mangundap SH. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending